alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
[Berita Pendidikan] Bu Susi jadi Contoh Pendidikan Non Sekolah
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548c11f8dc06bd82078b4567/berita-pendidikan-bu-susi-jadi-contoh-pendidikan-non-sekolah

[Berita Pendidikan] Bu Susi jadi Contoh Pendidikan Non Sekolah

Menteri Susi Dijadikan Contoh Bahwa Pendidikan Tak Hanya di Sekolah


Jakarta - Penerapan kurikulum pendidikan di Indonesia saat ini masih menuai pro dan kontra. Padahal menurut pengamat pendidikan Rhenald Kasali, kurikulum bukanlah kontributor utama dalam dunia pendidikan.

Rhenald mencontohkan, Menteri Susi yang diketahui hanya berijazah SMP, dapat begitu menonjol dengan gebrakan-gebrakan barunya dalam dunia perikanan dan kelautan. Perempuan nyentrik ini bahkan sebelumnya telah melalangbuana di dunia internasional dalam bisnis ekspor ikan.

"Menteri Susi adalah salah satu cerminan bahwa manusia bisa belajar di luar sekolah. Jadi kalau sekarang kita mengandalkan sekolah, seperti yang disebutkan, bahwa komponen kurikulum hanya 5 persen," tuturnya.

Rhenald mengatakan, banyak orang tua yang berpikir bahwa aspek kognitif sangat penting bagi anak. Sementara menurutnya, yang lebih utama adalah meta kognitif.

"Misalnya orang tua yang mengeleskan anaknya matematika. Dia kemudian paling pandai dalam berhitung di kelasnya. Tapi apakah itu jaminan dia bisa bersaing di dunia global setelah dewasa?" ujarnya.

Saat ini, metode yang diajarkan di sekolah-sekolah di Indonesia terlalu banyak menghafal. Padahal menurutnya yang paling penting adalah cara berpikir kritis.

"Pendidikan di zaman baru ini tidak mudah. Ini zaman ketidakpastian," kata pendiri lembaga Rumah Perubahan ini.

Untuk itu, butuh perjuangan besar agar bangsa kita bisa bersaing dalam kancah internasional. "Anak-anak kita harus dididik keluar dari zona nyaman," tutupnya.


detik dot com

Kabar gembira buat yang putus sekolah, IPK nasakom, dan kawan kawannya, ente sudah punya role model di depan mata, Bu Susi. Asal punya kemauan untuk capek, otak dipakek, nothing impossible untuk sukses. salam super duper emoticon-thumbsup
Diubah oleh: tole_90
Urutan Terlama
repret dulu.
Rhenald bukannya pakar ekonomi ya om?? kok geblek sih?? Mau ngikutin apa kata Bob Sadino?? Sekolah putus lalu banting setir langsung kerja??emoticon-Cape d...
sekolah itu penting utk pengembangan karakter yg menjadi harapan ortu dan pribadi si anak. Tapi membangun karaokter tdk harus disekolah, orang tua dan lingkungan juga turut menyumbang pembentukan karakter.
Sekolah gk sekolah hanya pilihan hidup aja, ada yg anggap penting ada yg anggap gk penting, toh tujuannya sama utk menjadi karakter yg sukses secara positif
Quote:


sepemikiran sama yg ini
sekolah menjadi wadah untuk pengembangan diri kita


Post ini telah di hapus oleh KomodoJogging
Btw, Rhenald Kasali sekolah apa kaga yah?
ya udak gak usah kuliah aja ,buang2 duit kan
mending dijaiin modal dagang emoticon-Ngakak
revolusi pendidikan lah, ironis loh kita sering menang olimpiade sains tp riset & teknologi seret
Quote:


ya kagak lah. maksudnya dia kan pendidikan tidak hanya di sekolah. contoh suksesnya adalah Bu Susi. IMO, untuk menjawab kekakuan pandangan masyarakat terhadap pendidikan bahwa pendidikan semata mata ditentukan di sekolah. PADAHAL NGGAK.

Contoh lainnya adalah Edison, Bill Gates, Steve Jobs, Syahrini (dia sarjana hukum, tapi kok jadi artis ya?? gak nyambung bidangnya) emoticon-Ngakak
yg sekolah kepinteran malah jadim koruptor emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
lulusan sd ada yg sukses
pengemis ada yg sukses
penjudi ada yg sukses
mucikari juga ada yg sukses
diktaktor juga ada yg sukses

smua juga ada role modelnya..

emoticon-Ngakakemoticon-Najisemoticon-Ngakak
Pendidikan penting tapi kerja keras juga nggak kalah penting
Quote:


Kl cara mengajar disekolah kita jelek gimana?

Terlalu banyak hapalan mematikan kreativitas otak

Menghapal yg bagus itu yg banyak visualisasi..sayang fasilitas sekolah standard indonesia jauh dr kata lengkap.akhirnya murid dicekokin hapalan huruf2 tanpa boleh membantah
Quote:


revolusi pendidikan? kayaknya masih mimpi di siang bolong, selama ortu sendiri mendukung anaknya curang supaya lulus UN, lulus PNS emoticon-Ngakak
Quote:


ambil yang baek baek aja, tatoannya Bu Susi gak perlu ditiru. kenapa sih yang suka ditiru yang jelek jeleknya doang? emoticon-Cape d... (S)
Quote:


asal ngerti teori cash flow aja, model bisnis, dsb. sering ke perpus daerah buat nyari ilmu dagang, baca majalah ekonomi, atau ikut seminar bisnis. bukannya diem bertelur di rumah. emoticon-Cape d... (S)

mereka yang udah sukses sukses mau gak mau pasti belajar gitu gitu juga lah walaupun gak sekolah ekonomi.
Diubah oleh tole_90
Bu susi jg role model of becoming an expat's spouse..
Quote:


kalo cara mengajar disekolah jelek, berarti tugas ortu yang ngajarin. kalo nggak bisa ngajarin, setidaknya memotivasi anaknya untuk jadi orang yang jujur.

soal fasilitas, tinggal seberapa kreatifnya kita aja. misal alat peraga anatomy, dibikin pakek bubur kertas plus cat air juga bisa (tugas biologi ane dulu). emoticon-Ngakak


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di