alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5452ee66bfcb175d708b456d/ada-kesamaan-kasus--jis-jakarta-dan--histeria-di-tk-mcmartin-di-amerika
Breaking News! 
Ada Kesamaan Kasus JIS Jakarta dan Histeria di TK McMartin di Amerika
http://sosbud.kompasiana.com/2014/10...a--683364.html

Kasus kekerasan seksual yang terjadi di Jakarta Internasional School (JIS) ternayata memiliki kesamaan dengan histeria McMartin yang pernah melanda Amerika Serikat pada pertengahan 1980an.
Kasus McMartin tersebut melibatkan kesaksian puluhan anak-anak yang menjadi murid di TK McMartin. Akibatnya sejumlah guru dan karyawan McMartin diperiksa polisi.
Ketika itu, dua di antaranya diadili, namun dibebaskan pengadilan karena tidak cukup bukti. Terjadi sejumlah kemiripan antara kasus JIS dengan kasus McMartin.
Kasus McMartin sangat terkenal di Amerika selama belasan tahun, dimulai tahun 1984. Suatu tuduhan yang berdasarkan keterangan palsu anak-anak dan cara penyidikan yang keliru, menyebabkan sejumlah guru Taman Kanak-kanak McMartin di California dituding sebagai pelaku pencabulan terhadap anak-anak.
Begitupun dengan kasus JIS. Pengakuan anak-anak, bisa jadi diperoleh dari cara bertanya yang tidak tepat. Selain itu, dalam kasus McMartin, polisi ikut menyebarkan informasi kepada para orangtua murid, dan meminta agar mereka menanyai anak masing-masing apakah anak tersebut mengalami pencabulan.
Dalam kasus JIS ada orangtua murid yang berkirim imel kepada para orangtua lainnya secara massal memberitahu seolah-olah anak masing-masing mengalami pelecehan. Cara ini menimbulkan kepanikan berantai.
Kekeliruan dalam penyidikan itu telah dibuktikan dengan penelitian yang membuktikan bahwa anak-anak bisa memberi keterangan palsu jika orang dewasa yang menanyainya menggunakan cara bertanya tertentu yang kurang tepat.

Cara bertanya yang keliru bisa mengundang kekeliruan ingatan atau false memory pada anak. Contoh cara bertanya yang keliru yaitu pertanyaan yang sama ditanyakan terus menerus kepada anak. “Apakah kamu di “ganggu” si A ?” Karena jenuh dan tertekan dengan pertanyaan tersebut akhirnya Si Anak pada akhirnya menyatakan Iya karena tak mau lagi ditanyakan pertanyaan yang sama dikemukakan.
Beberapa kemiripan lain antara kasus JIS dengan kasus McMartin yaitu kemungkinan juga adanya agenda tersembunyi di balik kedua kasus. Belakangan ini disebutkan motifnya uang,
Tentu saja, sedikit ada perbedaan karena tersangka di Indonesia kasus ini di picu oleh kesaksian orangtua anak (Walaupun kesaksian itu menjadi berbeda ketika Anak memberikan esaksian di pengadilam. baca: Kesaksian Korban Berbeda Dengan Ibunya http://news.liputan6.com/read/211639...-dengan-ibunya).
Perbedaan lainnya yaitu tersangka mengalami penyiksaan untuk mendapatkan pengakuan http://www.republika.co.id/berita/na...-pencari-fakta
Oleh karena itu Masyarakat di Indonesia harus belajar dari kekeliruan yang pernah terjadi dalam kasus McMartin. Saat ini bangsa Indonesia mempunyai pilihan untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama dan menyelidiki apa yang sebetulnya terjadi.
Kasus ini semakin menarik karena ada bukti otentik hasil visum 2 Rumah Sakit Ternama yang menyatakan tak pernah ada kekerasan seksual pada Anak (Baca: Hasil Visum Dubur Korban Kasus JIS Masih Normal

http://news.okezone.com/read/2014/10...s-masih-normal

Kita harus mencegah agar kehidupan orang yang tidak berdosa jangan sampai hancur akibat kesaksian anak-anak yang diarahkan, dan adanya kepentingan pada kasus ini.
hadeh.....apalagi ini.....ikutin prosedur aja......................................coba elo pikir kalo anak elo yang digituin...............

omg...ane pertamax cuy.....
pelaku pedofil itu biasanya mengembara ke seluruh dunia
sekalian menghindari hukum sebelum keburu ketauan kasus nya
makanya jangan heran jika kasus serupa dan mirip2x kejadian d negara lain
bisa jadi pelaku nya itu itu juga Ada Kesamaan Kasus JIS Jakarta dan Histeria di TK McMartin di Amerika