KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Mengenal Ragam Corak Batik Tiap Propinsi di Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5482bd43128b46d87e8b4569/mengenal-ragam-corak-batik-tiap-propinsi-di-indonesia

Mengenal Ragam Corak Batik Tiap Propinsi di Indonesia

Mengenal Ragam Corak Batik Tiap Propinsi di Indonesia
Penampakan TS pake Batik Aceh motif Pintu Aceh emoticon-Cool
(Penampakan Pake Batik Papua menyusul ya)

Corak Batik dari seluruh Indonesia
Gunakan Tombol Shift X Untuk membuka semua Spoiler

Spoiler for Hot Thread Pertama Ane:

#HT 1 ANE GAN, TERIMA KASIH KASKUSER emoticon-Kiss (S)

  1. Aceh
    Quote:

  2. Sumatera Utara
    Quote:

  3. Sumatera Barat
    Di Padang, batiknya yang terkenal bernama batik tanah liek/tanah liat. Dinamakan demikian karena dalam proses pewarnaannya, batik ini dicelupkan ke dalam tanah liat. Namun, seiring dengan permintaan pasar, batik tanah liek ini tidak hanya berwarna cokelat saja. Batik ini pada akhirnya juga diwarnai menggunakan sumber-sumber pewarna alam lainnya. Sebut saja seperti kulit jengkol, kulit rambutan, gambir, kulit mahoni, dan lain-lain. Bahannya pun ada yang terbuat dari katun ataupun sutera. Motifnya juga bermacam-macam antara lain tumbuhan merambat atau akar berdaun, keluk daun pakis, pucuk rebung, dan lain-lain.
    Ini dia beberapa motif dari batik Tanah Liek:
    Spoiler for Beberapa Contoh Corak Batik Padang lainnya:

  4. Bengkulu
    Quote:

  5. Riau
    Quote:

  6. Kepulauan Riau
    Quote:

  7. Jambi
    Quote:

  8. Sumatera Selatan
    Quote:

  9. Lampung
    Quote:

  10. Kepulauan Bangka Belitung
  11. DKI Jakarta
    Quote:


  12. Jawa Barat
    Quote:

    Quote:

  13. Banten

Bersambung #2 gan
Diubah oleh danielldt
Halaman 1 dari 24
  1. Jawa Tengah
    Quote:

  2. Yogyakarta
    Quote:

  3. Jawa Timur
    Quote:

  4. Kalimantan Barat
  5. Kalimantan Tengah
  6. Kalimantan Selatan
  7. Kalimantan Timur
  8. Kalimantan Utara
    Quote:

  9. Bali
    Quote:

  10. Nusa Tenggara Barat
  11. Nusa Tenggara Timur
    Quote:


Bersambung #3 gan
Diubah oleh danielldt
  1. Sulawesi Barat
  2. Sulawesi Utara
  3. Sulawesi Tengah
  4. Sulawesi Selatan
  5. Sulawesi Tenggara
  6. Gorontalo
    Quote:

  7. Maluku
  8. Maluku Utara
    Quote:

  9. Papua Barat
  10. Papua
    Jangan salah, Papua juga memiliki batik dengan motif-motifnya yang khas dan banyak diminati lokal maupun mancanegara. Dibandingkan dengan corak batik dari daerah lainnya di Jawa, batik Papua memiliki perbedaan corak yang cukup mencolok. Batik dari daerah ini cenderung lebih gelap namun banyak memiliki motif yang terdiri dari gambaran patung.
    Batik di Papua selama ini yang paling terkenal adalah batik motif Asmat. Warnanya lebih cokelat dengan kolaborasi warna tanah dan terakota. Soal pemilihan motif batik Papua banyak menggunakan simbol-simbol keramat dan ukiran khas Papua. Cecak atau buaya adalah salah satunya,selain tentu lingkaran-lingkaran besar.Bahannya macam-macam disesuaikan dengan permintaan pasar.
    Spoiler for Beberapa Contoh Corak Batik Papua lainnya:

    Spoiler for Penampakan TS pakai Batik Papua motif Burung Cendrawasih:


Sumber: http://budaya-semasa.blogspot.com/ dan banyak sumber lainnya
Mengenal Ragam Corak Batik Tiap Propinsi di Indonesia
TERIMA KASIH BUAT YANG KASIH CENDOL emoticon-Kiss (S)

Quote:

Quote:

Quote:

emoticon-I Love Indonesia (S)KOMENTAR KASKUSERemoticon-I Love Indonesia (S)

Quote:

emoticon-KissWow Momod Forpol keren batiknya emoticon-Kiss
Quote:


nod yaz mampur juga nih emoticon-Kiss (S)
Quote:

Terima kasih om Police Enthut sudah mampir emoticon-Kiss (S)
Quote:

Terima kasih om Cinta Indonesiaku Enthusiast sdh mampir
Quote:

om aktivis reg. Kendari mampir nih
belum nemu batik sultra, adanya kain tenun batik
Quote:

Ehhh ada RekBer blackpanda
terima kasih sudah mampir gan
Quote:

Quote:

Quote:


Quote:


^
^
^ bulenya bikin emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh danielldt
hidup batik indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
ane juga suka pake baju batik gan emoticon-Embarrassment
oh yeah.. batik kota ane disebutin emoticon-Malu (S)
hidup batik pekalongan dan batik kota lainnya emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star
Quote:

idem gan, ane juga
Quote:


iya gan, makasih sudah bantu emoticon-Rate 5 Star

@all: sabar ya. lagi diupdate terus nih datanya
Quote:


kalo ente suka pake batik mengapa pake emot malu gan emoticon-Hammer
*sambil nunggu update'an emoticon-Embarrassment
kalau ane suka dari jawa aja, motif dn coraknya kalem emoticon-Cape deeehh
batik di tempat ane katanya juga punya corak sendiri emoticon-Malu
emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S) emoticon-Sundul Gan (S)
batik sudah diakui dunia sbg warisan budaya Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
jangan sampai diproduksi china mlulu emoticon-Sundul Gan (S)
batik dari negeri sendiri malah kalah pamor emoticon-Berduka (S)
duh malu nih
ane gak tau apa2 soal batik emoticon-Mewek
Quote:


tentu gan emoticon-Rate 5 Star
Quote:


soalnya makin ganteng kalo pake batik gan emoticon-Embarrassment
ngga, becanda doang emoticon-Ngakak (S)
Quote:


emoticon-Matabelo ente makin KECEbur kalo pake batik gan emoticon-Belo
Quote:


sial emoticon-Ngakak (S)
tapi ane demen pake batik, melestarikan budaya indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)
wih kalo di bikin kemeja kyknya boleh juga nih emoticon-Matabelo
Quote:


patut diapresiasi... emoticon-thumbsup
jangan lupa beli batik pekalongan yah, motifnya bagus-bagus kox emoticon-Embarrassment emoticon-Hammer
Quote:


diem diem ngiklan juga ente gan emoticon-Ngakak (S)
iya gan emoticon-Big Grin kalau ada uang
ane suka sama batik jawa gan, suka aja sama motifnya
ditunggu updatenya emoticon-I Love Kaskus (S)
Quote:

jam ini ngaskus spammernya gila-gilaan emoticon-Cape d... (S) jdi jgn dimasukkan ke hati slot iklan ane (ntar sakit) emoticon-Ngakak (S)
semoga rejeki ente lancar gan emoticon-Kiss (S)
Quote:

iya gan
Quote:

tempat ente di mana gan?
Quote:

setubuh gan
Quote:


trima kasih
Halaman 1 dari 24


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di