CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Healthy Lifestyle /
Salah satu cara menghilangkan Panick attack dan Anxiety Disorder
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54f3e0ac60e24bb45e8b4576/salah-satu-cara-menghilangkan-panick-attack-dan-anxiety-disorder

Salah satu cara menghilangkan Panick attack dan Anxiety Disorder

Hai para pengguna kaskus setia emoticon-Big Grin, kali ini saya akan berbagi salah satu cara bagi kalian para penderita panick and anxiety .

Mungkin bagi sebagian penderita penyakit aneh ini salah satu cara untuk membuat hati kalian merasa nyaman dan tenang dari jantung yang berdetak kencang akibat panik atau cemas berlebih ini dengan mencari-cari forum 'panick attack atau anxiety disorder indonesia' baik di jejaring sosial fb, kaskus, blog dll. Dengan membaca, atau sharing cerita apa yg dialami para penderita panick dan anxiety.

kalau menurut saya, memang awalnya saya sama seperti mereka mencari tahu apa yg terjadi dgn diri kita? kita itu kenapa sih? ko rasanya aneh banget? kenapa tiba-tiba jadi seperti ini? kenapa jantung saya berdetak kencang, sesak nafas, keringet dingin, lemas, tak berdaya, tak bersemangat, tak nafsu makan? begitu bnyk pertanyaan yang menjelimet di otak kita, yang semua itu berasal dari pikiran kita sendiri. emoticon-Matabelo berupa pikiran negatif yang bersumber dari pikiran alam bawah sadar kita. padahal kalau kita dengan cepat menyadari atau tersadar dari rasa ketakutan dan kecemasan berlebih yang kita pikirkan terhadap kehidupan ini, pasti hati dan fikiran kalian akan berfikir dan mengatakan 'nikmat mana lagi yang akan kau dustai?' (itu secara sadar)

tapi lagi dan lagi kita kembali kedalam keadaan dimana kita terseret lagi dan terperangkap lagi dalam kondisi dimana pikiran alam bawah sadar kita menguasai pikiran negatif kita emoticon-Frown dan kita sulit untuk mengendalikan itu.

sebaiknya untuk saat ini dan mulai ini kita STOP !!!
1. untuk mencari coment-coment atau cerita versi mereka para penderita panik dan anxiety, karena apa? karena secara tidak langsung cerita mereka yang berbeda-beda atau mengerikan akan memberikan suges buat diri kita yang dalam keadaan mental kita pada saat ini sangat lemah.

2. Melakukan Curhat masalah kesulitan pribadi di Twiter, FB, Blog, SMS, TV, arisan dan setiap ada kesempatan, dengan alasan UNTUK MEMBUAT PERASAANNYA LEGA, NYAMAN DAN TIDAK STRESS!….Hasilnya: JUSTRU KESULITAN DAN MASALAH PRIBADINYA AKAN BERTUMBUH KEMBANG SEPERTI BARA API DISIRAM MINYAK TANAH ATAU BENSIN !!!…Kekeliruan yang fatal!…
seharusnya kalaupun Curhat, cukup pada Dokter
Kejiwaan, orang tua, suami/isteri. pacar, sahabat
karib…untuk betul betul MINTA NASIHAT, bukan
untuk MINTA DIBELA…

Bahkan konsultasi ke dokter ahli kejiwaanpun akan tetap gagal, kalau tujuannya minta dibela dokter, dibenarkan, bukannya minta solusi sesuai
ilmu kejiwaan….apalagi curhat di FB n Twitter…
akan semakin parah…silahkan praktekan kalau gak percaya…!!! (dan saya sudah mempraktekannya)

cerita sedikit: saya juga termasuk penderita anxiety meski saya belum pernah periksa ke psikolog maupun psikiater, awalnya saya suka membaca komentar2 para penderita anxiety, panic, maupun Schizophrenia untuk mencari apakah sama gejala yang mereka alami? dan ternyata sama persis gejalanya dengan apa yg saya alami, ketakutan yg ga jelas, takut ini takut itu takut gila dll akibat stress, trauma atau depresi dari masalah2 terdahulu yang tak dapat terselesaikan sehingga menumpuk dan akhrnya meledak dan timbul keluhan somatik. cerita mereka yang sangat menyeramkan dan lebih aneh membuat saya semakin takut dan parah sehingga mindset saya terperogram dan memikirkan cerita2 mereka, dan disitulah kepanikan kecemasan dan ketakutan saya semakin menjadi-jadi,

3. "Saya tahu saya bertanggung jawab atas pikiran saya, tapi saya tidak tahu bagaimana menghentikan diri dari berpikir negatif." Pengakuan ini tampaknya benar namun pada tingkat tertentu pikiran seperti itu menjadi jebakan.
Memang baik untuk mengambil tanggung jawab atas pikiran Anda, tetapi Anda tidak perlu mengidentifikasi diri dengan pikiran-pikiran yang menyalahkan diri sendiri karen hal ini membuat Anda merasa lebih buruk lagi.

Sebuah pernyataan yang lebih baik mungkin, "Saya mengetahui ada pikiran negatif melalui pikiran saya, tetapi pikiran-pikiran itu bukan saya. Saya akan meningkatkan kesadaran saya untuk mengganti pikiran-pikiran negatif tersebut dengan pikiran yang positif". Jadi setiap orang memiliki kekuatan untuk rekondisi pikirannya sendiri. Trik ini bertujuan untuk menjaga kesadaran tidak semakin jatuh merosot akibat menyalahkan diri sendiri. Sadarilah bahwa sementara pikiran ini mengalir melalui pikiran Anda, mereka bukan Anda. Anda adalah saluran dimana pikiran tersebut mengalir.

(sulit memang untuk menciptakan pikiran yang positif, tapi ayoo kita semangat emoticon-I Love Indonesia)
*salah satu menyemangati diri sendiri emoticon-Big Grin

4. Terperangkap dalam pikiran negatif merupakan situasi yang sulit, karena pengalaman negatif mendatangkan ekspektasi negatif, yang kemudian menarik pengalaman negatif baru. Saat seseorang berada dalam perangkap pikiran negatif, maka ia sulit meloloskan diri. Bahkan secara tidak sadar terus mengidentifikasi diri dengan pikiran tersebut. Jika Anda menyalahkan diri sendiri karena terlalu negatif, maka yang terjadi adalah, perangkap itu akan semakin kuat dan semakin sulit untuk lolos dari itu.

Jika Anda terperosok dalam negativitas, maka tugas Anda adalah untuk mengembangkan kesadaran Anda ke titik di mana Anda dapat belajar untuk tetap fokus pada apa yang Anda inginkan, yakni fokus terhadap hal-hal positif,

Orang terjebak dalam pola pikir negatif adalah karena mereka memilihnya. Negativitas tidak perlu menjadi kondisi yang permanen. Anda masih memiliki kebebasan untuk memilih sebaliknya.

Menurut versi islam ketakutan, kecemasan berlebih timbul dari bisikan setan.

' Kecemasan lahir dari adanya ketakutan akan
masa depan atau akan terjadi sesuatu yang tidak
diharapkan ataupun adanya pertentangan dalam diri. Bisa dibilang kecemasan lebih parah dari ketakutan biasa. Ketakutan umumnya akan hilang dengan hilangnya penyebab yang memunculkannya. Namun, kecemasan yang sudah muncul seolah akan tetap menjadi lingkaran setan dalam dirinya. Apabila salah
satu penyebab kemudian hilang, maka akan timbul sebab lainnya yang datang dari bisikan setan emoticon-Mad.

Kecemasan bisa jadi datang dengan tiba-tiba
dan hanya sementara sebagaimana yang dikenal pada saat ini dalam kehidupan manusia. Dan, terkadang pula menimpa manusia beberapa waktu, beberapa hari. Terkadang dalam jangka waktu yang lama, terkadang sebentar tergantung keadaan yang ada.'

Dalam islam obat penyembuh gangguan kejiwaan seperti panick, anxiety dll, black magic dan msh banyak lagi yang lainnya adalah dengan menggunakan metoda RUQYAH.
ruqyah adalah cara islam untuk membersihkan diri dari gangguan jin-jin fasik yang bersarang dalam tubuh sehingga mampu mengganggu kesehatan fisik yang tidak diketahui secara medis maupun kesehatan jiwa yang terganggu. kenapa ruqyah? karena tidak mungkin jika dalam tubuh kita tak terdapat jin jahat yang ingin mengacaukan fikiran dan hati manusia dari bisikan-bisikannya. oleh karena itu, tak mengapa jika kita sesekali melakukan metoda ruqyah atau membuat air ruqyah oleh diri sendiri dengan membacakan ayat suci al-quran seperti Al-fatihah, Al-falaq, An-nas, dan Al-ikhlas sebanyak 3x dan memohon doa dan ijin sembuh kepada Allah agar dibersihkan dari gangguan jin dan sifat setan.

Nah, untuk agan-agan yang ingin memberikan tanggapannya, atau yang sudah pernah melakukan energi illahi ruqyah silahkan berbagi pengalamannya di Thread ini emoticon-Shakehand2

#psikolog #psikiater #ruqyah #hypnoterapi
profile-picture
profile-picture
profile-picture
kopidanteh.corp dan 6 lainnya memberi reputasi
Diubah oleh indriisari
Halaman 1 dari 50
Biasanya ane langsung ngalihin pikiran yang buay seneng
Mau nanya rekomendasi psikiatri. Liat review review katanya dokter andri di omni alsut bagus? Tapi beliau hanya untuk psikosomatik ato gimana? Kalo untuk gangguan kepribadian dan bipolar apakah bisa ke dia juga? Biaya nya sekali konsul berapa ya? Ato ada rekomendasi lain? Soalnya sama sekali belom pernah ke psikiater.
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
Gue sering cemas tapi ga parah sih
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
@darkmadman @ekkypunkshit078 thanks semua. semoga bs spt kalian bs bekerja normal lagi ya.

Jujur menjelang malam mau ganti hari gini, saya langsung ketakutan bagaimana besok di kantor. Td uda mikir, kalau kenapa2 besok lsg mau izin pulang. Lalu langsung ke psikiater. atau malah izin sekalian tdk masuk jd persiapan lsg ke psikiater. Haduh. Sudah mencoba mengalihkan nonton video lucu tdk membantu. Ngobrol jg tetap tidak membantu.
Apa memang cemas ini baru tenang kalau kita tdk ngapa2 in gitu ya? Pdhl saya sumpah cinta sama pekerjaan saya & lingkungan kantor. Jujur jika ditanya 2 minggu lalu, apa mau cuti kantor, pasti tidak mau krn suka dgn pekerjaan saya. Wlpn kondisi covid gini, masuk tiap hari pun saya rela seharian pakai masker.

Agan2 kalau boleh ide, sebaik nya saya tetap masuk, nanti lihat bagaimana saja. Misal tdk tahan saya langsung ke psikiater? Atau bolos lagi sehari langsung persiapan ke psikiater?
Saran agan sangat membantu & saya coba ikuti krn agan2 se nasib sama saya. Kalo saya tanya kluarga / org yg tdk merasakan maka lsg bilang masuk aja udah.
memang kondisi di kantor saya rawan bengong, kerjaan dpn PC 8 jam dgn pakai masker terus. Posisi tmpt dduk tmn jg agk jauh krn di jarak.
Sminggu ini 1x panik di kantor, sisa nya cemas.

Terus saya coba browsing utk penanganan psikis, ada smart mind center consulting di tangerang daerah saya apakah agan2 disini pernah kesana? Td coba tanya harga per sesi konsul 650rb / 1 jam. mayan mahal ya. Tp disana ada psikolog, psikiater & hipnoterapis.
Jauh memang harga nya dgn psikiater di RS, saya cek di RS siloam 250rb. mnrut agan lbh baik coba di RS saja krn semua psikiater kurang lbh sama saja, atau lsg ke consulting yg lengkap ya. Kdg merasa takut hambur uang percuma
profile-picture
ekkypunkshit078 memberi reputasi
Lihat 13 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 13 balasan
Mau minta saran atau pencerahan terkait panic attack yg gw derita.

awal nya gw di mobil saat pulang kantor lg main hp tau2 keluar panic attack. Jantung berdebar, keringat dingin & spt mo hilang aja dr dunia. Pikiran negatif & rasa takut keluar semua. Akhirnya panic bs di redam dgn gw mengalihkan nonton youtube. cuma rasa ketakutan berbekas & jd kepikiran takut panic keluar lagi.

Takut panic keluar terus kepikiran sampai pd kondisi tertentu jd bikin emosi / kesel kenapa kepikiran itu terus & disaat emosi berdebar tdk bs di tahan si panic bisa keluar.

Makin lama jadi makin sensitif & ga bs santai.
semua kegiatan harian selalu di sambungin sama hal itu. pikiran ga bs lepas wlpn uda dicoba mikirin hal lain, saat ga mikirin apa2 malah balik kesitu.

Kdg yg bikin bingung otak kayak cari2 hal lain apa yg bs bikin takut. tanpa sadar. Lg kondisi mood bagus, lg ngobrol sm org eh muncul pikiran: gimana kalo panic ini ganggu cara lo ngobrol sm org. Lo jd ngmg salah2 atau bhkn tiba2 loss ga tau mo nmg apa
Nah kepikiran deh tuu sampe ada lagi masalah lain yg gw lebih pikirin yg mslh ini ilang gtu aja

skarang malah pas uda berhasil bodo amat ama mslh ngobrol, tiba2 muncul suara bising trs gw lsg panic. Sempet agak tenang & uda bodo amt tau2 smalam kondisi ga bs tidur & merasa uda jm nya harus tidur trs kdengeran bunyi jam dinding terus2 an, langsung ke ingetan lagi ampe deg2 an mau keluar panic. Haduh rasanya pengen lupa ingatan gitu kenapa bs kepikiran hal2 ga penting bgitu. Akhirnya hari ini mutusin cuti kerja dulu takut di kantor denger suara yg ga di inginkan & bikin panic.

Apa ada yg pernah alamin hal ini? Kira2 gimana ya caranya. pengen ilangin panik tp pikiran negatif keluar terus. Apalagi uda sampe sensitif sm suara, pdhl sblm nya mo ada suara berisik keg apa jg tidur mah pulas aja, eh ini malah jd panic.

mohon bantuan nya 🙏🏻
Lihat 7 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 7 balasan
Jangan self diagnose yang bisa menegakkan diagnosa itu cuma psikiater atau psikolog
semangat buat temen2 yg sering ngalamin panic attck dan anxiety disorder! kita kuat dan pasti bisa❤️ jangan lupa ke ahli profesional kalo emang sudah merasa terganggu yaaa
thankyou sis infonya! bbrp bulan lalu ngalamin panic attack d tengah2 mall dan gila menyiksa bnget sampe ane nangis2 di wc emoticon-Frown untung temen ane ada d dket situ langsung meluncur nyamperin
konsultasi ke dokter merupakan salah satu solusi, tetapi jangan lupa untuk bercengkrama dengan pencipta, kan Dia yang paling tau dirimuemoticon-Smilie
yg lo alami wajar, gw juga kumat bbrp kli... yg bisa lo lakuin skrg selain berobat jaga jarak dlu sama berita2 yg massive ttg penyakit.

sudah tau ada corona ? ya udah.. lakuin pencegahan aja (social distancing, kerja dirumah, pake masker, rajin bebersih).. tanpa harus sibuk liat berita atau sosmed.

alprazolam memang paten diantara golongan benzo.. atau mungkin klo kontrol coba aja diskusikan mengganti dgn benzo lain yg lebih soft, misal lorazepam. tp tentu psikiatri yg lebih punya pertimbangan..

Ruqyah ? klo bukan krn perkara ghaib sepertinya ga gt ngaruh ya..
profile-picture
ekkypunkshit078 memberi reputasi
Lihat 3 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 3 balasan
Post ini telah dihapus oleh azhuramasda
Yuk mulai berpikir positif, berusaha untuk mengurangi pikiran negatif. Seperti dalam thread agan ini, kita seharusnya tidak menyalah-nyalahkan diri sendiri dan tetap berusaha untuk tidak berpikir negatif. Semangat!
Saya memiliki anxiety disorder, saya berobat ke psikiater, obat yang saya konsumsi racikan alprazolam dan amitrypline. Pernah sya mencoba untuk berhenti obat, tapi memang obat-obat penenang seperti alprazolam memang menimbulkan ketergantungan, sehingga akhirnya saya kembali berobat. Saya pikir saya akan menjalani terapi obat ini, mudah-mudahan suatu saat saya bisa berhenti dari obat2an ini.
Pernah suatu waktu saya disarankan untuk konsultasi ruqiyah, tapi yang saya rasakan adalah keraguan. Sehingga akhirnya saya tidak jadi terapi ruqiyah. Saya pikir kalau mau terapi ruqiyah, kita nya harus yakin dulu. Kalau tidak yakin, mungkin ruqiyah nya bisa jadi percuma.
Saya menjalani terapi obat sudah satu tahun, saya bisa bekerja secara normal, hanya kalau tidak minum obat, memang suka terasa gelisah. Mungkin sya sudah ketergantungan obat. Tapi ya ini memang pilihan, jadi saya jalani konsekuensinya.
Tapi baru-baru ini kondisi jadi agak kurang baik, karena situasi covid-19. Sya jadi parno lagi, obat hisa menenangkan di malam hari (karena aruran pakainya adalah setelah makan malam) tapi di siang hari, saya harus berperang dengan kegelisahan saya lagi, rasanya seperti kembali ke awal saya mengalami anxiety disorder. Sudah beberapa minggu terakhir ini, sya mengurangi aktivitas di luar, bahkan jauh sebelum pemerintah meliburkan sekolah, dan menyarankan social distancing. Saya sudah menarik diri dari sosial karena kecemasan saya. Sekarang sya hanya berdiam diri di rumah, dan menghabiskan waktu saya dengan menonton film, atau melakukan aktivitas ringan di rumah, semata hanya untuk mengalihkan perhatian dari kecemasan saya. Karena ketika tidak ada pengalihan perhatian, gelisahnya muncul kembali, memicu pikiran-pikiran negatif dan kemudian terakumulasi. Bahkan saya bisa demam gara-gara kecemasan ini. Pernah suatu hari saya nonton berita, dan disebutkan kasus corona positif bertambah. Pada saat itu pikiran saya terus bertambah gelisah, semakin gelisah, sampai saya sakit kepala, badan terasa berat, dan mengalami sedikit demam. Untungnya gejala itu reda, ketika saya sudah minum obat. Setelah minum obat, kegelisahan saya berangsur berkurang, dan pikiran lebih terkendali.
Tapi anehnya ketika di awal saya mengalami anxiety, kekhawatiran saya adalah sya saki jantung dll. Sekarang kekhawatiran sakit jantung itu menjadi tidak ada, tergantikan kekhawatiran covid-19.
Artinya barangkali kegelisahan saya itu bukanlah sesuatu yang tetap, bila saya menemukan kegelisahan lain yang lebih menakutkan, maka kegelisahan lama cenderung hilang digantikan kegelisahan baru.

Saya menceritakan ini tanpa maksud apapun selain berbagi pengalaman saja. Saya tidak akan menyarankan anda untuk berobat ke psikiater ataupun ruqiyah. Solusi pengobatan anda, anda sendiri yang tentukan. Sekali lagi saya hanya ingin berbagi pengalaman saja, tanpa ada maksud lain. Mudah-mudahan kita semua bisa menemukan solusi untuk kondisi yang kita alami. Amin.
profile-picture
ekkypunkshit078 memberi reputasi
Lihat 2 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 2 balasan
udah nyoba meditasi belom gan
Quote:


Syukur lah, jangan berhenti sebelum di suruh berhenti sama dokternya sih menurut ane.

Ane suplai sama hajar sama nutrimax aja gan soalnya kurang istirahat aja sih , kalau bawa tidur seger lagi juga.
Maklum akhir ini tidur sering pagi, deadline kerjaan makij banyak.
Quote:


jalan bulan ke 5-6, alhamdulillah baik dan bisa kerja kantoran lg. memang gejala fisik somatisnya belum ilang bener..

klo udah lepas obat agak lama dan tetiba nongol lg coba hajar pake herbal spt Ashwagandha, pegagan, st john Worth atau valerian root. pilih salah satu aja.. dgn catatan cemas psikosomatiknya ga separah waktu dlu sebelum berobat.
Diubah oleh darkmadman
Quote:

Gimana gan kabarnya?
Terakhir kontek kita di forum 1tahun yg lalu.
Semangat gan tetap berjuang.


Allhamdulillah ane udah lepas obat lebih setahun dan gak di terusin sama dokternya bilang ane udah bisa handel tanpa obat.
Jadi sekarang self healing aja denhan meditasi dan olah raga ringan.
Konsul sih tetap jalan, tapi gak intens terakhir 2 bulan lalu.
Sekarang udah mau married eh nongol beberapa hari ini, mungkin karna begadang sampe subuh terus udah hampir 2minggu gegara deadline kerjaan.
Jadi kembali nulis buat ngeluarin unek unek , dan agak kurangan setelah nulis ini di forum.
Mungkin bakal nulis tiap hari dah di sini, gimana cara ane ngatasinnya. Jadi di satu sisi ane juga membuang emosi ane, karna udah terlalu banyak emosi yg di tahan akhir akhir ini.
Saya sendiri pernah mengalami depresi dan kecemasan yang berlangsung beberapa minggu hingga beberapa bulan (saya lupa tepatnya).

Karena waktu itu saya sedang kuliah S2 di Australia, saya berkonsultasi dengan counselor yang gratis di sediakan oleh pihak kampus.

Karena perasaan depresi dan anxiety itu menggangu perkuliahan saya, saya minta ke counseler itu untuk memberikan obat. Prosudernya adalah dengan merefer ke GP (General Practisinosit) dan kemudian di lanjutkan ke Psychiatrist,

Namun di tolak karena menurut counselor saya, untuk kondisi tersebut, saya bisa melakukan berbagai cara alternatif agar sembuh secara sendirinya.

Akhirnya saya melakukan researach mengenai hal ini dan menemukan secara garis besar 14 metode terapi sederhana yang dilakukan sehari hari untuk bounce back dari depresi dan kecemasan antara lain: exercise, yoga, konsumsi makanan dan minuman tertentu, membaca, mendengar musik tertentu, dll.

Kombinasi dari berbagai metode tersebut yang dilakukan secara rutin ternyata bisa membantu saya keluar dari depresi/anixety.

Metode ini bisa di kombinasikan dan harus dilakukan secara reguler agar dampaknya terasa. Inti dari metode ini adalah melakukan kegiatan yang meningkatkan hormon kebahagian (Dopamine, Oxytocin, Serotonin and Endorphin) yang telah terbukti secara ilmiah.

Saya telah membukukan pengalaman saya dalam menerapkan berbagai metode ini dengan bantuan psikiater dalam buku "Daily Routines to be A Happy Person: Terapi Rutinitas Sehari hari untuk Tetap Bahagia" Bukunya bisa di liat Divapress Online
https://divapress-online.com/portal/...a-happy-person


Salah satu cara menghilangkan Panick attack dan Anxiety Disorder
Foto saya pada saat peluncuran buku Desember 2019

Salah satu cara menghilangkan Panick attack dan Anxiety Disorder
Endorsment buku dari berbagai tokoh advokat Kesehatan Mental di Indonesia
Diubah oleh Odianina
nice info gan
gan ane kalo minum obat di psikiater perasaan bisa jadi percaya diri tapi kalo tidak minum obat jadi ngerasa minder. ini kenapa ya ?
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
Halaman 1 dari 50


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di