Kaskus

Entertainment

jawamotorsportAvatar border
TS
jawamotorsport
Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia
Selamat pagi....siang....sorS E N S O R.malem.... agan-agan kaskuser yang tercinta....
Sesuai judul, kali ini ane bakal bahas sejarah motorsport bersarung atau berjilbab atau berkerudung buatan Yamaha yang pernah edar di Indonesia emoticon-Big Grin. Dari dulu sampai sekarang pun motorsport berjilbab tetap jadi idaman kawula muda gan.... emoticon-Big Grin Kali ini ane akan bahas satu-persatu motor-motor berhijab tersebut, tentunya indonesia only gan dan bukan termasuk moge emoticon-Big Grin
Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia

Yamaha RZ-R 135
Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia
Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia
RZR 135

Masih ingat dengan motor diatas? yup bener itu adalah andalan sport kelas lokal dari Yamaha Indonesia pada 88 sampai akhir tahun 90’an. Yamaha RZR 135, sebuah produk flagship Yamaha Indonesia waktu itu, walaupun mempunyai desainn mesin hampir sama dengan Yamaha RX-King 135, tetapi motor ini sangatlah beda karakteristiknya. Jika RX-King mempunyai keunggulan diakselerasi yang spontan, RZR mempunyai power di top speed, makanya tarikan RZR ini lebih lelet dikit dibanding RX-King, hal itu terjadi karena perbedaan konstruksi gigi rasio yang ada pada kedua motor tersebut, RX-King itu 5-speed sedangkan RXZ itu 6-speed. RXZ ini bisa dibilang sebagai versi upgrade atau versi mewahnya dari RX-King.

Yamaha RZR 135 lahir 1 tahun lebih tua dari Yamaha RXZ 135 yang awal kemunculannya pada tahun 1989. Dengan menyandang kapasitas mesin serta jeroan yang hampir sama, kedua motor ini terbilang sangat lumayan laku pada jamannya dulu untuk kalangan pecinta sport bike dari pabrikan Yamaha. Adapun spesifikasi mesin yang ada pada motor RZR maupun RXZ adalah: berteknologi 2 langkah 133cc, mesin berpendingin udara, maksimum power 20ps pada 7500rpm, bore x stroke 56 x 54mm, kompresi rasio 7:1, transmisi 6 percepatan, kopling manual tipe basah, kapasitas tangki bahan bakar 13lt, kapasitas oli samping 1,2lt, shockbreker depan teleskopik sedangkan belakang dual shock menggunakan sistem pengontrol rebound gas bertabung, berat total motor 106kg, dan katanya sihhhh dari para penggunanya, motor ini sanggup digeber sampai batas kecepatan 140km/h bahkan bisa lebih dalam kondisi mesin standar pabrikan…. cukup kencang untuk ukuran motor sport lokal pada waktu itu.

Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia

Setahu ane sih, motor ini dulu adalah produk tertinggi YamahaI soal motor sport berfairing versi lokal. Untuk versi CBU sih ada TZM 150. Walaupun sekarang model dari RZR 135 sudah jadoel, tapi jangan salah... dulu pada tahun-tahun awal kemunculannya 1988, motor ini sempat membuat gonjang-ganjing mindset pecinta sport bike berfairing lokal dari pabrikan Suzuki yaitu RGR 150 yang masih menggunakan fairing semi telanjang. Juga sewaktu ada kancah perhelatan Moto GP500 di Sentul pada1996, Yamaha RZR 135 juga sempat dijual dengan grafis special edition yang mempunyai motif hampir menyerupai livery Yamaha Marlboro Racing. Ya sayangnya yang masuk ke Indonesia hanya versi velg jeruji saja, sedangkan untuk versi velg casting wheel gak masuk ke Indonesia. RZR ini hanya ada di beberapa negara asia saja termasuk Indonesia gan. RZR ini terakhir dijual oleh Yamaha di Indonesia sekitar tahun 1997 mungkin kena dampak krisis moneter waktu itu, sehingga Yamaha harus menghentikan penjualan RZR ini.

Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia

Dulu waktu ts masih jaman SD ngeliat motor ini di jalanan keren banget, kelihatan gede dan gagah. Cuma sayangnya desain kaki-kaki motor RZR ini belum menganut monoshock, kelihatannya emang agak aneh ya motor full fairing tapi gak monoshock. Tapi buat jaman dulu ini keren banget, walaupun kalo dibandingkan dengan pesaingnya Suzuki RGR 150, ya RZR ini kalah kenceng kalo kondisi sama-sama standard pabrik gan. Sayangnya motor ini susah sekarang ditemui di jalanan Indonesia.

Bonus Foto RZR 135
Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia
Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia
Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di IndonesiaSejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia
Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia

Yamaha YZF-R15
Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia

Yamaha YZF-R15 atau lebih dikenal dengan R15, siapa sih yang gak kenal ni motor? mungkin yang gak tau pasti itu orang emang gak ngerti motor emoticon-Hammer (S) . Yamaha kembali menunjukkan eksistensinya di dunia motor sport Indonesia dengan meluncurkan Yamaha R15. Motor racing berkapasitas 150CC ini dirilis di Indonesia pada tahun 2014 lalu. Yamaha R15 adalah motor sport full fairing dengan desain yang sangat macho. Motor ini terlebih dahulu dirilis di India dan langsung mendapatkan sambutan antusias dari pecinta motor. Motor sport Yamaha R15 ini memiliki beberapa sisi yang mirip dengan V-ixion terutama sektor mesin dan rangka. Motor ini merupakan versi upgrade atau versi mewah dari Yamaha Vixion gan, bedanya terutama di rasio gear, R15 ini memiliki transmisi 6-speed, sedangkan Vixion hanya 5-speed. Kedua motor tersebut memang dibuat dan dikembangkan di Indonesia dan diekspor hampir di beberapa negara asia gan. Bahkan ts sendiri juga pernah ke Bangkok ketemu Yamaha R15 ini.

Harga dari motorsport ini pun juga tentunya akan lebih mahal dari Vixion. Yamaha R15 diluncurkan oleh pabrikan Yamaha untuk menyaingi eksistensi dari Honda CBR150R dan Kawasaki Ninja RR. Yamaha mengisi kekosongan tersebut dengan motor laki ini yang memiliki desain yang dikembangkan dari Yamaha Vixion lighting. Untuk urusan power meskipun sama-sama 150cc, Yamaha R15 ini memiliki power mesin yang lebih besar dari Vixion. Tenaga maksimal 16.83 dk/8.500 rpm dan torsi puncak 15 Nm/7.500 rpm sedangkan Vixion hanya mampu mencapai tenaga 16.43 dk/8.500 rpm dan torsi 14 Nm/7.500 rpm. Kedua motor tersebut memang sudah memakai pengabut bahan bakar injeksi gan (info buat yang gak ngerti motor, trus baca trit ini emoticon-Hammer (S) ). Tipe mesin dari Yamaha YZF-R15 endiri adalah 149,8 cc, 4 tak, 4 valve SOHC, dan berpendingin cairan silinder tunggal. Faktor utama yang membedakan mesin Vixion dan R-15 ini tampak dari luar memang R15 ini gak pakai kick starter seperti Vixion gan. Tapi kok gak ada yg protes ya kalo R15 ini tanpa kick starter? Padahal dulu NVL keluar pertama ada yg protes tanpa kick starter. Ya menurut TS sih tanpa kick starter gak masalah, asal material dinamo starter kuat awet hingga lebih dari 10 tahun tanpa perawatan emoticon-Hammer (S)

Spesifikasi Yamaha R15
Kapasitas mesin : 149.8cc
Tipe Mesin : SOHC 4-klep
Perbandingan Kompresi : 10.4 : 1
Max Power : 17 PS/8500 RPM
Max Torque : 15 NM/7500 RPM
Bore x Stroke : 57mm x 58.7 mm
Sistem Pengkabutan : Injeksi
Transmisi : 6 – Speed
Sistem Pendingin : Radiator
Ukuran Ban Depan : 90/80-17 Tubeless
Ukuran Ban Belakang : 130/80-17 Tubeless
Rem Depan : Cakram 245mm
Rem Belakang : Cakram 220mm
Suspensi Depan : Telescopic
Suspensi Belakang : Link Type Monocross
Kapasitas tangki : 12 Liter
Rangka : Delta Box
Speedometer : Semi Digital

Sejarah Motorsport Sarungan Yamaha yang edar di Indonesia

Kalau dilihat dari tampak belakang, jujur ts kurang sreg dengan desain lampu belakangnya yg meskipun sudah canggih dan memakai LED, tapi nyala warna merahnya terlihat kurang gelap atau kurang merah, malahan nyala warnanya cenderung pink emoticon-Hammer (S) . Dan penempatan lampu sein depan yang terlalu ke bawah dibawah dengkul kaki rider, malah terlihat kurang enak dilihat. Serta jika dilihat dari depan, terlihat ban depan seperti kurang lebar dan fairing yang terlalu lebar ke samping emoticon-Cape d... (S) . Tapi emang overall sih keren gan kalo dari samping emoticon-Big Grin. Dan tentunya kelebihan Yamaha R15 versi Indonesia ini adalah merupakan perbaikan dari Yamaha R15 versi India yang terlebih dahulu. Dengan perbaikan ini tentunya Yamaha YZF R15 versi Indonesia ini akan lebih baik dari versi India baik dari segi body kit maupun mesinnya, bahkan kabarnya R15 versi Indonesia ini dikirim ke India sebagai contoh untuk merevisi R15 yang beredar di India sono. Top speed R15 ini maksimal 138km/h dalam kondisi standard pabrik gan.

Sumber: dari segala sumber di internet digabung jadi satu dan diedit emoticon-Big Grin

Tunggu updatenya gan....
Diubah oleh jawamotorsport 05-08-2015 15:19
si.pistolAvatar border
Feraldi.NovalAvatar border
Feraldi.Noval dan si.pistol memberi reputasi
2
19K
20
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan