Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

theunlearnidAvatar border
TS
theunlearnid
The Four Agreements | Menghilangkan Drama Dalam Hidup
The Four Agreements | Don Miguel Ruiz




Kalau ada satu buku yang menurut saya praktis dan juga penuh dengan wisdom, buku itu adalah The Four Agreementskarangan Don Miguel Ruiz. Sangat praktis karena kalau kita mengaplikasikan 4 hal ini dalam keseharian, terasa sekali bagaimana hidup kita bisa berubah. Namun, praktis tidak berarti mudah. Karena hidup kita sudah terkondisikan sedemikian rupa sebagai ‘orang dewasa’ sehingga banyak sekali kebiasaan-kebiasaan yang harus kita tanggalkan terlebih dahulu sebelum bisa merasakan perubahannya.

Quote:


Kalau kata Om Ruiz, kita butuh niat yang sangat kuat untuk bisa mengaplikasikan 4 Persetujuan ini. Tetapi, kalau kita bisa, maka akan terjadi suatu transformasi yang luar biasa. Kita akan mulai melihat drama hilang dari kehidupan kita dan mulai menciptakan surga di dunia.Wow. Masa sih om? Dibuat penasaran juga sih.

Apa gunanya 4 Agreements ini?

Quote:


Untuk melepaskan kita dari The Domestification of Human.

Apa om? Apa itu?


Tanpa kita sadari, seumur hidup kita, kita telah menerima berbagai macam informasi dari ayah, ibu, guru, teman, lingkungan yang akhirnya membentuk kepercayaan dan juga pola pikir kita. Kita diajarkan bagaimana hidup yang ‘benar’ dan perilaku-perilaku apa yang ‘benar’ juga. Kita memiliki konsep benar dan salah, dan akhirnya belajar untuk mulai menghakimi, baik ke diri sendiri dan juga orang lain. Banyak sekali peraturan-peraturan yang diajarkan ke kita melalui sistem reward dan punishment. Yang akhirnya kita belajar untuk melakukan sesuatu demi mendapatkan reward (walaupun hanya untuk mendapatkan perhatian) dan takut terhadap penolakan. Kita telah banyak menerima berbagai agreements, peraturan, kondisi yang sebenarnya belum tentu sesuai ataupun kita setujui. Kita telah di domestifikasi (dijinakkan), seperti binatang liar yang sudah lupa terhadap jati diri dan instingnya.

Nah, 4 Agreements inilah yang bisa melepaskan kita dari domestifikasi tersebut. Dimana kita bisa kembali menemukan kekuatan diri kita yang sesungguhnya.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:



Quote:

Kata Om Ruiz, kalau kita bisa melakukan 4 Agreement ini, maka kita akan mengubah neraka menjadi surga.

…. Menjadi diri kita yang sebenarnya. Menemukan freedom. Kebebasan. Kebebasan untuk menjadi diri kita sendiri, yang paling otentik.

I love this.

Thank you Om Ruiz untuk semua wisdomnya. Saya banyak tertampar (walau gak dimasukin hati kok) tapi senang. Karena proses menuliskan pembelajaran dari buku ini pun menjadi praktek 4 Agreements.

Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Diubah oleh theunlearnid 27-01-2015 05:13
kaniarfAvatar border
junac00lAvatar border
junac00l dan kaniarf memberi reputasi
3
108.2K
546
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan