alexa-tracking

(Proyek 6 T) Program e-KTP Dihentikan, KPK: Kasus Jalan Terus

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545c055e902cfe55498b456b/proyek-6-t-program-e-ktp-dihentikan-kpk-kasus-jalan-terus
(Proyek 6 T) Program e-KTP Dihentikan, KPK: Kasus Jalan Terus
KPK tidak pada domain melarang dan menyetujui.
(Proyek 6 T) Program e-KTP Dihentikan, KPK: Kasus Jalan Terus

VIVAnews - Kementerian Dalam Negeri menghentikan program kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) untuk sementara waktu. Alasannya, karena program itu masih tersangkut proses hukum di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Juru Bicara KPK, Johan Budi mengungkapkan bahwa pihaknya tidak dalam posisi memberikan izin untuk menghentikan atau melanjutkan proyek tersebut. "KPK tidak pada domain melarang atau menyetujui," kata Johan di kantornya, Rabu, 5 November 2014.

Meski demikian, Johan memastikan bahwa kasus e-KTP tetap akan diusut oleh pihak KPK. Menurut dia, penyidikan kasus tersebut tidak terpengaruh oleh proyek tersebut diteruskan atau tidak.

"Kasus akan ditindaklanjuti KPK tidak terpengaruh proyek diteruskan atau tidak," ujar Johan.

Dalam rapat dengar pendapat umum dengan Dewan Perwakilan Daerah, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengungkapkan bahwa e-KTP akan dihentikan sementara. Program dihentikan sementara karena masih tersangkut proses hukum.

"Sekarang ini sudah diserahkan ke daerah prosesnya. Dengan sedang diproses hukum, ini kan sementara perlu ada penataan ulang. Ya kami pelan-pelan, hati-hati nggak mau nanti kena imbasan," kata Tjahjo, Rabu, 5 November 2014.

Tjahjo memastikan program e-KTP akan diteruskan bila penataan ulang telah selesai dilakukan. Alasan lainnya, kata dia, e-KTP sudah banyak beredar, tapi masih ada juga masyarakat yang belum mempunyai kartu elektronik itu.

"Sedang kita cek kembali kenapa di daerah kok berhenti, yang masalah itu apa. Apakah dananya? Apakah infrastrukturnya?" ucap dia.

Korupsi e-KTP

Seperti diketahui, KPK tengah menyidik kasus dugaan korupsi dalam proyek pengadaan e-KTP di Kemendagri. KPK telah menetapkan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) di Direktorat Jenderal (Dirjen) Pendudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Sugiharto sebagai tersangka korupsi pengadaan e-KTP.

Sugiharto diduga melakukan penyalahgunaan kewenangannya dalam proyek pengadaan e-KTP tahun anggaran 2011-2012 dengan nilai anggaran mencapai Rp6 triliun. Dari hasil penghitungan sementara, negara diduga dirugikan sekitar Rp1,12 triliun.


© VIVA.co.id
-
sumber: http://nasional.news.viva.co.id/news...us-jalan-terus
-
salah 1 kesalahan terbesar proyek ini adalah tidak adanya pengingat status request, programmer psti tw lah, udah nyampe mana.
hrsnya dr awal proyek ini dilengkapi SMS Gateway bwt ngasih tw ktp si anu dh jadi, bs diambil d sini, ok gk ada reminder gitu tp antusiasme petugas kelurahan pun minim bgt bwt blusukan nyampein hak warganya.
masak tiap ane k klurahan dititip pesan "eh tlg smpein k wrga dusun ABC ektpnya udh jadi, ambil d sini", ane lihat ektp ut msh betumpuk2 di keranjang emoticon-Cape d... (S) #ndapuk
KTP ku ndiiii emoticon-Frown
uda setaun gw idup tanpa KTP
kmana2 bikin surat domisili emoticon-Frown
proyek besar tp sistemnya murahan, gamawan adalah orang yg paling bertanggungjawab dlm kebobrokan sistem e-ktp, keliatan nya ini proyek kena mark up besar2an

KASKUS Ads
wah, Mendagri dulu mulai ketar ketir nih, takut dicokok KPK.
he..he..he.. banyak yang seneng dong kalo eKTP diberhentiin..

kan jadinya data kependudukan kita jadi enggak jelas lagi....

jadi sesuai kebutuhan aja, mo pemilu perlu pemilih yang banyak, tinggal edit. mo distribusi kartu bantuan ??? tinggal edit data emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

padahal program bagus, cuma pelaksanaannya ada kekurangan eh programnya diberhentikan. ada tikus dilumbung, bakar lumbungnya emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
image-url-apps
klo ga salah, proyek ini dihentikan atas permintaan tuan putri Puan... koq bisa2 dia intervensi?
Proyek kartu emang menggiurkan emoticon-Genit

E-ktp aja 6 T emoticon-Genit

Apalagi 3 kartu dewa emoticon-Genit

Kas bisa penuh tuh buat 10 th emoticon-Genit
image-url-apps

ditempat gue kok ga ada denger ya warga mencak2 karena ga dapat ektp, rata2 disini dapat, kalau pun ada kesalahan itu kecil karena kelalain petugas waktu pengisian data, yg kemaren ga dapat kayaknya warga yg malas ngurus aja
image-url-apps
hadehh..kabeh2 kok dikorupsi ki piye....
emoticon-Marah emoticon-Cape deeehh
Quote:


ada warga baru atau warga yang kehilangan KTP gak gan ??

ane baru pindah setelah pendataan eKTP. dari kecamatan bilang nanti aja pas KTP lama habis, soalnya jatah eKTP dah habis.

trus tetangga gw juga yang kehilangan eKTP malah diganti sama KTP kertas.
image-url-apps
Bingung gw kalo urusan sama yg satu. i emoticon-Big Grin tgl dipoles dikit bisa jd bagus
Padahal simpel bgt..gini loh carana kalo berbasis no induk
-setiap bayi yg lahir di indonesia punya no induk sendiri saat urus akta kelahiran. Dalam data base dibuat kan datanya. N no induk tersebut dibawa mpe mati..
- jika blum 17 tahun fitur pemilu, ktp belum bisa diaktifkan..cara aktifinya tgl ke kecamatan terdekat dgn membawa akta kelahiran asli..kek bwt rekening bank.
-nah ktp sendiri megandung data seperti umur, domisili, pekerjaan, penghasilan, mo ditambahin sim juga bisa dgn catatan polri sudah punya data basenya.. n petugasnya punya gadget online kek hp tuk cek no induk pengendara apakah sudah terdaftar

- bisa disingkronkan dgn program kek pemilu n subsidi pendidikan n kesehatan.
- jika mau pindah derah atau pindah warga daerah setempat.. tgl bwt surat keterangan RT, RW, ket pekerjaan ke kelurahan terdekat. masukin no induk via comp sana ubah deh domisili 5 mnt juga kelar.. akibat dari tindakan tersebut data base kpu pun otomatis berubah, dandata kependudukan pun berubah.

Gak perlu ngitungin sensus penduduk ketok pintu atu2 emoticon-Ngakak kek ngitung sapi emoticon-Ngakak
Ga perlu banyak2 kartu emoticon-Ngakak
Gak bisa bikin clonengan kecuali akta kelahiranya bisa jd 2 emoticon-Ngakak

Just my idea emoticon-Ngakak emoticon-Ngacir
image-url-apps
Quote:


untuk memudahkan distribusi bantuan.
maksudnya mudah diselewengkan.. emoticon-Ngacir
image-url-apps
Quote:


Kertas pun keknya gak masalah kalo bener yg penting no induknya ga berubah emoticon-Big Grin n data base pun lancar
Kalo hilang buka web online di kelurahan terdekat print langsung emoticon-Big Grin
Masalahnya maunya ribet emoticon-Ngakak
image-url-apps
maunya elektronik tapi prakteknya masih manual
Quote:


masalahnya itu gan, kebanyakan yang kertas kan diketik pake mesin tik, enggak tau datanya bener apa enggak..

kalau pakai eKTP kan datanya masuk database nasional...

gw sih ngelihat kegunaan eKTP gede banget, cuma masalahnya pelaksanaannya memang ada penggelembungan..

buat panastak jangan berlebihan ngehina eKTP, soalnya setau gw kebanyakan vendor eKTP dari kalangan panastak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
image-url-apps
untung punya ane dah jadi.
emoticon-Cool
image-url-apps
Quote:


Lah itu konyolnya abad 21 msh aj pake mesin tik... emoticon-Ngakak masa tgl modalin 4 biji comp 3 jt an untuk 1 kelurahan yg bisa online tuk ngurus kek gini kgk bisa emoticon-Hammer2

Konsep E-ktp emang dah mendekati tgl poles dikit.. ga perlu canggih2 kartunya yg penting data basenya strooong emoticon-Big Grin

Quote:


buat koleksi surat domisili nya omemoticon-Matabelo
image-url-apps
Kemendagri nya terlalu lambat restorasi kementrian nya, KPK nya juga seperti ada yg menghambat...
image-url-apps
proyek yang bagus, hanya saja banyak kekurangan disana-sini. kesan yang ane tangkap, E-KTP sekedar catat data doank. sisanya embuh.....

- hasil fisik eKTP lama jadinya.
- ga ada pemberitahuan sampe mana sudah berjalan
- ga bisa update?.... . 2011 perekaman data, april 2014 ane nikah(urus ktp baru non eKTP), juni eKTP jadi(data pranikah), eKTP ane balikin tuker sm KTP paska nikah.

kaji ulang, mana yang kurang harus d atasi.
×