CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Capsula Mundi: Merubah Tubuh Manusia Menjadi Pohon
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54f14a8d5074109f328b4569/capsula-mundi-merubah-tubuh-manusia-menjadi-pohon

Capsula Mundi: Merubah Tubuh Manusia Menjadi Pohon

CAPSULA MUNDI


Capsula Mundi adalah sebuah proyek di italia untuk mengenalkan sebuah pemakaman yang bertajuk green cemetries atau bisa dibilang pemakaman hijau di italia. Karena melihat rata2, atau bisa dibilang hampir semua, pemakaman terbuat dari batu nisan yang tentu saja bisa mengurangi luas dari daerah resapan air. (Mengingat bumi kita ini sudah mulai kritis akibat pemanasan global)

Jadi capsula mundi ini merupakan peti mati yang berbentuk kapsul dimana nanti kapsul tersebut “ditanam” di dalam tanah sama seperti peti mati biasanya, namun setelah itu tepat diatas kapsul tersebut ditanami pohon, sehingga nanti ketika pohon tersebut tumbuh, akar pohon tersebut akan menembus kapsul tersebut dan mengambil nutrisi dari jasad manusia yang telah mati didalamnya.

Jasad tubuh manusia didalam kapsul tersebut diposisikan seperti janin di dalam rahim ibu yang sedang mengandung, atau lebih tepatnya lagi bisa diliat di gambar berikut:

Capsula Mundi: Merubah Tubuh Manusia Menjadi Pohon


Tentu saja dari posisi jasad seperti diatas itu tidak akan memakan banyak tempat nantinya gan dan bahan dasar dari kapsul tersebut terbuat dari starch plastic.
Quote:


Berikut outline dari proses pemakaman Capsula Mundi ini gan:

Capsula Mundi: Merubah Tubuh Manusia Menjadi Pohon


Pertama-tama, dibuat dulu kapsulnya (peti mati) gan, setelah itu diisi sama jasad orang yang telah meninggal, nah jasad tersebut diposisikan seperti yang telah dijelaskan diatas tadi gan, lalu kapsul yang udah diisi jasad manusia itu dikubur di tanah gan, setelah kapsul dikubur, tepat diatas kapsul tersebut di tanam pohon yang nantinya akar pohon tersebut akan menembus kapsul dan menyerap nutrisi dari jasad orang tersebut seperti gambar diatas gan, kemudian jadilah deh pemakaman berbentuk pohon.
Bisa dibilang juga pohon itu merupakan bentuk kehidupan baru yang lahir dari jasad orang yang telah meninggal tersebut gan, kalo gini kan ibaratnya kaya “reikarnasi” gitu deh hehehe


Hasilnya nanti pemakamannya bakalan kaya begini nih:

Capsula Mundi: Merubah Tubuh Manusia Menjadi Pohon


Jadilah pemakaman pohon atau pemakaman hutan..
Tentunya kita bisa merasakan orang yg udah meninggal tersebut kerasa masih ada gan, cuman emang dalam bentuk pohon, liat gan.. jadi jasad orang tersebut masih bisa bermanfaat bagi lingkungan kan gan, yah walaupun orang tersebut sudah meninggal emoticon-norose

Quote:



Sumber:
http://news.distractify.com/pinar/hu...ow-tree-later/
website resmi capsula mundi
http://www.wikipedia.org/

*Sorry kalo banyak kekurangan di thread pertama ane ini gan emoticon-Peace
bolehlah ditimpuk cendol gan, tapi jangan batalah huhuhu
emoticon-Sundul Gan (S)
Diubah oleh GasPol.
Halaman 1 dari 60
Tambahan dari kaskuser..
Quote:

Quote:


Quote:

*****************************
beberapa jawaban dari pertanyaan kaskuser..

Quote:


hmm, mungkin karna di italia sana mayoritas non-muslim gan, makanya jadi konsep yang kek gitu emoticon-Smilie

Quote:

mana mungkin lupa gan kalo keluarga sendiri, justru menurut ane sih kalo dalam bentuk pohon gini orang yg udh meninggal itu masih kerasa keberadaannya jadi gak sepenuhnya meninggal bisa diibaratkan begitu. IMO.

Quote:

mungkin nanti dimasing2 pohon bisa dipasang kaya penanda gitu gan bertuliskan nama si jasad, tanggal kematiannya, tanggal kelahirannya, dll..

Quote:


Quote:

bisa gan, sebelum orang tsb meninggal dia bisa milih jenis pohon apa yang bakal ditanem diatas makamnya nanti
*****************************
tanggapan dari kaskuser..

Quote:


Quote:


Quote:

nah itu bener banget gan kremasi, mungkin capsula mundi ini urutan kesekian dalam memecahkan masalah lahan itu gan, soalnya melihat dari posisi jasadnya yg diposisikan seperti itu, jadi cukup mengatasi meskipun.. masih memakan lahan tapi kalo dibandingkan dengan makam biasa kan makam ini lebih kecil


Quote:

nah ini juga nih bener banget gan..
kalo gini kan jumlah pohon juga bisa nambah jadi makin banyak bukan malah berkurang

Quote:



Diubah oleh GasPol.
Kalo udah jd hutan, hutannya angker bgt dong
aga serem gitu gan emoticon-Takut ntar klo pohon capsulx banyak, trus jadi hutan berarti itu hutan emoticon-Takut
Diubah oleh hope87
wah mantep juga kalo begini gan, bisa jadi lebih bermanfaat buat lingkungan juga

Cocok buat di indonesia. Soalnya kita kebanyakan tebang pohon. Nah kan kita balik lagi ke tanah. Jadi kita walaupun udh mati masi bermanfaat bagi anak cucu kita emoticon-Smilie
ini teknologi yang ketinggalan jaman
liat aja di makam2 umum banyak pohonnya khan
pohon tuh juga nyerep nutrisi dari proses peleburan mayat.....
emoticon-Belo
Gambarnya ga nongol di hp ane, emoticon-Hammer2
keren jg ya pengetahuan berkembang pesat , ada aja bisa bikin pohon dari orang mati, mantep dah
Serem bgt jadinya, mst nya di gunung atau bukit di tanamnya biar yg nebang asal pada takut emoticon-Big Grin
ga bakalan ditebang pohonnya gan
Quote:

Quote:

jangan liat angkernya deh gan, liat manfaatnya buat lingkungan hehehe

Quote:

jelas gan, kan bisa memperbanyak jumlah pohon juga.

Quote:

bener banget gan, ngeliat juga pemakaman di indonesia itu pasti kan udah meluas, coba kalo diganti pohon itu pemakamannya kan jadi hutan trus bisa memproduksi oksigen lebih banyak emoticon-Big Grin

Quote:

itu tujuan ke sekian aja gan, ini tujuan utamanya buat mengganti pemakaman yg biasanya terbuat dari batu nisan jadi terbuat dari pohon gan dan tentunya manfaatnya lebih banyak donggg


Diubah oleh GasPol.
Quote:

bukan bikin pohon juga gan emoticon-Ngakak

Quote:

wah ada benernya juga ya gan emoticon-Ngakak (S)
tapi biasanya kan pemakaman ada yang ngurus gan jadi kemungkinan di tebang lebi kecil

Quote:

kalo kemungkinan ditebang sih tetep ada gan..
masalah utamanya terletak pada harga keknya gan
Quote:


mengingat ini project dari italia, pasti mahal deh gan emoticon-Ngakak
bener juga gan jadi reinkarnasi dari jasad orang itu ya gan emoticon-rose
kurang kerjaaan ini sih emoticon-Ngakak (S)
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:

iya gan hehehe

Quote:

loh kok kurang kerjaan gan? justru ini malah bagus gan, daripada kita nebang pohon buat bikin peti mati kan mending ini malah nanem pohon kita
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
aneh-aneh aja cara penghijauan mereka itu emoticon-Cape d... makin jauh aja sama tata cara yg diajarin agama
Halaman 1 dari 60


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di