- Beranda
- Komunitas
- Surat Pembaca
SURAT TERBUKA UNTUK DUNKIN DONUT INDONESIA


TS
Egankurniawan
SURAT TERBUKA UNTUK DUNKIN DONUT INDONESIA
Malem gan. 
Basicly ane sebelum2nya customer dunkin donat yang cukup sering ngopi-ngopi atau juga beli donat di dunkin donut, karena emang dari kecil kalo mau makan donat bilang nya pasti pengen dunkin. Udah jadi trademark gitu gan.
Kronologi
Kejadiannya baru aja tadi sore pada saat ane baru pulang kerja. Pukul +- 17:30 di dunkin donut store bogor, jalan achmad yani. Ane dan temen ane emang sengaja buat ketemu karena ada urusan gan.
Masuk ke store niatan mau beli donat yang ga paket gan. ane sama temen ane akhirnya memutuskan untuk beli 4pcs donat, yang harga satuannya Rp. 9.000,- / Pcs. Lalu kata mas penjaga nya bilang beli 5 aja ntar dapet 6 pcs alias setengah lusin dengan harga Rp.46.000,- (kurang lebih seinget ane segitu harganya.) sesuai dengan yang mas mas nya tawarin. Dan ane pun meng-iya-kan tawaran tersebut.
Pada saat bayar ane mesen ice lemon tea ukuran besar, yang ane tau harganya sekitar Rp.18.000,- Liat di papan harga. Lalu ane melakukan pembayaran di cashier. Tampa banyak tawaran macem langsung di suruh bayar Rp. 81.500,-. Ane merasa agak curiga gan soanya seharusnya hanya sekitar 60ribu rupiah.
Ane berinisiatif untuk minta struk nya, wajar dong gan kalo setiap pembelian menggunakan struk belanja, apagai dunkin donut menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Enah mengapa pihak dunkin ga langsung ngasih struk ke ane. Tapi uang 100rb ane udah di terima dan di kasih kembalian nya.
Ane udah mulai ngerasa ga nyaman gan, karena kok agak aneh ya. Paymen nya langsung tapi struk nya belakangan. Kata mbak mbak cashier pas ane minta struk nya nanti aja di anter ke meja.
Ane pun duduk sekitar 5 menit dan itu struk belum juga di anerin. Ane inisiatif minta ke mas-mas yang awal ngambilin ane donat buat anterin struk nya. Ga lama mbak mbak cashier nya dateng bawa struk dan kartu discount yang entah dari mana dateng nya.
Terus ane liat struck nya, ane nanya mbak kok harga nya beda ya ga sesuai sama yang di tawarin awal sama mas mas nya, dengan muka agak canggung dan deg-deg-an mbak nya bilang kalo ane dapet kartu discount makannya harganya beda. Harganya Rp.62.500,- . Dan ane binggung dong, ane tanya siapa yang beli kartu discount nya mbak? ane juga udah punya soalnya. Terus mbak nya ga bisa jawab. Ane bilang pada saat tadi pembelian dan pembayaran ga ada omongan soal kartu discount atau apapun itu. Ane tanya lagi gan, kalo misalnya ane ga minta struck nya, itu kartu discount bakalan tetep di kasih ga? Karena logika ane, mbak-mbak nya ngasih kartu tersebut karena ane minta struck pembayaran nya. Kalo ga diminta mungkin ane di biarin aja. Terus akhir kata mbak nya bilang tadi siapa yang nawarin donat nya? coba tanya aja ke mas mas nya langsung.
Yang ane sayangkan adalah bukan uang ane yang keluar lebih, sekitar 15ribu-20ribu-an, tapi cara penjualan yang ane lihat agak "nakal" karena setiap transaksi harusnya menggunkan struck belanja, dan setiap product promosi sudah seharusnya di beritahukan terlebih dahulu. Jangan sampe customer bayar sesuatu yang seharusnya bukan kewajiban-nya.
Ane tadi sempet foto struck pembayaran dan nama cashier nya Mbak B*lla (Pas di tanya bilang nya itu, karena name tag nya di selipin ke dalem kemeja)


Kesimpulan :
(+) Ga semua orang yang bekerja walaupun di tempat pekerjaannya terintegrasi oleh sistem sekalipun bertindak jujur/ tidak curang.
(+) Tidak selamanya brand terkemuka akan selalu baik dalam pelayanan-nya
Untuk Dunkin Donut :
Harap di tinjau kembali dalam segi pelayanan maupun produck knowledge agar customer merasa tidak ditipu atau di curangi. Terimakasih.
Salam,
Egan Kurniawan
egaaan@gmail.com

Basicly ane sebelum2nya customer dunkin donat yang cukup sering ngopi-ngopi atau juga beli donat di dunkin donut, karena emang dari kecil kalo mau makan donat bilang nya pasti pengen dunkin. Udah jadi trademark gitu gan.
Kronologi
Kejadiannya baru aja tadi sore pada saat ane baru pulang kerja. Pukul +- 17:30 di dunkin donut store bogor, jalan achmad yani. Ane dan temen ane emang sengaja buat ketemu karena ada urusan gan.
Masuk ke store niatan mau beli donat yang ga paket gan. ane sama temen ane akhirnya memutuskan untuk beli 4pcs donat, yang harga satuannya Rp. 9.000,- / Pcs. Lalu kata mas penjaga nya bilang beli 5 aja ntar dapet 6 pcs alias setengah lusin dengan harga Rp.46.000,- (kurang lebih seinget ane segitu harganya.) sesuai dengan yang mas mas nya tawarin. Dan ane pun meng-iya-kan tawaran tersebut.
Pada saat bayar ane mesen ice lemon tea ukuran besar, yang ane tau harganya sekitar Rp.18.000,- Liat di papan harga. Lalu ane melakukan pembayaran di cashier. Tampa banyak tawaran macem langsung di suruh bayar Rp. 81.500,-. Ane merasa agak curiga gan soanya seharusnya hanya sekitar 60ribu rupiah.
Ane berinisiatif untuk minta struk nya, wajar dong gan kalo setiap pembelian menggunakan struk belanja, apagai dunkin donut menggunakan sistem yang terkomputerisasi. Enah mengapa pihak dunkin ga langsung ngasih struk ke ane. Tapi uang 100rb ane udah di terima dan di kasih kembalian nya.
Ane udah mulai ngerasa ga nyaman gan, karena kok agak aneh ya. Paymen nya langsung tapi struk nya belakangan. Kata mbak mbak cashier pas ane minta struk nya nanti aja di anter ke meja.
Ane pun duduk sekitar 5 menit dan itu struk belum juga di anerin. Ane inisiatif minta ke mas-mas yang awal ngambilin ane donat buat anterin struk nya. Ga lama mbak mbak cashier nya dateng bawa struk dan kartu discount yang entah dari mana dateng nya.
Terus ane liat struck nya, ane nanya mbak kok harga nya beda ya ga sesuai sama yang di tawarin awal sama mas mas nya, dengan muka agak canggung dan deg-deg-an mbak nya bilang kalo ane dapet kartu discount makannya harganya beda. Harganya Rp.62.500,- . Dan ane binggung dong, ane tanya siapa yang beli kartu discount nya mbak? ane juga udah punya soalnya. Terus mbak nya ga bisa jawab. Ane bilang pada saat tadi pembelian dan pembayaran ga ada omongan soal kartu discount atau apapun itu. Ane tanya lagi gan, kalo misalnya ane ga minta struck nya, itu kartu discount bakalan tetep di kasih ga? Karena logika ane, mbak-mbak nya ngasih kartu tersebut karena ane minta struck pembayaran nya. Kalo ga diminta mungkin ane di biarin aja. Terus akhir kata mbak nya bilang tadi siapa yang nawarin donat nya? coba tanya aja ke mas mas nya langsung.
Yang ane sayangkan adalah bukan uang ane yang keluar lebih, sekitar 15ribu-20ribu-an, tapi cara penjualan yang ane lihat agak "nakal" karena setiap transaksi harusnya menggunkan struck belanja, dan setiap product promosi sudah seharusnya di beritahukan terlebih dahulu. Jangan sampe customer bayar sesuatu yang seharusnya bukan kewajiban-nya.
Ane tadi sempet foto struck pembayaran dan nama cashier nya Mbak B*lla (Pas di tanya bilang nya itu, karena name tag nya di selipin ke dalem kemeja)


Kesimpulan :
(+) Ga semua orang yang bekerja walaupun di tempat pekerjaannya terintegrasi oleh sistem sekalipun bertindak jujur/ tidak curang.
(+) Tidak selamanya brand terkemuka akan selalu baik dalam pelayanan-nya
Untuk Dunkin Donut :
Harap di tinjau kembali dalam segi pelayanan maupun produck knowledge agar customer merasa tidak ditipu atau di curangi. Terimakasih.
Salam,
Egan Kurniawan
egaaan@gmail.com
Diubah oleh Egankurniawan 20-01-2015 21:51
0
20.2K
37
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan