- Beranda
- Komunitas
- Jual Beli Feedback & Testimonials
catatan penting [ kalimat mutiara kaskuser]
TS
cobusyet
catatan penting [ kalimat mutiara kaskuser]
Quote:
Original Posted By ghostnewbie►
yang ane bold, sebenarnya bukan gk bisa lawan harga pasaran, malahan ane jual dibawah harga pasaran se indonesia malahan
sebenarnya ada 2 seller yang sudah ane pantau, jual harga dibawah harga ane. selisih 2rb, nah yang ane heran dia dapet stock darimana pakai ekspedisi apa?
dan ane sudah dapatkan jawabnya, dia memang dapet stock dari produsennya langsung sama kyk ane. nah di jasa ekspedisi ini dia unggul, karena dia menjual peralatan lain juga, sehingga biaya impor bisa ditekan karena impor tidak hanya satu produk, bisa lebih dari 3 produk. nah untuk itu kalo ane mau untung yang lumanya ane harus menyetock dengan jumlah lebih banyak agar biaya impor bisa ditekan.
ane tidak terlalu banyak mengorbankan waktu dan tenaga. karena ini bisinis sampingan ane, on real life ane juga sebagai pekerja.
satu lagi, rantai penjualan seperti ini Produsen - Distributor - Supplier - Reseller - Konsumen. Semakin tinggi posisi kita ya semakin besar profitnya.
bisa share pake forwarder darimana untuk urusan impornya gan? apakah impor sendiri, tapi impor sendiri gk mungkin kalo qty banyak begitu.
yang ane bold, sebenarnya bukan gk bisa lawan harga pasaran, malahan ane jual dibawah harga pasaran se indonesia malahan
sebenarnya ada 2 seller yang sudah ane pantau, jual harga dibawah harga ane. selisih 2rb, nah yang ane heran dia dapet stock darimana pakai ekspedisi apa?
dan ane sudah dapatkan jawabnya, dia memang dapet stock dari produsennya langsung sama kyk ane. nah di jasa ekspedisi ini dia unggul, karena dia menjual peralatan lain juga, sehingga biaya impor bisa ditekan karena impor tidak hanya satu produk, bisa lebih dari 3 produk. nah untuk itu kalo ane mau untung yang lumanya ane harus menyetock dengan jumlah lebih banyak agar biaya impor bisa ditekan.
ane tidak terlalu banyak mengorbankan waktu dan tenaga. karena ini bisinis sampingan ane, on real life ane juga sebagai pekerja.
satu lagi, rantai penjualan seperti ini Produsen - Distributor - Supplier - Reseller - Konsumen. Semakin tinggi posisi kita ya semakin besar profitnya.
bisa share pake forwarder darimana untuk urusan impornya gan? apakah impor sendiri, tapi impor sendiri gk mungkin kalo qty banyak begitu.
Quote:
Original Posted By omical►
@fufa
hahaha.. ane gak heran gan, memang angkatan2 owner onlineshop range age nya kisaran 18-35 an., karena disanalah posisinya onlineshop baru masuk di indo , dan berkembang.
ngomong2 ane masih 27 gan hihihihi.....
sebenernya sih gw jualan porsinya itu semua brand usa gw tadah, tapi kalau mau di rinci
40% hotwheels
10% matchbox
10% jada
5% racing champion
5%disney cars
5%tomica
5% muscle machines
10% lagi brand2 lainnya.
intinya sih sebenernya semua jenis mainan diecast yg ada disana tak masukin, dan di onlniekan,
gw main dr 2007 bro, dari modal gk sampe 5 jt juga, dulunya.
untuk karyawan gua polanya gini
10 orang, order proces mulai dari sortir barang, dan packing sekalian
2 kurir -> gw hitung kalau diantar langsung ke tomang, kena diskon jne 15%, jauh lbih murah, ketimbang paket dijemput melalui agent non diskon jne
2 admin -> untuk bikin alamat, yg di dwonload dari database, check mutasi, upload produk, gitu2
2 cs -> masuk dari pm fanpages, pm acc fb, sms, bbm, yg udah di remote kerja dari desktop
1 sales marketing
2 fotografer produk,
1 ob
pola kerja karyawan, gk ada SOP jg sih, tp controlled by sistem aja, gk ada sampe gw tulis print gt, tp mereka di breifing, jd udah pada tau kudu ngapain.
yg paling penting memang untuk onlineshop, ujung tombak di cs, mulai dari bahasa yg ramah lah, cepat tanggap, responnya kudu basa basi,
kudu sabar2 banget, gw udah bongkar pasang so far, akhirnya dapat formasi yg cocok, belum lagi kudu bilang teria kasih lah, dsb
tapi kalau cs di gw, itu kudu act sesuai watak si buyer sih. ada buyer yg cocoknya di tegasin, ada yg sukanya di lembutin. ada juga pengacau yg emang langsung di block ajah
artinya, kalau kita bikin baku takutnya si cs gk punya inisiatif gimana dia harus menghadapi orang ke orang yg memang punya karakter beda2.
-------------------------------------------------------------------------------------------
memang betul banget gan fufa, kalau sistem sudah jalan, kita bisa makin jeli ngepress cost, dan mengkatrol penjualan, banyak variabel2 biaya yg bisa di tinjau dan di review, dan bahkan dapat berguna untuk peningkatan volume penjualan.
for ex:
gw kemarin baru aja mencoba untuk ngepress space , dan biaya listrik untuk komputer2,
ada 5 unit pc gw ganti pakai barebone mini pc ginian
secara 1 gitu an 50 watt doank, biasanya 1 pc bisa 450 watt, lumayan lah, jadinya. . bisa ngemat 2000 watt lebih, tanpa mengorbankan performa kerja,
lalu contoh lainnya , tak rantangin makan semuanya, biar mereka gk pusing makan siangnya.
yg pada intinya, kalau di bagi ke satuan produk, menjadi sangat kecil costnya. sekalipun sudah free shipping seindo
@fufa
hahaha.. ane gak heran gan, memang angkatan2 owner onlineshop range age nya kisaran 18-35 an., karena disanalah posisinya onlineshop baru masuk di indo , dan berkembang.
ngomong2 ane masih 27 gan hihihihi.....
sebenernya sih gw jualan porsinya itu semua brand usa gw tadah, tapi kalau mau di rinci
40% hotwheels
10% matchbox
10% jada
5% racing champion
5%disney cars
5%tomica
5% muscle machines
10% lagi brand2 lainnya.
intinya sih sebenernya semua jenis mainan diecast yg ada disana tak masukin, dan di onlniekan,
gw main dr 2007 bro, dari modal gk sampe 5 jt juga, dulunya.
untuk karyawan gua polanya gini
10 orang, order proces mulai dari sortir barang, dan packing sekalian
2 kurir -> gw hitung kalau diantar langsung ke tomang, kena diskon jne 15%, jauh lbih murah, ketimbang paket dijemput melalui agent non diskon jne
2 admin -> untuk bikin alamat, yg di dwonload dari database, check mutasi, upload produk, gitu2
2 cs -> masuk dari pm fanpages, pm acc fb, sms, bbm, yg udah di remote kerja dari desktop
1 sales marketing
2 fotografer produk,
1 ob
pola kerja karyawan, gk ada SOP jg sih, tp controlled by sistem aja, gk ada sampe gw tulis print gt, tp mereka di breifing, jd udah pada tau kudu ngapain.
yg paling penting memang untuk onlineshop, ujung tombak di cs, mulai dari bahasa yg ramah lah, cepat tanggap, responnya kudu basa basi,
kudu sabar2 banget, gw udah bongkar pasang so far, akhirnya dapat formasi yg cocok, belum lagi kudu bilang teria kasih lah, dsb
tapi kalau cs di gw, itu kudu act sesuai watak si buyer sih. ada buyer yg cocoknya di tegasin, ada yg sukanya di lembutin. ada juga pengacau yg emang langsung di block ajah
artinya, kalau kita bikin baku takutnya si cs gk punya inisiatif gimana dia harus menghadapi orang ke orang yg memang punya karakter beda2.
-------------------------------------------------------------------------------------------
memang betul banget gan fufa, kalau sistem sudah jalan, kita bisa makin jeli ngepress cost, dan mengkatrol penjualan, banyak variabel2 biaya yg bisa di tinjau dan di review, dan bahkan dapat berguna untuk peningkatan volume penjualan.
for ex:
gw kemarin baru aja mencoba untuk ngepress space , dan biaya listrik untuk komputer2,
ada 5 unit pc gw ganti pakai barebone mini pc ginian
Spoiler for ...:
secara 1 gitu an 50 watt doank, biasanya 1 pc bisa 450 watt, lumayan lah, jadinya. . bisa ngemat 2000 watt lebih, tanpa mengorbankan performa kerja,
lalu contoh lainnya , tak rantangin makan semuanya, biar mereka gk pusing makan siangnya.
yg pada intinya, kalau di bagi ke satuan produk, menjadi sangat kecil costnya. sekalipun sudah free shipping seindo
Quote:
Original Posted By omical►
gw setuju banget ,
import sendiri itu kudu untung 3x-5x lipat, jadi
1. kalau kontener tenggelem, ya bisa jatah 2x import lagi
2. ngurusin resiko uang mati nunguin barang datang
3. ngurusin resiko, ketahan
4, ngurusin resiko barang gk laku dijual.
-----------------------------------------------------------------
setiap proses ada tahapan2nya, pas udah muter barang dari supplier , dari importir lokal, dan sudah nguasain bidangnya, cara jualannya, cashflow nya sudah sehat dan cepat, baru disana tahapnya naik jd importir cbm an,
lalu naik lagi jd ke importir FCL an, sementara kalau proses nya jualan dari supplier lokal aja belum tamat. masih jauh dari tahap importir, karena jd importir pun pahit dan resikonya besar, walauun manisnya ajib.
dulu icaltoys mulai 2007, itu ya dari main suplier lokal, importir lokal, pas pasar sudah dikuasain kita, cara jualan onlinenya sudah benar, walaupun gak sematang sekarang ini, naik ke tahun 2008, barulah kita naik ke tahap selanjutnya, jd importir kecil2an. disana pun banyak kendala, a i u e o,
tapi yg penting, ilmu dagang online udah mula belajar dr 2007, buyer mulai banyak, pelayanan terus di tingkatkan, nah ketika barang sudah lagi harus naik kelas, baru lah belajar2 ngimport pelan2.
gak bisa langsung mau main hajar import, sekalipun ada uang M M an.
gw setuju banget ,
import sendiri itu kudu untung 3x-5x lipat, jadi
1. kalau kontener tenggelem, ya bisa jatah 2x import lagi
2. ngurusin resiko uang mati nunguin barang datang
3. ngurusin resiko, ketahan
4, ngurusin resiko barang gk laku dijual.
-----------------------------------------------------------------
setiap proses ada tahapan2nya, pas udah muter barang dari supplier , dari importir lokal, dan sudah nguasain bidangnya, cara jualannya, cashflow nya sudah sehat dan cepat, baru disana tahapnya naik jd importir cbm an,
lalu naik lagi jd ke importir FCL an, sementara kalau proses nya jualan dari supplier lokal aja belum tamat. masih jauh dari tahap importir, karena jd importir pun pahit dan resikonya besar, walauun manisnya ajib.
dulu icaltoys mulai 2007, itu ya dari main suplier lokal, importir lokal, pas pasar sudah dikuasain kita, cara jualan onlinenya sudah benar, walaupun gak sematang sekarang ini, naik ke tahun 2008, barulah kita naik ke tahap selanjutnya, jd importir kecil2an. disana pun banyak kendala, a i u e o,
tapi yg penting, ilmu dagang online udah mula belajar dr 2007, buyer mulai banyak, pelayanan terus di tingkatkan, nah ketika barang sudah lagi harus naik kelas, baru lah belajar2 ngimport pelan2.
gak bisa langsung mau main hajar import, sekalipun ada uang M M an.
Quote:
Original Posted By omical►
betul bgt, manfaatin peluang disekitar dulu yg ada,
krn posisi importir itu
dana musti siap sekitar 6x lipat dari jumlah di jual
dalam satu waktu yg bersamaan, misal tanggal 1 desember 2014
1. barang sedang dijual di indo xxxxx
2. barang sedang dalam perjalanan (udah deket) xxx
3. barang sedang dalam perjalanan (masih jauh) xxx
4. barang sedang dalam gudang (siap kirim tp nunggu noh muatan masuk dolo) xxx
5. barang dalam tahap pembelian 1 (akan masuk agent gudang dalam waktu 4-10 hari) xxx
6. barang dalam sourcing pembelian periode 2 ( masuk nya 5-18 hari) xx
dana kebagi 6.
skema begini, kalau ada kenapa2 dalam proses import , entah dalam perjalanan atau di pada saat clearance, cashflow gk keganggu
apalagi trend bergonta ganti terus, (sebenrnya bukan trendnya yg gonta ganti jg sih, tp importir yg punya jaringan kuat di hilirnya sedang masuk barang dan sedang di pasarin, jd semua jaringan resellernya lagi tawarin itu
orang indo mah di cekokin apa aja produk2 import hooh aja, semuanya
===============================================
tapi dengan ada nya online, importir2 jg suka kesal, dikasih ke reseller , dijual harga gak karuan, akhirnya urus sendiri barang yg dia import sendiri, dengan cara masarkan ke online.
betul bgt, manfaatin peluang disekitar dulu yg ada,
krn posisi importir itu
dana musti siap sekitar 6x lipat dari jumlah di jual
dalam satu waktu yg bersamaan, misal tanggal 1 desember 2014
1. barang sedang dijual di indo xxxxx
2. barang sedang dalam perjalanan (udah deket) xxx
3. barang sedang dalam perjalanan (masih jauh) xxx
4. barang sedang dalam gudang (siap kirim tp nunggu noh muatan masuk dolo) xxx
5. barang dalam tahap pembelian 1 (akan masuk agent gudang dalam waktu 4-10 hari) xxx
6. barang dalam sourcing pembelian periode 2 ( masuk nya 5-18 hari) xx
dana kebagi 6.
skema begini, kalau ada kenapa2 dalam proses import , entah dalam perjalanan atau di pada saat clearance, cashflow gk keganggu
apalagi trend bergonta ganti terus, (sebenrnya bukan trendnya yg gonta ganti jg sih, tp importir yg punya jaringan kuat di hilirnya sedang masuk barang dan sedang di pasarin, jd semua jaringan resellernya lagi tawarin itu
orang indo mah di cekokin apa aja produk2 import hooh aja, semuanya
===============================================
tapi dengan ada nya online, importir2 jg suka kesal, dikasih ke reseller , dijual harga gak karuan, akhirnya urus sendiri barang yg dia import sendiri, dengan cara masarkan ke online.
Quote:
Original Posted By omical►salam kenal om fufa, . . . nice om, sharingnya,
oh iya ane mau sharing, efek dari free shipping seindo, bulan ini alhamdulilah naik omset, jd 382jt.. a month.
kalau kebetulan 1 unit mainan ane jual gk bisa tembus di ratusan ribu data rata2nya, cmn di 50.000 an per pcs, rata2 dari keseluruhan,
singkat kata, krn harga per pcs gk di angka ratusan ribu, tp unit terjual sekita 7800 produk bulan kemarin, tahun depan lagi coba setting jual 10.000 pcs per bulan, sold, moga2 bisa archive di quartal pertama. amin
---------------------------------------------
menurut ane, semakin kesini pasar online semakin berkembang, banyak online-shop, onlineshop sadar, kalau, dengan menambah sdm, itu sangat membantu meningkatkan pelayanan si onlieshopnya,
jd pelaku usaha onlineshop sudah tidak lagi ragu2, mau jualan dimana aja, karena pada dasarnya mau jualan di fanpages, fb, di forum kaskus, atau di website2 ecommerce, kalau pasukan dibelakang layarnya banyak pasti laris2 aja, karena tiap sdm itu bawa rejeki masing2,
dan si onlineshop itu sendiri seperti tangan gurita, contoh om fufa, dengan total crew hampir 10 orangan, bisa memanage onlineshopnya agar buyer dapat pelayanan yg memuaskan.
dan kalau di lihat dari jam kerjanya 1 orang bsia kerja hingga 10 jam kerja, ya bisa di hitung sendiri 1 hari itu aktifitas onlineshopnya om fufa, lebih dari 60 jam kerja, ada yg promosi, ada yg meladeni pelanggan, ada yg mengurus pengantaran barang, proses order , dan sebagainya , dan sebagainya.
artinya dalam sebulan , onlineshop om fufa sudah punya lebih dari 1500 jam kerja, yg di pecah kedalam aktifitas2 pekerjaan onlienshop tersebut,
nah kalau sudah punya jam kerja di 2000 jam perbulan, pastilah cashflow semakin besar, jumlah buyer yg di layani semakin banyak, dan penyebaran produk, baik ke end user dan ke reseller sangat deras sekali.
di tahun 2014 ini, memang betul berasa banget, onlineshop yg punya pegawai 1 , 5 pegawai, 10 , 15, dst, itu sudah mulai banyak, kompetisi semakin ketat, tp toh buyernya pun gak habis2 kok.
untuk onlineshop saya sendiri, kemarin itu, total habis berurusan dengan 1500 an buyer, rata2 belanjanya itu 4-8 pcs mainan.
1500 an orang buyer ini kalau gak di tangkap di belakang layar dengnan sdm yg banyk otomatis tidak akan bsia berjalan pula. perputaran yg cepat menurut saya akan dirasakan dampak positifnya oleh kita, dan oleh si buyer itu sendiri, karena , dengan perputaran barang yg cepat,
1. bueyr akan dapat harga terbaik
2. toko kita akan banyak barang varian nya dan lengkap
3. bisa ngutang gk pake bunga, alias pake cc
=========================================================
Online itu surganya pebisnis muda, saya banyak merekrut staf dari yg dulunya bosnya punya bisnis offline, mereka kerja disana lebih berat, ketimbang di online.
dan yg penting lagi si owner harus punya bright ideas, inovasi dan terus berinovasi, akan produk dan divisi yg di jualnya,
karena onlineshop adalah jembatan bueyr beli secara efisien, murah, praktis, tanpa harus ke mall2, cari kebutuhannya.
oh iya ane mau sharing, efek dari free shipping seindo, bulan ini alhamdulilah naik omset, jd 382jt.. a month.
Spoiler for november:
kalau kebetulan 1 unit mainan ane jual gk bisa tembus di ratusan ribu data rata2nya, cmn di 50.000 an per pcs, rata2 dari keseluruhan,
singkat kata, krn harga per pcs gk di angka ratusan ribu, tp unit terjual sekita 7800 produk bulan kemarin, tahun depan lagi coba setting jual 10.000 pcs per bulan, sold, moga2 bisa archive di quartal pertama. amin
---------------------------------------------
menurut ane, semakin kesini pasar online semakin berkembang, banyak online-shop, onlineshop sadar, kalau, dengan menambah sdm, itu sangat membantu meningkatkan pelayanan si onlieshopnya,
jd pelaku usaha onlineshop sudah tidak lagi ragu2, mau jualan dimana aja, karena pada dasarnya mau jualan di fanpages, fb, di forum kaskus, atau di website2 ecommerce, kalau pasukan dibelakang layarnya banyak pasti laris2 aja, karena tiap sdm itu bawa rejeki masing2,
dan si onlineshop itu sendiri seperti tangan gurita, contoh om fufa, dengan total crew hampir 10 orangan, bisa memanage onlineshopnya agar buyer dapat pelayanan yg memuaskan.
dan kalau di lihat dari jam kerjanya 1 orang bsia kerja hingga 10 jam kerja, ya bisa di hitung sendiri 1 hari itu aktifitas onlineshopnya om fufa, lebih dari 60 jam kerja, ada yg promosi, ada yg meladeni pelanggan, ada yg mengurus pengantaran barang, proses order , dan sebagainya , dan sebagainya.
artinya dalam sebulan , onlineshop om fufa sudah punya lebih dari 1500 jam kerja, yg di pecah kedalam aktifitas2 pekerjaan onlienshop tersebut,
nah kalau sudah punya jam kerja di 2000 jam perbulan, pastilah cashflow semakin besar, jumlah buyer yg di layani semakin banyak, dan penyebaran produk, baik ke end user dan ke reseller sangat deras sekali.
di tahun 2014 ini, memang betul berasa banget, onlineshop yg punya pegawai 1 , 5 pegawai, 10 , 15, dst, itu sudah mulai banyak, kompetisi semakin ketat, tp toh buyernya pun gak habis2 kok.
untuk onlineshop saya sendiri, kemarin itu, total habis berurusan dengan 1500 an buyer, rata2 belanjanya itu 4-8 pcs mainan.
1500 an orang buyer ini kalau gak di tangkap di belakang layar dengnan sdm yg banyk otomatis tidak akan bsia berjalan pula. perputaran yg cepat menurut saya akan dirasakan dampak positifnya oleh kita, dan oleh si buyer itu sendiri, karena , dengan perputaran barang yg cepat,
1. bueyr akan dapat harga terbaik
2. toko kita akan banyak barang varian nya dan lengkap
3. bisa ngutang gk pake bunga, alias pake cc
=========================================================
Online itu surganya pebisnis muda, saya banyak merekrut staf dari yg dulunya bosnya punya bisnis offline, mereka kerja disana lebih berat, ketimbang di online.
dan yg penting lagi si owner harus punya bright ideas, inovasi dan terus berinovasi, akan produk dan divisi yg di jualnya,
karena onlineshop adalah jembatan bueyr beli secara efisien, murah, praktis, tanpa harus ke mall2, cari kebutuhannya.
Quote:
Original Posted By thezaoldyeck►
Ada apakah,, di beberapa page kebelakang tiba2 banyak post nya om Eka...
Saya, kalau dirasa perlu mungkin dipasang ya... Bahkan jika pesaing tau apa produk paling laku kita, belum tentu dia bikin yg sama laku jg. Dan kalo dia ngikutin, ya saya move on pindah ke yang lain atau yg lebih baik...
Kemarin lagi butuh cash banyak, perlu cairin barang2 stock, beberapa tips yg ane lakuin:
Pada prinsipnya penekanan di syarat terutama variabel waktu, dan menekankan promo itu terbatas. Jadi secara otomatis orang2 berebutan beli supaya dapet promo. Dan hasilnya,, sekarang ane gak megang barang apa2 lagi,, stock bersih, batch pre order & produksi yg baru belum kelar
Alhasil sekarang malah fokus bikin web portal / blog,, lumayan umurnya belum 2 minggu, pageview hariannya udah di 2000an per hari, cuma dari facebook doank belum SEO2an,,, power of social media...
Ada apakah,, di beberapa page kebelakang tiba2 banyak post nya om Eka...
Saya, kalau dirasa perlu mungkin dipasang ya... Bahkan jika pesaing tau apa produk paling laku kita, belum tentu dia bikin yg sama laku jg. Dan kalo dia ngikutin, ya saya move on pindah ke yang lain atau yg lebih baik...
==========================
Kemarin lagi butuh cash banyak, perlu cairin barang2 stock, beberapa tips yg ane lakuin:
- Diskon barang lama
- Diskon bersyarat, misalnya 20% untuk 5 pembeli pertama
- Free ongkir bersyarat, Misalnya hanya berlaku untuk pembelian diatas 150rb
- Bonusan bersyarat, Misalnya, Khusus pembelian hari ini sampai 3 hari kedepan dapet bonus ini.
Pada prinsipnya penekanan di syarat terutama variabel waktu, dan menekankan promo itu terbatas. Jadi secara otomatis orang2 berebutan beli supaya dapet promo. Dan hasilnya,, sekarang ane gak megang barang apa2 lagi,, stock bersih, batch pre order & produksi yg baru belum kelar
Alhasil sekarang malah fokus bikin web portal / blog,, lumayan umurnya belum 2 minggu, pageview hariannya udah di 2000an per hari, cuma dari facebook doank belum SEO2an,,, power of social media...
Quote:
Original Posted By omical►
memang ada pro dan cons nya gan buy :
cuman mau review aja buka lapak.
coba agan lihat, di atas kiir, baru gabung ane 30 agustus kemarin
gak lama kemudian tanggal 2 udah ada transaksi, dan uangnya masuk ke sistem dompet di buka lapak. lalu kita bisa belanjakan lagi atau cairkan.
lalu ane browsing2, top seller disana, dan coba beli barang disana.
------------------------------------------------------------------------------------------------
Setelah ane liat :
1. model sistem rekber begini, kedepan kemungkinan akan mulai di jajaki seller2 online ( walaupun gk tau yah hasilnya gimana)
2. disana ada sistem pangkat, jadi misal
buka lapak user
pedagang kecil
pedagang besar
juragan
dst.
jujur dengan pangkat2 begitu ane rada excited untuk hajar barang banyak disana,
3. gw pelajari top seller disana. itu ada by week
coba lihat ini
si seller ini :
1. melisting 3118 item barang
2. sudah ada 945 feed back, dimana kalau agan lihat feedback dia, sehari ada 7-10 transaksi dari buka lapak (gimana dari sumber yg lain coba) T_T
3. sekalinya kita melisting, ya sudah, situs itu yg menyebarkan iklan kita dimana2, karena ingat, kalau situs itu tidak bisa menjanjikan penjualan yg baik, maka user kabur, dan dia bangkrut.
--------------------------------------------------------
1. gw kemarin itu merasakan betul orang yg belanja gk pakai ba bi bu, dan memang kan deskripsi barang sudah jelas ada terpampang disana, intinya lo mau barangnya ya lo transfer, nah pada point ini berasa banget, gk perlu melayani orang lagi, karena di bikin sistemnya., seperti itu
2. gk akan ada namanya book n run, no payment no deal, dan no tanya2.
3. bagi buyer di janjikan tidak ada lagi penipuan, (paham gw penipu punya banyak modus) tetapi ini suatu hal yg cukup membwa hati buyer tentram
4. sistem pembyaran konfirmasinya pun memang bener2 kalau lo transfer dari ATM, ya loe scan, atau dari website bank. dan ingat, uang masuk itu pertama ke buka lapak, jadi dia yg check apakah uang benar2 masuk atau tidak,
5. memicu seller untuk cross buying, dimana hasil penjualan dia masuk ke dompet dulu dan bisa jadi tabungan untuk buat belanja lagi di sana, atau cairkan.
6. gw lihat , mulai banyak seller besar, dengan harga tiarap menjajakkan barangnya disini, karena ya di stanby in aja semua katalog yg dia punya di situs seperti ini, kalau ada buyernya, tinggal proses.
ini adalah salah satu jawaban dari grey area, book n run, tanya2 gk jelas, bikin seller emosi, dan seller harus cek 1 per 1 mutasi, disini itu semua gak ada.
7. so far respon cs nya cepet bgt, gk sampai 2 menit email2 itu langsung di balas, malu kit akalau onlineshopnya kalah cepet reply nya dari dia.
8. gak terlalu pusingin dengan kompetitor, karena ya udah listing aja sihm yg banyak disana, biar alam yg urus , rejeki2 an.
memang ada pro dan cons nya gan buy :
cuman mau review aja buka lapak.
coba agan lihat, di atas kiir, baru gabung ane 30 agustus kemarin
gak lama kemudian tanggal 2 udah ada transaksi, dan uangnya masuk ke sistem dompet di buka lapak. lalu kita bisa belanjakan lagi atau cairkan.
lalu ane browsing2, top seller disana, dan coba beli barang disana.
------------------------------------------------------------------------------------------------
Setelah ane liat :
1. model sistem rekber begini, kedepan kemungkinan akan mulai di jajaki seller2 online ( walaupun gk tau yah hasilnya gimana)
2. disana ada sistem pangkat, jadi misal
buka lapak user
pedagang kecil
pedagang besar
juragan
dst.
jujur dengan pangkat2 begitu ane rada excited untuk hajar barang banyak disana,
3. gw pelajari top seller disana. itu ada by week
coba lihat ini
si seller ini :
1. melisting 3118 item barang
2. sudah ada 945 feed back, dimana kalau agan lihat feedback dia, sehari ada 7-10 transaksi dari buka lapak (gimana dari sumber yg lain coba) T_T
3. sekalinya kita melisting, ya sudah, situs itu yg menyebarkan iklan kita dimana2, karena ingat, kalau situs itu tidak bisa menjanjikan penjualan yg baik, maka user kabur, dan dia bangkrut.
--------------------------------------------------------
1. gw kemarin itu merasakan betul orang yg belanja gk pakai ba bi bu, dan memang kan deskripsi barang sudah jelas ada terpampang disana, intinya lo mau barangnya ya lo transfer, nah pada point ini berasa banget, gk perlu melayani orang lagi, karena di bikin sistemnya., seperti itu
2. gk akan ada namanya book n run, no payment no deal, dan no tanya2.
3. bagi buyer di janjikan tidak ada lagi penipuan, (paham gw penipu punya banyak modus) tetapi ini suatu hal yg cukup membwa hati buyer tentram
4. sistem pembyaran konfirmasinya pun memang bener2 kalau lo transfer dari ATM, ya loe scan, atau dari website bank. dan ingat, uang masuk itu pertama ke buka lapak, jadi dia yg check apakah uang benar2 masuk atau tidak,
5. memicu seller untuk cross buying, dimana hasil penjualan dia masuk ke dompet dulu dan bisa jadi tabungan untuk buat belanja lagi di sana, atau cairkan.
6. gw lihat , mulai banyak seller besar, dengan harga tiarap menjajakkan barangnya disini, karena ya di stanby in aja semua katalog yg dia punya di situs seperti ini, kalau ada buyernya, tinggal proses.
ini adalah salah satu jawaban dari grey area, book n run, tanya2 gk jelas, bikin seller emosi, dan seller harus cek 1 per 1 mutasi, disini itu semua gak ada.
7. so far respon cs nya cepet bgt, gk sampai 2 menit email2 itu langsung di balas, malu kit akalau onlineshopnya kalah cepet reply nya dari dia.
8. gak terlalu pusingin dengan kompetitor, karena ya udah listing aja sihm yg banyak disana, biar alam yg urus , rejeki2 an.
Quote:
Original Posted By omical►test2, udah lama gak posting..
langsung mutasi aja lah ya postingannya..
baru tutup buku bulan ini, alhamdulilah bersisa lumayanan...
mana ane, istri , dan ke 4 kucing ane, udah melewati bulan agustus.... tinggal di pindah saldo ke rekening benerannya. pagi ini
cara bacanya :
bca awalnya 1,5 jt,
akhir bulan nyisa 53 jt,
mandiri, awalnya 10,7jt, disulap jadi 21 jt,
jd total bulanan ini nyisa 52 + 11 = 63jt + sudah dengan operasional rumah tangga +-20jt an. dan operasional kantor onlinenya + FREE SHIPPINGNYA 16jt an.
jd dr 246 itu, 40% an marginnya kayaknya yah.. ane jg rada2 bingung...
well tapi yg jelas, 63.000.000 sisaan + 30.000.000 buat ane hidup dan staf2 ane, bahkan dengan free shippingnya -> jangan lupa, ane main barang di angka -12.000 pcs an sold sebulanan itu.
yg nota bene, per barang ane cuman ambil untung anggapsaja 8000 perak. bahkan dengan free shipping.
sejauh ini ane masih belum paham apakah ane ini sebenarnya sudah termasuk kulakan versi online apa belum ?...... karena masih berurusan dengan banyak customer dan di handle satu per satu.
tapi diluar dari itu semua, memang saingan2 ane , keras banget lawan ane, karena , Free shipping se indonesia itu, jadi seller2 dari luar jabodetabek, sudah jelas susah melawan ongkirnya itu sendiri.
suatu saat nanti harga per pcs hanya bisa untung 5.000 pun ane siap, karena qty itu di angka 12,000pcs an pasti ane bikin jd 15.000 pcs, jd tetap2 saja pokoknya sebulan perolehan skor2 annya sama.
=================================================
IMHO , menurut ane, bisnis online ini memang bisnis red ocean, dan permainan qty, speed of service, speed selling, sangat bermain di sini.
di jne tomang ane udah ketemu online shop baju, yang 1 hari kirim paket 200-300 paket, dan itu berulang terus setiap hari, artinya sudah ane bisa hitung, 8000 paket baju dia kirim sebulannya.
kalau 8000 paket baju, terkirim dalam sebulannya, kemungkinan per paket untung 10.000 rupiah saja, sudah 80 juta juga, gw yakin si online shop baju itu , 1 paket bisa untung 15.000 sehingga, 120-150 jt pun sudah di tangannya.
-----------------------------------------------------------------------------------------
Nah menyikapi keadaan ini, memang ada semacam secara tidak sengaja, para pemain online shop ini ingin ada isu, / paradigma bahwa bisnis baju itu susah, bisnis mainan itu sulit, saingannya banyak, dimana2, JERSEY IS DEAD !.
karena memang mereka inginkan adalah bersembunyi dibalik isu susahnya itu.
tapi isu susah main A B C D E, itu memang benar adanya , jika tidak ketemu angka penjualan diatas 1000 pcs. kacaunya berapa banyak online shop yg memang mengambil margin tipis, 5000 rupiah, 10 ribu ?.....
tipikal online shop yang bersembunyi di balik angka ribuan pcs sold sebulan, adalah stabil, karena
1. banyak berurusan dengan customer, dan semua kontak dia yg pegang
2. yah hitung aja sendiri, 5000 pcs sold, artinya , cari cuan 4 ribu perak aja udah 20 jt .
3. mereka benar2 paham dan menguasai pengadaan barang itu sendiri.
4. selain menguasai pengadaan barangnya, mereka menjual sendiri pula.
5. kendala2 masalah2 teknis, dan beban kerja sudah di bagi kepada jajaran SDM yg ada.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
saya benar2 sekitar 5 tahun lalu mengamati, sebuah restoran warung mie ayam.
bagaimana bisa dengan perporsi hanya 20.000 rupiah-30.000 , tapi bisa sewa tempat di pinggir jalan ?, ac full, parkiran luas, dan pekerjanya banyak, belum yg di dapur, bagian kasir, bagian melayani tamu.... kok bisa ya ?..
usut di usut, sehari itu bisa laku sampai 1500 porsi, yg artinya sebulan itu bisa laku 45.000 porsi.
weleh, masa sih 1000 rupiah saja gk dapat untuk ownernya, dan ternyata setelah hitung2 benar aja, masuk .
------------------------------------------------------------------------
nah ini lah yg menyebabkan memang dibatas sekali, tetapi biar seperti itu , tetap saja, harus di hajar kalau memang sudah komit untuk menghajar pasar online di bidang, A B C atau D nya
Bisnis red ocean akan berkutat dengan speed, qty, service, dan saingan
pusingnya akan ke sana,
bisnis blue ocean akan pusing, iki manusia jualan opo toh, kata olang2
tapi yg perlu kita pegang adalah, sekalinya jebol, pasti ketagihan sampe lemes, keluar masuknya enak, apalagi kalo udah basah , uhuyy becek cuyy, bisa nyemprot kemana2 deh
---------------------------------------------------------------------
ada kalanya mungkin suatu saat nanti bisnis baju, kosmetik, bahkan hitung cuannya per paket keluar saja, tp moga2 jangan sampe separah itu saking red oceannya..
--------------------------
entering the red ocean market kalau bagi ane pribadi, kuncinya adalah berpuasa...
maksudnya puasa :
langsung mutasi aja lah ya postingannya..
Spoiler for abc:
baru tutup buku bulan ini, alhamdulilah bersisa lumayanan...
mana ane, istri , dan ke 4 kucing ane, udah melewati bulan agustus.... tinggal di pindah saldo ke rekening benerannya. pagi ini
cara bacanya :
bca awalnya 1,5 jt,
akhir bulan nyisa 53 jt,
mandiri, awalnya 10,7jt, disulap jadi 21 jt,
jd total bulanan ini nyisa 52 + 11 = 63jt + sudah dengan operasional rumah tangga +-20jt an. dan operasional kantor onlinenya + FREE SHIPPINGNYA 16jt an.
jd dr 246 itu, 40% an marginnya kayaknya yah.. ane jg rada2 bingung...
well tapi yg jelas, 63.000.000 sisaan + 30.000.000 buat ane hidup dan staf2 ane, bahkan dengan free shippingnya -> jangan lupa, ane main barang di angka -12.000 pcs an sold sebulanan itu.
yg nota bene, per barang ane cuman ambil untung anggapsaja 8000 perak. bahkan dengan free shipping.
sejauh ini ane masih belum paham apakah ane ini sebenarnya sudah termasuk kulakan versi online apa belum ?...... karena masih berurusan dengan banyak customer dan di handle satu per satu.
tapi diluar dari itu semua, memang saingan2 ane , keras banget lawan ane, karena , Free shipping se indonesia itu, jadi seller2 dari luar jabodetabek, sudah jelas susah melawan ongkirnya itu sendiri.
suatu saat nanti harga per pcs hanya bisa untung 5.000 pun ane siap, karena qty itu di angka 12,000pcs an pasti ane bikin jd 15.000 pcs, jd tetap2 saja pokoknya sebulan perolehan skor2 annya sama.
=================================================
IMHO , menurut ane, bisnis online ini memang bisnis red ocean, dan permainan qty, speed of service, speed selling, sangat bermain di sini.
di jne tomang ane udah ketemu online shop baju, yang 1 hari kirim paket 200-300 paket, dan itu berulang terus setiap hari, artinya sudah ane bisa hitung, 8000 paket baju dia kirim sebulannya.
kalau 8000 paket baju, terkirim dalam sebulannya, kemungkinan per paket untung 10.000 rupiah saja, sudah 80 juta juga, gw yakin si online shop baju itu , 1 paket bisa untung 15.000 sehingga, 120-150 jt pun sudah di tangannya.
-----------------------------------------------------------------------------------------
Nah menyikapi keadaan ini, memang ada semacam secara tidak sengaja, para pemain online shop ini ingin ada isu, / paradigma bahwa bisnis baju itu susah, bisnis mainan itu sulit, saingannya banyak, dimana2, JERSEY IS DEAD !.
karena memang mereka inginkan adalah bersembunyi dibalik isu susahnya itu.
tapi isu susah main A B C D E, itu memang benar adanya , jika tidak ketemu angka penjualan diatas 1000 pcs. kacaunya berapa banyak online shop yg memang mengambil margin tipis, 5000 rupiah, 10 ribu ?.....
tipikal online shop yang bersembunyi di balik angka ribuan pcs sold sebulan, adalah stabil, karena
1. banyak berurusan dengan customer, dan semua kontak dia yg pegang
2. yah hitung aja sendiri, 5000 pcs sold, artinya , cari cuan 4 ribu perak aja udah 20 jt .
3. mereka benar2 paham dan menguasai pengadaan barang itu sendiri.
4. selain menguasai pengadaan barangnya, mereka menjual sendiri pula.
5. kendala2 masalah2 teknis, dan beban kerja sudah di bagi kepada jajaran SDM yg ada.
-----------------------------------------------------------------------------------------------------
saya benar2 sekitar 5 tahun lalu mengamati, sebuah restoran warung mie ayam.
bagaimana bisa dengan perporsi hanya 20.000 rupiah-30.000 , tapi bisa sewa tempat di pinggir jalan ?, ac full, parkiran luas, dan pekerjanya banyak, belum yg di dapur, bagian kasir, bagian melayani tamu.... kok bisa ya ?..
usut di usut, sehari itu bisa laku sampai 1500 porsi, yg artinya sebulan itu bisa laku 45.000 porsi.
weleh, masa sih 1000 rupiah saja gk dapat untuk ownernya, dan ternyata setelah hitung2 benar aja, masuk .
------------------------------------------------------------------------
nah ini lah yg menyebabkan memang dibatas sekali, tetapi biar seperti itu , tetap saja, harus di hajar kalau memang sudah komit untuk menghajar pasar online di bidang, A B C atau D nya
Bisnis red ocean akan berkutat dengan speed, qty, service, dan saingan
pusingnya akan ke sana,
bisnis blue ocean akan pusing, iki manusia jualan opo toh, kata olang2
tapi yg perlu kita pegang adalah, sekalinya jebol, pasti ketagihan sampe lemes, keluar masuknya enak, apalagi kalo udah basah , uhuyy becek cuyy, bisa nyemprot kemana2 deh
---------------------------------------------------------------------
ada kalanya mungkin suatu saat nanti bisnis baju, kosmetik, bahkan hitung cuannya per paket keluar saja, tp moga2 jangan sampe separah itu saking red oceannya..
--------------------------
entering the red ocean market kalau bagi ane pribadi, kuncinya adalah berpuasa...
maksudnya puasa :
Spoiler for abcc:
Diubah oleh cobusyet 29-01-2015 13:02
0
2.7K
Kutip
3
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan