alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Asal Usul Seserahan Dalam Pernikahan
4.53 stars - based on 30 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54b54b97a4cb17b3078b457a/asal-usul-seserahan-dalam-pernikahan

Seserahan Dalam Pernikahan (Beginning)

Asal Usul Seserahan Dalam Pernikahan


Quote:


Halo agan sekalian,
Terimakasih sudah mampir di thread pertama ane. emoticon-Malu (S)


Nah untuk thread pertama ane, ane mau ngebahas soal seserahan dalam pernikahan karena sebentar lagi bakalan jadi musim janur kuning di tiap gang a.k.a musim kimpoi



Asal Usul Seserahan Dalam Pernikahan
Asal Usul Seserahan Dalam Pernikahan


Quote:


Quote:


Quote:


Nah setelah ngebahas tentang seserahan dari adat jawa dan adat betawi TS mau ngebahas seserahan di mata Agama Islam

Haruskah Seorang Lelaki Melakukan Seserahan Saat Meminang Perempuan?

jika seorang pria hendak meminang/melamar wanita, apakah dalam agama di haruskan seorang pria membawa uang seserahan untuk diserah terimakan ke pihak perempuan dan apakah hari itu juga di putuskan tanggal dan hari penetapannya? di haruskan atau tidak, jika ya alasannya apa? dan jika tidak alesannya apa?

Untuk penetapan tgl/hari resepsi mengapa orang selalu menyebut cari hari baik untuk hari resepsinya, sedangkan hari yg di ciptakan allah swt baik semua. jika kita sebagai muslim bagaimanakah untuk penentuan tgl/hari yg menurut sunah rasul ? mohon penjelasannya?

apakah kita sebagai orang islam ada keharusan untuk menentukan hari/tanggal resepsi disesuaikan dengan hari lahir si wanita dan pria nya ?

Jawaban

1.Pada waktu meminang tidak diharuskan seseorang untuk membawa seserahan. Hal itu kembali ke etika saja. Secara hukum tidak ada kewajiban.Kalau bicara etika tentu sangat dianjurkan karena untuk mempererat hubungan diantara mereka.

2.Pada waktu itu tidak diharuskan menentukan hari. Secara hukum tidak ada keharusan. Lagi-lagi ini disesuaikan menurut kebutuhan masing-masing pihak saja.

Ustadz Muchsinin Fauzi, LC

Spoiler for Tips Memilih Seserahan:


berhubung terbatasnya penulisan pada thread, jadi untuk tambahan dari agan-agan kaskuser ane rangkum di Seserahan Adat Batak dan Seserahan Adat Sunda & Padang(minang)

Spoiler for Jadi Latah:




Quote:


Kunjungin Juga Thread Ane Yang Lain
Kata Siapa Nikah Mahal?
dan Lapak Ane
Jasa Menghias Seserahan Untuk Pernikahan
Abigail Pomade Shop

Sekian thread sederhana ane


Asal Usul Seserahan Dalam Pernikahan

Asal Usul Seserahan Dalam Pernikahan
Asal Usul Seserahan Dalam Pernikahan


Asal Usul Seserahan Dalam Pernikahan
Diubah oleh babisarden
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 29
wah ternyata gitu ya asal usulnya
tapi itu cuma di jawa kan?
Spoiler for Pendapat Para Kaskuser:

Diubah oleh babisarden
untuk pisan adalah sebagai simbol gan

simbol berdoa kepada tuhan yang maha esa

lihat bentuk pisan yang mirip tangan menengadah emoticon-Big Grin


sekian emoticon-Big Grin

kalo di ceritain tentang pisang ini ane bakalan capek ngetiknya emoticon-Hammer (S)
Kata siapa di islam wajib seperangkat alat sholat ???
Mau jadi suami gak modal banget!
Quote:


namanya juga lagi capek gan, lagi males baca
emoticon-Stick Out Tongueiss
Jadi pengen nyobain roti kepiting gan emoticon-Ngakak

Spoiler for Bonus:
Mau nikah aja ribet...
Quote:


kalo gak salah justru sangat tidak disarankan mahar pake seperangkat alat sholat karna beratnya tanggung jawab yg harus dipikul seorang suami jika menggunakan itu sbg mahar. tp kalo buat seserahan sih bebaaaas CMIIW
Seserahan sih tergantung kesepakan kedua belah pihak sih gan, tp emang kayaknya gak boleh memberatkan pihak calon mempelai lakinya. Siraman sm pengajian dibahas juga donk gan,
nikah berat juga syratnya gan. tp kalo niat dah niat sih jalanin aja...
Diubah oleh mereneheze
mudah2an ane bisa segera meminang si doi gan..
itulah tradisi gan , gak bisa di pisahin gan emoticon-Matabelo
Quote:


Quote:


seperti kata agan fanaurora yang tidak diperbolehkan adalah sebagai mahar, kalo untuk seserahan masih diperbolehkan gan. Dibaca baik-baik gan untuk seserahan bukan mahar. Dan ETIKA-nya sebagai muslim yang baik dan menjalani tradisi Indonesia itu menjadi kewajiban ditiap pernikahan muslim gan. Emosi sekali nampaknya agan krnwn_indigo ada pengalaman pribadi dengan seserahan gan? Atau pernah melihat pernikahan seorang muslim yang tidak memakai seserahan seperangkat alat solat?

Quote:


nanti ane buat thread lanjutan tentang siraman sama pengajiannya deh sist, segitu aja udah ada yg capek bacanya ahahahak. Btw thx emoticon-Big Grin

Quote:


lucu ya gan kaya TS

Quote:


Namanya juga nikah sama cewe gan. Mungkin agan minat utk nikah sama cowo biar nggak ribet? emoticon-Najis

Quote:


Iya gan, kan Insya Allah seumur hidup sekali gan, berat ditanggung bersama gan

Quote:


aamiin, TS doain semoga terealisasi impian agan

Quote:


Itulah gan yang terkadang bikin TS miris. Yang jauh dari ajaran agama, khususnya Islam kenapa dijadiin tradisi
Diubah oleh babisarden
Oohhh ini to asal usul nya
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
Quote:


agan kayaknya kebanyakan nonton pernikahan rapih amat sama gigi nih. Kalo dia emang durasinya 2 bulan gan. Pernikahan yang durasinya paling lama versi TS batak gan, baru tata adatnya aja udah 12 acara yg harus dilaksanain. Nanti kalo tembus sampe page 2 ane kasih update-annya deh
makasih infonya gan... ada rencana nih sm calon bini ane...
mnta doanya aja biar sukses dan terlaksanakan rencana ane...
hehehe

ane bukmak dolo gan
biaya nikah makin mahal gan
Quote:


wah Alhamdulillah, ane do'ain semoga cepat terlaksana rencananya dan nggak ada hambatan satu apapun. sip gan, nanti ane kasih info tempat untuk beli seserahan terupdate

Quote:


Masa sih gan? emoticon-Cape d... (S)
kalo mau murah cari calon yang mau diajak nikah di KUA-nya langsung gan, ijab kabul, bikin surat keterangan nikah nggak usah pake adat babibubebo
Diubah oleh babisarden
roti kepitingnya unyu bgt emoticon-Big Grin
Halaman 1 dari 29


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di