Momod Paling ganteng Se-Kaskus Mampir 
Quote:
Original Posted By makankamus►
selain faktor yang disebutkan TS, banyaknya kendaraan seperti motor juga membuat orang malas berjalan kaki. Mungkin jalan kaki sendiri perlu "pembudayaan", seperti di negara Jepang, Amerika, dan negara yang "lebih maju" lainnya. Hiks...
Tambahan Komeng dari KasKus-er 
Quote:
Original Posted By tikus.bunting►Ini thread seharusnya dibaca oleh oknum" yang spesialist dibidangnya gan, biar mereka sadar kalo dijakarta itu masih perlu banyak perbaikan, bukan malah santai" dikantor sambil goyang"kan kakinya.
Buat apa digaji kalo ga bisa memberikan perubahan buat kotanya ?
Yang agan tulis itu benar semuanya.
Ane pribadi mending naik mobil daripada jalan kaki walaupun dekat, karena apa ? Karena jalanan yang akan ane lalui itu tidak layak untuk pejalan kaki.
Belum lagi asep metromini,kopaja,bajaj,dkk. Untuk masalah panas itu bisa diakali dengan pakai payung gan, nahh kalau asep motor dan mobil yang tidak lolos uji KIR gimana cara akalinnya? Oke mungkin bisa pakai masker, tapi memangnya badan dan pakaian kita ga bau asep tuh kendaraan?
Masa harus pakai jas hujan + masker gan?
Quote:
Original Posted By kapalapispecial►kalo menurut ane ini cuma masalah budaya aja gan. sebelum banyaknya pelanggaran lalu lintas di trotoar kita emg udah males jalan kaki. menurut ane penyebabnya adalah:
1. Malas
Terbiasa menggunakan motor, walaupun cuma ke ind*maret yg jaraknya kurang dari 500 m. Dimulai dari hal kecil kemudian terbiasa.
2. Angkutan umum buruk
Jika anda sudah tidak malas, anda akan tetap memilih tidak jalan kaki karena anda menggunakan kendaraan pribadi daripada angkutan umum
3. Ga ada trotoar
Kalo ini mirip yg kata agan, trotoarnya sempit dan miring. kalo ane bilang malah ga ada trotoar tu jalanan.
4. Panas dan Polusi
Jujur dari dalam lubuk hati, ini yang bikin ane males jalan kaki di kota Jakarta. Kalo siang, udah panas, asep metr* mini yg ngebul. Tapi ane lebih prefer jalan kaki ketika pulang kerja malem hari dibanding harus naik Tr*nsJakarta atau kendaraan. selain seneng sama lampu2 kota, adem juga bro...
Quote:
Original Posted By breaman►
masalah sebenarnya dari pot bunga super gede itu ada di mental pengendara motor. kalo pengendara motor ga ada yg nyerobot trotoar maka pot2 bunga itu udah ga diperlukan.
Begitu juga dengan zebra cross yg dipenuhi sama motor dan mobil yg ga sabaran. Ane mau bilang mereka kampungan tapi orang2 di kampung justru ga ada yg kelakuannya kyk begitu.
Jadi kalo masalah mental pengendara ini sudah teratasi maka diharapkan bisa dilakukan perbaikan fasilitas pejalan kaki yang terstruktur, sistematis, dan masif alias ane lagi sotoy aja sih ini, serius banget bacanya.

Quote:
Original Posted By pinosha►Tambahan dari ane gan
Kalo di kota apalagi jakarta asep dimana mana gan
Naik sepeda aja sampe rumah semua badan bau asep
Wkwkwk
Quote:
Original Posted By itsedierevol►Kalo ane paling males jalan di trotoar karena gak ada yg nemenin jalan gan 

Quote:
Original Posted By icim14►karena fasilitas kurang mendukung gan
Quote:
Original Posted By manggaGandul►ane sih malesnya karena kadang pas lagi jalan suka ada bau menyengat yang mengganggu

kalo jalan di pedesaan sih masih enak

Quote:
Original Posted By GILAngkUSuma►aduh parah emang gan, gak ada yg disalahin, mungkin kesadaran masyarakat yg perlu ditingkatkan, juga pemerintah perlu menghimbau dan mengaturnya, ya inilah indonesia gan. miris

Quote:
Original Posted By blezzernet►mengenai banyaknya tiang2 dan pot2 yang berseliweran di trotoar..
itu juga salah satu cara biar gak di naiki dan di langgar sama kendaraan bermotor... karena emg kenyataannya kendaraan bermotor itu selalu mengambil jalan trotoar sebagai jalur tambahan mereka...
struktur kota yang satu ini gak akan beres sebelum hal2 lain yang memberatkannya masih belum bisa di atasi juga... para pengendara yang masih sesuka hatinya parkir dan lewat.. karena jika para pengendara tidak perlu di batasi sama pot2 sama tiang2 maka kedamaian disaat berjalan kaki di jalan raya adalah suatu hal yang tidak mungkin juga
salam

Quote:
Original Posted By feryomon►karena kurangnya arcade bangunan ataupun kanopi dalam bentuk pohon. ..
Quote:
Original Posted By bibilya►YANG PALING BENCI ADALAH KITA LAGI JALAN KAKI DI TROTOAR YANG NOTABENE BUAT JALAN KAKI
MALAH DI KLAKSONIN AMA MOTOR DISURUH MINGGIR
MALAH DISEREMPET MOTOR PULAAAAAAAA
SALAH APA GUE SALAH APAAAAAA ?!
Quote:
Original Posted By dont.ask►
Pendapat ane pribadi sih lebihnya ke tidak nyamanan aja sih kalau jalan oke oke aja. Nyanannya kurang gan. Apa lg di tempat sepi rawan copet / jambret buat wanita yg lagi jalan sendirian makanya pada pilih naik motor/ mobil pribadi
Quote:
Original Posted By fahrurnabil►kalo ane banyak banget debu gan jadi males

Quote:
Original Posted By beyond.►belum termasuk kalo ada galian kabel...
...

Quote:
Original Posted By selevaneo88►Ane masih sering jalan kaki Gan, tapi nggak jauh2 amat. Debunya itu loh, amit amit

udah gitu pernah tuh ya sangking kecilnya trotoar buat pejalan kaki, ane pernah diserempet mobil dan si empunya mobil nggak ada rasa nyeselnya kayaknya. Cuma memperlambat jalannya sebentar terus ngeloyor pergi. Andai ane bawa ketapel batu wakt itu.

Sori curhat..

Quote:
Original Posted By any1sale►dari beberapa faktor yg udah agan TS ketik, justru itu bukan faktor nomor 1 nya kalo buat ane..
buat ane justru faktor nomor 1 nya adalah masalah kriminalitas..
contoh gampanknya yah jambret gan..
jambret loh yah..
bukan copet..
kalo copet mah bisa ada dimana-mana..
kalo jambret yah you know lah..

Quote:
Original Posted By kiito►paling males trotoar sempit sama miring gan

bikin sepatu ane rusak

jalan miring miring gitu

ane 15 menit jalan pas rame kendaraan , sampe rumah bau asep gan dari rambut sampe celana
Quote:
Original Posted By Valandil►couldn't agree anymore...ane sebagai pejalan kaki benar2 merasakan apa yang semua TS jelaskan. apalagi yang tinggal di Ibukota tercinta behh

ane ga mao ngejudge semua kota di indo kyk gtu soalnya emang belom pernah ngerasain semuanya. Tapi pernah jg sih tinggal di kota yg lebih kecil sperti Tarakan - Kalimantan Utara, disana jauh lebih teratur ..lalulintas tertib ga serobot2an, trotoar ga ada yg namanya PKL, pengamen dll, andaikan semua kota di Indo bs tertib seperti itu alangkah indahnya

Quote:
Original Posted By ranger20►Numpang nambahin gan
1. Panas pol pas musim panas
2. Ujan, becek, pas mobil kenceng lewat kena sirem genangan air
3. Polusi
4. Banyak galian
5. Jambret
Tapi positif nya jg banyak
1. Gak perlu repot cari parkir
2. Gak perlu bayar parkir
3. Gak perlu takut ditilang/razia
4. Sehat
5. Gak bikin polusi
6. Gampang jajan2 pas laper/haus

Quote:
Original Posted By andreleonhart►fasilitas yang kurang memadai dan panas yang bikin ane malas jalan kaki di kota
kalau dikampung ane mah malah enakan jalan kaki, udaranya sejuk dan pemandangan alamnya indah. kendaraan bermotor jarang jadi bebas polusi

Quote:
Original Posted By LinuxBacktrack5►Beh ini mah ane alemin semua

Secara pejalan kaki di perkotaan

emang demen jalan juga dari pada naik motor
Dark yg namanya motor sampe masuk ke daerah pejalan kaki, banyak pohon, pot2 gede dll dah udah ngalemin semua

Tapi ya di seru2in aja lah

Quote:
Original Posted By atinairbev►bener banget kata agan, itu smua alasan bikin males jalan di trotoar.
ane malah pernah di serempet motor di trotoar, trus malah ane yg dimarahin, katanya ane ngalangin jalan.

Quote:
Original Posted By Hans.Jr►wasemmmm....

motor sampe naik jembatan penyebrangan...
ane pernah liatnya, motor masuk halte BRT karena macet...

Quote:
Original Posted By dittadp►ane males karena jalan di trotoar sama aja jalan di tengah jalan raya . ane pernah di tabrak motor pas jalan di trotoar

Quote:
Original Posted By boschas►menurut ane sih yang bikin males trotoar rusak sama motor jalan di trotoar aja gan malesin, tapi kalo masalah pedagang jalanan ,pot gede,pepohonan,tiang tiang sama parkiran motor yang berada di trotoar sih menurut ane gak masalah yang penting keliatannya rapih aja gan
kalo masalah yang zebra cross.....itu susah gan -_- itu udah mental dari masing masing pengendara aja

Quote:
Original Posted By trane►Ikut nambahin boleh ya gan...
Mungkin salah satunya keamanan juga menjadi faktor untuk malas jalan kaki. Misalnya agan jalan suatu hari gak pagi, siang, sore di tempat sepi aja ada aja orang yang memanfaatkan kesempatan dalam kesempitan untuk merampok atau menodong. Jadi orang juga ada perasaan was-was buat jalan kaki

Quote:
Original Posted By hhendryz►jalan dikit nemu pkl, jalan dikit nemu pengemis..jalan dikit disemprot asep+debu bonus air klo becek sama mobil+bus+motor+truk+bajaj+angkot
lubang, retakan, sempit ga ada trotoar sama sekali , fasilitas penyebrangan minim, klopun ada satu kilo jaraknya
dan masih banyak lagi alasan buat ga jalan kaki jauh2 dari komplek rumah

Quote:
Original Posted By didi.shin►yaelah gan, lebih besar faktor agan dimanjain sama kendaraan agan males jalan kaki daripada masalah trotoar
kalo mo jalan kaki mah jalan kaki aja kali ah
Quote:
Original Posted By felt2►Paling males kalau lagi jalan di trotoar ada motor yg klakson....
Quote:
Original Posted By ragdolls►Kalo ane sih takut di suitin sama orang2 kalo ane jalan di trotoar

Ane tertib lalu lintas gan jadi gak pernah dah sampe naik2 trotoar,pejalan kaki kan butuh kenyamanan juga.Saling menghargailah
Quote:
Original Posted By Misael524288►Trotoar kota Bandung udh ga ada gituan gan. Sumpah.
ini yg bisa agan dapetin di trotoar kota bandung yg mungkin ga akan bisa didapat di kota lain, kalo ada ya sepertinya di kota di luar jawa.
1. Bersih, minim sampah. Pak RK dah kasih aturan buang sampah 50 juta jadi

.
2. Terawat, ga ada tiang tiangan atau apapun yg menghalangi. Seandainya ada pun di kiri kanan sehingga mudah menghindar. Kalo ada trotoar rusak langsung dibenahi.
3. Sejak trotoar bersih gitu makin dikit yg parkir di trotoar.
4. Tukang tukangan yang pake trotoar makin jarang gan, kalo ada masih kasih space kita buat jalan.
5. Halte Trans metro Bandung masih kasih ruang di kirinya buat pejalan kaki.
6. Pak RK marahin kontraktor trotoar yg ga becus sampe proyeknya mau dilelang.
Cuma trotoar di beberapa jalan masih kecil dan sempit gan, ini jg lagi dicarikan solusinya sama pak RK.
Kalo trotoar Sby malah dipel gan

Quote:
Original Posted By qyut0z►ne ane tambahain 1 lg: karena GENGSI
Quote:
Original Posted By Exogenexuz►begitulah gan trotoar di negara kita, pemerintah ga niat ngebangun fasilitasnya.. seperti dibiarkan ala kadarnya

ane sadar kalo pedestrian way kita itu buruk banget setelah liat negara2 di Asia timur seperti Jepang dan Tiongkok, disana trotoar gak dibuat asal2an, disana dibuat senyaman mungkin buat para pedestrian..
ane juga suka kesel sendiri kalo liat kelakuan pengendara motor yg seperti itu

Quote:
Original Posted By ogious►menurut ane balik lagi ini urusan pemerintah yang harus tegas, walaupun memang kesadaran para pengguna jalan sangat diperlukan. Tapi kalo dari awal pihak berwenang mau bertindak tegas, sudah bisa dipastikan warga pun akan tunduk dan patuh terhadap peraturan yang ada

Quote:
Original Posted By case.closet►Ya ampun gan bener semuaaaaaaaa.
Ughhhh ane KZL banget kalo lagi jalan di trotoar ada yg klakson dibelakang.
Ane klakson balik aja "Ini jalan ane! Turun sana kalo mau lewat!"

Quote:
Original Posted By punyu2munyu►Ane setuju sih gan tapi ada beberapa hal yg bikin ane kurang setuju seperti adanya pohon, pot besar, ato pun halte.
Yang jadi masalah sih bukan beberapa benda tersebut tapi trotoarnya yg kurang besar jadi terlihat kurang nyaman bagi pejalan kaki.
Malah pohon, pot besar, sama halte bisa bikin trotoar jadi adem jadi nyaman gan heehehe
Itu sih menurut ane gan

Quote:
Original Posted By sayakashii07►Iye gan , bener banget . Tp meski gtu ampe skrg ane ttep the true foot walker

.
Dongkolnye si alo pas jalan2 , keinget trotoar mari ame yg luar punya . Gancoeg jauh puol beray

.
Diluar keknya damai rapi nyaman sejuk asri tentram sjahtera dirgayahud selamabelon lewat lintasan kereta shinkansen

. Lah dimari ?
uda bolong , becek ,bau , kotornye kek TPA , miring , paving , pot , tiang , parkir , panas , bnyak asep , tembok2 bnyk brosur2 kg jelas me tulisan norak . Ah tai babi celeng ngeden dah di mari

.
Quote:
Original Posted By harpoth►
buat TS
thx sudah membantu mengingatkan warga kaskus pentingnya trotoar atau yg sering dikenal di istilah arsitek dan kalangan urban planning, "pedestrian way".
elemen penting biar kota bisa nyaman dan lebih teratur. sayangnya di indonesia, sudah trotoarnya kecil dan rusak-rusak, juga terlalu berbatasan dengan jalan raya. ane pernah baca dan studi banding di luar, yang bagus itu bukan berdampingan persis di jalan raya, melainkan ada pembatas berupa taman hijau minimal sekitar 2m. kalau di sini, pasti langsung berbatasan jalan raya, atau hanya ditutupi pagar, paling banter juga cuman pot tanaman yang malah memakan space trotoar itu sendiri.
yang menyedihkan, karena tidak diberi pembatas, orang juga jadi seenaknya menyebrang. harusnya pendidikan berlalu lintas sudah selayaknya diajarkan sejak dini. lebih amat sangat disayangkan, pemerintah kita mindsetnya membuat semua daerah sebagai jalan yang bisa dilalui kendaraan. padahal pada hakikatnya, transportasi yang alami dan diberikan tuhan pada manusia adalah kakinya sendiri, seharusnya ini yang diprioritaskan pemerintah ketimbang kendaraan.
Quote:
Original Posted By BDP2553►asal ane dari palembang, sekarang lagi kuliah di bandung-jatinangor
dulu mah males banget jalan kaki gan.
>panas gila, musim hujan pun tetep panas, mendung/hujannya lebih sering pas malem hari
>kalo jalan dari komplek ke jalan raya (biar bisa naik angkutan umum) bisa makan 20 menit, opsi satu2nya cuma naik ojeg
>rute angkutan umum pun cuma disekitar jalan2 protokol aja, dan itupun ga sampe malem (jam 6-18)
jelas ane lebih pilih kendaraan pribadi selagi di palembang
mending dah di bandung mau jalan kaki adem, angkotnya juga bejibun walopun mental abang2nya masih purbakala

Quote:
Original Posted By Endless88►ente mau tau gan knp negara maju banyak pejalan kakinya? karena trotoar yg besar terus ada jalan khusus untuk pkl,street food,dan untuk mereka berjual di pinggir jalan,and 1 lagi gan ini yg bikin betah pejalan kakinya,karena banyaknya gedung pencakar langit yg tinggi dan perumahan yg berbentuk apartement gedung bertingkat tinggi,yg dapat mengurangi panasnya terik matahari

,beda kaya negara kita gan yg gedung pencakar langitnya bisa keitung dengan jari
kalo berkenan taro pejwan gan

Quote:
Original Posted By paissiap►biasanya pagi pagi di daerah timur bekasi itu pasti rame, padat, macet, kampret *eh. Dan karena hal yg ane sebutin tadi, menuntut para pengendara motor yang buru2, pasti ngelibas yang namanya trotoar. Udah mana sempit gegara itu trotoar dijadiin lapak. Kebetulan ane jalan kaki sambil nunggu bis. Pas ada pengendara yang lewat trotoar dan tepat didepannya ane halangin itu pengendara malah ngomel -_- bodoh. Eh jadi curhat

Quote:
Original Posted By theghos007►halte am sangaji depan sekolah ane tu gan .. emang posisinya di atas trotoan .. kalo jalan lwat situ bingung mau lwat dpn ato blakang ...

Quote:
Original Posted By harbob►tambahan gan, lubang galian yg ga ditutup
ane pernah nyemplung masuk kedalem lubang di trotoar, bukan karna ane ga liat tapi karna banjir trotoarnya

Quote:
Quote:
Original Posted By zura.janai►bener banget gan setuju sama TS paling ngeselin tuh yang bagian jalan sempit sama rusak alhasil jadi malea buat jalan kaki sama naik transportasi umum. belum lagi kadang trasnportasi umum trayeknya di beberaa kota belum bisa jangkau semua jadinya lebih hemat kalo pake kendaraan pribadi
Quote:
Original Posted By ol.community►Penjajahan trotoar ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan orang lebih memilih menggunakan kendaraan, minimnya kualitas kendaraan umum mengakibatkan orang lebih senang menggunakan kendaraan pribadi...
Quote:
Original Posted By genta14►iya bener
penataan kota di Indonesia harus dibenahi dan lebih diperhatikan lagi.
dimulai dari kita juga yuk gan,
"tertib berlalu lintas cermin budaya kita"
KATANYA siiihh

Quote:
Original Posted By ipasha96►Satu lagi yg sering gw pikiran...ntah pemerintah kota Jakarta atau kota Bogor tempat gw tinggal memang punya niatan baik untuk mempercantik trotoar, tapi kok menurut gw langkah yang dilakukan agak kurang pas
1. Di Bogor dan juga di Jakarta ada beberapa trotoar yg dipercantik dengan menggunakan paving blok bewarna warni. Memang setelah diperbaiki jadi tampak indah, tapi minimnya perawatan membuat setalah beberapa bulan paving blok tersebut dipenuhi oleh rumput liar. Pemasangan paving blok yg menggunakan media pasir di bawahnya mempercepat tumbuhnya rumput-rumput liar di sela-sela paving bloknya
2. Kemarin gw lewat Jl. Dr. Satrio Jakarta, ada bagian trotoar yang sedang diperbaiki dengan memasang keramik. Tampilan memang jadi cantik, tapi kita tahu di Jakarta itu yang namanya trotoar digali untuk galian kabel hal yang umum, dan andai itu terjadi apa nggak rusak tuh keramiknya ? Mau diganti keramik yang sama ? Sulit rasanya karena biasanya tiap tahun produsen keramik mengganti modelnya, paling ganti yang mirip-mirip..itu juga kalau kontraktornya mau tanggung jawab
3. Banyak trotoar yang dibangun naujubileh tingginya..hampir 20 cm dari badan jalan, bikin capek naik turunnya.
Bikin trotoar yang baik sebetulnya simple saja..bikin saja pakai cor-an semen, ketinggiannya cukup 10 cm dari jalan...di ujung-ujungnya dibikin sisi yang landai dan lebar 1,5-2 m. Di Kuala Lumpur kemarin sebagian trotoar di pusat kotanya direnovasi seperti itu dan setelah selesai jadi nyaman banget jalan kaki disana, gak perlu lah dibikin bewarna-warni dengan paving blok atau pakai motif-motif keramik gitu, malah jadi norak kalo gw bilang.