CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Proses Penukaran Koin Kreator Ada Perubahan Cek Infonya di Sini Gan!
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54c918345a516341708b4567/menikmati-jejak-masa-lampau-di-desa-tradisional-shirakawago

Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago

Proud to be part of
Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago


Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago

emoticon-KissThanks atas dukungan BREAMAN, seluruh warga & OFFICER KasKus hingga menjadi HT #27 emoticon-Peluk


Welcome to

Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago



Hallo Gans, emoticon-Kiss
Bannernya masih urban sih emoticon-Malu tapi kali ini TS mau ngajak agan sekalian refreshing ke sebuah desa indah di Jepang bernama Shirakawago. Langsung aja yuuk disimak emoticon-Smilie

Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago


Profil

Desa Shirakawago adalah salah satu Situs Warisan Dunia yang berada di Jepang. Situs ini terletak di lembah sungai Shokawa di perbatasan Prefektur Gifu. Kawasan ini merupakan salah satu tempat yang menerima paling banyak hujan salju di Jepang. Sebagian besar (95,7%) wilayahnya tertutup oleh hutan.

Quote:

Quote:

Quote:

Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago


Rumah Tradisional

Desa-desa ini terkenal akan rumah tradisionalnya yang berusia lebih dari 200 tahun yaitu model rumah Gassho-zukuri, atau "konstruksi tangan berdoa" dicirikan dengan bentuk atap rumah yang miring dan melambangkan tangan orang yang sedang berdoa. Desain rumah ini sangat kuat dan memiliki bahan atap yang unik yang menjaga kekokohan bangunannya karena desa ini akan diliputi salju yang sangat tebal pada musim dingin. Rumah desa Shirakawa-go sangat besar, dengan 3 sampai 4 tingkat di bawah atap yang sangat rendah, sehingga menjadi tempat yang cukup untuk satu keluarga besar.
Semua atap rumah di desa itu menghadap ke timur dan barat. Ini bertujuan salju yang menumpuk segera bisa mencair ketika terkena matahari. Karena atap menghadap arah matahari, semua ventilasi yang terletak di loteng mengarah ke selatan dan utara. Dengan begitu aliran udara dan angin bebas keluar masuk sehingga menciptakan sistem ventilasi yang terbaik.
Seperti kebanyakan rumah tradisional Jepang lainnya, rumah gassho-zukuri menggunakan kayu. Uniknya, untuk menyatukan antara bagian satu dengan yang lain tidak satupun paku yang digunakan. Semua disatukan dengan tali yang terbuat dari jerami yang dijalin atau neso, istilah untuk menyebut cabang pohon yang dilunakkan

Spoiler for Rumahnya:

Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago


Warisan Dunia

Sejak Desember 1995 lalu, Shirakawa-go, bersama dua desa serupa di Gokayama, ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh Unesco sehingga warga Shirakawa tidak bisa sembarangan merenovasi rumah mereka. Pemerintah membuat peraturan untuk mempertahankan kelestarian rumah-rumah di desa ini.

Spoiler for desanya gan:

Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago


Tradisi Penggantian Atap

Penggantian atap (yang biasanya dilakukan tiap 20 atau 30 tahun sekali) juga menjadi tradisi tersendiri yang disebut yui. Pemilik rumah tidak bekerja sendiri untuk mengganti atap karena semua penduduk desa berpartisipasi. Acara penggantian atap ini juga bisa mendatangkan turis yang tidak sekadar menonton, tetapi juga berpartisipasi di dalamnya.
Orang yang berpartisipasi sedikitnya 200 orang. Dilakukan dengan cepat, maksimal dua hari harus selesai. Supaya penghuni rumah bisa segera beraktivitas seperti biasa. Bagi warga Shirakawa-go, tradisi yui yang menunjukkan kebersamaan dan gotong royong itulah yang menyebabkan desa itu masih bertahan hingga kini. Dan nilai-nilai itu juga yang menjadi salah satu poin penting yang menjadikan Shirakawa-go berstatus Warisan Dunia

Spoiler for :

Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago


Musim Dingin

Pemandangan paling terkenal di Shirakawa-go adalah saat malam hari di musim dingin. Saat itu seluruh desa tertutup salju tebal. Begitu juga dengan atap setiap rumah. Cahaya lampu yang muncul dari jendela setiap rumah menciptakan pemandangan yang sangat indah.
Otoritas pariwisata menetapkan tujuh hari tertentu pada bulan Januari hingga Februari untuk menyaksikan pemandangan yang indah itu. Ribuan wisatawan domestik dan mancanegara berbondong-bondong menyaksikannya dari atas bukit. Dengan arus wisatawan yang terus meningkat, terjadi perubahan pola sosial di desa itu. Penduduknya tidak lagi melulu bertani. Sebagian memanfaatkan keunikan rumah tradisional itu untuk dijadikan penginapan atau toko suvenir


Spoiler for winter:


Keren kan gan emoticon-BeloLihat lebih dekat desanya yuuk..emoticon-Request

Spoiler for Jalan-jalan:

Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago


emoticon-BeloDesanya sejuk banget kan gan. Jangan lupa rate dan komeng, ane doain bisa wisata kesana gan emoticon-Belo


Spoiler for Sumur:


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L)


Sekian dari TS, Semoga Bermanfaat emoticon-Smilie
Diubah oleh runarazenviq
Halaman 1 dari 19
emoticon-MatabeloTambahan dari KasKuseR yang pernah Kesana Gan..emoticon-Hot News

Quote:

Quote:

Quote:


Quote:


Quote:


Wah..ada Raja MAHOdi jagat Breaman nih gan emoticon-Belo

Quote:

Diubah oleh runarazenviq
Kalo ane sih pernah ke desa di prefecture Nagano gan. Bagus juga Dan rata2 desa di jepang ya kyk gitu
emoticon-Matabelo
Eh, ane baru nyadar kalo punya foto yg ini di hengpon sejak lama..bawaan dari produsen hengponnya gan..

Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago


Dan ternyata..
tempat aslinya memang cantik..
Thanks God.. emoticon-Frown
Thanks jg buat TS emoticon-Smilie
Diubah oleh Perment103
Keren emang gan kayak di anime emoticon-Matabelo
yang pas salju keren emoticon-Rate 5 Star
Kayak kampung ane gan emoticon-Ngakak
Nice info,Do'ain biar ane bisa kesana y gan
Masuk world heritage kan gan desa ini?..
Kayak pernah baca deh.. Sejuknyaaa..
Bersih.. emoticon-Smilie
cakep banget pas musim salju ya....
putih semua warnanyaemoticon-Belo
Keren gan , yg paling keren pas musim salju ,,, spt dunia khayal

#PEjwan

Emang iindah yah emoticon-Matabelo
Pengen bg bisa ke Jepang, cuma kesempatannya belum muncul
Ane suka arsitekturnya desanya tuh, berasa natural yak emoticon-Big Grin
Tapi Kampung Naga yg ada di Singaparna juga ga kalah Indah emoticon-Big Grin
Thanks TS udah mau share

Btw ada penampakan di foto yg ini emoticon-Ngacir
Menikmati Jejak Masa Lampau di Desa Tradisional Shirakawago
Diubah oleh Insurgent_Army
bagus banget pemandangannya emoticon-Matabelo
Keren gan emoticon-Blue Guy Peace
onde mandeee... keren banget. asli sejuk banget pasti suasananya. pengen kesana emoticon-Mewek
Ah masih bagusan kampung dibantaran sungai ciliwung
Itu asli keren bingit ganemoticon-Belo
Quote:


Coba pictnya taruh dimari gan emoticon-Request
Quote:


Agan ini pernah ngrasain segernya mandi, berenang, menyelam di sungai ciliwung yg indah itu rupanya.. emoticon-Big Grin
wah wah
jauh juga nih
kalo dari tempat ane tinggal

tapi keren beud ya gan ya
____

di Indonesia juga masih banyak lho desa tradisional yang masih kayak jaman dulu
kayak di daerah NTT itu kan masih banyak banget
semoga aja terjaga deh keaslianya
Diubah oleh sitoy.51704
Quote:


Woooow..penamapakan apa itu gan?emoticon-Matabelo
Makasih yang udah mampir dan komeng..emoticon-Matabelo
Quote:



TSnya yang lebih tahu, karena gmbar itu kayaknya jepretan TS sendiri emoticon-Shutup

Halaman 1 dari 19


GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di