alexa-tracking

[Buat Panastak Pembela Kur 2006] M Nuh 'Buka-Bukaan' Evaluasi KTSP dan Kurikulum 2013

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/548a43dc92523367628b456f/buat-panastak-pembela-kur-2006-m-nuh-buka-bukaan-evaluasi-ktsp-dan-kurikulum-2013
[Buat Panastak Pembela Kur 2006] M Nuh 'Buka-Bukaan' Evaluasi KTSP dan Kurikulum 2013
REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Mantan menteri pendidikan dan kebudayaan (mendikbud), M Nuh membongkar evaluasi yang sudah dilakukan terhadap KTSP 2006. Ia membantah jika dalam perancangan kurikulum 2013 tanpa melakukan evaluasi terhadap KTSP 2006.
"Jadi, tidak benar kalau kita merancang Kurikulum 2013 tanpa melakukan evaluasi terhadap KTSP 2006, tapi sengaja kita rahasiakan untuk etika," kata Nuh di Surabaya, Kamis (11/12).
Menurut dia, hasil evaluasi mendasar KTSP 2006 adalah ketidaksesuaian dengan UU Sisdiknas, lalu evaluasi teknis terkait kesalahan materi, kesalahan ketrampilan, kesalahan metode dan sistem pembelajaran, dan kesalahan sistem penilaian.
"Kesalahan materi terkait kemampuan nalar dan analisa data yang lemah pada pelajar Indonesia sesuai hasil survei PISA dan TIMSS, karena itu kita benahi sistem hafalan menjadi sistem kreatif melalui tematik integratif," katanya.
Selain itu, materi sejarah untuk SMK tidak ada dalam KTSP 2006, materi budi pekerti dan karakter juga tidak ada, materi Bahasa Indonesia hanya dua jam pelajaran tapi Bahasa Inggris ada empat jam pelajaran, dan sebagainya.
Sementara itu, kesalahan dalam ketrampilan adalah menyederhanakan ketrampilan dengan prakarya, padahal ketrampilan itu juga menyangkut ketrampilan berpikir.
Ia menyarankan kepada Mendikbud Anies Baswedan untuk melakukan langkah bijak. Yakni melakukan evaluasi sesuai roadmap (bertahap), meningkatkan penguatan guru, dan hindari langkah mubazir untuk lembaga pendidikan yang sudah siap dan buku yang sudah tercetak.

Sumber : http://nasional.republika.co.id/beri...kurikulum-2013

TS : Untuk meperjelas aja alasan kur 2013 muncul.

pada dasarnya orang memang susah untuk berubah..................... emoticon-Ngacir
Ane salutnya waktu menjabat mereka tidak menyalah2kan karya pemerintah sebelumnya. Mereka menghargainya sampai tidak mau mengungkap keburukannya.

Beda dengan pemerintah sekarang.
Dicari2 kesalahannya, diungkap2 keburukannya. Sampai yang gak ada di ada2kan. (Ingat kasus mendagri yg bilang e-ktp servernya diluar negeri & dpalsukan sampai jutaan -ternyata hanya mengada2)
trus, kalo kurikulum 2013 dihapus, ngapain jg bekas mentri yg udah gak menjabat spt kebakaran jenggot ?? emoticon-Bingung (S)
KASKUS Ads
mna yg lebih baek aja lah, yg penting para pelajar kaga tawuran dan perkosa lagiemoticon-Ngakak
Emang gan, namanya kurikulum berganti itu selali diawali dengan evaluasi kurikulum lama. Sama seperti proses lahirnya kurikulum 2013,diawali dengan evaluasi KTSP.
Problem yang terjadi adalah akibat perubahan paradigma pendidikan di kurikulum 2013 yang memang di set menjadi student center mengakibatkan siswa menjadi lebih terbebani dan guru hanya berperan sebagai fasilitator. dampaknya dari sudut pandang siswa guru hanya memberi tugas sedangkan siswa yang nyari materi. Nah problem ini yang banyak dikritik oleh siswa dan orang tua siswa. Padahal maksud tujuan dari sistem ini, diharapkan siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran, dan melatih daya kreatif siswa sehingga siswa yang selama ini hanya sisi kognitif yang diasah menjadi terasah dalam sisi psikomotorik dan afektifnya. Selain itu dalam kurikulum ini juga dsisipi muatan karakter yang diharapkan dapat memperbaiki karakter siswa yang dirasa sudah mulai mengalami penurunan pada akhir-akhir ini.
Quote:


kemampuan menganalisa harus ditingkatkan daripada kemampuan menghapal, sampe2 gak kuat ngapal akhirnya bikin contekan pas ulangan.

[Buat Panastak Pembela Kur 2006] M Nuh 'Buka-Bukaan' Evaluasi KTSP dan Kurikulum 2013
image-url-apps
Tsnya sok sok an, dah kaya makan bangku sekolahan aja emoticon-Ngakak
evaluasi seharusnya adalah landasan berpikir dalam perubahan program. karena itu adalah hasil penelitian, dan ketika hasil penelitian itu tak pernah diungkapkan hanya atas dasar etika, maka wajar saja jika ditolak di forum-forum diskusi ilmiah.

btw, apa salahnya dengan waktu belajar bahasa inggris yang lebih banyak porsinya daripada bahasa indonesia? saya ga ngerti logikanya.
Quote:


kenapa harus di rahasiakan?
jelas disini ada pitak di balik kupluk....

kalo guru yg tik di ktsp 2006 jadi guru ekonom di k13 emoticon-Amazed
woiiii
barang rahasia jangan dibuka
nanti ga rahasia

mungkin saat ini nuh lagi nyusun evaluasinya
[Buat Panastak Pembela Kur 2006] M Nuh 'Buka-Bukaan' Evaluasi KTSP dan Kurikulum 2013 [Buat Panastak Pembela Kur 2006] M Nuh 'Buka-Bukaan' Evaluasi KTSP dan Kurikulum 2013
Wow tinggal tunggu 'Buka-Bukaan' tandingan dari pihak Anies Baswedan
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
VOG mana suaranya emoticon-Ngakak
image-url-apps
Quote:


setuju k13 ini diberi muatan pendidikan karakter
image-url-apps
Quote:


Dirahasiakan? Trus yg ppt pengembangan k13 dg menjabarkan kelemahan ktsp n trend pendidikan masa kini itu bukan dari kemendikbud? Padahal downloadnya di site.nya kemendikbud lho emoticon-Bingung (S)

Kalo cermat, ktsp sendiri aja aplikasinya belum tentu bener. Imo, bnyk komponen k13 yg seolah2 baru padahal dah ada di ktsp. Misal penilaian autentik, pendekatan sains inkuiri, dst. emoticon-Traveller
image-url-apps
K13 masih akan digunakan lagi gan... katanya cuma nunggu
1. buku dan fasilitas terdistribusi semua
2. semua pendidik terlatih dengan baik semua
3. reevaluasi dari ujicoba di beberapa sekolah
4. pendidik yang tua-tua dan gaptek pensiun dulu
5. nama baru untuk K13 karena 13 adalah angka sial... jadi K14
image-url-apps
Quote:


Itulah gan, klo menurut gw upaya di kurikulum 2013 sudah mengarah ke sana. Hanya saat transisi pasti ada gejolak, ada yg bs cepat adaptasi ada yg resisten itu wajar.
Sama halnya perubahan kurikulum 94 yg legendaris di ganti kurikulum baru jg sempat geger. Yg gw kritisi dr cara pak Anies (yg asumsi gw bakal kalem, terencana matang) beliau terburu2 memfaith accomply kebijakan lama yg pastinya sdh disiapkan jauh hari dan bahkan sdh silaksanakan, secara tiba2.
Lebih elok misalkan dia sampaikan dulu wacana evaluasi kur13 ke publik dan sdg dikaji apa layak atau tidak dgn keputusan tahun depan misalnya.

Ini yg saya sesalkan, kenapa para menteri selalu terburu2 dan minim prakondisi. emoticon-Bingung
Quote:


ngaconya.. emoticon-Embarrassment
Quote:

ini yg harus ditekankan

kemampuan menganalisa dan memecahkan masalah bukan kemampuan menghapal
kalo mo apal2an tinggal beli kamus sama buku2 rumus ... selesai masalah

dijamin yg apal2an gak akan banyak berguna di dunia nyata / kerja
yg dihargai tinggi adalah orang yg bisa mengatasi masalah bahkan kalo perlu bisa membuat inovasi baru yg kreatip dalam memecahkan problem2 yg ada
lah emang udah siap blom, kalo lom siap ngapain dipaksain. kasian ntar guru2 sama muridnya kalo lom siap
image-url-apps
Wajar lah gan, ni kan kabinet (kodok lumpat) kerja 3x. Ntar klw gak ada gebrakan yg wew ntar d blang gak kerjo. Welcome to pencitraan
×