alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/545368e1507410575a8b4569/penasaran-dengan-wine-ini-tips-memilih-wine-untuk-pemula
Penasaran dengan Wine? Ini Tips memilih Wine untuk Pemula
HALOGAN!!! Ente penasaran dengan wine gan?i nah berikut ini ane mau berbagi pengetahuan soal Wine... mungkin belum bisa dibilang All About Wine.

Namun, kita membuka seluas2nya bagi agan agan untuk ikut berbagi pengetahuan soal wine yang bagi masyarakat negeri ini masih asing.

Langsung aja CEKIDOT.

PENDAHULUAN

Tips disampaikan Eddy Sugiri, seorang ahli wine dan principal dari The Peak Connoisseurs Bandung, saat melakukan presentasi di Wine Class pada saat acara“ME TIME” yang diselenggarakan GH Universal Hotel Bandung baru-baru ini.

Juga dari sumber-narasumber lainnya

JENIS WINE

Spoiler for Jenis Wine:


JENIS ANGGUR

Spoiler for Jenis Anggur:


Wine mahal berarti wine enak?

Spoiler for Wine mahal itu enak?:


MENILAI WINE

Spoiler for Menilai wine:


WINE UNTUK PEMULA

Spoiler for Wine for dummie:


Memilih wine yang cocok untuk makanan.

Spoiler for cocok:


GELAS WINE

Spoiler for Gelas:


-- CARA MENIKMATI WINE --

Memegang gelas wine

Spoiler for cekel:


PUTAR-PUTAR WINE

Spoiler for puter2:


Nikmati warnanya

Spoiler for color:


Cium aromanya

Spoiler for sniff:


Meminum wine

Spoiler for drink it!!!:


Minum sendiri atau ramai-ramai?

Spoiler for rame2?:


Manfaat wine

Spoiler for manfaat:


Pantangan minum wine

Spoiler for pantangan:


Sumber

UPDATE 1

Wine Bukan Hanya Sekedar Red Wine dan White Wine

“anda tak kenal maka anda ga akan sayang sama wine “ yang menjelaskan difinisi dari wine , sebetulnya sangat sangat sederhana sekali yaitu minuman beralkohol yang di hasilkan dari fermentasi jus buah anggur jenis vitisvinivera

Kebanyakan orang yang baru mengenal wine hanya tau atau mengenal wine tiga macam yaiti red wine ,white wine , dan champagne yang lebih tepat di sebut sparkling wine knapa demikian?? akan dijelaskan lain kali.

Tetapi sebetulnya ada beberapa wine yang lain yang akan kita uraikan satu per satu…mau ga?

Wokeyyyy… kita mulai dulu dari….

RED WINE

adaalah wine yang di buat dari fermentasi jus buah anggur yang berwarna merah ( red grapes ) wine ini mendapatkan warnanya dari proses ekstrasi warna yang terdapat dalam kulit red grapes.

ROSE WINE

adalah sebutan untuk wine yang berwarna merah jambu ( pink atau rose ) yang cara pembuatanya persis seperti pada pembuatan red wine namun proses extraksi warnanya lebih singkat.

Di daerah Champagne ( salah satu region di Negara Perancis )kata rose mengacu pada wine hasil campuran dari red wine dan white wine

WHITE WINE

mengikuti difinisi di atas adalah wine dibuat dari abuah anggur yang berwarna hijau , dalam bahasa Inggris di sebut white grapes , namun terdengar aneh bila di terjemahkan kedalam bahas Indonesia menjadi buah anggur putih tohh???

WINE BERDASARKAN TYPE

Spoiler for Tipe:


WINE BERDASARKAN KANDUNGAN GULA

Spoiler for Kemanisan:


WINE BERDASARKAN KEKENTALANYA

Spoiler for kental:


*RED MEATS GOES TO RED WINE ( RED MEATS = LAMB, BEEF, VEAL, PORK )
*WHITE MEATS GOES TO WHITE WINE ( WHITE MEATS= POULTRY ,FISH ,GAME )

9 JENIS ANGGUR YANG PALING BAIK KWALITASNYA
SUHU YANG TEPAT UNTUK MENYIMPAN WINE


Spoiler for best:


sumber 1
Sumber

Kalo berkenan, boleh dong bagi cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L) biar makin semangat updatenya... Juga Rate 5, emoticon-Rate 5 Star
MITOS ATAU FAKTA

Spoiler for MITOS:
wine sama anggur merah sama kan
emoticon-2 Jempol nais inpoh gan...

selain di emoticon-Rate 5 Star..ane bantu emoticon-Sundul Gan (S) biar ts nya tetep update
pahit ah -_- emoticon-Sorry



boleh tau merek, saa beli nya dimana ga?

Numpang di Pejwan yah Te eS emoticon-Request
ane minum susu aja gan emoticon-Betty
Ane seneng yg sparkling gan...maknyus emoticon-Ngakak
Ditambahin merk2 wine luar & lokal gan biar bs jd ref...
Quote:Original Posted By hotelcaliforni4
wine sama anggur merah sama kan


itu red wine manis gan. Merk orangmuda gan, katanya enak.

-- UPDATE LAGI --

Berikut ini hal-hal lain yang musti diperhatikan :

1. Minumlah air putih lebih dulu sebelum menikmati wine. Gunanya untuk menetralisir syaraf perasa pada lidah atau membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel pada lidah. Sehingga rasa wine sejati bisa benar-benar dinikmati.

2. Simpanlah wine ditempat dengan tingkat temperatur suhu yang dingin dan kelembaban udara yang sedang. White wine biasanya disimpaN pada suhu 12-14 derajat celcius sedangkan red wine pada suhu 16- 18 derajat celcius.

3. Gunakan gelas yang bernar-benar bersih. Ini
penting untuk menikmati wine. Sebab, gelas yang kotor dan bau sedikit banyak akan menganggu rasa wine.

4. Perhatikan warna dari wine. Wine harus clear
dan tidak berkeruh. Jika warnanya tidak jernih, kemungkinan wine sudah rusak. Baik dari segi rasa dan aroma. Sebaiknya wine jangan dikonsumsi. Wine memiliki waktu puncak (peak). Jika melewati peak-nya, kualitas wine akan menurun.

5. Taste dari red wine lebih strong dari white wine sebab red wine tidak manis dan lebih agresif dimulut dibandingkan white wine. Sehingga ada istilah bagi pengemar wine, red meat with red wine dan white meat with white wine.

6. Tidak seluruhnya benar anggapan bahwa semakin lama wine disimpan maka akan semakin baik kualitasnya. Sebab tidak semua wine dibuat untuk disimpan dalam waktu relatif lama dan hanya segelintir produsen wine yang mampu membuat wine untuk dapat disimpan. Hanya Red wine berkualitas baik yang dibuat oleh sang ahli saja yang dapat disimpan dalam waktu lama.

Sumber lagi
mantap nich tips nya gan....
orang tua gan emoticon-Cool
Wine emang paling penting buat menjalankan aplikasi windows di komputer saya. Setiap hari wine menjadi bagian tak terpisahkan untuk menjalankan program seperti ms.office 2010 ataupun program/games2 windows lainnya

TROPICAL WINE

Buah papaya, mangga, pisang, jambu, nanas, belimbing, dan rambutan memang banyak tumbuh di Indonesia yang beriklim tropis. Siapa sangka kalau buah-buah ini dapat Anda nikmati dengan cara lain selain sebagai buah potong. Penasaran?

Wine Buah Tropis Vs Wine Anggur

Biasanya buah belimbing, jambu, mangga, papaya, dan nanas paling top dijadikan rujak. Pelengkapnya tentu saja harus ada sambal ulek yang manis pedas sebagai cocolan. Selain rujak, buah-buahan ini umumnya disajikan sebagai minuman dingin seperti es buah atau sop buah.

Tapi kini, Anda dapat menikmati buah tropis dalam bentuk lain. Anda mungkin tak pernah menyangka kalau buah mangga, jambu, atau rambutan dapat berubah bentuk menjadi segelas minuman yang rasanya tak jauh berbeda dengan wine! Rasa dan aroma khas alkohol perlahan menyeruak keseluruh rongga mulut dan membelai lidah Anda. Aroma buah yang harum pun tak luput membuat Anda ingin meneguknya lagi. Inilah sensasi lain yang ditawarkan wine buah tropis, begitulah umumnya orang menyebut minuman ini. Lantas, apa hubungan wine buah tropis dengan wine dari anggur?

Wine, memang identik dengan buah anggur yang difermentasi hingga mengandung alkohol. “Wine merupakan minuman berfermentasi dari buah anggur spesies tertentu, vitisvinifera, yang banyak tumbuh di 30º - 40º lintang utara dan lintang selatan,” papar Yohan Handoyo, pakar wine menjelaskan definisi tentang wine.

Anda mungkin bertanya-tanya, buah apa yang dapat dijadikan wine buah tropis. Pada dasarnya semua buah dapat dibuat minuman ini karena hampir semua buah mengandung gula. “Semua buah yang mengandung gula walau kadarnya rendah dapat dibuat wine buah tropis,” tambah Yohan Handoyo.

Proses pembuatannya tentu sama seperti membuat wine. “Minuman beralkohol di Asia sudah ada sejak lama seperti umeshu (plum wine), minuman dari buah plum asal Korea dan sake dari Jepang. Minuman beralkohol ini di negara barat dikenal dengan wine karena kandungan alkoholnya mirip wine, yaitu 5% - 14½ %. Wine dari buah tropis umumnya lebih fruity dan manis,” ujar Yohan. “Selain itu, minuman ini mengalami fermentasi seperti wine dari anggur dan tidak mengalami proses penyulingan seperti yang terjadi pada bir,” tambahnya.

Berbeda dengan wine, penyebutan wine buah tropis menyertakan nama buahnya. Jadi Anda langsung tahu buah apa yang menjadi bahan utama wine buah tropis seperti Manggis Wine yang popular di Thailand, Strawberry Wine asal Amerika, atau Salak Wine, Ginger Wine, dan Sirsak Wine yang asli asal Bali.

Bermain-main Dengan Ragi

Sama seperti wine, proses terpenting dalam pembuatan wine buah tropis adalah fermentasi. Di udara terbuka, fermentasi dapat dengan mudah terjadi karena udara mengandung ragi (ambiance yeast). Namun ragi yang terkandung dalam udara tidak diketahui jenisnya. Fermentasi alam, tanpa campur tangan manusia ini tidak dapat dikontrol sehingga hasil fermentasi tidak dapat diketahui.

Fermentasi yang tepat untuk membuat wine dan wine buah tropis adalah fermentasi yang dikontrol baik jenis ragi (strain yeast), tempertaur dan kelembaban udara. Wine membutuhkan ragi khusus karena ragilah penggerak utama fermentasi. Pemilihan jenis ragi juga mempengaruhi rasa dan aroma wine. Jenis ragi beragam dan memiliki sifat yang berbeda. Jadi, jangan heran kalau satu jenis buah akan memiliki rasa dan aroma berbeda jika menggunakan ragi yang berbeda. “Eksperimen menggunakan ragi dalam pembuatan wine buah tropis perlu dilakukan karena jenis buah tropis beragam. Berbeda dengan wine yang berasal dari varietas vitisvenifera yang dapat diprediksi hasil akhirnya,” papar Yohan.

Ragi yang bercampur dengan buah yang telah dihaluskan difermentasi dalam tangki khusus sehingga menghasilkan alkohol. “Setelah tiga bulan masa fermentasi, pengecekan kadar alkohol harus dilakukan. Bila kadar alkohol masih kurang, pemanis berupa gula ditambahkan agar alkohol mencapai kadar alkohol sekitar 12%,” papar Gek Ayu, pengusaha wine asal Tabanan Bali. Pemanis memang menjadi salah satu bahan penting dalam membuat wine karena merupakan “makanan” ragi. Penambahan gula dalam proses fermentasi dapat memacu ragi untuk mencapai kadar alkohol yang diinginkan.

Wine Buah Tropis Mulai Dilirik

Di Thailand, Jepang, Korea, dan Rusia, wine buah tropis sudah dikenal luas. Namun di Indonesia, yang kaya dengan buah tropis masih samar-samar terdengar. Gerai wine dan pasar swalayan umumnya hanya menjual wine dari buah anggur. Itulah sebabnya, Mike Goodwin pria berdarah Belanda menyempatkan waktu membuat wine dari buah tropis. Pria yang rajin bereksperimen membuat wine dari buah tropis selama 20 tahun ini hanya membuat wine untuk kalangan terdekatnya. “Wine yang saya buat tidak untuk dijual, hanya untuk keluarga dan teman-teman dekat,” ujarnya. “Biasanya keluarga atau teman membelikan buah untuk dibuatkan wine,” papar Michael yang khusus membeli ragi dari Australia. Walau begitu, ia rajin mempromosikan wine buah tropis kepada masyarakat umum, salah satunya, pecinta kuliner Jalan Sutera.

Berbeda dengan Michael, Gek Ayu, wanita berdarah Bali melihat peluang emas dengan membuat wine dari buah tropis. Sejak tahun 2002 ia mulai bergelut dengan buah-buah tropis untuk dijadikan wine. Walau di Indonesia belum banyak peminat wine buah tropis, Gek Ayu tak kehabisan akal dengan mengeksport wine ini ke mancanegara seperti Jepang, Korea, Rusia, dan negeri tirai bambu.

Gek Ayu, yang memproduksi wine buah tropis dengan label Baliwein punya kriteria khusus untuk produksi wine buatannya. Gek Ayu berpendapat, buah beraroma harum dan berkadar gula tinggi merupakan buah yang paling mudah dibuat wine. “Salah satu hal yang menentukan wine berkualitas atau tidak adalah aromanya. Jadi harus dipilih buah yang harum, manis, masih bagus, segar, dan tidak luka,” papar Gek Ayu yang bekerjasama dengan petani buah lokal untuk mendapatkan buah berkualitas baik.

Sumber
ada yang gratisan ga gan?
WEB WEB Penjual Wine Online di Indonesia.

DELIWINE
Spoiler for Deliwine.co.id:


WWW.HARGAWINE.COM
Spoiler for hargawine:


WWW.RAJAWINE.COM
Situsnya

WINESHOP INDONESIA


Ane saranin sih paling gak sekali seumur hidup cobain Dom Perignon gan.

atau Chateau Petrus Pomerol tahun '82 yang seharga sekitar Rp. 100juta perbotol.
kolesom ajib ganemoticon-Ngakak
aku sih no
wine enak kalo lagi dingin2 emoticon-Malu (S)
ane sukanya wife gan
cm biss bayangin doank gan,blm.mampu beli