alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54530c1412e257b0348b457a/tips-sederhana-buat-agan-yang-belum-bisa-ikhlas
Ngakak 
Tips sederhana buat agan yang belum bisa ikhlas...
Tips sederhana buat agan yang belum bisa ikhlas...
Melakukan perbuatan baik sebenarnya hal yang mudah. Karena fitrah manusia sebenarnya adalah berbuat baik. Setelah berbuat baik, hati akan terasa tenang. Sedangkan setelah berbuat buruk, hati akan terasa gelisah.

Seperti pada hadis yang menyatakan bahwa tanda-tanda perbuatan dosa adalah jika hatimu tidak tenang karenanya.

Maka jika hati kita gelisah, waktunya untuk menelaah lebih jauh, mungkin ada dosa yang secara tidak sadar telah kita lakukan.

Kembali ke perbuatan baik.

Berbuat baik itu mudah. Karena sesuai fitrah, maka hati pun akan senang ketika melakukan perbuatan baik. Maka kita termotivasi untuk melakukan perbuatan baik.

Bagaimana jika dinaikkan tingkatnya. Berbuat baik secara kontinyu, rutin. Mulai sulit. Sulitnya adalah melawan rasa bosan. Melawan rasa "nggak ngaruh juga kayaknya".emoticon-Cape d... (S)

Yang lebih sulit lagi, berbuat kebaikan, rutin, kontinyu, dan tetap ikhlas.

Apa lagi jika kebaikan itu berhubungan dengan orang lain. Dalam arti kita berbaik hati pada orang lain. Orang lain memperoleh manfaat dari kebaikan hati kita.

Yang menjadi masalah adalah jika timbal balik dari orang tersebut tidak sesuai dengan harapan. Ketika kita mulai berpikir "mbok yao", "tau dirilah", "coba untuk mengerti", "pahami posisimu".emoticon-Mad (S)

Maka kita sudah berada pada tataran ujian keikhlasan. Kita sudah mulai memikirkan balas budi. Memberi dan harapan menerima.

Padahal ikhlas adalah memberi karena Allah. Hanya karena Allah. Lupakan kita telah memberi. Maka dengan sendirinya kita tidak akan perlu timbal balik.

Lebih jauh lagi, sesungguhnya Allah lah pemegang dan pembolak-balik hati. Bahwa Allah telah memberikan kesempatan untuk berbuat baik, bahwa Allah telah menggerakkan hati kita untuk berbuat baik. Adalah hal yang sungguh-sungguh harus disyukuri. Adalah semata-mata anugrah Allah juga.

Karena itu sebenarnya kita tidak perlu mengakui suatu perbuatan sebagai "hasil karya" kita, maka timbal balik apa pun seharusnya tidak mempengaruhi hati kita. Kita harus bisa tetap melihatnya secara jernih, datar, netral.

Ada kesempatan kebaikan, lakukan. Lupakan.

Apakah saya jadi dimanfaatkan? Tidak perlu dipersoalkan.

Mungkin dengan begitu kita akan lebih ringan untuk tetap ikhlas dalam berbuat baik secara rutin dan kontinyu.emoticon-Matabelo

Pengetahuan tidak berarti sebelum dipraktekan
Quote:"Bukanlah kesabaran jika masih mempunyai batas, dan bukanlah keikhlasan jika masih merasakan sakit..."

Sumur : kisah-santri.blogspot.com
susah juga g menerapkan
seprti judl lagu ya gan
just let it go emoticon-Big Grin
seprti judl lagu ya gan
just let it go emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By alinzis
ikhlas dimulai dari hati gan emoticon-Angel
jadi hatinya ditata baik buat lebih sabar emoticon-Angel

Iya sis semoga kita semua umat muslim mau menata hati kita supaya lebih mudah ikhlas
Quote:Original Posted By budroid
susah juga g menerapkan

Iya, langkah pertama adalah langkah yang paling berat tapi langkah kedua akan semakin mudah
Quote:Original Posted By hotelcaliforni4
seprti judl lagu ya gan
just let it go emoticon-Big Grin

Mirip kali gan.
betul banget gan..

kalo emank rejeki gk bakal ke mana..
tuhan kasih yg terbaik.. emoticon-Malu (S)
betul banget tuh gan emoticon-2 Jempol
segala sesuatu yang kita kerjakan/berikan
kita harus ikhlas emoticon-2 Jempol
btw, buat trit nya pas bener yak harti jum'at emoticon-Matabelo
emoticon-Rate 5 Star
semalm ane nemu dompet gan..
jadi ane baru nyampe di parkiran nah sebelah ane ada motor vario warna hitam diatas jok nya ada dompet warna pink
setelah ane cek banyak surat surat nya uang nya juga ada.
awal nya pngen ane simpen sendiri tapi gx tau kenapa rasanya dada ane sesek gx enak plus tangan gemeteran.. alhasil ane urungkan niat ane
akhirnya ane kasih ke security yg jaga parkir
pikir ane kasian yg punya nya apalagi lagi tanggal tua gini.
awal nya ane gx ikhlas tp setelah ane pikir pikir mungkin itu lebih baik gan
emoticon-Matabelo
oh iya kejadian nya di parkiran d'cost sebelah lippo mall puri / parkson ( puri kembangan jakarta barat)
kali aja ada yg nyari silahkan konfirmasi ke security nya... soal nya ane sendiri takut itu dompet gx di balikin ke si pemilik nya
Quote:Original Posted By mr.wangdana
betul banget gan..

kalo emank rejeki gk bakal ke mana..
tuhan kasih yg terbaik.. emoticon-Malu (S)

Agan ini betul sekali.
Quote:Original Posted By rayhanar
betul banget tuh gan emoticon-2 Jempol
segala sesuatu yang kita kerjakan/berikan
kita harus ikhlas emoticon-2 Jempol
btw, buat trit nya pas bener yak harti jum'at emoticon-Matabelo
emoticon-Rate 5 Star

agan ini juga betul.
Quote:Original Posted By tyovandha
semalm ane nemu dompet gan..
jadi ane baru nyampe di parkiran nah sebelah ane ada motor vario warna hitam diatas jok nya ada dompet warna pink
setelah ane cek banyak surat surat nya uang nya juga ada.
awal nya pngen ane simpen sendiri tapi gx tau kenapa rasanya dada ane sesek gx enak plus tangan gemeteran.. alhasil ane urungkan niat ane
akhirnya ane kasih ke security yg jaga parkir
pikir ane kasian yg punya nya apalagi lagi tanggal tua gini.
awal nya ane gx ikhlas tp setelah ane pikir pikir mungkin itu lebih baik gan
emoticon-Matabelo
oh iya kejadian nya di parkiran d'cost sebelah lippo mall puri / parkson.
kali aja ada yg nyari silahkan konfirmasi ke security nya... soal nya ane sendiri takut itu dompet gx di balikin ke si pemilik nya

Perbuatan agan ini sungguh mulia. Ane yakin suatu saat jika agan dalam posisi kehilangan barang, InsyaAllah bakal ada yang tolong agan. Mantap emoticon-I Love Kaskus (S)
ngucapinnya emang gampang tapi ngejalaninnya itu yg berat emoticon-Sorry

Tips sederhana buat agan yang belum bisa ikhlas..


Melakukan perbuatan baik sebenarnya hal yang mudah. Karena fitrah manusia sebenarnya adalah berbuat baik. Setelah berbuat baik, hati akan terasa tenang. Sedangkan setelah berbuat buruk, hati akan terasa gelisah.

Seperti pada hadis yang menyatakan bahwa tanda-tanda perbuatan dosa adalah jika hatimu tidak tenang karenanya.

Maka jika hati kita gelisah, waktunya untuk menelaah lebih jauh, mungkin ada dosa yang secara tidak sadar telah kita lakukan.

Kembali ke perbuatan baik.

Berbuat baik itu mudah. Karena sesuai fitrah, maka hati pun akan senang ketika melakukan perbuatan baik. Maka kita termotivasi untuk melakukan perbuatan baik.

Bagaimana jika dinaikkan tingkatnya. Berbuat baik secara kontinyu, rutin. Mulai sulit. Sulitnya adalah melawan rasa bosan. Melawan rasa "nggak ngaruh juga kayaknya".emoticon-Cape d... (S)

Yang lebih sulit lagi, berbuat kebaikan, rutin, kontinyu, dan tetap ikhlas.

Apa lagi jika kebaikan itu berhubungan dengan orang lain. Dalam arti kita berbaik hati pada orang lain. Orang lain memperoleh manfaat dari kebaikan hati kita.

Yang menjadi masalah adalah jika timbal balik dari orang tersebut tidak sesuai dengan harapan. Ketika kita mulai berpikir "mbok yao", "tau dirilah", "coba untuk mengerti", "pahami posisimu".emoticon-Mad (S)

Maka kita sudah berada pada tataran ujian keikhlasan. Kita sudah mulai memikirkan balas budi. Memberi dan harapan menerima.

Padahal ikhlas adalah memberi karena Allah. Hanya karena Allah. Lupakan kita telah memberi. Maka dengan sendirinya kita tidak akan perlu timbal balik.

Lebih jauh lagi, sesungguhnya Allah lah pemegang dan pembolak-balik hati. Bahwa Allah telah memberikan kesempatan untuk berbuat baik, bahwa Allah telah menggerakkan hati kita untuk berbuat baik. Adalah hal yang sungguh-sungguh harus disyukuri. Adalah semata-mata anugrah Allah juga.

Karena itu sebenarnya kita tidak perlu mengakui suatu perbuatan sebagai "hasil karya" kita, maka timbal balik apa pun seharusnya tidak mempengaruhi hati kita. Kita harus bisa tetap melihatnya secara jernih, datar, netral.

Ada kesempatan kebaikan, lakukan. Lupakan.

Apakah saya jadi dimanfaatkan? Tidak perlu dipersoalkan.

Mungkin dengan begitu kita akan lebih ringan untuk tetap ikhlas dalam berbuat baik secara rutin dan kontinyu.emoticon-Matabelo

Pengetahuan tidak berarti sebelum dipraktekan


Sumur : kisah-santri.blogspot.com[/QUOTE]

Teori nya gampang pas praktek nya susah.
Karena setiap dalam diri manusia ada hawa nafsu yg sulit dilawan..
ikhlas atau tidak hanya kita sendiri dan Tuhan yang tau
Quote:Original Posted By noyoyo
ngucapinnya emang gampang tapi ngejalaninnya itu yg berat emoticon-Sorry


Quote:Original Posted By trialham
Teori nya gampang pas praktek nya susah.
Karena setiap dalam diri manusia ada hawa nafsu yg sulit dilawan..


Quote:Original Posted By jkx
ikhlas atau tidak hanya kita sendiri dan Tuhan yang tau

Semangat gan !emoticon-Jempol
Coba Agan semua renungkan ini Surat Al-Ankabut: 2-3: “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka akan dibiarkan (saja) hanya dengan mengatakan: "Kami telah beriman", sedang mereka tidak diuji lagi? Dan sesungguhnya,Kami telah menguji orang-orang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia pasti mengetahui orang-orang yang dusta."
Be patient. Long live Zimbabwe
kalo terpaksa bisa dinamakan ikhlas ģà kak?
kalau pasrah, itu termasuk ihklas juga gak?
kalau pasrah, itu termasuk ihklas juga gak?
positif thinking ma Allah aja ya gan.. emoticon-Malu (S)