alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5451fadfbecb17de478b4571/refleksi-tahun-baru-hijriah-dalam-kepemimpinan-nasionalrefleksi-tahun-baru-hijriah-da
Refleksi Tahun Baru Hijriah dalam Kepemimpinan Nasional
Kaum Muslimin kembali memperingati pergantian tahun baru Hijriyah, yaitu 1435 H berganti 1436 H. Hijrah merupakan peristiwa bersejarah dalam dinamika peradaban Islam. Hijrah tidak hanya menjadi titik balik kemenangan dan kemajuan dakwah Islam, melainkan juga modal sosial politik untuk membangun peradaban Islam yang mendunia dan mulia. Nabi SAW berhijrah dari Makkah ke Madinah bukan karena mendapat perintah Ilahi melalui Jibril AS. Hijrah beliau ke Madinah sarat pertimbangan sosial politik. Beliau sangat cerdas membaca konstelasi sosial politik yang melingkupi dan mengancam masa depan Islam dan umatnya. Karena itu, banyak pelajaran kepemimpinan yang dapat diambil dari peristiwa hijrah Nabi SAW.

Dalam kaitannya dengan kondisi politik dalam negeri, Joko Widodo telah resmi menjadi Presiden RI setelah mengucapkan sumpah jabatan. Saat ini Presiden Jokowi telah menetapkan susunan menteri-menteri yang membantunya. Oleh karena itu, momen Tahun Hijriah kali ini, merupakan momentum konsolidasi kepemimpinan dan politik untuk meletakkan dasar-dasar kehidupan politik lebih lancar dan damai, sehingga keputusan-keputusan besar bangsa bisa dilakukan dalam suasana yang penuh kekeluargaan dan rasa tanggung jawab terhadap kepentingan bangsa.

Dalam perebutan kepemimpinan di pilpres 2014 lalu, kondisi sosial politik nasional memang sempat memanas dengan terjadinya saling serang opini antarkubu. Namun semua ketegangan tersebut telah berlalu. Kedua tokoh sudah saling berangkulan, saling memaafkan, dan saling mendukung. Kedua tokoh telah menjadikan Tahun Baru Hijriah ini sebagai momentum konsolidasi kepemimpinan partai politik untuk melangkah lima tahun mendatang, sebuah hal yang sangat pantas diapresiasi oleh semua pihak.

Model kepemimpinan Nabi Muhammad seyogianya menjadi inspirasi dan motivasi besar bagi Jokowi dalam mengemban amanah rakyat. Sebagai presiden, berpihak kepada kaum marginal adalah sebuah keharusan. Revolusi mental yang menjadi program utama harus dilaksanakan secara konsisten. Semoga Tahun Baru Hijriah 1436 menjadi titik tolak kemajuan bangsa ini dengan pemimpin baru, yang meneladani kepemimpinan Nabi Muhammad SAW.
emoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-Kissemoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)