CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
BITCOIN Mata Uang Digital Dunia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54bfc7fc138b46a9288b4577/bitcoin-mata-uang-digital-dunia

BITCOIN Mata Uang Digital Dunia

emoticon-I Love Kaskus (S)Beberapa hari terakhir kebetulan ada beberapa penghuni Kaskus berdiskusi dengan saya tentang Bitcoin, kaget dan prihatin ternyata banyak penghuni kaskus belum tau kebenarannya dan masih banyak membaca gossip. Ngga aneh sih karena gossip lebih asik dan berita seputar bitcoin memang bikin pusing emoticon-Cape d... (S)


BITCOIN Mata Uang Digital Dunia


Saya coba share sedikit yg saya tau dengan bahasa saya yg seadanya, semoga lebih mudah di fahami karena dulu saya punyeng kebanyakan baca google emoticon-Hammer (S). Saya share sekilas tentang pemahaman dasarnya saja ya.

Bitcoin merupakan mata uang digital, fungsinya sama seperti Rupiah, Dollar, Yen, Euro, dll, hanya bedanya Bitcoin tidak ada bentuknya karena tidak di bawah bank manapun dan tidak diproduksi secara nyata. Jadi jika agan melihat di internet perujudan Bitcoin seperti di atas misalnya, itu adalah victif hanya sebagai cindera mata saja emoticon-Big Grin

Dengan jumlah terbatas diciptakannya, walaupun dalam bentuk digital tapi keamanan untuk resiko pemalsuannya setarap dengan keamanan tingkat militer. Setiap mata uangnya memiliki kode khusus dalam suatu rangkaian panjang kunci-kunci pengaman dan dalam peredarannya selalu di verifikasi ulang.

Tidak memiliki bank berarti bitcoin tidak akan kena dampak inflasi. Tidak memiliki bank artinya juga tidak memiliki Negara, yang berarti juga tidak ada pengaruh politik di dalamnya, jadi issue politik tidak akan mempengaruhi. Nah jika tidak memiliki bank lalu siapa yg mengatur peredarannya gan? Peredarannya menggunakan system peer to peer, dari suatu computer online ke computer online lainnya di seluruh dunia secara terus menerus, jadi tidak mungkin membendung peredarannya. System ini lah yang sekaligus juga berfungsi untuk memverifikasi kunci-kunci keamanan itu dari pemalsuan. Proses verifikasi ini sangat membantu lalu-lintas peredaran bitcoin sehingga berhak mendapatkan reward, saya ibaratkan seperti potongan administrasi di bank. Jika agan pernah mendengar banyak orang mendapatkan uang dari system ini, sebenarnya fee dari proses itu yg dikumpulkan.

Spoiler for peer to peer:


Dalam perkembangannya yg semakin besar dan pemakai terus bertambah, peredaran tersebut dibantu oleh mesin-mesin dengan chip khusus yg memiliki kemampuan lebih cepat dalam memproses data ketimbang computer pc dan lebih efisien dalam pemakaian litrik. Mesin-mesin ini yg mungkin agan pernah dengar namanya disebut mesin bitcoin miner.

Spoiler for Bitcoin Miner:


Singkat aja ya Gan n Sis, lanjut lebih jauh silahkan agan tanya dan saya atau mungkin bitcoiner lain, akan coba bantu jawab barengan.
Pertanyaan-pertanyaan saya coba update di Post 2 di bawah.

Mau personal nanyanya supaya ga nunggu update di kaskus? Silahkan cek ID saya + add pin bbm, jangan lupa kasih tau dari trid lounge supaya saya ga bingung gan.

NOTE : yang baca tolong sekalian bantu sundulin ya gan, supaya bermanfaat minimal kaskusers lebih mengerti 1 info tambahan.
Diubah oleh indrastrid
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 6
--- reserve ---
Diubah oleh indrastrid
Gan ane dengar bitcoin di larang di Indonesia?
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 15
Siap-siap saja kalian semua, terutama yang di Jakarta.. yang selama ini merasa paling lebih dari lainnya, untuk menerima dan memakai "tanda" benda seperti ini:

BITCOIN Mata Uang Digital Dunia
Diubah oleh corocodile
Post ini telah dihapus oleh kaskus.support17
Quote:


Bukan di "larang" gan, BI hanya "mengingatkan" resiko dalam mata uang yang "tidak nyata", dan semua bisnis yg tidak nyata. Sangat wajar itu gan, kan semua bisnis memang beresiko. Juga BI memang tidak bertanggung jawab dengan semua resikonya karena bukan keluaran BI.

Saat ini semua mesin miner masuk ke Indonesia melalui importir, importir mebayar pajak melalui bea cukai. Singkatnya : Jika Bitcoin dilarang di Indonesia bagai mana mungkin bisa bayar pajak dan keluar dari bea cukai? emoticon-Big Grin


Quote:


Masa depan saya ngga tau gan. Saat ini memang pembayaran bisa hanya dengan memindai barcode Bitcoin melalui handphone, seperti kalo agan add someone melalui bbm. Dompet bisa ketinggalan tapi zaman sekarang HP ga boleh ketinggalan wkwkwwk emoticon-Ngakak (S)
Pembayaran Bitcoin sudah mulai bisa di beberapa lokasi di Indonesia juga, misalnya beberapa hotel dan resto, juga distro di Bali.
Termasuk saya juga terima pembayaran dengan Bitcoin untuk jasa Desain Grafis dan Interior saya gan ... eh jadi promosi hihihih emoticon-Malu (S)

Quote:


hehe bitcoin dan chip di tangan, kedengarannya seperti issue akhir zaman ya gan?
Oiya kalo boleh gambarnya pake spoiler gan, supaya yg buka di hp / speed internet agak lambat bisa lebih enak bacanya emoticon-I Love Kaskus (S)

Quote:


masa depan siapa yg tau gan? malah sangat mungkin uang kertas menjadi lebih exclusive karena produksinya bertambah mahal kan? emoticon-Big Grin



Diubah oleh indrastrid
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


Nilai tukarnya berdasarkan kurs mata uang tiap negara gan.
coba agan google misalnya kurs bitcoin to dollar, atau kurs bitcoin to rupiah, ... akan muncul.

Iya betul gan, bisa di katakan system transaksinya jadi mirip kartu debit. Hanya memang tidak berbentuk kartu, tapi langsung ke barcode accountnya kita via hanphone, masih proses itu gan dan belum semua tempat bisa kok.

ga ada server pusat yang ngatur gan?
lah yang bikin dan ngedarin siapa dong?.
kalo peer to peer dicegat orang ditengah jalan dicolong bahaya juga.. blm ada yg ngawasin juga
Quote:



Pendeskripsian ide mata uang digital adalah Wei-Dan, kemudian diwujudkan oleh Satoshi Nakamoto. Satoshi Nakamoto merupakan nama samaran dalam dunia maya, jadi tidak jelas apakah dia orang Jepang atau bukan. Jika agan pernah baca di google Satoshi Nakamoto udah ketemu ... ending cerita itu dia ngaku sampai stress dan sewa pengacara untuk meng-clear-kan kalo dia bukan si Satoshi Nakamoto yg menciptakan Bitcoin emoticon-Big Grin

Yang membuat Bitcoin ini beredar adalah system peer to peer itu gan. Dari satu komputer ke komputer lain, atau dari satu miner ke miner lain.
Systemnya bergerak acak karena miner sendiri tidak di ketahui siapa dan dimana, bisa aja dari saya, agan, tetangga agan, mas Jokowi, om Obama ... loncat kemana ga ketahuan.

Miner sekaligus pengawas dalam tiap transaksi yg terjadi. Miner yg memeriksa tiap rantai cypto tersebut adalah sah.
Mencegat di tengah jalan secara teori mungkin, transaksi apa yg di cegat dari mana asalnya itu yg tidak bisa di ketahui. Karena pemilik account bitcoin hanya memerlukan alamat email untuk bisa membuka sebuah acount bitcoin. Bisa agan bayangkan seseorang menguraikan rantai crypto yg panjang terkunci satu-per-satu tanpa dia ketahui apa hasilnya. Bayangkan misalnya ternyata dia berhasil membobol transaksi saya setelah berbulan2 bekerja keras, eh ternyata transaksinya hanya beberapa puluh ribu rupiah emoticon-Cape d... (S)

Dengan system tanpa berpusat ini justru menjadi kelebihan Bitcoin gan. 1 miner mati maka system akan loncat ke miner lain, dan tidak bisa berhenti.
Jika system berpusat seperti perbankan, tentunya agan sudah sering dengan banyak cerita bank yg bisa di tembus system keamanannya dan uang nasabah di dalamnya di gondol kan? System berpusat bisa ketahuan diamana ngumpulnya uang.


cara miningnya gimana gan? emoticon-Bingung
Quote:


Saya ibaratkan mesin mining adalah pegawai agan.
Pool saya ibaratkan sebagai tempat bekerja.
yang agan lakukan adalah mendaftarkan pekerja agan ke tampat dia bekerja. Kemudian tiap saat agan bisa cek apakah pegawai agan mangkir / bolos melalui web browser ( handphone, tablet, laptop, ... ), dimana pun agan lagi santai ( di cafe, lagi di mall, kamar mandi, ... ), dan tergantung kantor dia bekerja ada yg langsung membayarkan ke rekening agan tapi ada juga yg menunggu dikumpulkan dan di tarik oleh agan belakangan.

Proses nya gini; agan masukan id agan dan nama worker ke dalam mesin agan di bantu melalui koneksi lan di PC. Proses ini cukup 1 kali saja dan jika sudah selesai PC agan sudah tidak perlu di hidupkan / terhubung dengan mesin.
Kemudian mesin bekerja sendiri tidak perlu di tungguin, selama tercukupi kebutuhan lahir bathinnya berupa internet dan listrik, dia ngga rewel.
Hasil dari fee yg di hasilkan pekerja agan ini akan di bayarkan kepada agan dalam bentuk Bitcoin.

Nah pernah dengar iklan kerja ga harus ngantor? kerja bisa pakai kolor? sekarang agan bisa kerja sambil molor wkwkwwk ... emoticon-Big Grin
Eh ngga deh ... yg kerja mesinnya agan, kalo dia molor jadi ngga dapat bayaran emoticon-Hammer (S)
morning Bitcoiner
emoticon-Sundul Gan (S) semoga bermanfaat
Bitcoin bukannya ilegal ya emoticon-Cool
Quote:

ane bantu sundul ya emoticon-Sundul
Wah nyimak aja gan... kagak pahammm.. emoticon-Bingung (S) emoticon-Bingung (S)
Quote:


cek di pos #7 gan emoticon-Big Grin


Quote:


Justru ane bikin trid ini supaya agan bisa faham dan kaskuser lainnya melek Bitcoin gan. Banyak peluang di sana bisa dimanfaatkan untuk menambah penghasilan gan. emoticon-I Love Indonesia (S)

nyimak duluemoticon-cystg
Halaman 1 dari 6
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di