alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54e584a5a3cb171c378b4569/tips-merawat-mobil-oli-dan-ban
Tips Merawat Mobil: OLI dan BAN
Tips Merawat Mobil: OLI dan BAN

Bagi pemilik mobil, kegiatan merawat dan memelihara kondisi mobil agar selalu prima harus diupayakan bahkan mungkin perlu dijadikan prioritas. Perawatan mobil sangat penting karena tujuannya untuk menjaga performa mobil sehingga saat berkendara Anda dan keluarga nyaman hingga ke tempat tujuan.

Memangnya mau saat di dalam mobil, tiba-tiba mobil mogok atau mengalami gangguan karena ada komponen yang tidak berfungsi? Meski begitu ternyata tidak semua orang tahu bagaimana memelihara mobil dengan benar. Lebih parah lagi, ada yang tidak tahu jika mendiamkan mobil di rumah dalam jangka waktu lama (tidak dipakai) bisa membuat kendaraan roda empat ini mengalami aus.

Lantas apa yang harus dilakukan untuk merawat mobil yang jarang dipakai seperti ini? Langsung membawanya ke bengkel, itu bisa mempersingkat waktu dan biarlah para teknisi yang ahli mengeceknya sendiri. Namun sebagai pemilik mobil yang baik, Anda juga perlu lho tahu apa yang sebenarnya terjadi jika mobil jarang dipakai. Lebih bagus lagi jika Anda bisa turun tangan mengatasi kondisi mobil Anda sendiri tanpa perlu ke bengkel, sehingga biaya yang dikeluarkan lebih hemat.

Berikut ini tips perawatan mobil, terutama mobil tua agar kendaraan kesayangan Anda bisa melaju mulus di jalanan dengan kondisi yang terbaik:

Oli
Oli merupakan pelumas yang berfungsi untuk meminimalkan gesekan dari komponen-komponen mobil yang bergerak di dalam mesin. Peran oli sangat besar karena ini menjaga semua bagian komponen mobil seperti piston, valve, dll berfungsi optimal dalam menggerakkan mesin.

Oli juga membantu mereduksi panas dan mendinginkan mesin, serta mengunci celah-celah di antara piston ring dan cylinder liner agar tidak lepas. Selain itu oli juga penting untuk anti karat karena oli mampu menetralkan asam yang dihasilkan oleh pembakaran gas, mencegah korosi, dan kerusakan komponen-komponen penting.

Untuk merawat oli mesin, Anda perlu secara teratur memeriksa berdasarkan usia kendaraan. Apalagi jika mobil terlalu lama tidak dipakai, maka ini bagian yang perlu untuk diperiksa. Selain itu gunakan oli sesuai dengan petunjuk pabrikan mobil yang Anda beli. Jangan beli yang abal-abal, meski murah.


Ban
Bagian ini juga sangat penting perannya dalam memuluskan perjalanan Anda. Perawatan ban sangat berkaitan dengan keselamatan pengemudi, sehingga perlu dilakukan secermat mungkin.

Ban sebaiknya diperiksa secara teratur, apalagi jika mau dipakai bepergian jauh. Selain perawatan rutin yang baik dan benar bisa membuat ban mobil awet, ternyata manfaat lainnya adalah Anda bisa hemat biaya dan keadaan mobil lebih aman daripada mobil yang kondisi bannya tidak dijaga dengan baik.

Cara merawat ban mobil tidak terlalu susah. Paling tidak sebelumnya Anda sempatkan untuk membaca manual/ panduan mobil Anda. Ban perlu untuk diperiksa setiap dua minggu dengan tekanan yang sesuai. Periksa juga kesimetrisan roda dan masalah suspensi dengan melihat dari jejak roda. Vibrasi pada kemudi mengindikasikan bahwa ban mobil Anda mungkin perlu diseimbangkan.

NB: tips ini dibawakan oleh bengkel mobil Nawilis di Jakarta.
yang jelas tepat waktu ganti oli
Ikut meramaikan aja deh hehe
Good tips gan
Ckckck mantab dah
ninggalin jejak dulu
bermanfaat infonya buat ntar klo pny mobil
Nice info gan...
Thank's
Nice info
Nice info n share bray emoticon-Big Grinemoticon-thumbsup
bagus nih buat besok kalo dah punya mobil ndiri emoticon-Big Grin
harus rutin juga kan gan,
Gan mau nanya dong kalau oli bagusan motul atau mobil 1 yah??emoticon-Bingung (S)
selalu periksa tekanan angin emoticon-Big Grin