- Beranda
- Komunitas
- News
- Entrepreneur Corner
4 Strategi Marketing Kunci Agar Sebuah Startup Sukses


TS
mrubay
4 Strategi Marketing Kunci Agar Sebuah Startup Sukses
Startup atau sebuah usaha yang baru dirintis sangat rentan mengalami kegagalan, namun jika manajemen dapat mengatur dan menjalankan strategi-strategi dengan matang, keberhasilan nyaris di depan mata. Beberapa waktu lalu sudah diuraikan 20 alasan utama mengapa sebuah startup gagal yang didasarkan pada Analysis of Clickbank Insights, dan kini 4 strategi kunci pemasan agar sebuah startup berhasil, menurut Kevin Willer, presiden and CEO Chicagoland Entrepreneurial Center.
Agar sebuah startup mencapai keberhasilannya, paling tidak ada empat (4) strategi marketing kunci yang harus dilakukan.
1. Memiliki tujuan yang jelas
Anda sebagai pemimpin harus memiliki tujuan yang jelas dalam menentukan strategi. Jangan melakukan sesuatu hanya untuk memenuhi persyaratan atau sekedar menandai kotak checklist bahwa Anda sudah melakukan. Sebelum memutuskan untuk melompat pada satu langkah baru, ambil satu langkah mundur untuk mengevaluasi hal-hal berikut ini.
Apakah langkah tersebut membantu meningkatkan kredibilitas brand Anda?
Apakah Anda akan menjangkau pihak-pihak yang berpengaruh dan para pengambil keputusan kaitannya kebijakan atau langkah itu ?
Bagaimana Anda akan mengukur keberhasilan?
Mentalitas ini akan membantu Anda membingkai keputusan marketing masa depan, yang mengarah pada usaha-usaha yang jauh lebih berhasil secara keseluruhan. Gunakan media sosial sebagai contoh. Jika Anda ingin “melakukan sesuatu dengan media sosial, pastikan media sosial itu benar-benar ada tujuan yang jelas bagi perusahaan Anda. Anda harus memiliki saluran yang tepat untuk fokusi dan memiliki sudut pandang pemikiran yang unik untuk dibagikan.
2. Taktik baru: Buat taktik itu terwujud secepatnya
Jika Anda ingin mencoba satu taktik pemasaran baru, Anda dan tim Anda harus menentukan rentang waktu yang jelas dan agresif. Hal ini biasanya sangat mungkin terjadi bagi mereka yang bekerja di sebuah lingkungan kerja yang memiliki hirarki organisasi dan proses-proses legal yang kompleks, maksudnya bahwa yang perlu Anda lakukan adalah kerjakan bagian Anda agar secepatnya selesai. Taktik baru seringkali terdorong oleh oleh orang yang telah mencurahkan energi dan sumberdaya yang dimiliki untuk mencoba dan menguji gagagan-gagasan strateginya. Akan tetapi, taktik baru ini adalah strategi yang akan mengubah jalan dan keberhasilan usaha-usaha pemasaran Anda.
3. Gunakan trial and error, kemudian ukur
Ketika menjalankan ide-ide baru, gunakan proses trial and error. Amati dengan cermat hasil dari ide tersebut, dan jika berhasil, lipat gandakan. Jika tidak berhasil, coba lagi, dan turunkan jika akhirnya tidak berhasil sama sekali. Taktik ini telah digunakan oleh banyak orang untuk meraih dan/atau memperluas basis pelanggan, tetapi taktik ini jelas berlaku bagi marketing dan juga ide-ide PR.
4. Tingkatkan yang sudah berjalan
Ini mungkin tidak perlu penjelasan lagi. Namun, ketika taktik marketing Anda berhasil, maka akan mudah dan tergoda untuk berkata, “jangan urusi yang tidak beres.” Bahkan ketika satu ide strategi berjalan sebagaimana mestinya, Anda harus benar-benar memperbaiki pendekatan Anda untuk memastikan Anda melakukan usaha-usaha pemasaran terbaik Anda. Di awal-awal Anda mungkin lelah, memikirkan Anda barangkali telah mengacak-acak satu yang sudah baik, tetapi Akan akan sangat mungkin untuk menemukan proses yang lebih inovatif dan efisien seiring perjalanan.
Apakah Anda sedang menjalankan sebuah startup baru atau perusahaan skala besar, Anda akan menghadapi hambatan sebagai marketer. Dari semua itu, pelajaran terbesar yang bisa diambil dari startup adalah bahwa Anda harus terbuka untuk mencoba taktik baru dan tidak lumrah.
Sumber :
matabelo
matabelo
matabelo
Agar sebuah startup mencapai keberhasilannya, paling tidak ada empat (4) strategi marketing kunci yang harus dilakukan.
1. Memiliki tujuan yang jelas
Anda sebagai pemimpin harus memiliki tujuan yang jelas dalam menentukan strategi. Jangan melakukan sesuatu hanya untuk memenuhi persyaratan atau sekedar menandai kotak checklist bahwa Anda sudah melakukan. Sebelum memutuskan untuk melompat pada satu langkah baru, ambil satu langkah mundur untuk mengevaluasi hal-hal berikut ini.
Apakah langkah tersebut membantu meningkatkan kredibilitas brand Anda?
Apakah Anda akan menjangkau pihak-pihak yang berpengaruh dan para pengambil keputusan kaitannya kebijakan atau langkah itu ?
Bagaimana Anda akan mengukur keberhasilan?
Mentalitas ini akan membantu Anda membingkai keputusan marketing masa depan, yang mengarah pada usaha-usaha yang jauh lebih berhasil secara keseluruhan. Gunakan media sosial sebagai contoh. Jika Anda ingin “melakukan sesuatu dengan media sosial, pastikan media sosial itu benar-benar ada tujuan yang jelas bagi perusahaan Anda. Anda harus memiliki saluran yang tepat untuk fokusi dan memiliki sudut pandang pemikiran yang unik untuk dibagikan.
2. Taktik baru: Buat taktik itu terwujud secepatnya
Jika Anda ingin mencoba satu taktik pemasaran baru, Anda dan tim Anda harus menentukan rentang waktu yang jelas dan agresif. Hal ini biasanya sangat mungkin terjadi bagi mereka yang bekerja di sebuah lingkungan kerja yang memiliki hirarki organisasi dan proses-proses legal yang kompleks, maksudnya bahwa yang perlu Anda lakukan adalah kerjakan bagian Anda agar secepatnya selesai. Taktik baru seringkali terdorong oleh oleh orang yang telah mencurahkan energi dan sumberdaya yang dimiliki untuk mencoba dan menguji gagagan-gagasan strateginya. Akan tetapi, taktik baru ini adalah strategi yang akan mengubah jalan dan keberhasilan usaha-usaha pemasaran Anda.
3. Gunakan trial and error, kemudian ukur
Ketika menjalankan ide-ide baru, gunakan proses trial and error. Amati dengan cermat hasil dari ide tersebut, dan jika berhasil, lipat gandakan. Jika tidak berhasil, coba lagi, dan turunkan jika akhirnya tidak berhasil sama sekali. Taktik ini telah digunakan oleh banyak orang untuk meraih dan/atau memperluas basis pelanggan, tetapi taktik ini jelas berlaku bagi marketing dan juga ide-ide PR.
4. Tingkatkan yang sudah berjalan
Ini mungkin tidak perlu penjelasan lagi. Namun, ketika taktik marketing Anda berhasil, maka akan mudah dan tergoda untuk berkata, “jangan urusi yang tidak beres.” Bahkan ketika satu ide strategi berjalan sebagaimana mestinya, Anda harus benar-benar memperbaiki pendekatan Anda untuk memastikan Anda melakukan usaha-usaha pemasaran terbaik Anda. Di awal-awal Anda mungkin lelah, memikirkan Anda barangkali telah mengacak-acak satu yang sudah baik, tetapi Akan akan sangat mungkin untuk menemukan proses yang lebih inovatif dan efisien seiring perjalanan.
Apakah Anda sedang menjalankan sebuah startup baru atau perusahaan skala besar, Anda akan menghadapi hambatan sebagai marketer. Dari semua itu, pelajaran terbesar yang bisa diambil dari startup adalah bahwa Anda harus terbuka untuk mencoba taktik baru dan tidak lumrah.
Sumber :



0
993
0


Komentar yang asik ya


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan