- Beranda
- Komunitas
- Surat Pembaca
hati hati belanja di indomaret di pekanbaru. kembalian yang dikasih sering ga sesuai
TS
imprfct
hati hati belanja di indomaret di pekanbaru. kembalian yang dikasih sering ga sesuai
UPDATE
maaf buat agan agan semua, ane baru hari ini bisa online lagi. harap maklum ya gan, kemaren ane lagi minggu ujian
alhamdulillah sekali, ane udah dapet tanggepan dari indomaretnya sendiri melalui agan sidomar
buat agan agan yang ada disini
berikut tanggapan indomaret terhadap kejadian yang ane dan agan agan semua alami
iya gan, permintaan maafnya ane terima. ane cuma mewakili beberapa kaskuser dan beberapa orang lainnya yang mungkin, belum berkesempatan untuk mengeluarkan keluh kesahnya seperti ane. iya gan, mohon ditindak kasir kasir atau pegawai yang nakal, agar kejadian seperti ini ga akan terulang lagi
dan ini juga ada beberapa tambahan dari agan TheLostSoul
ada juga tambahan dari agan eterland, yang mungkin baik untuk diperhatikan dan mungkin ditanggapi oleh indomaret secara langsung, agar tidak terjadi kesalahpahaman
tanggapan dari agan TheLostSoul
melalui ini, indomaret udah melakukan langkah awal untuk memperbaiki diri, agar kedepannya bisa jauh lebih baik lagi. ane percaya bahwa indomaret memang punya niat baik untuk memperbaiki ini, sesuai dengan yang udah ane bilang di post ane:
maaf buat agan agan semua, ane baru hari ini bisa online lagi. harap maklum ya gan, kemaren ane lagi minggu ujian
alhamdulillah sekali, ane udah dapet tanggepan dari indomaretnya sendiri melalui agan sidomar
buat agan agan yang ada disini
Spoiler for agan agan:
Quote:
Original Posted By avanoe►Ane pernah gan kek gitu. Ga dikasih struk jg. Lagi buru2 lsg ane tinggal. Bingung aja harga nya ga bulet tapi kembalian nya ga ada recehnya
Quote:
Original Posted By kahung►
Siapa bilang susah? Di bank ada kok. Emang mini marketnya mau kalau ada barang harga 4.400 terus kita kasi 4.000 sambil bilang 'mas saya bayar 4.000 aja yaaa soalnya uang ratusan ga ada nih'. Terlepas benar atau tidaknya isi trit ini, faktanya memang ada dan sering kejadian seperti itu. Kalau menurut ane hal2 seperti ini sudah terstruktur dan memang disengaja oleh oknum2 itu. Masa jualan hari2 ga ada manajemen minimarketnya yg mikir sediain recehan buat kembalian. Kembalian itu sebenarnya udah disiapin oleh pihak manajemen atau pengelola. Cuma memang kembalian yg kecil2an itu sengaja ga dikasi oleh oknum untuk dikumpulin dan pada akhir bulan dibagi2kan ke mereka sesama oknum kasir sebagai pendapatan diluar gaji pokok yg jumlahnya dibawah gaji yg layak. Kalau ga kaya gitu, mereka ga punya pendapatan sampingan. Jadi sebaiknya kita jangan tergiring ke alasan2 yg tidak masuk akal. Menurut ane sih gitu. Kenyataannya bisa saja berbeda.
Kata kunci yang biasanya dipakai adalah:
- kalau tidak punya uang ya jangan belanja
Dan biar adil
- kalau tidak punya kembalian ya jangan jualan
Siapa bilang susah? Di bank ada kok. Emang mini marketnya mau kalau ada barang harga 4.400 terus kita kasi 4.000 sambil bilang 'mas saya bayar 4.000 aja yaaa soalnya uang ratusan ga ada nih'. Terlepas benar atau tidaknya isi trit ini, faktanya memang ada dan sering kejadian seperti itu. Kalau menurut ane hal2 seperti ini sudah terstruktur dan memang disengaja oleh oknum2 itu. Masa jualan hari2 ga ada manajemen minimarketnya yg mikir sediain recehan buat kembalian. Kembalian itu sebenarnya udah disiapin oleh pihak manajemen atau pengelola. Cuma memang kembalian yg kecil2an itu sengaja ga dikasi oleh oknum untuk dikumpulin dan pada akhir bulan dibagi2kan ke mereka sesama oknum kasir sebagai pendapatan diluar gaji pokok yg jumlahnya dibawah gaji yg layak. Kalau ga kaya gitu, mereka ga punya pendapatan sampingan. Jadi sebaiknya kita jangan tergiring ke alasan2 yg tidak masuk akal. Menurut ane sih gitu. Kenyataannya bisa saja berbeda.
Kata kunci yang biasanya dipakai adalah:
- kalau tidak punya uang ya jangan belanja
Dan biar adil
- kalau tidak punya kembalian ya jangan jualan
Quote:
Original Posted By the.richest► Sdh Modus Dr Sananya , Di Tmpt Saya Dr Sekitaran Bln Juli s/d Desember 1
2014 , Terjadi Ekspansi Retail Bsr2an ,... Dr Sebelum Juli 2014 = Gak Ada Satupun Retail : Alfamart / Indomaret ,.. Mjd Total 10 Gerai Retail Menjelang Tutup Tahun (5 Alfamart + 5 Indomaret).
Barusan Beli Teh Btl Sosro Less Sugar 500 ml (@6500) , Beli 2 Gratis 1 Di Indomaret ,... Dimodusin Sama Pegawai Indomaretnya :
1.Harga Yg Tertera Di Refrigratornya @ 6500 , Sampe Di Kasir Bw 3 Btl (1 nya Gratis) , Byr Pake Uang 1 Lbr 10 Ribu + 2 Lbr 2 Ribu , Cuman Dikasih Kembalian 500 , Lgsng Protes ,.. Br Pura2 Sibuk Buka Byk Laci Di Meja Kasirnya , Buat Cari2 Uang Pecahan 500 (1 Keping Lg) , Pdhl uang Kertas Pecahan 1000 nya Byk Stock Di Lacinya.
Modus Lain : Kembalian Receh Sering Dikurangin (Misal Kembalian 800 Perak , Cuman Dikasih 500 , Lantas Ngomong Dgn Setgh Maksa : Uang 300nya Di Sumbangin Pak. (Pdhl Masuk Kantong Dia) = Paling Sering Yg Model Begini Di Alfamart Tmpt Saya.
Klu Soal Struk Belanja Gak Dikasih , Saya Jg Sering Ngalamin , Baik Di Indomaret Maupun Alfamart , Tp Saya Gak Terlalu Permasalahin , Krn Saya Lgsng Liat Harga Brg Di Raknya , Begitu Sampe Di Kasir ,... Lgsng Saya Kalkulasikan Sendiri Di Dlm Otak.
POKOKNYA Modus Yg Plng Sering : Kembalian Receh Dikurangin 100 s/d 400 Perak , Begitu Di TAGIH Br Salting (Salah Tingkah Plus Pura2 Gak Tahu / Pura2 Bloon) / Lgsng Ditanyain 1/2 Maksa : Uang 300 Nya Di Sumbangin , Ya Pak ?
Oh Ya 1 Lg : Gak Di Alfamart Gak Di Indomaret , Begitu Sampe Di Kasir Buat Byr Brg BelanjAan , Sering Ditawarin Utk Sekalian ISi Pulsa = Freak.
Klu Soal Dia Gak Punya Uang Receh 100 , 200 , 500 Di Tmpt Saya = Bull Shiit , Saya Sering Ngeliat Pegawainya (Baik Indomaret / Alfamart) Lg Ngitung Uang Pecahan 100 , 200 , 500 Dlm Byk Kantong Plastik Putih , Yg Di Setor Orang.
2014 , Terjadi Ekspansi Retail Bsr2an ,... Dr Sebelum Juli 2014 = Gak Ada Satupun Retail : Alfamart / Indomaret ,.. Mjd Total 10 Gerai Retail Menjelang Tutup Tahun (5 Alfamart + 5 Indomaret).
Barusan Beli Teh Btl Sosro Less Sugar 500 ml (@6500) , Beli 2 Gratis 1 Di Indomaret ,... Dimodusin Sama Pegawai Indomaretnya :
1.Harga Yg Tertera Di Refrigratornya @ 6500 , Sampe Di Kasir Bw 3 Btl (1 nya Gratis) , Byr Pake Uang 1 Lbr 10 Ribu + 2 Lbr 2 Ribu , Cuman Dikasih Kembalian 500 , Lgsng Protes ,.. Br Pura2 Sibuk Buka Byk Laci Di Meja Kasirnya , Buat Cari2 Uang Pecahan 500 (1 Keping Lg) , Pdhl uang Kertas Pecahan 1000 nya Byk Stock Di Lacinya.
Modus Lain : Kembalian Receh Sering Dikurangin (Misal Kembalian 800 Perak , Cuman Dikasih 500 , Lantas Ngomong Dgn Setgh Maksa : Uang 300nya Di Sumbangin Pak. (Pdhl Masuk Kantong Dia) = Paling Sering Yg Model Begini Di Alfamart Tmpt Saya.
Klu Soal Struk Belanja Gak Dikasih , Saya Jg Sering Ngalamin , Baik Di Indomaret Maupun Alfamart , Tp Saya Gak Terlalu Permasalahin , Krn Saya Lgsng Liat Harga Brg Di Raknya , Begitu Sampe Di Kasir ,... Lgsng Saya Kalkulasikan Sendiri Di Dlm Otak.
POKOKNYA Modus Yg Plng Sering : Kembalian Receh Dikurangin 100 s/d 400 Perak , Begitu Di TAGIH Br Salting (Salah Tingkah Plus Pura2 Gak Tahu / Pura2 Bloon) / Lgsng Ditanyain 1/2 Maksa : Uang 300 Nya Di Sumbangin , Ya Pak ?
Oh Ya 1 Lg : Gak Di Alfamart Gak Di Indomaret , Begitu Sampe Di Kasir Buat Byr Brg BelanjAan , Sering Ditawarin Utk Sekalian ISi Pulsa = Freak.
Klu Soal Dia Gak Punya Uang Receh 100 , 200 , 500 Di Tmpt Saya = Bull Shiit , Saya Sering Ngeliat Pegawainya (Baik Indomaret / Alfamart) Lg Ngitung Uang Pecahan 100 , 200 , 500 Dlm Byk Kantong Plastik Putih , Yg Di Setor Orang.
berikut tanggapan indomaret terhadap kejadian yang ane dan agan agan semua alami
Quote:
Original Posted By sidomar►
Dear agan imprfct,
Menanggapi komplain Anda, kami minta maaf atas masalah kembalian dan tindakan kasir kami yang tidak sesuai prosedur.
Kasir wajib mengembalikan uang kembalian sesuai dengan nilai transaksi belanja. Meski jumlah uang receh yang beredar terbatas dan sulit diperoleh, kasir tetap tidak dibolehkan mengurangi nilai uang kembalian.
Sekedar informasi, kami saat ini mengadakan Program Kemanusiaan bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia yang berlangsung 1 September hingga 31 Desember 2014, ditujukan untuk membantu penderita kanker di Indonesia. Melalui program ini pelanggan Indomaret diajak mendonasikan uang receh dari kembalian. Benar seperti yang agan sampaikan bahwa sifatnya suka rela. Kasir harus menawarkan dulu dan apabila disetujui baru oleh konsumen, baru kemudian kasir menstruk nilai sumbangan konsumen. Nilai sumbangan yang sudah dicetak ke dalam struk tentu sudah tersimpan ke dalam sistem kami dan tercatat sebagai sumbangan.
Sebelumnya Indomaret pernah bekerja sama dengan UNICEF, PMI, dan menggalang donasi konsumen untuk korban bencana alam tahun 2014 (erupsi Gunung Sinabung dan Kelud, banjir di Manado).
Kasir yang tidak menjalankan prosedur ini akan diperingatkan dan dibina kembali dalam bertugas.
Bila berkenan mohon nama, alamat, dan nomor telepon agan ke email kami kontak@indomaret.co.id , kasir hendak minta maaf dan mengembalikan kekurangan kembalian.
Terima kasih atas informasi, kritik, dan saran yang membangun. Silakan kirimkan pertanyaan dan keluhan agan-agan terkait Indomaret ke:
Email: kontak@indomaret.co.id
SMS: 0816500580
Call Center: 1500580 ( 021 1500580 melalui handphone)
Dear agan imprfct,
Menanggapi komplain Anda, kami minta maaf atas masalah kembalian dan tindakan kasir kami yang tidak sesuai prosedur.
Kasir wajib mengembalikan uang kembalian sesuai dengan nilai transaksi belanja. Meski jumlah uang receh yang beredar terbatas dan sulit diperoleh, kasir tetap tidak dibolehkan mengurangi nilai uang kembalian.
Sekedar informasi, kami saat ini mengadakan Program Kemanusiaan bekerja sama dengan Yayasan Kanker Indonesia yang berlangsung 1 September hingga 31 Desember 2014, ditujukan untuk membantu penderita kanker di Indonesia. Melalui program ini pelanggan Indomaret diajak mendonasikan uang receh dari kembalian. Benar seperti yang agan sampaikan bahwa sifatnya suka rela. Kasir harus menawarkan dulu dan apabila disetujui baru oleh konsumen, baru kemudian kasir menstruk nilai sumbangan konsumen. Nilai sumbangan yang sudah dicetak ke dalam struk tentu sudah tersimpan ke dalam sistem kami dan tercatat sebagai sumbangan.
Sebelumnya Indomaret pernah bekerja sama dengan UNICEF, PMI, dan menggalang donasi konsumen untuk korban bencana alam tahun 2014 (erupsi Gunung Sinabung dan Kelud, banjir di Manado).
Kasir yang tidak menjalankan prosedur ini akan diperingatkan dan dibina kembali dalam bertugas.
Bila berkenan mohon nama, alamat, dan nomor telepon agan ke email kami kontak@indomaret.co.id , kasir hendak minta maaf dan mengembalikan kekurangan kembalian.
Terima kasih atas informasi, kritik, dan saran yang membangun. Silakan kirimkan pertanyaan dan keluhan agan-agan terkait Indomaret ke:
Email: kontak@indomaret.co.id
SMS: 0816500580
Call Center: 1500580 ( 021 1500580 melalui handphone)
iya gan, permintaan maafnya ane terima. ane cuma mewakili beberapa kaskuser dan beberapa orang lainnya yang mungkin, belum berkesempatan untuk mengeluarkan keluh kesahnya seperti ane. iya gan, mohon ditindak kasir kasir atau pegawai yang nakal, agar kejadian seperti ini ga akan terulang lagi
dan ini juga ada beberapa tambahan dari agan TheLostSoul
Quote:
Original Posted By TheLostSoul►
Selamat Indomaret. Ini contoh Customer Service yang benar. Menjawab dengan sopan, menawarkan solusi tepat tanpa menyudutkan siapa pun juga, dan menjawab nggak seperti robot yang otomatis jawabannya tetapi sesuai dengan tiap kasus yang dihadapi.
Perusahaan kalau mau maju harus bisa begini, nggak antipati menghadapi keluhan pelanggan tapi berusaha menejelaskan dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan yang dibutuhkan pelanggan.
Sekarang tinggal pelaksanaan di lapangan, benar-benar harus ada perbaikan supaya pekerjaan tim CS nggak sia-sia dalam menenangkan pelanggan.
Selamat Indomaret. Ini contoh Customer Service yang benar. Menjawab dengan sopan, menawarkan solusi tepat tanpa menyudutkan siapa pun juga, dan menjawab nggak seperti robot yang otomatis jawabannya tetapi sesuai dengan tiap kasus yang dihadapi.
Perusahaan kalau mau maju harus bisa begini, nggak antipati menghadapi keluhan pelanggan tapi berusaha menejelaskan dengan bahasa yang sopan dan sesuai dengan yang dibutuhkan pelanggan.
Sekarang tinggal pelaksanaan di lapangan, benar-benar harus ada perbaikan supaya pekerjaan tim CS nggak sia-sia dalam menenangkan pelanggan.
ada juga tambahan dari agan eterland, yang mungkin baik untuk diperhatikan dan mungkin ditanggapi oleh indomaret secara langsung, agar tidak terjadi kesalahpahaman
Spoiler for tambahan2:
Quote:
Original Posted By eterland►
tapi dalam laporannya akan dimasukkan sebagai CSR atau tidak?
sudah banyak modus buat cari dana CSR dari konsumen. Salah satunya donasi.
Jadi pas acara bilangnya dari CSR si PT A padahal dana konsumen.
Apalagi dalam UU ada tentang CSR
tapi dalam laporannya akan dimasukkan sebagai CSR atau tidak?
sudah banyak modus buat cari dana CSR dari konsumen. Salah satunya donasi.
Jadi pas acara bilangnya dari CSR si PT A padahal dana konsumen.
Apalagi dalam UU ada tentang CSR
tanggapan dari agan TheLostSoul
Quote:
Original Posted By TheLostSoul►
4 kali post gan
Kalau kejadian yang di Pekanbaru itu kayaknya uangnya nggak masuk ke rekening cari dana. Kalau resmi cari dana seharusnya tertulis di dalam struk berapa uang yang masuk ke dalam rekening penggalangan dana dana. Jadi kasus TS murni kenakalan petugas indomaret-nya.
Sebaiknya Indomaret melakukan publikasi kalau ada program penggalangan dana, menginformasikan kalau dana yang masuk akan terncantum di struk, plus publikasi penyaluran dana secara resmi setelah periode penggalangan dana berakhir, jadi konsumen bisa lihat bahwa uang yang didonasikan benar-benar dialirkan ke yang membutuhkan. Kita cenderung malas donasi karena biasanya uangnya nggak jelas kemana mengalirnya.
4 kali post gan
Kalau kejadian yang di Pekanbaru itu kayaknya uangnya nggak masuk ke rekening cari dana. Kalau resmi cari dana seharusnya tertulis di dalam struk berapa uang yang masuk ke dalam rekening penggalangan dana dana. Jadi kasus TS murni kenakalan petugas indomaret-nya.
Sebaiknya Indomaret melakukan publikasi kalau ada program penggalangan dana, menginformasikan kalau dana yang masuk akan terncantum di struk, plus publikasi penyaluran dana secara resmi setelah periode penggalangan dana berakhir, jadi konsumen bisa lihat bahwa uang yang didonasikan benar-benar dialirkan ke yang membutuhkan. Kita cenderung malas donasi karena biasanya uangnya nggak jelas kemana mengalirnya.
melalui ini, indomaret udah melakukan langkah awal untuk memperbaiki diri, agar kedepannya bisa jauh lebih baik lagi. ane percaya bahwa indomaret memang punya niat baik untuk memperbaiki ini, sesuai dengan yang udah ane bilang di post ane:
Quote:
ane percaya kok, indomaret punya niat untuk memperbaiki hal ini
last, ada tips dari agan daikitsu
Quote:
hehehe mantap juga ini gan
sekali lagi, terimakasih indomaret atas tanggapannya, semoga ini merupakan langkah awal yang baik buat indomaret agar hal seperti ini tidak terjadi lagi
====================================================================================
====================================================================================
====================================================================================
====================================================================================
buat agan agan yang baru mampir, dan belum tau ceritanya, silahkan dibaca dulu ya gan
Spoiler for cerita:
assalamualaikum gan. selamat siang. semoga harinya menyenangkan
ane mau berbagi sedikit pengalaman ane belanja di salah satu mini market yang terkenal di indonesia. dimana? di indomaret gan
jadi tadi siang, ane mau beli beberapa barang yang ane butuhin. dan ane mutusin buat beli di indomaret plus jalan sudirman. oiya, ane tinggal di pekanbaru gan. udah selesai milih barang, langsung ane ngantri di kasir buat bayar belanjaan ane. pas bayar, kasirnya bilang ke ane "totalnya 13.400 ya mas". ya udah ane kasih uang pecahan 50.000. udah itu, seperti yang seharusnya dilakukan, kasirnya ngasih kembalian ke ane. pertamanya uangnya mau langsung ane masukkin ke dompet, eh tapi akhirnya iseng iseng ane cek dulu
btw yang ane itemin itu nama kasirnya ya
dan ternyata, uang yang dikembaliin cuma Rp 36.000,-
langsung ane balik lagi ke kasir buat nanyain ke mbak kasirnya tentang kembalian ane yang kurang
ane yang udah males nunggu lama lama, males debat juga, langsung ngambil uang yg mbak kasir itu sodorin ke ane, tanpa ngomong sedikitpun (udah kesel juga anenya gan)
keluar dari indomaret, langsung ane foto struk belanja sama kembalian yg mbak kasir indomaret plus sudirman kasih ke ane. ane sendiri gatau foto itu bisa dijadiin bukti otentik ato ngga
saking penasarannya ane, ane coba pergi ke indomaret yang lain. penasaran kalo indomaret yang lain jujur apa ngga. indomaret selanjutnya yang ane datengin adalah indomaret di jalan lumba lumba
sampe disana, ane langsung masuk dan beli sesuatu yang harganya ga bulet (pasti ada kembalian recehannya). langsung ane ke kasir buat bayar. sampe di kasir, mas kasirnya bilang ke ane "harganya 9.900 bang". udah itu ane kasih uang pecahan 10.000. dan ternyata mas kasir indomaretnya bilang gini ke ane
dengan entengnya mas kasirnya bilang gini ke ane
terus ane tanggepin gini
udah abis itu ane langsung keluar, terus pulang ke rumah
ane cuma mau bilang gini ke agan agan semua. okelah yang ga dikembaliin sama mereka cuma 100, 200, 600 dst. tapi coba agan pikir, dalam sehari, pelanggan indomaret udah berapa. anggap ada 100 pelanggan. semuanya uang recehannya ga dikembaliin. anggap aja yg ga dikembaliin itu cuma 100 rupiah. 100x100 udah 10.000, itu sehari, sebulan udah 300.000, setaun udah 3.600.000,- dan itu baru dari satu indomaret. bayangin ada berapa banyak indomaret yang ada di pekanbaru. jadi mulai sekarang, hati hati kalo belanja di indomaret gan. kembaliannya dicek lagi, udah sama sama struk belanja ato belum. kalo belum, jangan segan buat balik lagi nanyain ke kasirnya. itu uang agan kok, hak agan. bukan hak indomaret ato kasir indomaret.
dan buat indomaret, ane cuma mau bilang gini. udah ratusan ribu, bahkan jutaan masyarakat percaya sama indomaret, dan mau belanja di indomaret. jangan kecewakan kepercayaan yang udah kami berikan ke indomaret. lagian, suatu hal yang tidak logis kalo minimarket sebesar indomaret ga menyediakan uang receh atau kehabisan uang receh. warung di depan rumah ane aja selalu ngembaliin recehan kok
kalo seandainya indomaret lagi punya program tertentu, seperti "peduli kanker, ato yang waktu itu kerjasama sama yayasan kick andy", bakal lebih enak kalo sebelum ngambil sumbangan, indomaretnya bilang "mas, mbak kami ada program a, b, c dst, maukah mas/mbak mendonasikan uang untuk program ini?"mau ngasih ato ga ngasih itu kan hak pelanggan
atau kalo seandainya indomaret lagi butuh sokongan dana dari masyarakat, bilang aja gini "mas, mbak, kami punya program koin peduli indomaret, ini buat kemajuan indomaret mas, mbak biar mas/mbak lebih nyaman belanja disini. jadi mulai sekarang, kami tidak menyediakan uang recehan lagi". mungkin kalo indomaret mau jujur kayak gini banyak masyarakat yang mau dengan sukarela memberikan recehannya buat indomaret.
satu lagi, lebih selektiflah dalam memilih pegawai dan mengawasi sistem (soalnya indomaret sistemnya franchise gitu kan). biar kedepannya, kalo seandainya ini memang bukan "inisiatif" dari indomaret, melainkan "inisiatif" pegawainya, hal hal seperti ini bisa dihindari. soalnya hal seperti ini sudah saya alami berkali kali (cuma baru sekarang aja, gara gara pengalaman buruk ini kejadian lagi, baru saya post disini)
ane percaya kok, indomaret punya niat untuk memperbaiki hal ini
sekali lagi ane mau bilang, foto yang ane sertakan di post ini belum tentu bisa dianggap sebagai bukti otentik yang menunjukkan bahwa cerita ane ga palsu. jadi kalo seandainya ini ga masuk kriteria yang bisa dijadiin bukti, langsung aja hapus post ane ini ya min, mod
makasih buat agan agan semua yang udah ngeluangin waktunya buat baca post ane ini
ane mau berbagi sedikit pengalaman ane belanja di salah satu mini market yang terkenal di indonesia. dimana? di indomaret gan
jadi tadi siang, ane mau beli beberapa barang yang ane butuhin. dan ane mutusin buat beli di indomaret plus jalan sudirman. oiya, ane tinggal di pekanbaru gan. udah selesai milih barang, langsung ane ngantri di kasir buat bayar belanjaan ane. pas bayar, kasirnya bilang ke ane "totalnya 13.400 ya mas". ya udah ane kasih uang pecahan 50.000. udah itu, seperti yang seharusnya dilakukan, kasirnya ngasih kembalian ke ane. pertamanya uangnya mau langsung ane masukkin ke dompet, eh tapi akhirnya iseng iseng ane cek dulu
Quote:
Spoiler for ternyata eh ternyata:
btw yang ane itemin itu nama kasirnya ya
dan ternyata, uang yang dikembaliin cuma Rp 36.000,-
Quote:
Spoiler for ternyata eh ternyata2:
langsung ane balik lagi ke kasir buat nanyain ke mbak kasirnya tentang kembalian ane yang kurang
Quote:
ane: mbak, 600 nya mana ya?
(ada yang aneh disini, si mbak kasirnya langsung kebingungan celingak celinguk ga jelas, seakan akan udah tau kalo 600 nya itu emang ga dia kasih)
mbak kasir: oh iya, bentar ya mas (sambil bingung ga jelas, terus nanya ke kasir sebelahnya yang cowok, ga jelas nanya apa)
ga berapa lama mbak kasirnya ngomong gini ke ane
mbak kasir: mas, 500 aja ya kembaliannya. 100nya gaada (sambil langsung nyodorin uang receh 200 2 keping sama 100 1 keping)
(ada yang aneh disini, si mbak kasirnya langsung kebingungan celingak celinguk ga jelas, seakan akan udah tau kalo 600 nya itu emang ga dia kasih)
mbak kasir: oh iya, bentar ya mas (sambil bingung ga jelas, terus nanya ke kasir sebelahnya yang cowok, ga jelas nanya apa)
ga berapa lama mbak kasirnya ngomong gini ke ane
mbak kasir: mas, 500 aja ya kembaliannya. 100nya gaada (sambil langsung nyodorin uang receh 200 2 keping sama 100 1 keping)
ane yang udah males nunggu lama lama, males debat juga, langsung ngambil uang yg mbak kasir itu sodorin ke ane, tanpa ngomong sedikitpun (udah kesel juga anenya gan)
keluar dari indomaret, langsung ane foto struk belanja sama kembalian yg mbak kasir indomaret plus sudirman kasih ke ane. ane sendiri gatau foto itu bisa dijadiin bukti otentik ato ngga
saking penasarannya ane, ane coba pergi ke indomaret yang lain. penasaran kalo indomaret yang lain jujur apa ngga. indomaret selanjutnya yang ane datengin adalah indomaret di jalan lumba lumba
sampe disana, ane langsung masuk dan beli sesuatu yang harganya ga bulet (pasti ada kembalian recehannya). langsung ane ke kasir buat bayar. sampe di kasir, mas kasirnya bilang ke ane "harganya 9.900 bang". udah itu ane kasih uang pecahan 10.000. dan ternyata mas kasir indomaretnya bilang gini ke ane
Quote:
mas kasir: ada uang pas bang? kami ga punya uang receh
ane: ada mas, tunggu bentar ya
ane kasih deh 900 nya. terus karena ane penasaran dan udah kesel juga, ane ngomong gini ke mas kasirnya
ane: mas, saya mau nanya. kalo seandainya tadi saya ga punya uang 900 gimana mas? 100 saya ga dikembaliin dong?
ane: ada mas, tunggu bentar ya
ane kasih deh 900 nya. terus karena ane penasaran dan udah kesel juga, ane ngomong gini ke mas kasirnya
ane: mas, saya mau nanya. kalo seandainya tadi saya ga punya uang 900 gimana mas? 100 saya ga dikembaliin dong?
dengan entengnya mas kasirnya bilang gini ke ane
Quote:
mas kasir: iya bang, kami ga punya uang receh soalnya
terus ane tanggepin gini
Quote:
ane: oh gitu mas. soalnya tadi saya abis dari indomaret juga. dan recehnya ga dikembaliin sama kasirnya. tapi kalo disini ya saya apresiasi lah. udah mau jujur ke pelanggan kalo ga punya uang receh. yang disana tadi (indomaret sudirman) main langsung ambil aja mas. ya kalo lagi ada program donasi ato program lain, asal bilang dulu ke pelanggan, ya gapapa mas. ini main langsung ambil aja. parah ya mas indomaret
mas kasir: hmm hmm hmm iya mas
mas kasir: hmm hmm hmm iya mas
Quote:
Spoiler for ternyata eh ternyata3:
udah abis itu ane langsung keluar, terus pulang ke rumah
ane cuma mau bilang gini ke agan agan semua. okelah yang ga dikembaliin sama mereka cuma 100, 200, 600 dst. tapi coba agan pikir, dalam sehari, pelanggan indomaret udah berapa. anggap ada 100 pelanggan. semuanya uang recehannya ga dikembaliin. anggap aja yg ga dikembaliin itu cuma 100 rupiah. 100x100 udah 10.000, itu sehari, sebulan udah 300.000, setaun udah 3.600.000,- dan itu baru dari satu indomaret. bayangin ada berapa banyak indomaret yang ada di pekanbaru. jadi mulai sekarang, hati hati kalo belanja di indomaret gan. kembaliannya dicek lagi, udah sama sama struk belanja ato belum. kalo belum, jangan segan buat balik lagi nanyain ke kasirnya. itu uang agan kok, hak agan. bukan hak indomaret ato kasir indomaret.
dan buat indomaret, ane cuma mau bilang gini. udah ratusan ribu, bahkan jutaan masyarakat percaya sama indomaret, dan mau belanja di indomaret. jangan kecewakan kepercayaan yang udah kami berikan ke indomaret. lagian, suatu hal yang tidak logis kalo minimarket sebesar indomaret ga menyediakan uang receh atau kehabisan uang receh. warung di depan rumah ane aja selalu ngembaliin recehan kok
kalo seandainya indomaret lagi punya program tertentu, seperti "peduli kanker, ato yang waktu itu kerjasama sama yayasan kick andy", bakal lebih enak kalo sebelum ngambil sumbangan, indomaretnya bilang "mas, mbak kami ada program a, b, c dst, maukah mas/mbak mendonasikan uang untuk program ini?"mau ngasih ato ga ngasih itu kan hak pelanggan
atau kalo seandainya indomaret lagi butuh sokongan dana dari masyarakat, bilang aja gini "mas, mbak, kami punya program koin peduli indomaret, ini buat kemajuan indomaret mas, mbak biar mas/mbak lebih nyaman belanja disini. jadi mulai sekarang, kami tidak menyediakan uang recehan lagi". mungkin kalo indomaret mau jujur kayak gini banyak masyarakat yang mau dengan sukarela memberikan recehannya buat indomaret.
satu lagi, lebih selektiflah dalam memilih pegawai dan mengawasi sistem (soalnya indomaret sistemnya franchise gitu kan). biar kedepannya, kalo seandainya ini memang bukan "inisiatif" dari indomaret, melainkan "inisiatif" pegawainya, hal hal seperti ini bisa dihindari. soalnya hal seperti ini sudah saya alami berkali kali (cuma baru sekarang aja, gara gara pengalaman buruk ini kejadian lagi, baru saya post disini)
ane percaya kok, indomaret punya niat untuk memperbaiki hal ini
sekali lagi ane mau bilang, foto yang ane sertakan di post ini belum tentu bisa dianggap sebagai bukti otentik yang menunjukkan bahwa cerita ane ga palsu. jadi kalo seandainya ini ga masuk kriteria yang bisa dijadiin bukti, langsung aja hapus post ane ini ya min, mod
makasih buat agan agan semua yang udah ngeluangin waktunya buat baca post ane ini
Diubah oleh imprfct 18-12-2014 19:15
0
17.5K
Kutip
21
Balasan
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan