CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Pernah dengar manisan Kiamboy? Cobain deh
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54d1c1341a9975ac338b4576/pernah-dengar-manisan-kiamboy-cobain-deh

Pernah dengar manisan Kiamboy? Cobain deh

Bagi para penikmat manisan buah kering tentunya sudah tidak asing lagi dengan Kiamboy. Konon kabarnya manisan Kiamboy ini berasal dari buah plum yang dikeringkan.
Spoiler for kiamboy:


Prem (bahasa Inggris: plum) bisa merujuk pada pohon dan buah yang memiliki nama yang sama. Prem merupakan bagian dari genus Prunus, subgenus Prunus. Subgenus ini dibedakan dengan subgenera yang lain (didalamnya termasuk persik, ceri, dan yang lainnya) karena memiliki kuntum terminal dan kuntum-kuntum sampingannya berdiri sendiri, tidak terkumpul dalam satu bagian, bebungaannya berkelompok 1-5 bersama-sama dalam satu cabang pendek.
Spoiler for plum:


Buah plum bermacam-macam warnanya, ada jenis buah plum merah, buah plum yang berwarna ungu, ada yang berwarna hijau, hitam, dan kuning. Biji buah plum sangat keras. Makanya, buah itu disebut stone fruit. Bijinya sangat keras sekali seperti batu, Daging buah plum cukup tebal, berwarna jingga kekuningan, dan ketika digigit rasanya seperti jambu, banyak menggandung air dan tidak terlalu manis.Mungkin tekstur dagingnya seperti sawo.
Spoiler for dibelah:





Di pasaran kita mengenal tiga jenis rasa untuk manisan kiamboy ini yaitu:

1. Kiamboy berwarna putih, rasanya manis, sedikit asam dan tidak terlalu asin

Spoiler for kiamboy putih:


2. Kiamboy yang merah rasa sedikit lebih asin dan asam
Bagi pecinta rasa asin dan asam pasti suka.. Rasanya GGggrrrrr pokoknya
Spoiler for kiamboy merah:


dan,
3. Kiamboy yang berwarna abu abu kehitaman
mirip buah plum yang dikeringkan dan tanpa biji dan rasanya manis.
Spoiler for kiamboy abu hitam:



Walaupun telah dibuat manisan ternyata kandungan vitamin C dari buah ini tetap masih ada sehingga bagi sebagian orang sering mengkonsumsi manisan ini untuk menyembuhkan panas dalam dan sariawan.

Bagi yang kurang menyukai memakan kiamboy ini secara langsung dapat juga dijadikan jus dengan sedikit menambahkan pemanis tambahan, boleh simple sirup ataupun lainnya, Dan kali ini saya memakai madu untuk bahan pemanisnya, jadi tidak perlu takut bagi penderita penyakit diabets untuk mengkonsumsinya.

Untuk rasa tidak perlu diragukan lagi, manis asam asin dan segar sehingga dapat membuat mata yang sedang mengantuk menjadi melek kembali.



Resep Jus Kiamboy

Salah satu resep sederhana jus kiamboy dapat diberikan sebagai berikut :
Spoiler for jus:

Bahan – bahan yang diperlukan :
4 buah kiamboy merah keluarkan bijinya atau sesuai dengan selera (bisa 6 biji)
200 ml air matang
3 sdm madu
Es batu secukupnya


Cara membuatnya adalah :
1) Potong kecil – kecil manisan kiamboy, sebelumnya keluarkan bijinya
2) Masukkan semua bahan ke dalam gelas lalu blender sampai hancur dan bersatu
3) Tuangkan jus kiamboy ke dalam gelas dan siap disajikan, untuk 1 porsi.




Manfaat Sehat Buah Plum

Buah plum sebagai bahan dasar dari pembuatan manisan kiamboy, menurut beberapa penelitian memiliki manfaat yang sangat bagus untuk kesehatan.

1) Buah plum memiliki kandungan kalsium dan beberapa vitamin tinggi. Sedangkan untuk plum yang sudah diolah dan dikeringkan menjadi makanan lain seperti manisan kiamboy, memiliki kandungan mineral tinggi yang membuat tulang – tulang mereka lebih kuat/padat terutama di bagian ulna yaitu salah satu dari dua tulang panjang yang terletak di bagian lengan bawah dan tulang belakang.

2) Osteoporosis adalah salah satu jenis penyakit tulang yang hanya dapat dicegah dengan banyak minum susu. Beberapa peneliti kesehatan menyarankan agar tidak menunggu sampai anda mengalami penyakit ini, sehingga perlu bantuan perawatan intensif dari seorang dokter.

Lakukan pencegahan sedini mungkin, seperti rutin makan buah plum dapat membantu pembentukan tulang kuat. Plum dapat dimakan dalam bentuk apapun, buah segar atau diolah menjadi makanan/minuman lain seperti pelengkap kue, manisan dan jus segar.

3) Plum dapat mengatasi sembelit. Rutin mengkonsumsi segarnya buah plum sekitar 10 buah per hari, niscaya saluran pencernaan anda sehat.

4) Buah plum juga mengandung vitamin C dosis tinggi sehingga bagus untuk kesehatan mulut dan gusi, anda terhindar dari sakit sariawan dan gangguan penyakit mulut lainnya.

Banyak manfaat dari buah plum baik itu dalam keadaan segar atau setelah diolah menjadi makanan/minuman lain sehingga sangat dianjurkan untuk anda sekeluarga mengkonsumsinya entah itu sebagai makanan pokok untuk pencegahan/pengobatan si sakit atau hanya sebagai makanan biasa seperti pencuci mulut atau cemilan keluarga.











sumber:
sumber 1
sumber 2 wikipedia
sumber 3
sumber 4




Spoiler for Komentar Kaskuser:
Diubah oleh balqis12
Halaman 1 dari 5
gila, itu kesukaan ane bro
ini disamping ane dah siap 1 pak emoticon-Ngakak (S)

nama lainnya Kiam mei
Quote:


wow..udah nyiapin satu pack aja gan.. emoticon-Bingung (S)
ane barusan nyobain yang warna merah gan.. rasanya bener-bener bikin begidik..
mungkin besok-besok lagi ane nyobain yang putih atau item itu aja..
maklum ane nggak suka yg asem asin banget gitu..
yang item manis beneran kan?? emoticon-Ngakak (S)
Diubah oleh balqis12
sger kayaknya gan emoticon-Matabelo
Quote:


wihhh..seger banget gan.. bisa merem melek dah.. dijamin.. emoticon-Ngakak (S)
Quote:


1 pak sih untuk beberapa hari , ane suka yang putih , tapi sering dapat yang terlalu asin
ane beli yg produk chongqing, dan yg diimpor dan dikemas oleh petrona jakarta
1 pak isi 300gram, seharga 18500
Quote:


nyari yang harganya miring dimana ya? di kerpur mahal bgt, gwa suka nih, kadang saking asemnya lambung gwa berontak, maklum maagh akut...


tapi gwa tetep suka hahahhaha, cocok buat kl lagi nyetir, ngantuk dikit comot, gigit , melek....
Diubah oleh ambilsatu
Post ini telah dihapus oleh celanaman
belom pernah coba gan emoticon-Frown
Quote:


kek mana gan bungkusnya?? kemaren pas ane di carrefour di oples-toples gitu.. nimbang sendiri..
kayaknya yg putih enak nih emoticon-Ngakak (S)
Quote:

bungkusnya sih biasa, cuman plastik biasa ada gambar buah ploem dan di bawah keterangan yg produk dan yg import
ente kalau beli, lebih baik beli yg di toko toko yg jual barang2 produk cina , biasanya disana banyak pilihan

kalau di surabaya, ada di pasar pabean
baru teu ane gan...
pernah makan buah sih... biar rasanya manis, harus dipencet2 dulu.. emoticon-Ngakak (S)
Pernah nyoba dulu nih dikasih temen, yg rasanya asem2 seger itu ya?
Btw, ini makanan khas mana?
Quote:

suka yang warna apa ente gan???




Quote:

cobain aja gan.. hihihi



Quote:

cobain dulu makanya gan...
dulu pernah ada tuh permen yag isinya plum yg merah tengahnya, pas uda dijilat2 abis sampe tengah asem bener gan plumnya tapi enak rasanya emoticon-Ngakak (S) nice inpoh gan
Quote:


semua....

sama yang panjang2 putih, kl ga salah dari kulit jeruk...

ada rekomendasi toko di jakarta atau tangerang?
Quote:


Yang item itu namanya o-boy (o=hitam dlm dialek Hokkian). Emang manis kok rasanya, favorit ane sama adek2 ane tuh. Kalo yang merah ane kurang suka, kalo yang putih itu fungsinya buat anti ngantuk. Makan 1 langsung melek emoticon-Ngakak (S)
Kalo banyak makan yg putih harus bersihin lidah yang bener, biar lidahnya warnanya tetep merah muda, bukan putih emoticon-Ngakak (S)
Quote:

cari ah.. siapa tau ditempat snck langgananku ternyata ada..emoticon-Ngakak (S)


Quote:

makan buah prem/plum nya itu gan??


Quote:

ane juga nggak tau gan.. tp seringnya manisan ini di komplek-komplek orang cina..
Quote:

emangnya ada gan????


Quote:

kiamboy yang panjang panjang udah nggak ada bijinya namanya apa gan? siomboy kalau ga salah yak??


Quote:

yang putih agak manis dikit ya kan??
yang merah itu bbbbbrrrrr asem asin bener... sampek begidik..
Di medan masih subur gan yg jual,.
kebanyakan yang merah, disini bilangnya siomboy. emoticon-Big Grin
ada juga yang ga kering, buah plumnya masih bulet gede segede pingpong tapi udah berasa kayak manisan yang kering, mungkin di rendem sama air manisannya.. kalo di makan teksturnya hampir sama kayak kesemek, renyah2 gitu.. emoticon-Big Grin ini ane suka, perbiji Rp500 di warung2 cina

tapi ane paling suka yang ini
Spoiler for ini:


Kebetulan rumah ane deket daerah pecinan gitu.. emoticon-Big Grin
Diubah oleh Freizello
blm prnh coba ane gan.
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di