CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Pajak Kost tidak adil, apa sebaiknya pemilik kost tidak usah bayar?
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54586c9b582b2eed268b4569/pajak-kost-tidak-adil-apa-sebaiknya-pemilik-kost-tidak-usah-bayar

Pajak Kost tidak adil, apa sebaiknya pemilik kost tidak usah bayar?

Ane bingung nih, Gan emoticon-Frown

Ortu ane kan buka usaha kost-kostan di Jakarta Barat.

Sesuai aturan, ortu ane dikenain Pajak Daerah sebesar 10%, tetapi kost-kostan lain yang di daerah sana (yang emang banyak banget karena emang daerah/lingkungan kost-kostan) dikit banget yang bayar, mungkin kurang dari 10% atau kurang dari 5% yang bayar pajak tersebut.

Ditambah lagi ortu ane bayar PPh yang tahunan atas penghasilan dari kost-kostan tersebut.

Harga kost-kostan ortu ane kan jadi nggak kompetitive dan susah bersaing dengan kost-kostan lain yang nggak melakukan kewajibannya membayar pajak dengan baik dan benar emoticon-Frown

Terus terang kita sebagai pembayar pajak taat merasa dirugikan. Kayaknya kok jauh lebih enak mereka yang nggak patuh dan nggak bayar. Sempat kepikiran kita nggak mau bayar juga biar adil.

Setahu ane kost-kostan di Jakarta Barat terutama di Binus (Kemanggisan), Grogol (Susilo, Muwardi, Nurdin, Tawakal), Tanjung Duren dan sekitarnya pada bandel, kebanyakan nggak bayar pajak yang seharusnya. Tapi kok di biarin oleh Pemda Jakarta Barat ya? Pemda Jakarta Barat itu yang di kantor Walikota Jakarta Barat, di Puri Indah.

Nggak mungkin kan mereka "main mata", alias bayarnya ke oknum, nggak masuk kas Pemda ?

Jadi tujuan ane bikin surat pembaca ini:

1. Komplen kok nggak adil gitu, yang lain nggak bayar pajak kost.
Harusnya di sweeping aja biar semua bayar. Kan buat penerimaan negara juga. Buat masyarakat juga.

2. Minta saran: Klo sebagian besar nggak bayar, apa keluarga ane juga nggak usah bayar ya?
Thread sudah digembok
kalau di rasa berat atau merugi, tutup saja kost nya.

peraturannya seperti itu, kalau nga mau bayar pajaknya artinya sudah mencuri. nga usah pakai alasan orang lain nga bayar pajak juga jadi diri sendiri nga usah bayar pajak. itu sama saja mewek kepada polisi pas waktu ketilang di jalan gara2 nga pakai helm, kok yang lewat nga di tangkep juga cuma diri sendiri doang yang ditangkep padahal sama2 nga pakai helm,

Merasa dirugikan gimana maksudnya?? emoticon-Bingung (S)

Emank buka kost"an bisa rugi ya?? Kalo memang gak mau bayar pajak, ya gak usah bayar... paling nanti kalo ketawan keluarga agan sendiri yang repot...

Gak usah pusingin orang lain, yang namanya usaha gak usah iri irian begitu, tingkatin harga jual kost"an sendiri aja dengan nambah fasilitas... kalo dirasa memang berat dan gak sanggup bersaing, ya udah ganti usaha aja...
Quote:


lebih tepatnya berkurang keuntungannya saja. mana ada usaha kost rugi, apalagi yang sudah berjalan bertahun tahun di daerah dekat kampus. yang ada malah tambah gede kost an nya
Quote:


Hooh, ane juga jadi pengen buka kost"an... toh menurut ane menurunnya income karena persaingan itu wajar... kenapa harus dibesar"kan, seolah TS nya merasa kalo sekarang jalanin usaha kost itu bikin rugi... emoticon-Hammer (S)
Dulu Sewaktu Kuliah Di Binus (Anak Daerah) , Angkatan 99. Bokap Saya Memutuskan Beli Tanah & Akhirnya Bgn Kost2an (2001) Di Jln. Anggrek Cakra ,...Bagian Dpn Rumah Di Buat Tmpt Tinggal ,... Di Bag. Blkng Baru Utk Kost2an Khusus Cewek Dgn Total Kmr : 19.

Waktu Itu Saya Msh Ingat : Gubernurnya : Sutiyoso , & Dia Keluarin Aturan : Kmr Kost Kena Tax , Klu Berjumlah : 20 Keatas.emoticon-Big Grin

Skrng Sih Dah Di Jual.
Diubah oleh the.richest
Tumben ga pada nanyain bukti-buktinya. Foto kos2an atau bukti pembayaran pajak yg katanya mahal itu. Trus bukti pembayaran pajak dari kos2an lain yg menjadi pembanding.
Diubah oleh kahung
pajak daerah kost kok 10% yah?
daerah mana gan?

kalo surabaya, setau gua 5%, itu aja ada syaratnya, Kalo ga salah harus punya kamar minim 4 atau 5 (?) (CMIIW) dan yang dikenakan pajak cuman yang minimal tarifnya 750rb.

Jadi kalo gw punya kost 10 kamar, semua tarifnya dibawah 750, gw ga bayar pajak daerah sama sekali. kalo dari 10 kamar ada 2 yang tarifnya 1jt (misal), jadi gw cuman bayar 2juta x 5%, jadi cuman 100rb. itupun bayar kalo kamarnya keisi, kalo kosong mah ga usah bayar.

kalo pemerintah pusat pajak sewa emang 10% sih. dan setau gw dibayar bulanan, bukan tahunan. Tahunan cuman buat rekapan doang, karena pph sewa sifatnya final (dengan catatan ga ada penghasilan lain)


edit : jakarta tinggi banget pajak daerahnya nya emoticon-Matabelo
Diubah oleh alunks
Quote:


Klo udah kena pajak sewa (PPh pasal 4) 10%, sy kira tdk perlu kena pajak daerah lagi karena ini bisa disebut pajak ganda.

beneran mas gan ada bukti klo kost tetanga2 ente tu bayar pajak cm 5%.
pph 21 sebesar 15 % kena juga gan ?

berarti keluarga agan orang taatpajak emoticon-Shakehand2

jarang 2x orang mau lapor penghasilan tambahan si spt tahunanya..
profile-picture
aceng.h.m.fikri memberi reputasi
Diubah oleh MasPuthut
bisnis kosan ternyata ribet juga ya gan emoticon-Berduka (S)
tergantung bentuk kosnya kali.. ane ada kos 40 kamar range 800rb - 1.2 ga kena pajak karena modelnya rumah dan gak pasang papan kalau ada kamar kos.. jadi kalau dari luar keliatan kaya rumah biasa. mungkin tukang pajaknya yg ngider cari kos2an yg bentuknya udah gedung gitu kali..
ts ada poto kosnya gak? bentuknya rumah apa emang gedong gitu?
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di