alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
10 Fakta Unik dan Mengejutkan Tentang Telur Ayam
5 stars - based on 2 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54a8d33fde2cf252788b4578/10-fakta-unik-dan-mengejutkan-tentang-telur-ayam

10 Fakta Unik dan Mengejutkan Tentang Telur Ayam

10 Fakta Unik dan Mengejutkan Tentang Telur Ayam


10 Fakta Unik dan Mengejutkan Tentang Telur Ayam


TELUR ayam adalah salah satu makanan yang paling banyak dikonsumsi semua orang di seluruh dunia. Telur ayam juga merupakan makanan yang serba guna, karena bisa disantap dengan makanan apapun.

Tapi, tahukah Anda, ada beberapa fakta mengejutkan tentang telur ayam yang belum banyak diketahui. Berikut ulasan selengkapnya, dilansir Thedailymeal, Sabtu (3/1/2014).

Telur ayam banyak kegunaan

Telur ayam adalah makanan serba guna. Begitu banyak cara untuk bisa menikmati kelezatan telur ayam dan nutrisinya. Bisa direbus, digoreng, dimakan mentah, campuran jamu, disantap setengah matang, salah satu bahan penting dalam pembuatan kue, roti dan sebagainya, bahkan telur ayam bisa jadi perekat alami untuk makanan, dan masih banyak lagi kegunaan telur ayam untuk dijadikan santapan.

Ayam petelur dari ras white leghorn

10 Fakta Unik dan Mengejutkan Tentang Telur Ayam


Salah satu ayam petelur yang paling sering digunakan oleh industri telur ayam dari zaman dulu hingga kini adalah jenis dari ras white leghorn. Pertama kali, ayam ini berkembang biak dan dibawa ke Amerika pada 1828.

Iowa adalah industri telur ayam terbesar di Amerika

Hampir 15 miliar telur diproduksi Iowa setiap tahun. Industri telur ini memiliki lebih dari 8.000 karyawan, dan menjadi pemasok utama telur ayam di berbagai wilayah, seperti Ohio, Indiana, dan Pennsylvania.

219 juta ayam jantan mati setiap tahun

Ayam jenis white leghorn betina dimanfaatkan untuk diambil telurnya, namun bagaimana nasib para pejantan? Sayang sekali, ayam jantan jenis leghorn ini tidak sama dengan ayam broiler (penghasil daging). White leghorn jantan dipelihara hingga tua dan mati begitu saja. Pasalnya, daging ayam ini dianggap tidak layak untuk dijadikan konsumsi publik oleh industri.

Satu ayam white leghorn memproduksi 280 telur per tahun

Ayam jenis leghorn punya sifat yang tidak mudah stres dan cenderung selalu berdiam diri. Untuk itu, ayam ini cocok dijadikan sebagai ayam petelur. Beberapa ayam menghasilkan telur hingga 320 telur per tahun. Namun jika dihitung rata-rata produksi, ayam ini mampu menghasilkan 280 telur per tahun. Tentu saja usia ayam juga berpengaruh, ayam betina tua bisa menghasilkan telur jumbo dengan berat rata-rata 30 ons per tahun, sedangkan yang masih muda hanya separuhnya.

Kolesterol

Setiap telur besar mengandung 186 miligram kolesterol. Dalam satu hari, manusia disarankan untuk menyantap hanya sebatas dua butir saja. Jika lebih dari itu, akan berisiko terkenal penyakit kolesterol.

Putih telur sedikit keruh

10 Fakta Unik dan Mengejutkan Tentang Telur Ayam


Bagian putih telur yang memiliki warna sedikit keruh, menandakan telur ini masih segar. Telur segar juga punya cangkang yang lebih kuat dibandingkan telur yang sudah lama berada di toko.

Hanya 1,8 persen telur kemasan dalam kondisi organik

Seperti diketahui, makanan organik adalah makanan yang sehat. Namun, nyatanya telur kemasan yang diberi stempel organik tidak 100% organik. Hal ini dikatakan oleh Program Organik Nasional di Amerika. Untuk mendapatkan telur yang benar-benar organik, biaya yang dibutuhkan untuk merawat ayam dua kali lipat lebih besar. Ayam tidak bisa diobati dengan hormon atau antibiotik. Pakan mereka tidak bisa mengandung bahan rekayasa genetika atau bahan apapun yang terkontaminasi dengan pestisida atau herbisida, serta tidak ada bahan kimia atau aditif sintetis.

Telur ayam kaya vitamin dan mineral

Selain tinggi kolesterol, tapi telur ayam mengandung banyak protein, vitamin, dan mineral. Telur juga mengandung antioksidan yang membantu kesehatan mata (lutein dan zeaxanthin), vitamin A, B12, D, riboflavin, folat, dan fosfor. Ada nutrisi penting dalam telur ayam, yakni kolin yang membantu meningkatkan fungsi otak.

Bercak putih disebut chalazae (Albumen)

10 Fakta Unik dan Mengejutkan Tentang Telur Ayam


Ketika telur dipecahkan dalam satu wadah, terdapat cairan putih yang terletak di dekat kuning telur dan disebut chalaza atau albumen. Ternyata fungsi dari cairan ini adalah menahan kuning telur agar tetap berada di tengah. Tak perlu khawatir, chalaza ini dapat dimakan, tapi dalam pembuatan beberapa kue, chalaza ini sering tidak digunakan, karena dianggap sama dengan putih telur.


SUMBER: klik77.com
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
nice info gan
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
Fakta-faktanya banyak bener yang baru ane tau gan
Ternyata informasi yang selama ini ane tau masih kurang yaa
baru tau ane nice info

Quote:
ayam bertelur bkn krn prkimpoian tp karena pakan bener gk tu gan...?? emoticon-Ngakak
wow
thx for share, bro
ane jd paham skrg
dan satu lagi faktanya telor itu enak gan emoticon-Big Grin
nais trit gan emoticon-Cool
Klo ayam sring dikasi mkan kacang ntar jd kacang telur..
Bandrek + Telur ayam kampung enak nih apalagi musim hujan kek sekarang... emoticon-Big Grin emoticon-Big Grin
Telor Goreng emoticon-Kiss emoticon-Kiss
thx infonyaemoticon-Cendol (S)
paporit ane nih apapun makanannya yang pentig harus ada olahan telur ayam nyam nyam emoticon-Ngakak
ane suka banget telur ayam gan,di apain aja asal jngan di rebus aja emoticon-Big Grin
kalo lagi
lapar
makan pake telor lebih "nendang" alias kenyang gan... emoticon-Big Grin
pagi ceplok..siang dadar..malam rebus emoticon-Matabelo
mana mau cerdas emoticon-Hammer2...balada kost emoticon-I Love Kaskus (S)
Diubah oleh nietche1
emoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Upemoticon-Sundul Up


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di