CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / Melek Hukum /
Tidak Pakai Helm Haruskah Ditilang?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54d445be1a9975aa528b4569/tidak-pakai-helm-haruskah-ditilang

Tidak Pakai Helm Haruskah Ditilang?

Tidak Pakai Helm Haruskah Ditilang?


Diantara para agan-agan kaskuser mungkin banyak yang udah pernah di tilang. Baik itu karena surat-surat tidak lengkap atau juga karena tidak mengenakan sabuk pengaman semisal helm saat berkendara.

Spoiler for Tilang:


Pada thread yang singkat ini ane cuma mau bahas soal kewajiban mengenakan helm dan nggak ngebahas soal surat kelengkapan kendaraan dan pengemudi yang menurut ane udah oke. Aturannya udah cukup bagus sih ...emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:


Disini ane mau menyampaikan sedikit tanggapan ane tentang judul thread dan sekaligus minta tanggapan dan masukan dari agan-agan kaskuser sekalian.

Quote:

Quote:

Quote:


Sekian dulu gan thread singkat dari ane. Thanks buat kesediaan agan-agan kaskuser sekalian untuk membaca dan memberi tanggapan.

Tidak Pakai Helm Haruskah Ditilang?
Diubah oleh EvoBusiness
Halaman 1 dari 2
Jalan raya itu bukan halaman belakang rumah, jadi jangan suka-suka hati... terserah gue... mau apa... otak otak gue kalau pecah di jalan terserah gue...emoticon-Ngakak (S)
Banyak orang gak sadar... jalan raya itu milik umum, artinya secara otomatis kalau kita masuk jalan raya maka kita secara langsung diwajibkan untuk mengikuti aturan LALIN...

Oh ia IMO, aturan itu itu kalau dilihat dari sudut pandang lain sebenarnya bukan larangan, tapi tanggungjawab/konsekuensi... maksud ane, terserah ente mau patuh atau enggak.. cuman yah itu kalau ente gak patuh jangan protes kalau nanti kena tilang atau otak berceceran di jalan... itu konsekuensinya...
Quote:

Kalau ane sih, selama aturan itu ada ane akan tetap patuh gan. Bahkan tanpa ada aturan pemakaian helm pun ane akan tetap pakai helm saat naik motor karena itu untuk keselamatan ane pribadi. Dan justru karena untuk keselamatan pribadi makanya ane rasa gak perlu dibuat dalam aturan sebagai kewajiban. Efeknya kan bukan untuk orang atau pengendara lain tapi untuk diri sendiri. Hehehe... CMIIW gan ...emoticon-Blue Guy Peace

emoticon-Toast Cek kulkas gan ..
Diubah oleh EvoBusiness
Ane sih belum pernah kena tilang gan, ane selalu pakai helm bawa motor.
Tanggapan ane, kalau aturan tentang helm dihapus, akan merugikan instansi Jasa Raharja. Bisa-bisa Jasa Raharja bangkrut karena banyaknya klaim asuransi kecelakaan.emoticon-Berduka (S)
kalo menurut ane sih itu kesadaran pengemudi gan
Quote:


mangstab gan ...!
kita sama-sama orang yang peduli pada keselamatan berkendara di jalan raya salah satunya dengan selalu memakai helm saat bawa motor.
soal jasa raharja bangkrut kan bisa juga aturan klaim asuransi kecelakaan diubah pointnya gan hehe... tinggal tambah aja bahwa korban yang gak pakai helm gak bisa klaim hahaha...emoticon-2 Jempol
Quote:

perlu diatur dalam undang-undang lalu lintas ngak gan?

Quote:


kalo menurut ane pribadi sih harus gan, sebagai tanggung jawab pemerintah melindungi rakyatnya. Kalau cuma di ingatin tanpa ada sangsi takutnya angka kematian akibat kecelakaan semakin banyak emoticon-Smilie
Aturan kan dibuat untuk dilanggar gan, *pribahasa waktu sma*

Ane penah distop pulisi gan, gara2 gak pake helm, trus ane bilang gini, kan cuman deket aja pak maka'y saya gak pake helm, trs pulisinya jawab gini, emg di uU nya ada aturan jauh-dekat nya klo pake motor, iya pak saya bilang, minta maaf lah trus damai dah, karna pas liat sim saya ada tiitle SH nya tnyata satu alumnus kampus nya ama saya pulisinya,

Mungkin jd baham pertimbangan gan, aturan jauh dekat nya klo pake helm, hahahahaaha
Quote:

soal jauh dekat sepertinya ga ada diatur di UU gan.emoticon-Big Grin
Quote:

bukan jasa raharja gan, karena jasa raharja itu asuransi angkutan publik...
Spoiler for "Aturan santunan jasa raharja":

Saya justru penasaran dengan asuransi (PT Asuransi Bhakti Bhayangkara ) yang gak jelas hukumnya wajib atau enggak (coz ngakunya enggak tapi kayaknya wajib) saat kita memperpanjang/buat SIM katanya itu untuk kecelakaan diri... tapi jarang ada yang singgung atau klaim... emoticon-Bingung (S)


Quote:


Ah yang bener gan, bisa liat aturannya ? Paling itu cuman tips gan, ahahaaa, ane aja skali perpanjang 300 rebu 2 sim A & C
Quote:

Biaya Penerbitan SIM sesuai PP No 50 Tahun 2010, sebagai berikut : Biaya untuk perpanjangan SIM A Rp. 80.000,- dan SIM C Rp. 75.000,-

Biaya tambahan : Untuk Asuransi RP. 30.000,- dan Biaya test kesehatan (cek mata) Rp. 40.000,- dua item ini masih jadi perdebatan..
mis:
1. apakah sebenarnya wajib untuk asuransi beli PT Asuransi Bhakti Bhayangkara (karena gak ada aturannya dan sebagian bilang itu hanya himbauan atau tidak wajib atau kita sebenarnya bebas memilih ambil atau tidak a.k.k tidak paksaan, cuman yah itu... udah standar kita sepertinya wajib bayar asuransi ini emoticon-Cape d... (S)
2. Biaya test kesehatan... problem disini pas kita perpanjang SIM keliling (yang pake mobil itu loh) kalau perpanjang disana kita gak ada test kesehatan, akan tetapi kita tetap disuruh bayat Rp. 40.000,- untuk test yang tidak kita lakukan tersebut... emoticon-Hammer (S)
Quote:

oh iya, baru tau ane gan. kirain hasa raharja
salah satu piranti keselamatan berkendara y helm n sabuk pengaman

kl g pakai y g sayang nyawa. d tilang sebagai pengingat

kl bandel, mungkin nyawa ny ada 9
Quote:

pengingat aja kan gan, ngak musti ditilang sampe denda gitu...
Diubah oleh EvoBusiness
Se'benar'nya gak pake helm itu gak masalah, karena hal itu tidak mem'bahaya'kan orang lain. Beda ame polkep, klo dya gak nangkep loe yang gak pake helm sama aja mem'bahaya'kan loe (orang lain).



heran, gitu aje gak paham... najis.. najis gw.. ahhh.. emoticon-Ngacir
Diubah oleh mibmobz
kalo menurut ane sih penting gan,krn kan anggap aj tilang itu sbg bntuk 'sanksi'. ditilang aja bnyk yg ngelanggar palagi klo dibiarin??
Quote:

kalo tidak dimuat di undang-undang kan bukan melanggar namanya gan. dibebasin aja, kan resiko tanggung masing2...
Diubah oleh EvoBusiness
gak usah ada aturan pake helm gan,mayan kan ngurangin abg labil dijalan yg sering ugal2an. kalo mereka pake helm karna aturan, trs gara2 ugal2an nabrak g mati dong, tp klo gda aturan, pasti mreka g pake helm, nabrak, berkurang lah jumlahnya.
kalo helm masih masuk akal dan HARUS gan untuk keselamatan...yang ga harus ditilang dan tergolong BODOH itu adalah menyalahkan lampu siang hari.
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di