- Beranda
- Komunitas
- News
- Berita dan Politik
Bus Tingkat Gratis Dinilai Tidak Efektif


TS
Abc..Z
Bus Tingkat Gratis Dinilai Tidak Efektif
http://megapolitan.kompas.com/read/2....Tidak.Efektif
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Danang Parikesit, melihat penggunaan bus tingkat gratis sepanjang kebijakan pelarangan sepeda motor diberlakukan di Jalan Medan Merdeka Barat hingga Jalan MH Thamrin, tidak efektif. Bus gratis tersebut tidak sepenuhnya digunakan oleh pengendara sepeda motor.
"Sebenarnya bus itu tidak dibutuhkan karena tidak bermanfaat. Bus gratis tidak digunakan (pengendara motor) dan di masyarakat infonya terbatas," ujar Danang kepada Kompas.com, Selasa (6/1/2015).
Danang menyebutkan, daripada Pemprov DKI mengeluarkan banyak biaya untuk membeli bus tingkat gratis, lebih baik membuat sistem park and ride. Park and ride yang dimaksud oleh Danang adalah membuat tempat parkir yang lokasinya cukup jauh dari tempat larangan sepeda motor, kemudian dari sana, pengendara sepeda motor melanjutkan perjalanannya dengan angkutan umum.
Menurut Danang, karcis parkir yang didapat oleh pengendara saat memarkirkan sepeda motornya dalam sistem park and ride, seharusnya bisa juga dipakai untuk menaiki angkutan umum yang dipilih. "Karcis parkir bisa digunakan orang untuk naik apa saja, tidak hanya bus gratis," tambah dia.
Lokasi park and ride yang disebut cukup jauh dari tempat larangan sepeda motor saat ini bertujuan agar ketika Pemprov DKI melakukan perluasan larangan sepeda motor, tidak terkendala masalah memindahkan lokasi parkir. Danang juga berpendapat kalau Pemprov DKI lebih baik mengalokasikan biaya lebih untuk membayar operator angkutan umum daripada membeli bus tingkat.
"Bus gratis enggak jelas itu. Konsep yang lebih bagus, biaya untuk bus gratis di-link dengan biaya parkir, di-link dengan operator angkutan umum. Kalau sudah pakai e-money, bisa juga buat tiket angkutan umum," tutur Danang.
Saat ini, ada sepuluh unit bus transjakarta berbadan tunggal gratis serta lima bus tingkat wisata yang dipergunakan untuk memfasilitasi pengendara sepeda motor di Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat. Lima bus tingkat gratis sumbangan Tahir Foundation, hingga hampir satu bulan ini, belum dapat digunakan karena masih terhambat proses administrasi di Kementerian Perhubungan.
Pelarangan sepeda motor akan dilakukan secara bertahap. Setelah bus tingkat milik Pemprov DKI mencukupi dan PT Transjakarta menambah ratusan bus tingkat gratis, kebijakan akan diperluas hingga Ratu Plaza, Jalan Sudirman.
ternyata yang bego biker dan masyarakat, ada bus gratis nggak dimanfaatkan
katanya konsep bis gratis nggak jelas dan sepi peminat, kok malah banyak yang berjuang biar bus gratis tetep ada?
sumpah pemikiran warga aneh aneh, ada bus gratis : nggak ditanggapi, konsep nggak jelas dll
pas ada kabar mau dihilangkan konsep bus gratis : pada mewek terus demo memperjuangkan biar bus gratis tetep ada
idiota
JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI), Danang Parikesit, melihat penggunaan bus tingkat gratis sepanjang kebijakan pelarangan sepeda motor diberlakukan di Jalan Medan Merdeka Barat hingga Jalan MH Thamrin, tidak efektif. Bus gratis tersebut tidak sepenuhnya digunakan oleh pengendara sepeda motor.
"Sebenarnya bus itu tidak dibutuhkan karena tidak bermanfaat. Bus gratis tidak digunakan (pengendara motor) dan di masyarakat infonya terbatas," ujar Danang kepada Kompas.com, Selasa (6/1/2015).
Danang menyebutkan, daripada Pemprov DKI mengeluarkan banyak biaya untuk membeli bus tingkat gratis, lebih baik membuat sistem park and ride. Park and ride yang dimaksud oleh Danang adalah membuat tempat parkir yang lokasinya cukup jauh dari tempat larangan sepeda motor, kemudian dari sana, pengendara sepeda motor melanjutkan perjalanannya dengan angkutan umum.
Menurut Danang, karcis parkir yang didapat oleh pengendara saat memarkirkan sepeda motornya dalam sistem park and ride, seharusnya bisa juga dipakai untuk menaiki angkutan umum yang dipilih. "Karcis parkir bisa digunakan orang untuk naik apa saja, tidak hanya bus gratis," tambah dia.
Lokasi park and ride yang disebut cukup jauh dari tempat larangan sepeda motor saat ini bertujuan agar ketika Pemprov DKI melakukan perluasan larangan sepeda motor, tidak terkendala masalah memindahkan lokasi parkir. Danang juga berpendapat kalau Pemprov DKI lebih baik mengalokasikan biaya lebih untuk membayar operator angkutan umum daripada membeli bus tingkat.
"Bus gratis enggak jelas itu. Konsep yang lebih bagus, biaya untuk bus gratis di-link dengan biaya parkir, di-link dengan operator angkutan umum. Kalau sudah pakai e-money, bisa juga buat tiket angkutan umum," tutur Danang.
Saat ini, ada sepuluh unit bus transjakarta berbadan tunggal gratis serta lima bus tingkat wisata yang dipergunakan untuk memfasilitasi pengendara sepeda motor di Jalan MH Thamrin-Medan Merdeka Barat. Lima bus tingkat gratis sumbangan Tahir Foundation, hingga hampir satu bulan ini, belum dapat digunakan karena masih terhambat proses administrasi di Kementerian Perhubungan.
Pelarangan sepeda motor akan dilakukan secara bertahap. Setelah bus tingkat milik Pemprov DKI mencukupi dan PT Transjakarta menambah ratusan bus tingkat gratis, kebijakan akan diperluas hingga Ratu Plaza, Jalan Sudirman.
ternyata yang bego biker dan masyarakat, ada bus gratis nggak dimanfaatkan

katanya konsep bis gratis nggak jelas dan sepi peminat, kok malah banyak yang berjuang biar bus gratis tetep ada?

sumpah pemikiran warga aneh aneh, ada bus gratis : nggak ditanggapi, konsep nggak jelas dll
pas ada kabar mau dihilangkan konsep bus gratis : pada mewek terus demo memperjuangkan biar bus gratis tetep ada
idiota

0
1K
5


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan