- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mengenal PT. KAI dan PT. INKA


TS
taiasu21
Mengenal PT. KAI dan PT. INKA

cek repost :
Spoiler for cek repost:

misi gan... ane mau sharing nih..maaf klo trit ane berantakan
berawal dr obrolan ane sama pramugara KA MAJAPAHIT tujuan Malang-Jakarta, ane jd tau klo industri perkereta-apian di Indonesia "dikuasai" sm 2 PT besar, yaitu PT. KAI dan PT. INKA
langsung saja ya gan...
Quote:
PT. KAI

anak perusahaan PT. KAI

Quote:
PT. KAI yg beralamat di Jalan Perintis kemerdekaan No. 1, Bandung. merupakan Badan Usaha Milik Negara Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan kereta api meliputi angkutan penumpang dan barang.
PT. KAI didirikan sesuai dengan akta tanggal 1 Juni 1999 No. 2, yang dibuat di hadapan Imas Fatimah, S.H., Sp.N., Notaris di Jakarta, dan kemudian diperbaiki kembali sesuai dengan akta tanggal 13 September 1999 No. 14. Akta pendirian tersebut telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia melalui Surat Keputusan tanggal 1 Oktober 1999 No. C-17171 HT.01.01.TH.99 dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 14 Januari 2000 No. 4 Tambahan No. 240/2000.
Riwayat PT Kereta Api Indonesia (Persero) dibagi menjadi tiga periode, yaitu:
-masa kolonial: industri perkeretaapian dimulai pada tahun 1864 ketika Namlooze Venootschap Nederlanche Indische Spoorweg Maatschappij memprakarsai pembangunan jalan kereta api dari Semarang ke Surakarta, Jawa Tengah. Sejak itu tiga perusahaan lain berinvestasi membangun jalur-jalur kereta api di dalam dan luar Pulau Jawa. Perusahaan yang terlibat dalam industri kereta api zaman kolonial adalah Staat Spoorwegen, Verenigde Spoorwegenbedrifj, dan Deli Spoorwegen Maatscappij.
-masa awal kemerdekaan: Pada tanggal 25 Mei berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 1963, pemerintah Republik Indonesia membentuk Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Pada 15 September 1997 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 1971, PNKA diubah menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Dengan status sebagai Perusahaan Negara dan Perusahaan Jawatan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat itu berorientas pada pelayanan publik dan beroperasi melayani masyarakat dengan dana subsidi dari pemerintah.
-masa modern (saat ini): Babak baru pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dimulai ketika PJKA diubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 1990. Dengan status barunya sebagai perusahaan umum, Perumka berupaya untuk mendapatkan laba dari jasa yang disediakannya. Untuk jasa layanan penumpang, Perumka menawarkan tiga kelas layanan, yaitu kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.
PT. KAI didirikan sesuai dengan akta tanggal 1 Juni 1999 No. 2, yang dibuat di hadapan Imas Fatimah, S.H., Sp.N., Notaris di Jakarta, dan kemudian diperbaiki kembali sesuai dengan akta tanggal 13 September 1999 No. 14. Akta pendirian tersebut telah mendapat pengesahan dari Menteri Kehakiman Republik Indonesia melalui Surat Keputusan tanggal 1 Oktober 1999 No. C-17171 HT.01.01.TH.99 dan telah diumumkan dalam Berita Negara Republik Indonesia tanggal 14 Januari 2000 No. 4 Tambahan No. 240/2000.
Riwayat PT Kereta Api Indonesia (Persero) dibagi menjadi tiga periode, yaitu:
-masa kolonial: industri perkeretaapian dimulai pada tahun 1864 ketika Namlooze Venootschap Nederlanche Indische Spoorweg Maatschappij memprakarsai pembangunan jalan kereta api dari Semarang ke Surakarta, Jawa Tengah. Sejak itu tiga perusahaan lain berinvestasi membangun jalur-jalur kereta api di dalam dan luar Pulau Jawa. Perusahaan yang terlibat dalam industri kereta api zaman kolonial adalah Staat Spoorwegen, Verenigde Spoorwegenbedrifj, dan Deli Spoorwegen Maatscappij.
-masa awal kemerdekaan: Pada tanggal 25 Mei berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 22 Tahun 1963, pemerintah Republik Indonesia membentuk Perusahaan Negara Kereta Api (PNKA). Pada 15 September 1997 berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 1971, PNKA diubah menjadi Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA). Dengan status sebagai Perusahaan Negara dan Perusahaan Jawatan, PT Kereta Api Indonesia (Persero) saat itu berorientas pada pelayanan publik dan beroperasi melayani masyarakat dengan dana subsidi dari pemerintah.
-masa modern (saat ini): Babak baru pengelolaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) dimulai ketika PJKA diubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api (Perumka) berdasarkan Peraturan Pemerintah No. 57 Tahun 1990. Dengan status barunya sebagai perusahaan umum, Perumka berupaya untuk mendapatkan laba dari jasa yang disediakannya. Untuk jasa layanan penumpang, Perumka menawarkan tiga kelas layanan, yaitu kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi.
anak perusahaan PT. KAI
Quote:
- PT. RESKA MULTI USAHA
PT. RESKA MULTI USAHA (PT. RMU) adalah anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang bidang usahanya adalah restoran kereta api serta pendukung lainnya. Mulai beroperasi pada 1 Januari 2001, PT. Reska Multi Usaha mempunyai tugas pokok mengoptimalkan pengusahaan fasilitas kereta makan dan peluang bisnis baik yang ada di stasiun, di luar stasiun maupun di atas kereta api yang berkaitan dengan keperluan penumpang kereta api dan bisnis terkait.
- PT. RAILINK
PT. Railink merupakan joint venture antara PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT. Angkasa Pura II (Persero) dengan komposisi kepemilikan saham 60% PT KAI dan 40% PT AP II. PT Railink didirikan pada September 2006. Kegiatan usaha yang dijalaninya yakni pengoperasian, pengelolaan dan pengusahaan kereta api bandara; Pengembangan dan pengelolaan stasiun kereta api di bandara dan di pusat kota; Pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kereta api; Pembangunan prasarana kereta api; Konsultasi dan desain sistem perkerataapian; Pengusahaan jasa lainnya yang menunjang usaha-usaha pokok.
- PT. KERETA API COMMUTER JABODETABEK
Pada tahun 2012 PT KCJ telah melakukan continual improvement di bidang pelayanan KRL Commuter Line. Dimana pada tahun tersebut telah dilakukan persiapan penerapan sistem teknologi informasi di bidang pelayanan, seperti eticketing, prototype passenger information display (PID) pada KRL, loket dan stasiun, help desk untuk pengelolaan komplain penumpang, serta terbitnya media sosial sehingga informasi kepada penumpang cepat, tepat dan akurat.
- PT. KA PARIWISATA
Anak perusahaan PT KAI yang berdiri tahun 2010 memiliki bisnis meliputi penyewaan 3 (tiga) kereta Wisata yaitu Kereta Bali, Toraja dan kereta Nusantara, penjualan tiket pesawat, penjualan tiket kereta api reguler dan penjualan paket-paket tour domestik & internasional.
- PT. KA LOGISTIK
Anak Perusahaan PT KAI ini bergerak dalam bidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang parnipurna bagi pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan lanjutan serta layanan penunjangnya, meliputi pengelolaan Terminal Peti Kemas (TPK), bongkar muat, pergudangan, pengepakan, pelabelan, pengangkutan, penjejakan, pengawalan logistik serta manajemen logistik. PT Kereta Api Logistik (KALOG) punya orientasi bisnis ke depan sebagai jasa layanan distribusi logistik secara Total Solution melalui “End-to-End Services”. KALOG berperan pencipta nilai tambah (value creator) sepanjang rantai nilai (value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api (Persero), seperti angkutan barang dan gudang.
PT. RESKA MULTI USAHA (PT. RMU) adalah anak perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang bidang usahanya adalah restoran kereta api serta pendukung lainnya. Mulai beroperasi pada 1 Januari 2001, PT. Reska Multi Usaha mempunyai tugas pokok mengoptimalkan pengusahaan fasilitas kereta makan dan peluang bisnis baik yang ada di stasiun, di luar stasiun maupun di atas kereta api yang berkaitan dengan keperluan penumpang kereta api dan bisnis terkait.
- PT. RAILINK
PT. Railink merupakan joint venture antara PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT. Angkasa Pura II (Persero) dengan komposisi kepemilikan saham 60% PT KAI dan 40% PT AP II. PT Railink didirikan pada September 2006. Kegiatan usaha yang dijalaninya yakni pengoperasian, pengelolaan dan pengusahaan kereta api bandara; Pengembangan dan pengelolaan stasiun kereta api di bandara dan di pusat kota; Pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kereta api; Pembangunan prasarana kereta api; Konsultasi dan desain sistem perkerataapian; Pengusahaan jasa lainnya yang menunjang usaha-usaha pokok.
- PT. KERETA API COMMUTER JABODETABEK
Pada tahun 2012 PT KCJ telah melakukan continual improvement di bidang pelayanan KRL Commuter Line. Dimana pada tahun tersebut telah dilakukan persiapan penerapan sistem teknologi informasi di bidang pelayanan, seperti eticketing, prototype passenger information display (PID) pada KRL, loket dan stasiun, help desk untuk pengelolaan komplain penumpang, serta terbitnya media sosial sehingga informasi kepada penumpang cepat, tepat dan akurat.
- PT. KA PARIWISATA
Anak perusahaan PT KAI yang berdiri tahun 2010 memiliki bisnis meliputi penyewaan 3 (tiga) kereta Wisata yaitu Kereta Bali, Toraja dan kereta Nusantara, penjualan tiket pesawat, penjualan tiket kereta api reguler dan penjualan paket-paket tour domestik & internasional.
- PT. KA LOGISTIK
Anak Perusahaan PT KAI ini bergerak dalam bidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang parnipurna bagi pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan lanjutan serta layanan penunjangnya, meliputi pengelolaan Terminal Peti Kemas (TPK), bongkar muat, pergudangan, pengepakan, pelabelan, pengangkutan, penjejakan, pengawalan logistik serta manajemen logistik. PT Kereta Api Logistik (KALOG) punya orientasi bisnis ke depan sebagai jasa layanan distribusi logistik secara Total Solution melalui “End-to-End Services”. KALOG berperan pencipta nilai tambah (value creator) sepanjang rantai nilai (value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT Kereta Api (Persero), seperti angkutan barang dan gudang.
Quote:
sedangkan PT INKA


Quote:
PT INKA - Badan Usaha Milik Negara yang berdiri di 29 Agustus 1981. PT Inka (Persero) merupakan pengembangan dari Balai Yasa Lokomotif Uap yang dimiliki oleh PJKA (sekarang PT Kereta Api) pada saat itu. Balai yasa ini berlokasi di Madiun. Semenjak lokomotif uap sudah tidak dioperasikan lagi, maka balai yasa ini dialihfungsikan menjadi pabrik kereta api. Penentuan lokasi dan pendirian pabrik kereta ini berdasarkan hasil studi dari BPPT.
Sejarah
Gagasan untuk mendirikan INKA di Indonesia merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam rangka menanggulangi dan memenuhi kebutuhan jasa angkutan kereta api di Indonesia yang terus menaik. Perusahaan Jasa Kereta Api (PJKA) sejak tahun 1977 telah merintis dan mengadakan penjajagan secara intensif akan kemungkinan – kemungkinan untuk memproduksi sendiri gerbong dan kereta penumpang di Balai Yasa PJKA Madiun, yang kemudian direalisasikan dengan pembuatan ablepe-prototipe beberapa jenis gerbong dan kereta penumpang dan pembuatan 20 buah gerbong GW.Secara kronologis proses pedirian PT (Persero) INKA dapat diuraikan sebagai berikut:
Pada tanggal 28 Nopember 1979, Menteri Perhubungan dan Menteri Ristek mengadakan peninjauan ke Balai Yasa PJKA Madiun. Hasil peninjuan ini diputuskan untuk mengakselerasi pendirian Industri Kereta Api.
Pada tanggal 11 Desember 1979, diadakan rapat antara wakil-wakil dari Departemen Perhubungan, BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dan departemen Perindustrian. Hasil rapat menetapkan dasar kebijaksanaan pendirian suatu PT (Persero) Manufacturing Perkeretaapian.
Sejarah
Gagasan untuk mendirikan INKA di Indonesia merupakan salah satu kebijakan pemerintah dalam rangka menanggulangi dan memenuhi kebutuhan jasa angkutan kereta api di Indonesia yang terus menaik. Perusahaan Jasa Kereta Api (PJKA) sejak tahun 1977 telah merintis dan mengadakan penjajagan secara intensif akan kemungkinan – kemungkinan untuk memproduksi sendiri gerbong dan kereta penumpang di Balai Yasa PJKA Madiun, yang kemudian direalisasikan dengan pembuatan ablepe-prototipe beberapa jenis gerbong dan kereta penumpang dan pembuatan 20 buah gerbong GW.Secara kronologis proses pedirian PT (Persero) INKA dapat diuraikan sebagai berikut:
Pada tanggal 28 Nopember 1979, Menteri Perhubungan dan Menteri Ristek mengadakan peninjauan ke Balai Yasa PJKA Madiun. Hasil peninjuan ini diputuskan untuk mengakselerasi pendirian Industri Kereta Api.
Pada tanggal 11 Desember 1979, diadakan rapat antara wakil-wakil dari Departemen Perhubungan, BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi) dan departemen Perindustrian. Hasil rapat menetapkan dasar kebijaksanaan pendirian suatu PT (Persero) Manufacturing Perkeretaapian.
Quote:
Produk PT Inka
1982 - Pertama produksi gerbong barang.
1985 - Pertama produksi kereta penumpang.
1987 - Pertama perakitan railcar listrik & diversifikasi produk.
1991 - Pertama gerobak angkutan ekspor ke Malaysia (KTMB).
1994 - Pertama produksi railcar listrik VVVF.
1995 - Pertama peluncuran kereta api Argo Bromo.
1996 - Pertama produksi lokomotif (GE Lokindo) & ekspor ke Filipina.
1997 - Peluncuran Pertama kereta Argo Bromo Anggrek (leasing Skema).
1998 - Pertama ekspor Ballast Hopper Wagon ke Thailand.
2001 - Pertama peluncuran Listrik Railcar Indonesia (desain INKA).
2002 - Ekspor Pembangkit Listrik Wagon Mobil dan Bogie Reefer Flat ke Malaysia.
2004 - Ekspor Container Wagon tubuh & Blizzard Center kusen ke Australia.
2006 - Ekspor 50 unit BG Kendaraan untuk Bangladesh.
2007 - Kontrak ditandatangani 1 trainset DEMU untuk Aceh dan Railbus untuk Palembang (Bus rel Kertalaya). Selesai Bagasi Mobil.
2008 - Peluncuran Pertama di Indonesia, Bus Rail KRDI (untuk Aceh & Jawa).
2009 - Rangkaian Baru Kereta api Gajayana dengan model mirip dengan Pesawat Terbang.
2010 - Peluncuran produksi kereta ekonomi AC Bogowonto (Kereta api Bogowonto),5 lokomotif (CC204) & NEW Rangkaian Kereta api Argo Jati yang berbentuk mirip dengan Rangkaian KA Gajayana yang baru.
2011 - Produksi Railbus untuk Solo dan kereta ekonomi AC Gajah Wong (Kereta api Gajah Wong)
2012 - Produksi beberapa kereta ekonomi dengan AC split, 3 lokomotif CC300, railbus untuk kota Padang dan KRL KFW.
2013 - 18 unit Articulated Bus untuk armada Transjakarta
2014 - Peluncuran Kereta Api AC Ekonomi Menoreh II, Sawunggalih Tambahan, New Jayabaya, & New Jaka Tingkir dan dicat dengan livery terbaru PT KAI.
2015 - Pengecatan gerbong eksekutif seperti Jayabaya dan pengiriman gerbong "Cargo" ke sejumlah depo kereta api di Indonesia.
Selain itu, PT Inka juga merintis pembuatan mobil nasional yang dinamakan GEA (singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif) dan prototipenya telah dibuat 2008. Pada edisi 2009, GEA telah menggunakan mesin yang dikembangkan BPPT, Rusnas, setelah sebelumnya menggunakan mesin dari Cina. Prototipe tahun 2009 hanya menggunakan satu komponen (karburator) yang diimpor dari luar negeri.
PT Inka juga ditunjuk sebagai anggota konsorsium yang dipimpin oleh PT Adhi Karya. Konsorsium ini merupakan konsorsium para Badan Usaha Milik Negara yang direncanakan akan menggarap monorel di Jakarta.
1982 - Pertama produksi gerbong barang.
1985 - Pertama produksi kereta penumpang.
1987 - Pertama perakitan railcar listrik & diversifikasi produk.
1991 - Pertama gerobak angkutan ekspor ke Malaysia (KTMB).
1994 - Pertama produksi railcar listrik VVVF.
1995 - Pertama peluncuran kereta api Argo Bromo.
1996 - Pertama produksi lokomotif (GE Lokindo) & ekspor ke Filipina.
1997 - Peluncuran Pertama kereta Argo Bromo Anggrek (leasing Skema).
1998 - Pertama ekspor Ballast Hopper Wagon ke Thailand.
2001 - Pertama peluncuran Listrik Railcar Indonesia (desain INKA).
2002 - Ekspor Pembangkit Listrik Wagon Mobil dan Bogie Reefer Flat ke Malaysia.
2004 - Ekspor Container Wagon tubuh & Blizzard Center kusen ke Australia.
2006 - Ekspor 50 unit BG Kendaraan untuk Bangladesh.
2007 - Kontrak ditandatangani 1 trainset DEMU untuk Aceh dan Railbus untuk Palembang (Bus rel Kertalaya). Selesai Bagasi Mobil.
2008 - Peluncuran Pertama di Indonesia, Bus Rail KRDI (untuk Aceh & Jawa).
2009 - Rangkaian Baru Kereta api Gajayana dengan model mirip dengan Pesawat Terbang.
2010 - Peluncuran produksi kereta ekonomi AC Bogowonto (Kereta api Bogowonto),5 lokomotif (CC204) & NEW Rangkaian Kereta api Argo Jati yang berbentuk mirip dengan Rangkaian KA Gajayana yang baru.
2011 - Produksi Railbus untuk Solo dan kereta ekonomi AC Gajah Wong (Kereta api Gajah Wong)
2012 - Produksi beberapa kereta ekonomi dengan AC split, 3 lokomotif CC300, railbus untuk kota Padang dan KRL KFW.
2013 - 18 unit Articulated Bus untuk armada Transjakarta
2014 - Peluncuran Kereta Api AC Ekonomi Menoreh II, Sawunggalih Tambahan, New Jayabaya, & New Jaka Tingkir dan dicat dengan livery terbaru PT KAI.
2015 - Pengecatan gerbong eksekutif seperti Jayabaya dan pengiriman gerbong "Cargo" ke sejumlah depo kereta api di Indonesia.
Selain itu, PT Inka juga merintis pembuatan mobil nasional yang dinamakan GEA (singkatan dari Gulirkan Energi Alternatif) dan prototipenya telah dibuat 2008. Pada edisi 2009, GEA telah menggunakan mesin yang dikembangkan BPPT, Rusnas, setelah sebelumnya menggunakan mesin dari Cina. Prototipe tahun 2009 hanya menggunakan satu komponen (karburator) yang diimpor dari luar negeri.
PT Inka juga ditunjuk sebagai anggota konsorsium yang dipimpin oleh PT Adhi Karya. Konsorsium ini merupakan konsorsium para Badan Usaha Milik Negara yang direncanakan akan menggarap monorel di Jakarta.
KESIMPULAN dr ane
Spoiler for kesimpulan:
dr referensi diatas, ane dpt menyimpulkan bahwa:
- dulu cuman ada 1 perusahaan (sekarang jd PT. KAI) yg berdiri sampe sekarang, dan menghasilkan berbagai anak perusahaan besar dalam industri per-kereta api-an
- PT. INKA dulu merupakan bagian dari PT. KAI, dan sekarang sudah berdiri sendiri (bukan anak perusahaan)
- fungsi utama PT. KAI merupakan pengelola layanan per-kereta api-an, sedangkan PT. INKA merupakan pembuat (produsen) kereta api, mulai dari lokomotif, gerbong penumpang, gerbong barang, dsb.
- dulu cuman ada 1 perusahaan (sekarang jd PT. KAI) yg berdiri sampe sekarang, dan menghasilkan berbagai anak perusahaan besar dalam industri per-kereta api-an
- PT. INKA dulu merupakan bagian dari PT. KAI, dan sekarang sudah berdiri sendiri (bukan anak perusahaan)
- fungsi utama PT. KAI merupakan pengelola layanan per-kereta api-an, sedangkan PT. INKA merupakan pembuat (produsen) kereta api, mulai dari lokomotif, gerbong penumpang, gerbong barang, dsb.
Galeri foto beberapa KA yang masih beroperasi di Indonesia
Spoiler for galeri:
gerbong barang

gerbong penumpang

Quote:
lokomotif

Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.

Lokomotif D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.

Lokomotif BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa sejak tahun 1957.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A).Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat lokomotif ini sebesar 75 ton.
Kecepatan maksimum 110km/jam.
segini aj dlu ya gan, ntar ane apdet lg sesuai request
Quote:

Lokomotif D 300 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1968.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340HP. Lokomotif ini biasa digunakan untuk langsir kereta penumpang ataupun kereta barang. Lokomotif ini dapat berjalan dengan kecepatan maksimum 50 km/jam.
Quote:
Lokomotif D 301 adalah lokomotif diesel hidrolik buatan pabrik Fried Krupp, Jerman. Lokomotif ini mulai dinas sejak 1962. Lokomotif ini merupakan tipe kedua setelah D300.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 340 HP.
Quote:

Lokomotif BB 200 buatan General Motors adalah lokomotif diesel elektrik tipe pertama dengan transmisi daya DC - DC yang sudah digunakan di Jawa sejak tahun 1957.
Lokomotif ini berdaya mesin sebesar 950 HP dengan susunan gandar lokomotif ini adalah (A1A).Hal ini dibuat agar tekanan gandarnya rendah, karena berat lokomotif ini sebesar 75 ton.
Kecepatan maksimum 110km/jam.
segini aj dlu ya gan, ntar ane apdet lg sesuai request
sekian sedikit info dr ane... semoga info dr ane dpt menambah wawasan keluarga besar

TS cuman mau berbagi ilmu doank.. kalopun dikasih

Spoiler for sumber:
Diubah oleh taiasu21 25-02-2015 15:29
0
16.6K
Kutip
35
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan