Kaskus

Entertainment

jawamotorsportAvatar border
TS
jawamotorsport
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Selamat pagi...siang...sorS E N S O R..malem... agan-agan kaskuser....
Kali ini ane mau bahas sepeda motor dari Korea tapi masih memiliki roh dari Suzuki Jepang.

Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki

Hyosung didirikan tahun 1978 sebagai divisi sepeda motor dari Group perusahaan Hyosung milik konglomerat asal Korea Selatan (hyosung bergerak dalam berbagai macam usaha). Hyosung pertama kali membuat motor berdasarkan konsep dari sepeda motor Suzuki Jepang yang tentunya secara resmi (bukan contek kayak China) karena memang kerja sama dengan Suzuki Jepang. Pada 1980an desain motor-motor Hyosung dibuat langsung di Jepang oleh Suzuki Jepang dan mempunyai pusat desain motor di Hamamatsu Jepang, dan untuk tahun2 berikutnya sudah mempunyai desain motor sendiri di Korea.
Tahun 2003 Hyosung lepas dari group Hyosung dan berpisah dengan Suzuki, lalu berdiri sendiri sebagai perusahaan motor, dan kemudian bulan juni 2007 Divisi motor hyosung dibeli oleh konglomerat korea selatan yang lain yaitu S&T Group (Science and Technology) dan berubah namanya menjadi S&T Motors. Walaupun motor yang dijual masih berdasarkan desain hyosung. Produk-produk hyosung sendiri dijual di kanada, amerika,uni eropa,australia, bahkan Indonesia, walaupun tidak terlalu tinggi angka penjualnnya dibanding produk lain,tapi kebanyakan dijual dengan system rebadged atau kalau tidak salah dijual dengan brand lain (ganti merk doang emoticon-Smilie ). Contohnya S&T Motors di Korea, Naza Blade di Malaysia, United Motors dan ATK di Utara Amerika, Kazinski di Brasil, Kinetic di India, Bosowa Motor di Indonesia, dll. Walaupun di dunia mendapat banyak kritikan karena membuat kebingungan konsumen emoticon-Ngakak (S)

Berikut beberapa contoh produk Hyosung sebelum berpisah dengan Suzuki:
Hyosung GS 125
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki

Spesifikasi :
mesin : 125cc SOHC
power: 14ps
transmisi : 6-speed

Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki

Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki

Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki

Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki

Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki

Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki

Dilihat dari mesinnya gak jauh beda sama mesin Thunder 125 di indonesia, hanya saja power dan tranmisinya beda emoticon-Cape d... (S)
Thunder 125 hanya 11,5ps dan transmisinya hanya 5-speed.
Hyosung GS 125 ini dijual di beberapa negara eropa dan america tahun 1997-2000.

Hyosung GX 125
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Spesifikasi susah dicari datanya di gugle gan, lagian gak masuk ke Indonesia juga kok emoticon-Hammer (S)

Hyosung GP 125
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki

Spesifikasi gak beda sama Suzuki GP 125 yang dulu tahun 80-an sempet beredar di Indonesia emoticon-Big Grin

Hyosung AX100
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Spesifikasi agak susah dicari datanya, karena emang gak masuk ke Indonesia. Basisnya sih sama aja dengan Suzuki AX100 yang beredar di Mexico, Pakistan, Columbia CMIIW emoticon-Big Grin

Hyosung MX125
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Spesifikasi gak jauh beda sama Suzuki TS125 yang beredar di Indonesia dulu

Hyosung GSX250E
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Spesifikasi mesin sama saja dengan Suzuki GSX250E, yang beredar di Jepang. Bahkan bisa dibilang ini Suzuki GSX 250E ditempelin merk Hyosung.
Mesin : 2 silinder DOHC 8 klep
Power: 29hp @10000rpm
Torsi : 22Nm @ 8000 rpm
Transmisi : 6-speed
Top speed: 140km/h

Hyosung FB100
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Spek mesin 100cc tapi mirip shogun 110, ya ini memang mesin shogun 110 versi 100cc.

Hyosung FR80
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Spek mesin sama saja dengan Suzuki FR80 yang pernah beredar di Indonesia tahun 80an dulu.

Hosung RG 125M
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Hyosung mengambil dari basis Suzuki GS125R Jepang lalu dirubah namanya jadi RG125M. Suzuki GS125R Jepang sendiri adalah motor yang memakai mesin mirip Thunder 125 tapi transmisi 6-speed dan power 14ps.
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Suzuki GS125R Jepang

Mulai 2010 semua modelnya mendapat perubahan baik tampilan maupun system fuel (wajib injection). Secara teknologi dan desain walaupun masih dibelakang pabrikan Suzuki Jepang tapi secara kualitas bagus dan untuk harga tentunya lebih murah dari Jepang. Di Indonesia sendiri Hyosung cukup dikenal melalui produk trailnya pada awal 2000an, yaitu Hyosung RX 125. Sayangnya Hyosung sendiri di Indonesia terlihat kurang diminati oleh pasar, mungkin karena dulu masuk ke Indonesia barengan sama invansi maraknya motor-motor china di awal tahun 2000an, jadi banyak yang mengira ini motor china, padahal Korea emoticon-Hammer (S) dan layanan purna jual yang kurang seperti part yang susah didapat mungkin emoticon-Hammer (S) Padahal mesin bisa dikanibal dengan Thunder 125 atau FU. CMIIW emoticon-Big Grin Dan sayangnya body part yg plastik2 juga susah dicari, padahal bagus buat bahan modifikasi dipasang di Honda GL modifikasi trail emoticon-Hammer (S) .
Produk Hyosung yang masuk ke Indonesia setau ane selain RX125 ada GF125, Cruise GV125, Karion 125 dan GT250.

Motor Hyosung yang beredar di Indonesia

Hyosung RX125
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki

spek mesin 125cc merupakan pengembangan dari mesin Suzuki GS125, aslinya Suzuki GS125 2-valve, ini dibikin jadi mirip vixion dan jupiter MX, yaitu SOHC 4-valve.

Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
mesin hyosung 4-valve

Hyosung ini yang paling sering ane jumpai dimana-mana, keren sih tapi mahal emoticon-Cape d... (S)

Hyosung GF125
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki


Hyosung Cruise GV125
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
naih Hyosung ini ane pernah liat di daerah penajam kaltim gan.

Hyosung Karion 125
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
Hyosung ini masuk ke Indonesia dalam varian SOHC dan DOHC, masih sering dijumpai di surabaya ni.

Hyosung GT250R
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
yang ini ane belum pernah ketemu di jalanan indonesia, spek mesin 250cc DOHC V-twin emoticon-Cendol (S)

Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
bore x stroke : 57 x 48.8 mm (tuh kan thunder 125 banget kayaknya ni mesin thunder 125 dibikin v-twin dan DOHC emoticon-Big Grin )
power : 30 hp / 22.4 kW @ 10500 rpm
torsi : 20.6 Nm / 2.1 kgf-m@ 7300 rpm
transmisi : 5-speed (kok motor fairing 250cc cuma 5-speed emoticon-Cape d... (S) )

Hyosung GT250N
Sejarah Sepeda Motor Hyosung, Masih Sodaranya Suzuki
yang versi ini katanya juga sempet masuk ke indonesia, tapi belum pernah liat di jalanan indonesia emoticon-Cape d... (S)

Demikianlah sejarah Hyosung dan beberapa varian hyosung yang sempat masuk ke tanah air, ane sendiri juga dulu sempet kepincut pengen punya Hyosung RX125, tapi kok mahal unit bekasnya pun susah dan masih mahal pula emoticon-Cape d... (S) Jadi mahal gak minat emoticon-Hammer (S)
Sayangnya Hyosung tidak bertahan lama di Indonesia, padahal bagus loh kualitasnya setara Suzuki. Mungkin buat pemilik thunder 125 yang mau upgrade mesin jadi SOHC 4-valve bisa pasang head cylinder punya Hyosung RX125, karena emang mesinnya sama.

Sumber dari beberapa sumber di internet dengan sedikit edit dan tambahan emoticon-Big Grin
tunggu update trit lainnya masih tentang motor juga gan emoticon-Big Grin
Diubah oleh jawamotorsport 10-06-2015 07:05
eShopSulisAvatar border
anasabilaAvatar border
4iinchAvatar border
4iinch dan 3 lainnya memberi reputasi
4
46.2K
85
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan