alexa-tracking

All About HTML

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54db9c91a1cb17635a8b456d/all-about-html
All About HTML
Pengertian HTML

Spoiler for html:

HTML adalah singkatan dari Hypertext Markup Language. Disebut hypertext karena di dalam HTML sebuah text biasa dapat berfungsi lain, kita dapat membuatnya menjadi link yang dapat berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya dengan hanya meng-klik text tersebut. Kemampuan text inilah yang dinamakan hypertext, walaupun pada implementasinya nanti tidak hanya text yang dapat dijadikan link.
Kenapa HTML Disebut Markup Language? Karena bahasa HTML menggunakan tanda (mark), untuk menandai bagian-bagian dari text. Misalnya, text yang berada di antara tanda tertentu akan menjadi tebal, dan di antara tanda lainnya akan tampak besar. Tanda ini akan kita kenal di HTML sebagai tag.
Jika anda ingin melihat bagaimana sebenarnya isi dari HTML, silahkan klik kanan pada Halaman Website, dan pilih View Page Source atau Lihat Sumber Laman (di Browser Mozilla Firefox atau Google Chrome). Disitu anda akan melihat sebuah halaman baru yang merupakan isi kode HTML dari halaman web tersebut.
Berikut Contoh Page Sourcer Sebuah Website yang diambil dari Http://Metropolitan.id :

Spoiler for view page source:


Dan ini hasil dari isi View Page Source atau Lihat Sumber Laman :

Spoiler for sumber laman:


Didalam View Page Source anda akan melihat seluruh kode HTML yang ada di dalam sebuah website. Contoh diatas adalah isi View Page Source dalam website Http://Metropolitan.id .
HTML merupakan bahasa dasar pembuatan web. Disebut dasar karena dalam membuat web, jika hanya menggunakan HTML, tampilan web kita akan terasa hambar. Terdapat banyak bahasa pemograman web yang ditujukan untuk memanipulasi kode HTML, seperti JavaScript dan PHP. Namun sebelum anda belajar JavaScript maupun PHP, memahami HTML merupakan hal yang paling awal.
HTML bukan bahasa pemograman (programming language), tetapi bahasa markup (markup language), hal ini terdengar sedikit aneh, tapi jika anda telah mengenal bahasa pemograman lain, dalam HTML tidak akan ditemukan struktur yang biasa di temukan dalam bahasa pemograman seperti IF, LOOP, maupun variabel. HTML hanya sebuah bahasa struktur yang fungsinya untuk menandai bagian-bagian dari sebuah halaman. (di/rj)


Pengertian Web Browser

Spoiler for web browser:


Web Browser adalah sebuah software aplikasi untuk menerjemahkan informasi dari world wide web (www). Kode HTML yang kita buat akan diterjemahkan oleh web browser agar informasi yang kita buat akan tampil seperti apa yang kita rancang. Pada dasarnya seluruh web browser dapat menampilkan kode HTML, namun jika sudah berbicara mengenai desain halaman, tiap browser memiliki perbedaan dalam kemampuan membaca informasi website dengan design yang kita buat. contoh nya browser Google Chrome, Mozilla dan Internet Explorer. Hampir seluruh orang di dunia pada jaman sekarang lebih memilih Google Chrome dan Mozilla dibanding Internet Explorer. Karna Internet Explorer masih mempunyai banyak kekurangan dalam membaca kode HTML. Sehingga banyak website yang tampilannya menjadi berantakan saat membukanya di Internet Explorer, sedangkan jika kita membuka website di Google Chrome atau Mozilla, tampilannya tidak berantakan.
Namun setiap web browser mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi kita tidak bisa menilai kalau Google Chrome dan Mozilla lebih baik daripada Internet Explorer.
HTML dirancang dan diatur oleh sebuah badan standarisasi dunia yang khusus menangani web, yaitu W3C (World Wide Web Consortium). Hal ini dikarenakan tiap-tiap program web browser menerjemahkan kode-kode HTML secara berbeda-beda, sehingga di perlukan sebuah standar yang sama untuk seluruh browser.
Namun pada penerapannya, standar ini hanya merupakan rekomendasi. Beberapa web browser membuat aturannya sendiri.
Salah satu yang terkenal adalah Internet Explorer pada sekitar tahun 2000-an. Hampir 90% web browser yang digunakan saat itu adalah Internet Explorer, dan IE tidak sepenuhnya mengikuti rekomendasi W3C. Sedangkan web browser Opera yang mencoba menerapkan standar W3C tidak terlalu populer. Perbedaan aturan penerjemahan HTML di antara web browser inilah yang terus menjadi tantangan bagi programmer web.
Sekarang Internet Explorer tidak lagi sekuat dulu. Web Browser Mozilla Firefox dan Google Chrome telah menguasai lebih dari 50%, dan IE juga telah berusaha menerapkan standar W3C. (di/rj)
Untuk mendapatkan versi terbaru dari web browser populer saat ini, salahkan klik tombol dibawah:
- Mozilla Firefox
- Google Chrome
- Opera
- Safari
- Internet Explorer

[size="4"]Memilih Aplikasi Editor HTML (Notepad++)[/size]

Spoiler for aplikasi editor:


Aplikasi editor HTML digunakan untuk mempermudah kita membuat kode HTML. HTML sendiri pada dasarnya hanya text biasa yang ditulis dalam kode-kode khusus. Web Browser-lah yang akan menerjemahkan kode HTML ini menjadi sebuah tampilan halaman web.
Untuk membuat kode HTML maupun halaman web sederhana, Kita bisa menggunakan aplikasi editor. Aplikasi editor juga mempunyai banyak jenisnya. Contoh : Notepad++, Adobe Dream Weaver dan masih banyak yang lainnya. Saya pribadi menggunakan Notepad++. Kenapa saya lebih memilih Notepad++ dibanding Adobe Dream Weaver? padahal Adobe dream weaver mempunyai fitur yang lebih lengkap dan ditambah dengan adanya Visual Editornya. Saya lebih memilih Notepad++ karna aplikasi editor text gratis yang ringan, dan memiliki banyak fitur. Salah satunya adalah fitur pewarnaan code untuk memudahkan penulisan HTML. Untuk anda yang sudah mahir dalam pemrograman, pasti anda lebih memilih Notepad++ dibanding Adobe Dream Weaver.
Untuk kalian yang ingin mencoba Aplikasi Notepad++ ini dapat diinstall secara gratis di http://notepad-plus-plus.org/download/ .
Berikut contoh Aplikasi Notepad yang saya gunakan :

Spoiler for notepad:


Bagaimana dengan Adobe Dreamweaver? Aplikasi ini merupakan aplikasi web editor yang paling populer. Dreamweaver menyediakan fitur melimpah untuk sekedar membuat halaman web dengan kode HTML. Dreamwever tidak hanya sebuah text editor untuk HTML saja, namun juga untuk berbagai bahasa pemograman web lainnya. Tetapi aplikasi ini tidak gratis dan cenderung ‘berat’.
Tetapi apapun text editor yang digunakan, tidak menjadi masalah, karena selama text editor itu dapat menulis dan menyimpan text, aplikasi tersebut sudah lebih dari cukup.
Dan ini contoh aplikasi editor Adobe Dream Weaver :

Spoiler for dreamweaver:


Sekarang kalian udah tahu apa kekurangan dan kelebihan aplikasi editor antara Notepad++ dan Adobe Drewam Weaver. Tinggal kalian pilih mana yang cocok untuk anda yang mau belajar pemrograman menggunakan aplikasi editor ini. (di/rj)

Cara Menjalankan File HTML

Spoiler for html:


Kali ini saya akan memberikan tutorial pertama untuk menjalankan File HTML di komputer anda masing-masing. Untuk langkah pertama, mari kita buat sebuah folder dengan nama “Belajar HTML” di Drive emoticon-Big Grin . Folder ini akan kita jadikan tempat penyimpanan seluruh halaman HTML yang akan kita buat.
Lalu kita coba buka aplikasi Notepad++ atau aplikasi text editor lainnya, lalu kita masukan text berikut.
<code>Halo RJ-Education.com</code>
Lalu save dengan nama halo.html pada folder Belajar HTML. Setelah itu jalankan file halo.html tinggal di klik aja file nya .

Spoiler for tutorial html:


sekarang file HTML dasar kita sudah dapat berjalan, walaupun sebenarnya belum ada satupun kode HTML didalamnya. Dari percobaan ini dapat kita lihat setiap halaman HTML harus diakhiri dengan extensi .html .(di/rj)


Sumber : http://rj-education.com/kanal/html/

Theme Wordpress

FlatMagazine Theme

Spoiler for flat magazine:


Flavor16.zip

Spoiler for flavor:



Jarida-Theme.zip


Spoiler for jarida:


made_v1.3.zip

Spoiler for made:


Media News

Spoiler for media news:


Megnet Responsive

Spoiler for megnet:


Multinews.zip

Spoiler for multinews:



newszone

Spoiler for newszone:


Purpleon.zip

Spoiler for purpleon:


Rush.zip

Spoiler for rush:


Sumber : http://rj-education.com/kanal/downlo...eme-wordpress/
Ane baru tahu ternyata kenapa IE Lamban dan tampilan tidak sebagus Opera,Mozila atau Crhome saat buka internet. emoticon-Malu (S)

Sangat membantu sekali gan, semoga threat'nya terus update sehingga pemula seperti saya bisa belajar. emoticon-I Love Kaskus (S)
Akhirnya ada thread ini...update terus mas gan...ane lg blajar HTML emoticon-Big Grin
Quote:


Sementara ini masih sepi gan emoticon-Ngakak (S)

Ane juga baru belajar gan di w3schools.com , bahasa dan penjelasan'nya mudah di pahami. emoticon-Big Grin

Quote:


Ane juga lagi belajar W3school...tapi udah bosen baca materi ..pengen praktek langsung bikin tapi bingung juga mulai dari mana emoticon-Ngakak (S)
Quote:


Ane awal'nya juga pengen banget langsung praktek, berhubung udah niat banget jadi ya setiap kata di w3schools ane ikutin arahan beserta test'nya..

sebelum ane ke Next Chapter, ane pasti'in dulu bener-bener bisa apa ngga, yaitu dg cara re-type & test result.

dari <!doctype> sampai ke </html> semakin panjang semakin tertantang ane gan emoticon-Hammer2

Quote:


iya gan itu alesan kenapa orang di jaman sekarang jarang ada yang pake IE.. udah lama bukanya, ditambah banyak tampilan yang dibikin rusak sama IE hahaha emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:


Semoga Membantu gan , ane juga coba iseng-iseng bikin thread di kaskus .. masih newbie makanya thread nya mungkin berantakan gini hehe
Quote:


bener gan haha ane pikir ini ga ada yg comment, makanya kemaren ane tinggalin aja nih threadnya .. gatau nya liat di ip traffict di web ane ada sumber dari sini hehe
Quote:


kalau mau bikin website tapi gangerti kode2 html, bisa langsung praktek pake wordpress aja gan .. dijamin ga akan liat ngutak ngatik kode html atau php nya, sejam juga bisa langsung jadi . bisa langsung di hosting pula pake hosting gratisan.

Quote:


jadi ke inget gan dulu pas buka internet pake IE, Tab sampe 10 lebih baru respon emoticon-Ngakak

Quote:


Update terus mas gan emoticon-thumbsups
Quote:

Ane belajar HTML bukan focus ke web design gan, ane belajar HTML karena pengen bertahap ke Javascript.. kaya'nya ga afdol langsung belajar ke javascript tanpa tahu HTML dulu emoticon-Ngakak (S)
kalo ane tanya tanya soal masalah .css pasti bisa kan ya gan emoticon-Big Grin
Quote:


bisa gann
Quote:

sayangnya ente telat gan emoticon-Cape d...
numpang jejak kak
gan nanya gan,,
ane mau bikin loading animation,
nah ane nemu skrip yg keren,, kayak gini nih,, sekrip
nah itu skrip mau tak modifikasi dikit,
jadinya setelah 10/20 detik nanti loading animationnya ganti jadi download link,, gitu,, hehehe...