alexa-tracking

[ASK] Langkah Awal Buat Projekan Website

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54ad1b8698e31b472f8b4575/ask-langkah-awal-buat-projekan-website
[ASK] Langkah Awal Buat Projekan Website
Permisi para master sekalian, ane belakangan ini lagi belajar cara bikin website dengan segala pernak perniknya, termasuk frontend dan backend. Tapi ane lebih fokus di backendnya.

Curhat dulu dikit ya.
Kalo yang ane rasain sih skill udah siap buat mulai projekan web, ya meskipun belum begitu wah. Tapi kan kalo terus2an nyoba tanpa diterapin langsung kan percuma, terus ane gak berkembang kalo kaya gini terus mah.

Udah ada sih beberapa web yang udah ane bikin, tinggal nyari hosting. Tapi belum ada satupun yang ane terbangin emoticon-Sorry *ceritanya takut salah

Nah langsung ke pertanyaan, kalo misalkan kita mau bikin website wajib pake CMS atau enggak? Terus kalo pake, mendingan bikin sendiri atau pake yang udah jadi?

Mohon bantuannya gan emoticon-Matabelo, maaf kalo ada kata2 yang salah atau sok-sok'an, newbie here emoticon-Sorry
emoticon-Sundul Gan (S)emoticon-Sundul Gan (S)
Yang agan maksud dengan CMS itu apa gan? Karena banyak orang yang salah dalam menerjemahkan CMS. Sebagian orang mengatakan CMS itu seperti Joomla, Drupal dan sejenisnya, sedangkan menurut ane CMS itu lebih kurang sama dengan backend yang berfungsi untuk menambah, merubah dan menghapus content frontend.

Jadi kalau ditanya mendingan buat sendiri atau pake buatan orang, itu tergantung dari bakat, kemampuan dan deadline. Kalau agan terbiasa pake Joomla dan menurut agan lebih cepat pake itu, ya pake itu aja. Tapi kalau agan belum pernah menggunakan CMS buatan orang lain, mendingan buat sendiri aja, daripada belajar lagi trus ngabisin waktu.
KASKUS Ads
Quote:


Setuju sama agan ini. seandainya Pake CMS orang lain agan mesti pelajarin scriptnya. Pengalaman ane nih, ane sempet cuma 'pake' doang dan hasilnya ketika ane mau 'customize' ane bingung setengah mampus emoticon-Malu (S). Sekarang sih udah mendingan lah hehe

Lokasi ente dmn gan?
Ane lg cr orang-orang yang bisa di ajak kerjasama bikin web.
Kalo agan tertarik, PM ane ya emoticon-Cendol (S)
klo menurut ane CMS itu dari kepanjangannya aja Content Management System yang menurut pengertian ane mengelola content yg sudah ada seperti edit & delete content. seperti contoh : CMS offline sperti joomla, CMS online sperti wordpress, blogspot. CWIIWemoticon-Peace

lain lagi klo agan paham bahasa web programmer penggunaan CMS lebih mudah dipahami. klo menurut ane klo agan bisa web programmer mending buat sendiri jadi bs asah skill.


Quote:


Nah ane udah pernah bikin CMS sendiri tapi yang dasar banget aktivitasnya yaitu CRUD doank, itu udah memenuhi prinsip CMS atau ada tambahan lain gan?
image-url-apps
Quote:


Nah ane setubuh sama agan ini, mending bikin sendiri kalo bisa emoticon-Recommended Seller
Quote:

Walaupun cuma CRUD simple, selama fungsi - fungsi CRUD yang agan buat untuk mengatur frontend website, bisa dibilang itu adalah CMS, karena CMS dibuat untuk mengatur atau me-manage sebuah website.
emoticon-Jempol
Quote:


Quote:


nah dah dijawab ntuh..
ane tambahin dikit
semua aplikasi web itu sebenarnya adalah berdasarkan CRUD tabel-tabel database, cuma yang jadi perbedaan seberapa ribet prosesnya.emoticon-Big Grin

yang intinya klo agan buat website statis itu udah bisa dibilang CMS.emoticon-Angkat Beer
Quote:


ane mau belajar web nih gan emoticon-Malu (S)
Quote:


Boleh, atur aja jadwalnya...
Tapi sekali lagi ane tekankan, ane bukan master yah..

Ane bantu sebisa ane aja emoticon-Big Grin
Quote:


ayolah barengan emoticon-Ngakak (S)
kalo mau nya dinamis dan si user tinggal input konten dari page admin, ya perlu cms baik bikin sendiri atau freeware/opensource12
Banyak web designer milih CMS untuk build web yang mereka inginkan untuk kebutuhan client karena lebih cepat dalam pengerjaannya. Web Designer tinggal membuat coding front-end tanpa harus memikirkan betapa kompleks kode back-endnya. Sorry newbie bikin statement emoticon-Malu (S) emoticon-Shakehand2
Quote:


Ikutan dong... Ane juga pengen belajar, selama ini Ane pake CMS instan aja dri develop oxwall.
website ane : Masih Newbie kk
Quote:

Yup benul ga...setubuh... CMS=Cotent Management System
Drupal, joomla, wordpress itu ya opensource cms gan. Loh emang ada ya closed source cms? Ada gan.
Kalo menurut ane sendiri, sesederhana apapun web agan baik statik/dinamik kalau cara merubah konten nya menggunakan back end sistem ya bisa disebut cms, beda dengan perubahan content menggunakan koding manual.
CMIIW....

Quote:


Setubuh juga sama statement ini.
Sesuaikan aja sama budget dan permintaan client gan. Tapi kalo agan emang dah expert, gada salahnya buat cms sendiri untuk rapid project, jadi kalo ada project ya tinggal sesuaikan aja. Sepengalaman ane gawe di kantor developer sih biasanya mereka bikin back-end cms sendiri/framework buat handle proyek-proyeknya.

×