CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Hati-Hati Penggunaan kartu Debit
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54806b9f0e8b461b62000017/hati-hati-penggunaan-kartu-debit

Hati-Hati Penggunaan kartu Debit

Halo penghuni Kaskus! saya mau cerita aja hal yang mau dialami sama teman saya terkait kartu debitnya yang baru hilang. Oh iya saya baru pertama banget nih nge buat thread, jadi maaf-maaf ya kalo ada salah emoticon-Smilie

Jadi ini cerita nya ttg teman aku, yang dompetnya baru aja baru kecopetan. Kronologis nya gini, teman aku itu naik angkot sekitar sebelum jam 7 karena doi ada kuliah kan jam 7 nya. Suatu ketika, ada seorang pria yang masuk angkot tersebut dan langsung mepet teman aku tersebut padahal ada tempat lain yang rada kosong meskipun kondisi angkot saat itu cukup ramai. Singkat cerita, teman aku itu baru sadar dompetnya tersebut hilang sekitar jam 10 pagi. Langsung lah dia mendatangi bank B** untuk memblokir kartu debit yang ada di dompetnya. Setelah itu teman aku tersebut diminta di print buku tabungan nya, karena untuk mengetahui saldo yang ada. Alangkah kagetnya pas tau, ternyata saldo tabungan nya ilang lebih dari 10 JUTA kurang dari 3 jam!
Setelah ditelisik lebih lanjut, ternyata pencopet tersebut membelanjakannya dalam waktu kurang dari 2 jam, dan dibelanjakan +/- 5 juta di toko emas kurang lebih jam 10 pagi dan sisanya di beberapa minimarket In**maret di kawasan ciumbeleuit, cihampelas, dipatiukur dan gegerkalong.

Bagaimana copet tersebut bisa dengan mudahnya memakai debit tersebut dan membelanjakan uang di dalamnya itu, karena sekarang debit itu hanya butuh tanda tangan untuk transaksi nya. Tidak perlu pin lagi untuk menjaga kerahasiaan kartu debit tersebut. Hanya dibutuhkan tanda tangan, tidak peduli tanda tangannya sesuai dengan pemilik kartu debit tersebut atau bukan (Ini terjadi apabila kartu digesekkan di mesin yang tidak dikeluarkan bank tersebut, misal debit B** digesek di mesin bank M) So Simple!.

Jadi kalo agan-agan tipe orang yang sepikiran sama ane yang dulu, kalo kita gak mungkin bisa bertransaksi tanpa mengetahui pin kartu debit tersebut itu salah besar!. Kalo usul dari aku sih, mending simpen duit agan-agan di bank yang limit pengambilan/transaksi nya seminim mungkin, dan bawa aja kartu debit yang tabungan nya dikit. Memang sih ini terkesan 'jadul' banget, tapi beginilah kriminalitas di Indonesia jaman sekarang. Terima kasih kaskus! aku cuma mau share pengalaman teman aku dan mengingatkan agar kita selalu waspada.

nb: eh ternyata pas teman aku yg kecopetan cerita sama temannya yang lain (misal si x), ternyata si x ini mengalami hal yang sama loh! hampir kecopetan juga! Angkot yang sama dan jam yang sama, sekitar jam 7. Hal ini terjadi pas satu hari sebelum kejadian teman aku yang kecopetan ini. Hati-hati selalu jaga barang anda.
Thread sudah digembok
Sejak kapan transaksi Debit Card ga pake PIN ? Mungkin masuk ente Credit Card gan... Kalau CC emang ga butuh PIN. emoticon-Cendol (S)

lagian salah kamar X_X
Infonya yang jelas dong gan...itu bank BCA atau BII ? kalo BCA setau ane HARUS pake pin, kalau BII bisa enggak pake pin
Memang ada bbrapa bank ga pke PIN untuk debit yg berlogo VISA/MC, ane sendiri udh ngalamin kartu debit CI*B dan Mand*ri, awalnya agak ngeri juga ternyata bisa dipke tanpa PIN,dimesin EDC bank lain pula.. Spertinya ini maksud TS bukan BC* deh tapi BI*..

Mudah"an peraturan baru 2015 yang semua CC musti pke PIN utk transaksi lokal dapat terelasiasi demikian juga untuk debit.
Diubah oleh Andi1089
Kalau menurut ane sebaiknya teman ente segera urus surat kehilangan. Trus minta ama bank untuk di deteksi di mana kartu agan digunakan (biasanya bisa dideteksi detail lokasi toko tempat kartu itu dipakai), trus nanti bakalan ketahuan jam brapa tu kartu dipakai di toko itu. Trus dengan bantuan polisi pergi ke masng2 toko untuk melihat data cctvnya. Nah dari situ bisa dilihat di rekaman cctv di masing2 toko itu. Trus pasti ketahuan deh orangnya. Tapi dalam kasus ini sepertinya udah diketahui letak tokonya tapi kok tidak diusut tuntas sih?? Agan TS cuma ngarang ni pasti.

Nb: tritnya lebih cendrung ke arah hati2 pencopetan
Diubah oleh kahung
eh maaf kalo salah kamar, kan tajuk nya surat pembaca, cuma mau cerita dan berbagi pengalaman. Jadi ceritanya gini biar jelas yaa, teman aku bank nya BNI , nah si pelaku ini gesek kartu debit nya di tempat gesek nya yang bukan miliknya BNI (milik bank lain) nah, kasir nya itu gak akan secara teliti untuk menyamakan tanda tangan pemilik kartu dan yang bertransaksi. Jadi lah kartu debit nya banyak dikuras.
Quote:


Aku super gak ngarang kok! baru banget kejadiannya kemaren, udah di trace juga ke toko2 yang tertera di data banknya. Betul banget intinya, hati-hati pencopetan, dan selalu simpan call centre bank yg anda punya, untuk immediate blokir emoticon-Smilie
Diubah oleh nadichang
Kalo debit bank BNI tergantung EDC nya gan. Ane pernah beberapa kali debit BNI ada yg pake pin ada yg ttd. Ane dukung deh regulasi transaksi keuangan debit/credit pake pin

emoticon-I Love Indonesia
Quote:


Lah...terus hasilnya gimana?
Quote:


Nah masih diselidiki polisi nih, doakan aja ya cepat ketemu! emoticon-Smilie
Quote:
sejak lama gan. Bener kata ts Mesin EDC keluaran bank yg sama denga debit card transaksinya harus pake pin, kalau beda gak perlu pake pin, tinggal maen gesek aja..
Ane juga pernah gan, kalo gk salah beli bensin di shell..
Bayar pake debit mandiri cuma ttd aja gk pake pin emoticon-Big Grin
bisa memang, digesek di EDC yang berbeda.
Quote:

nah gitu dong yg jelas.
setau ane BCA Debit aja mesti pake PIN,mau dipake di semua store aja mesti dipakein PIN.
Makanya simpat duit di bank yg aman2 aja Gan.

Makum gan nubitol.. baru tau cc ama dc emoticon-Hammer (S)
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di