- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki


TS
jawamotorsport
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Selamat pagi...siang...sorS E N S O R..malem... agan-agan kaskuser....
Kali ini ane mau bahas sepeda motor dari Korea tapi masih memiliki roh dari Suzuki Jepang.

Hyosung didirikan tahun 1978 sebagai divisi sepeda motor dari Group perusahaan Hyosung milik konglomerat asal Korea Selatan (hyosung bergerak dalam berbagai macam usaha). Hyosung pertama kali membuat motor berdasarkan konsep dari sepeda motor Suzuki Jepang yang tentunya secara resmi (bukan contek kayak China) karena memang kerja sama dengan Suzuki Jepang. Pada 1980an desain motor-motor Hyosung dibuat langsung di Jepang oleh Suzuki Jepang dan mempunyai pusat desain motor di Hamamatsu Jepang, dan untuk tahun2 berikutnya sudah mempunyai desain motor sendiri di Korea.
Tahun 2003 Hyosung lepas dari group Hyosung dan berpisah dengan Suzuki, lalu berdiri sendiri sebagai perusahaan motor, dan kemudian bulan juni 2007 Divisi motor hyosung dibeli oleh konglomerat korea selatan yang lain yaitu S&T Group (Science and Technology) dan berubah namanya menjadi S&T Motors. Walaupun motor yang dijual masih berdasarkan desain hyosung. Produk-produk hyosung sendiri dijual di kanada, amerika,uni eropa,australia, bahkan Indonesia, walaupun tidak terlalu tinggi angka penjualnnya dibanding produk lain,tapi kebanyakan dijual dengan system rebadged atau kalau tidak salah dijual dengan brand lain (ganti merk doang
). Contohnya S&T Motors di Korea, Naza Blade di Malaysia, United Motors dan ATK di Utara Amerika, Kazinski di Brasil, Kinetic di India, Bosowa Motor di Indonesia, dll. Walaupun di dunia mendapat banyak kritikan karena membuat kebingungan konsumen
Berikut beberapa contoh produk Hyosung sebelum berpisah dengan Suzuki:
Hyosung GS 125


Spesifikasi :
mesin : 125cc SOHC
power: 14ps
transmisi : 6-speed






Dilihat dari mesinnya gak jauh beda sama mesin Thunder 125 di indonesia, hanya saja power dan tranmisinya beda
Thunder 125 hanya 11,5ps dan transmisinya hanya 5-speed.
Hyosung GS 125 ini dijual di beberapa negara eropa dan america tahun 1997-2000.
Hyosung GX 125

Spesifikasi susah dicari datanya di gugle gan, lagian gak masuk ke Indonesia juga kok
Hyosung GP 125

Spesifikasi gak beda sama Suzuki GP 125 yang dulu tahun 80-an sempet beredar di Indonesia
Hyosung AX100

Spesifikasi agak susah dicari datanya, karena emang gak masuk ke Indonesia. Basisnya sih sama aja dengan Suzuki AX100 yang beredar di Mexico, Pakistan, Columbia CMIIW
Hyosung MX125

Spesifikasi gak jauh beda sama Suzuki TS125 yang beredar di Indonesia dulu
Hyosung GSX250E

Spesifikasi mesin sama saja dengan Suzuki GSX250E, yang beredar di Jepang. Bahkan bisa dibilang ini Suzuki GSX 250E ditempelin merk Hyosung.
Mesin : 2 silinder DOHC 8 klep
Power: 29hp @10000rpm
Torsi : 22Nm @ 8000 rpm
Transmisi : 6-speed
Top speed: 140km/h
Hyosung FB100

Spek mesin 100cc tapi mirip shogun 110, ya ini memang mesin shogun 110 versi 100cc.
Hyosung FR80

Spek mesin sama saja dengan Suzuki FR80 yang pernah beredar di Indonesia tahun 80an dulu.
Hosung RG 125M

Hyosung mengambil dari basis Suzuki GS125R Jepang lalu dirubah namanya jadi RG125M. Suzuki GS125R Jepang sendiri adalah motor yang memakai mesin mirip Thunder 125 tapi transmisi 6-speed dan power 14ps.

Suzuki GS125R Jepang
Mulai 2010 semua modelnya mendapat perubahan baik tampilan maupun system fuel (wajib injection). Secara teknologi dan desain walaupun masih dibelakang pabrikan Suzuki Jepang tapi secara kualitas bagus dan untuk harga tentunya lebih murah dari Jepang. Di Indonesia sendiri Hyosung cukup dikenal melalui produk trailnya pada awal 2000an, yaitu Hyosung RX 125. Sayangnya Hyosung sendiri di Indonesia terlihat kurang diminati oleh pasar, mungkin karena dulu masuk ke Indonesia barengan sama invansi maraknya motor-motor china di awal tahun 2000an, jadi banyak yang mengira ini motor china, padahal Korea
dan layanan purna jual yang kurang seperti part yang susah didapat mungkin
Padahal mesin bisa dikanibal dengan Thunder 125 atau FU. CMIIW
Dan sayangnya body part yg plastik2 juga susah dicari, padahal bagus buat bahan modifikasi dipasang di Honda GL modifikasi trail
.
Produk Hyosung yang masuk ke Indonesia setau ane selain RX125 ada GF125, Cruise GV125, Karion 125 dan GT250.
Motor Hyosung yang beredar di Indonesia
Hyosung RX125

spek mesin 125cc merupakan pengembangan dari mesin Suzuki GS125, aslinya Suzuki GS125 2-valve, ini dibikin jadi mirip vixion dan jupiter MX, yaitu SOHC 4-valve.

mesin hyosung 4-valve
Hyosung ini yang paling sering ane jumpai dimana-mana, keren sih tapi mahal
Hyosung GF125

Hyosung Cruise GV125

naih Hyosung ini ane pernah liat di daerah penajam kaltim gan.
Hyosung Karion 125

Hyosung ini masuk ke Indonesia dalam varian SOHC dan DOHC, masih sering dijumpai di surabaya ni.
Hyosung GT250R

yang ini ane belum pernah ketemu di jalanan indonesia, spek mesin 250cc DOHC V-twin

bore x stroke : 57 x 48.8 mm (tuh kan thunder 125 banget kayaknya ni mesin thunder 125 dibikin v-twin dan DOHC
)
power : 30 hp / 22.4 kW @ 10500 rpm
torsi : 20.6 Nm / 2.1 kgf-m@ 7300 rpm
transmisi : 5-speed (kok motor fairing 250cc cuma 5-speed
)
Hyosung GT250N

yang versi ini katanya juga sempet masuk ke indonesia, tapi belum pernah liat di jalanan indonesia
Demikianlah sejarah Hyosung dan beberapa varian hyosung yang sempat masuk ke tanah air, ane sendiri juga dulu sempet kepincut pengen punya Hyosung RX125, tapi kok mahal unit bekasnya pun susah dan masih mahal pula
Jadi mahal gak minat
Sayangnya Hyosung tidak bertahan lama di Indonesia, padahal bagus loh kualitasnya setara Suzuki. Mungkin buat pemilik thunder 125 yang mau upgrade mesin jadi SOHC 4-valve bisa pasang head cylinder punya Hyosung RX125, karena emang mesinnya sama.
Sumber dari beberapa sumber di internet dengan sedikit edit dan tambahan
tunggu update trit lainnya masih tentang motor juga gan
Kali ini ane mau bahas sepeda motor dari Korea tapi masih memiliki roh dari Suzuki Jepang.

Hyosung didirikan tahun 1978 sebagai divisi sepeda motor dari Group perusahaan Hyosung milik konglomerat asal Korea Selatan (hyosung bergerak dalam berbagai macam usaha). Hyosung pertama kali membuat motor berdasarkan konsep dari sepeda motor Suzuki Jepang yang tentunya secara resmi (bukan contek kayak China) karena memang kerja sama dengan Suzuki Jepang. Pada 1980an desain motor-motor Hyosung dibuat langsung di Jepang oleh Suzuki Jepang dan mempunyai pusat desain motor di Hamamatsu Jepang, dan untuk tahun2 berikutnya sudah mempunyai desain motor sendiri di Korea.
Tahun 2003 Hyosung lepas dari group Hyosung dan berpisah dengan Suzuki, lalu berdiri sendiri sebagai perusahaan motor, dan kemudian bulan juni 2007 Divisi motor hyosung dibeli oleh konglomerat korea selatan yang lain yaitu S&T Group (Science and Technology) dan berubah namanya menjadi S&T Motors. Walaupun motor yang dijual masih berdasarkan desain hyosung. Produk-produk hyosung sendiri dijual di kanada, amerika,uni eropa,australia, bahkan Indonesia, walaupun tidak terlalu tinggi angka penjualnnya dibanding produk lain,tapi kebanyakan dijual dengan system rebadged atau kalau tidak salah dijual dengan brand lain (ganti merk doang


Berikut beberapa contoh produk Hyosung sebelum berpisah dengan Suzuki:
Hyosung GS 125


Spesifikasi :
mesin : 125cc SOHC
power: 14ps
transmisi : 6-speed






Dilihat dari mesinnya gak jauh beda sama mesin Thunder 125 di indonesia, hanya saja power dan tranmisinya beda

Thunder 125 hanya 11,5ps dan transmisinya hanya 5-speed.
Hyosung GS 125 ini dijual di beberapa negara eropa dan america tahun 1997-2000.
Hyosung GX 125

Spesifikasi susah dicari datanya di gugle gan, lagian gak masuk ke Indonesia juga kok

Hyosung GP 125

Spesifikasi gak beda sama Suzuki GP 125 yang dulu tahun 80-an sempet beredar di Indonesia

Hyosung AX100

Spesifikasi agak susah dicari datanya, karena emang gak masuk ke Indonesia. Basisnya sih sama aja dengan Suzuki AX100 yang beredar di Mexico, Pakistan, Columbia CMIIW

Hyosung MX125

Spesifikasi gak jauh beda sama Suzuki TS125 yang beredar di Indonesia dulu
Hyosung GSX250E

Spesifikasi mesin sama saja dengan Suzuki GSX250E, yang beredar di Jepang. Bahkan bisa dibilang ini Suzuki GSX 250E ditempelin merk Hyosung.
Mesin : 2 silinder DOHC 8 klep
Power: 29hp @10000rpm
Torsi : 22Nm @ 8000 rpm
Transmisi : 6-speed
Top speed: 140km/h
Hyosung FB100

Spek mesin 100cc tapi mirip shogun 110, ya ini memang mesin shogun 110 versi 100cc.
Hyosung FR80

Spek mesin sama saja dengan Suzuki FR80 yang pernah beredar di Indonesia tahun 80an dulu.
Hosung RG 125M

Hyosung mengambil dari basis Suzuki GS125R Jepang lalu dirubah namanya jadi RG125M. Suzuki GS125R Jepang sendiri adalah motor yang memakai mesin mirip Thunder 125 tapi transmisi 6-speed dan power 14ps.

Suzuki GS125R Jepang
Mulai 2010 semua modelnya mendapat perubahan baik tampilan maupun system fuel (wajib injection). Secara teknologi dan desain walaupun masih dibelakang pabrikan Suzuki Jepang tapi secara kualitas bagus dan untuk harga tentunya lebih murah dari Jepang. Di Indonesia sendiri Hyosung cukup dikenal melalui produk trailnya pada awal 2000an, yaitu Hyosung RX 125. Sayangnya Hyosung sendiri di Indonesia terlihat kurang diminati oleh pasar, mungkin karena dulu masuk ke Indonesia barengan sama invansi maraknya motor-motor china di awal tahun 2000an, jadi banyak yang mengira ini motor china, padahal Korea




Produk Hyosung yang masuk ke Indonesia setau ane selain RX125 ada GF125, Cruise GV125, Karion 125 dan GT250.
Motor Hyosung yang beredar di Indonesia
Hyosung RX125

spek mesin 125cc merupakan pengembangan dari mesin Suzuki GS125, aslinya Suzuki GS125 2-valve, ini dibikin jadi mirip vixion dan jupiter MX, yaitu SOHC 4-valve.

mesin hyosung 4-valve
Hyosung ini yang paling sering ane jumpai dimana-mana, keren sih tapi mahal

Hyosung GF125

Hyosung Cruise GV125

naih Hyosung ini ane pernah liat di daerah penajam kaltim gan.
Hyosung Karion 125

Hyosung ini masuk ke Indonesia dalam varian SOHC dan DOHC, masih sering dijumpai di surabaya ni.
Hyosung GT250R

yang ini ane belum pernah ketemu di jalanan indonesia, spek mesin 250cc DOHC V-twin


bore x stroke : 57 x 48.8 mm (tuh kan thunder 125 banget kayaknya ni mesin thunder 125 dibikin v-twin dan DOHC

power : 30 hp / 22.4 kW @ 10500 rpm
torsi : 20.6 Nm / 2.1 kgf-m@ 7300 rpm
transmisi : 5-speed (kok motor fairing 250cc cuma 5-speed

Hyosung GT250N

yang versi ini katanya juga sempet masuk ke indonesia, tapi belum pernah liat di jalanan indonesia

Demikianlah sejarah Hyosung dan beberapa varian hyosung yang sempat masuk ke tanah air, ane sendiri juga dulu sempet kepincut pengen punya Hyosung RX125, tapi kok mahal unit bekasnya pun susah dan masih mahal pula


Sayangnya Hyosung tidak bertahan lama di Indonesia, padahal bagus loh kualitasnya setara Suzuki. Mungkin buat pemilik thunder 125 yang mau upgrade mesin jadi SOHC 4-valve bisa pasang head cylinder punya Hyosung RX125, karena emang mesinnya sama.
Sumber dari beberapa sumber di internet dengan sedikit edit dan tambahan

tunggu update trit lainnya masih tentang motor juga gan

Diubah oleh jawamotorsport 10-06-2015 07:05






4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
46.2K
85


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan