- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
MENGENAL SPOORING DAN BALANCING PADA MOBIL


TS
karepmuloss
MENGENAL SPOORING DAN BALANCING PADA MOBIL






Quote:

Quote:
Kondisi jalan raya di Indonesia boleh dikatakan sebagian besar tidak terlalu baik, termasuk jalan-jalan di Jabotabek yang banyak berlubang-lubang di sana sini.
Kondisi jalan yang rusak ini merupakan salah satu penyebab cepat berubahnya posisi presisi roda. Untuk mengatasi masalah presisi roda kendaraan, maka Anda perlu melakukan spooring dan balancing.
Hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan dan juga keamanan bagi pengemudi maupun penumpang.
Spooring merupakan tindakan untuk meluruskan roda depan dan belakang agar kedudukan roda sesuai dengan spesifikasi dari tipe mobil, sedangkan balancing berguna untuk menganalisa putaran atau getaran roda akibat beban roda yang tidak merata.
Kondisi jalan yang rusak ini merupakan salah satu penyebab cepat berubahnya posisi presisi roda. Untuk mengatasi masalah presisi roda kendaraan, maka Anda perlu melakukan spooring dan balancing.
Hal ini berpengaruh terhadap kenyamanan dan juga keamanan bagi pengemudi maupun penumpang.
Spooring merupakan tindakan untuk meluruskan roda depan dan belakang agar kedudukan roda sesuai dengan spesifikasi dari tipe mobil, sedangkan balancing berguna untuk menganalisa putaran atau getaran roda akibat beban roda yang tidak merata.
Apa itu Spooring dan Balancing?
Quote:
SPOORING

Sporing adalah proses untuk menyeimbangkan atau menyelaraskan roda-roda dengan jalan melakukan penyetelan pada komponen steering dan suspense, dengan tujuan agar roda - roda bisa lurus secara horisontal dan vertical.
Tujuannya juga agar steering bisa stabil dalam pengendaraan serta bermanufer serta keausan ban pada roda-roda bisa merata.
Kebanyakan orang berpendapat bahwa hanya roda depan saja yang harus dilakukan sporing.
Pendapat itu tidak salah, akan tetapi alangkah baiknya jika keempat roda disporing, agar keempat roda tersebut antara depan dan belakang bisa selaras.
3 ACUAN DALAM MELAKUKAN SPOORING :
1. - CAMBER
Spoiler for Camber:

Camber :adalah sudut kemiringan roda depan apabila dilihat dari depan, terhadap garis vertical
2. CASTER
Spoiler for Caster:

Caster untuk mengatur sudut sumbu gerak kemudi, dan berfungsi megontrol gerak roda kemudi dan juga roda depan agar lebih terpusat.
3. TOE
Spoiler for TOE:

Toe adalah perbedaan jarak antara roda depan kiri dan kanan dengan roda belakang kiri dan kanan Fungsi Toe adalah: Mengoreksi sudut camber dan menyelaraskan roda depan dan belakang.
KEGUNAAN SPORING
Sporing dilakukan untuk menjaga kestabilan mobil pada saat dikemudikan, serta untuk menjaga agar keausan ban pada roda-roda bisa merata dan umur ban bisa awet.
Quote:
BALANCING RODA

Balancing adalah suatu proses yang dilakukan untuk menstabilkan putaran roda agar seimbang dan merata pada masing-masing permukaan roda.
Kapan Roda - Roda Dilakukan Balancing
Sebaiknya balancing roda-roda dilakukan setiap kelipatan 10.000 km atau bersamaan dengan dilakukannya sporing.

Balancing adalah suatu proses yang dilakukan untuk menstabilkan putaran roda agar seimbang dan merata pada masing-masing permukaan roda.
Kapan Roda - Roda Dilakukan Balancing
Sebaiknya balancing roda-roda dilakukan setiap kelipatan 10.000 km atau bersamaan dengan dilakukannya sporing.
TANDA ATAU CIRI MOBIL HARUS DI SPOORING DAN BALANCING
Quote:

- Ketika mobil anda sudah melaju 10.000 km ( Rekomendasi Pabrikan Mobil)
- Ban Habis tidak rata / Habis Sebelah
- Kemudi yang Lebih berat dari Biasanya dan tidak nyaman
- Setelah melakukan penggantian ban baru
- Setelah melakukan penggantian komponen pada sistem kemudi
- Setir bergetar pada kecepatan tertentu
- Setir terasa narik ke salah satu arah ke kiri atau ke kanan
- Mobil tiba tiba berjalan miring, padahal setir lurus
- Kemudi berat ke satu arah dan susah dikembalikan pada ke posisi semula
- Ketika membelokkan mobil terasa guncangan padahal kondisi jalan mulus
- Kemudi berbelok tetapi roda susah mengikuti dan cenderung lurus
Nah, ketika hal diatas terasa dan dilakukan oleh anda maka segeralah lakukan spooring dan balancing di bengkel spooring dan balancing, jangan sampai keselamatan dalam berkendara anda terancam oleh ketidakstabilan sistem kemudi
TINDAKAN YANG PERLU DILAKUKAN AGAR MOBIL DAPAT DI KENDALIKAN DENGAN NYAMAN SEBAGAIMANA MESTINYA
Quote:

1. Lakukan spooring dan balancing secara berkala. Dikarenakan setiap produk mobil memiliki system dan tehnologi suspensi yang berbeda-beda, maka disarankan untuk mengikiti buku panduan yang tersedia.
2. Rotasi ban harus dilakukan secara benar dan teratur agar keausan nantinya merata untuk semua ban di mobil Anda. Untuk mobil penggerak empat roda, dianjurkan melakukan rotasi ban setiap 5,000 kilometer.
3. Sebelum melakukan spooring dan balancing, lakukan pengecekan kondisi kaki-kaki secara keseluruhan, seperti; ban, veleg, suspensi, dan sebagainya .
4. Untuk mendapatkan hasil spooring dan balancing yang maksimal, pastikan bahwa bengkel yang Anda kunjungi memiliki peralatan lengkap dan memadai.
5. Hindari pembelian ban bekas, walaupun harganya lebih murah, namun menimbulkan resiko terhadap keselamatan.
6. Apabila mengalami ban bocor/pecah dijalan, gunakan ban serep yang memiliki ukuran sama dengan ban aslinya. Jika ban serep yang tersedia berbeda, gunakanlah ban serep ini hanya untuk keperluan darurat hingga ban aslinya diperbaiki atau diganti baru.
Quote:




Diubah oleh karepmuloss 19-02-2015 07:25
0
12.9K
Kutip
28
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan