Siapa tidak kenal ujung genteng dan curug cikaso? dua nama ini sudah cukup familiar di telinga para traveler roda dua seantero jawa barat. dari bekasi barat hingga tepat di bibir pantai ujung genteng harus ditempuh sejauh 236km jika menggunakan roda dua, dengan waktu tempuh berkisar 8 jam hingga 12 jam tergantung gimana kondisi dan cuaca serta stamina pengendara. ketika saya ke ujung genteng tahun 2011 lalu seorang diri, jalurnya belum sebagus saat ini. hampir 60% sudah beraspal mulus dari cikidang, kiara dua, jampang kulon, hingga ujung genteng. dahulu mungkin hanya 30% saja, itupun cuma di jalur utama pelabuhan ratu. jalur menuju kiara dua dari jalan raya pelabuhan ratu yang dulunya sempit dan berlubang, kini sudah mulai mulus dan lebih lebar. beberapa titik masih belum mulus, persis seperti ketika pertama saya kesana. tapi mayoritas sudah mulai mulus.
Spoiler for sedikit mengingat kembali:
secara historis Ujung Genteng merupakan bekas pelabuhan pada masa Belanda hingga Jepang. Dahulu dermaga Ujung Genteng memanjang mencakar ombak yg datang ke cerukan teluk pantai ujung genteng menyambut kapal kapal Kolonial yang hendak mengangkut hasil bumi Sukabumi. Sisi selatan pulau jawa bagian barat secara geografis memiliki bentuk seperti gunting, dimana pada sisi barat, ujung guntingnya adalah Ujung Kulon. Sedangkan pada sisi timur, ujung guntingnya adalah Ujung Genteng. ane ga pasti apakah Genteng ini bisa disamakan artinya dgn gunting menurut masyarakat setempat. yang jelas ane tahu, Genteng itu adalah atap rumah
kali ini saya pergi bersama rekan rekan dari bikepacker kaskus yang dikomandani bro hidayatullah. awalnya terkumpul sekitar 15 orang yg positif ikut berangkat, tapi saat H-1 ada beberapa yg undur diri, bahkan bro dayat pun hampir aja batal ikut karena kabel body motor byson-nya ludes kebakar. tapi doi tetep semangat pantang mundur melanjutkan perjalanan dengan bawa vario. great spirit mate!
keberangkatan kami tidak semulus rencana, kami sepakat utk menunggu rombongan om dayat di SPBU Cibadak. cukup lama kiranya, dari jam 4 subuh hingga pukul 7.30 menunggu kedatangan om dayat beserta tambahan pasukan 1 motor 2 nyawa. waktu istirahat yg cukup panjang ini dimanfaatkan om bagas untuk tidur lelap, saking lelapnya sampe susah dibangunin hahah. ga berlama lama, setelah om dayat tiba, kita lanjutkan perjalanan kearah cikidang dipimpin om esa yang mimpin nyari tempat makan. dapatlah kita sarapan di sebuah restoran sederhana di cikidang. makanannya mantap, nasi gorengnya sedap sekali. tapi sayang sedapnya nasi goreng itu ga bertahan lama diperut saya, selisih 10 menit, perut udah ngajak ribut ke toilet hihihi.
Spoiler for sarapan:
perjalanan dilanjutkan, jalur cikidang yg cukup ekstrem, meliuk liuk dgn tanjakan dan turunan curam memakan korban dari salah satu motor rombongan kami. om rami dan boncengernya nyelonong ke tebing di letter S dgn tikungan menurun paling curam. motor hancur, masih bersyukur rider dan boncenger selamat semua walaupun dgn luka luka disana sini dan shock. Tau tikungan letter S yg sisi kirinya sangat curam menikung dan ujungnya sisi kiri adalah tebing, sedangkan sisi kanan langsung jurang? nah om rami nyelonong nabrak tebing. saking kencengnya, saksi mata om sidik, om dayat, sampe ngira boncenger om rami mental ke sisi jalan bagian bawah setelah letter S itu. sontak temennya om dayat yg pake beat biru langsung banting motor nguber ke depan buat ngecek bener mental apa engga? ane yg denger teriakan kenceng langsung berhenti, ngelirik kebelakang temennya om dayat dan nyeret nyeret motor, kirain doi yg jatoh. ane langsung berhenti di tengah jalan, masa bodo ama motor yg ane tinggal masih di agak ketengah jalan. lari sampe atas, ga taunya bukan temennya om dayat, tapi om rami. ngangkat motor sama boncenger om rami bener bener perjuangan mengingat kondisi yg terjal.
beruntung banyak warga dan biker lain yang mau bantuin nolong angkat motor sama korbannya. serta kebetulan ada mobil angkutan L300 yg ketika kejadian pas dibelakang kami, jadi mereka berhenti dan langsung bantu bawa ke puskesmas terdekat. lebih beruntung lagi kejadiannya di Cikidang, yang ternyata masih kampung halaman om esa. jadi korban dan motornya dibawa ke rumah kakek om esa. setelah berembuk gimana baiknya, om rami dan cewe-nya mau ga mau mesti ditinggal di rumah kakek om esa. karena ga mungkin kan bawa orang yg habis di jahit tangannya? serta kondisi om rami sendiri yang dadanya sesak sampe katanya muntah darah waktu diurut.
Spoiler for barbuk:
usut punya usut ternyata rem motornya blong, dan kami jg saking antusiasnya sampe lupa berdoa sebelum perjalanan dimulai sehingga mungkin inilah salah satu teguran yg terjadi. get well soon bro rami. perjalanan panjang kami lanjutkan, setelah diawali dgn berdoa, lalu berjalan ekstra hati hati selama di cikidang, kami tiba di kota pelabuhan ratu. segera menuju ke pom bensin dekat TPI pelabuhan ratu, dan menuju masjid raya pelabuhan ratu untuk menunaikan ibadah dzuhur yg dijamak sekalian dgn shalat ashar mengingat jarak tempuh yg masih jauh sekali ke ujung genteng. disini, motor cs-nya om dayat sempat ganti ban dalam.
sembari nunggu para ibu ibu selesai shalat dan om dayat balik dari tambal ban, kita nongkrong di lapangan alun alun, sembari jajan gorengan. ga taunya, om bagas molor lagi sodara sodara. doi tidur sembari ngangkang. daaaaaaaaaaaaaaan, karena doi masih pake celana jas hujan yg kayaknya agak sempit, pas ngangkang, ROBEK lebar dari selangkangan sampe hampir ke paha sodara sodara
Spoiler for soweeeekk:
:ngakak :ngakak
Spoiler for ngakak:
melintasi jalur kiara dua yg masih relatif banyak mulusnya ketimbang buruknya masih bisa dilakoni dgn santai, tapi memasuki jalur jampang kulon - surade yg lebih banyak mudharatnya bikin badan sangat lelah dan sangat ngantuk, ditambah cuaca dingin serta sebelumnya habis berhujan hujan ria, bikin sang alam memanggil manggil sangat mesra utk segera bertandang ke toilet yang sayangnya sulit ditemukan sepanjang jalan. tiba tiba om esa ngejejer ane, minta nyari toilet. bagai pungguk merindukan rembulan, ane yg udah dari tadi nahan kebelet langsung setuju. jadilah ane dan om esa gas poll ninggalin rombongan karena udah sama sama kebelet. pas berhenti di toilet umum, om bagas udah duluan deket toilet, tapi ane buru buru nyelonong minta duluan saking ga kuatnya :ngakak
om bagas rupanya udah ngantuk parah, jadi disarain buat cuci muka dan sabunan klo perlu disitu :ngakak
begitu masuk jalur desa surade yg relatif mulus, langsung hajar gas buat ngejar waktu supaya tidak keburu gelap sampai di ujung genteng karena saya belum tahu dimana lokasi pondok alief yg sudah kami booking minggu lalu.
dulu tahun 2011, jarang ada indomaret dan alfamart serta SPBU di surade, apalagi di ujung genteng. sehingga begitu ada indomaret, kami langsung minggir dan belanja kebutuhan utk camilan malam ini. ternyata sodara sodara, 2015 udah ada 3 SPBU di surade dan banyak indomart/alfamart baru bertebaran. such a development in such a small county here. kondisi jalanan surade yg mayoritas hotmix betul betul jadi obat bagi bokong yg sudah pada memar, bonyok, dihajar jalanan jampang kulon mwahahaha. kami tiba di bbir pantai ujung genteng tepat pukul 04.30. sedikit lagi menjelang pukul 5 sore, langsung saja saya telpon pondok alief dan meminta dijemput karena belum tahu lokasinya.
pukul 5.20 menjelang maghrib kami sudah membongkar peti kemas di cottage barakuda pondok alief yg ternyata diatas ekspektasi kami. much bed, such homy, many spacious, wow. rasanya harga 1,200,000 rupiah yg kami sepakati utk penginapan 2 hari 2 malam kami sangat worth it!! dibagi ber-12 orang, hanya 50,000 rupiah saja per-orang per-malam hehehe
Spoiler for sampe juga:
Spoiler for pondok alief tipe barakuda:
Spoiler for pondok alief:
well my friend, nothing we did at our first night there. cuma rapih rapih barang, istirahat, dan cari makan malam. eneng boncenger saya sempet liat yang 'iya-iya' waktu pulang sehabis cari makan malam bareng om sidik. rambutnya panjang terurai kedepan, berbaju putih dan berdiri diladang samping jalan yg kami lalui. wow, untung bukan saya yg ngeliat, klo saya yg ngeliat, langsung gedubrak mungkin ngejar doi buat selfie wkwkwkw.