CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Pembuatan KTP & KK Kota Bogor
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5451080e902cfe551e8b457a/pembuatan-ktp-amp-kk-kota-bogor

Pembuatan KTP & KK Kota Bogor

Saya adalah warga Kota Kediri, Jawa Timur. Pada tahun 2013 lalu saya menikahi salah satu gadis di Kota Bogor. Setelah itu, dia saya "Boyong" ke Kota Kediri coz kerjaan ane disitu.

Akhir - akhir ini, ibu mertua sakit. Istri ane disuruh balik ke Kota Bogor sama Ibu & keluarganya (ya itung2 merawat ortulah). Ane setuju aja. Kerjaan di Kota Kediri ane lepas dan ane mulai mengurus surat pindah ke Kota Bogor.

Oh ya kelupaan, pas ane boyong ke Kota Kediri, semua surat pindah yg ngurus Kakak ipar. Kl saya tanya masalah biaya, dia slalu bilang Gratis ug.

Kapan hari lalu, ponakan ane nikah gan. Karena suami - istri baru ini benar - benar sibuk, mereka menyerahkah urusan pembuatan KTP dan KK baru ke Pak RT. Sama Pak RT langsung deh dibilang, "Kalau pembuatan KTP & KK baru Rp. 400rb". Widihhhhhh Mahal amir.
Trus ponakan saya itu gak setuju dg biaya segitu. Alhasil, KK dia urus sendiri tp KTP diserahkan ke temennya yg kerja di Kantor Kecamatan. Dia terima beres aja. Datang hanya fhoto kena Rp. 190rb. Itu pun masih ditambah Rp. 50rb lg sama ponakanku.

Nah, sekarang giliran ane ini.
Berhubung ane punya temen yg kerja di Dinas Catatan Sipil, ane tanya tuch, Apa bener biaya bikin KK BARU + KTP itu bayar? Lalu dia jawab, Lha kan dulu pas kamu (aku maksudnya) bikin KK + KTP di Kediri kan Gratis kan. Gak bayar. Itu dah ketentuan pemerintah disetiap daerah di seluruh Indonesia. Lalu aku tanya lagi, Lha kemarin aku kena Rp. 400rb (pura2 aku yg kena padahal yg kena ponakan). Dia pun menjawab, baca link ini:

http://www.detakdepok.com/bogor/item/1392-besok-layanan-administrasi-kependudukan-gratis

Setelah beberapa saat, ane berfikir, bener jg apa yg dikatakan temen ane ini. Lalu td pagi ane pura2 tanya ke Pak RT, dg santainya Pak RT "menghargai" pembuatan KK + KTP yg baru unt pindah Rp. 400rb.

Ane mau tanya nich kpd Agan & Aganwati disini, Semoga aja ada yg asli Kota Bogor,
1. Apa benar pembuatan KK + KTP yg baru itu bayar? Kl ya, berapa?
Thread sudah digembok
Ktp kk itu gratis. Coba agan pergi ke kantor lurah/camat. Tuh kan ada poster besar di dinding. Biasanya ada lamanya berapa hari,biaya berapa.
Liat aja tu urus ktp gratis. Mau mutasi,bikin baru,nambahi aanggota keluarga.
Kalo misal dimintai uang, liatin aja tuh posternya. Mala setau saya kalo urus ktp sehari jadi,kalo kk sekitar semingguan rasanya.
bikin KTP KK itu gratis gan
kaga pake bayar kemana2
kaga pake repot2 juga
emang cuma modal foto

paling2 ama surat2 standar, akte lahir, surat kimpoi dll
ntu ketua RTnya aja yang maruk

Quote:


Quote:


Setahu ane juga begitu Gan.
Kan ane di Kediri, Gratis total tuch biayanya.
Ane malah nyasih uang ke temen ane (ya itung2 bantu ya) malah di sindir, "entar kl aku (teman ane) masuk penjara gara2 uang ini gimana? Kan kagak ade yg ngurus KK + KTP mu lg. (sambil terkekeh)".
Disini malah dimintai uang.

Coba entar aku tak ke Kantor Kelurahan, Kecamatan, dan Capil.
Kl emang Bayar dan itu masih relevan sich Oke, tp yg gak relevan spt itu, perlu dipertanyakan.

wuah kasusnya sama kayak gue ini

Kasusnya sama kayak gue nih, gue juga begitu dikenakan biaaya 120 ribu untuk pembuatan KK baru. Karena KTP nya sudah elektrik jadi harus sama dengan KK nya. DiSuruh tetangga itu juga karena mau bikin asuransi BPJS harus ada KK. Kalo nyuruh orang memang begitu istilahnya dia minta uang itu untuk "ongkos" dia. Bayar ini bayar itu n bla bla bla. Kalo diurus sendiri mah ga akan kena biaya x. Eh tau2nya gak jadi tuh BPJS. Tetangga gue malah kabur gan bawa duitnya emoticon-Frown
Agan ini tinggal di kabupaten apa kotamadya bogor, kl kotamadya silahkan agan dateng langsung aja ke catatan sipil yg dibaranangsiang (seberang giant ekspres/hero), jangan lupa agan bawa surat pindah ya, setahu gw sih gratis ya. Kl ktp ga tahu soalnya kemarin pasa eKTP langsung foto trs pas jadinya dianter kerumah.
Quote:

pembuatannya sendiri gratis gan ane
tapi karena ane terima beres sampe pak RT nya nganterin ke rumah ane
ya ane ngasih 50k buat uang cape nya aja lah isitilahnya
ga pernah dipatok harga xxxxx dari ane membuat ktp sampai perubahan KK memasukan nama anak emoticon-Big Grin
ane kerja di Dinas Kependudukan & Pencatatan Sipil
utk pengurusan KK & KTP ga ada biaya (kecuali ongkos bensin buat mondar-mandir emoticon-Big Grin )
asal jangan lupa syarat2nya dilengkapi yak....(pengantar RT/RW, Kelurahan, Kecamatan)

buat yg pindah, jangan lupa itu surat pindah ada kadaluarsanya...kalo lebih dari 1 bulan mesti ngurus lagi ke tempat asal (legalisir)

lewat RT kena 400rb? well.....itulah kalo mengurus segala sesuatu lewat calo (ga cuma KK, KTP...pajak kendaraan bermotor), kalo lewat calo/orang lain mana mau kerja rodi...kecuali sodara mungkin yg mau bantu emoticon-Big Grin

jadi....silakan diurus sendiri..prosesnya ga ribet asal persyaratan lengkap. emoticon-Peace
Diubah oleh darkmasta
Quote:

Kl segitu mah Wajar lah. Ya itung itung uang rokok bensin. Tp ini beda gan. Belum bergerak dah kayak ditodong gitu.














Quote:

Ya gan. Insya Allah akan ane urus sendiri ko.
Pengalaman ane pas di Kediri pas bikin KK (waktu ngurus i di RT, RW, Kelurahan, & Kecamatan) sehari juga beres. Pas di Capilnya (kebetulan ada teman yg kerja disana) 3 hari jg jadi.

Terima Kasih banyak atas pencerahannya.
Ane gratis gan, ngurus sendiri. Malah yg katanya 3 hari, 2 hr dah jadi ktp sama kk baru 😊
jadi yang dipermasalahin apa, uang jasa pak RT yang diminta bantuan ngurusin ktp apa gimana emoticon-Bingung (S) kalau masalah besaran uang jasa rasanya kurang pantas juga kalau kita komentarin ya karena itu hak dia mau minta uang jasa berapa. lain kalau yang minta itu adalah pegawai kelurahan/kecamatan sendiri. jadi gw rasa judulnya TS agak missleading
Diubah oleh i_am_FRoM
Quote:


pertanyaan sudah dijawab sendiri oleh isi thread.
sebenernya TS sudah tau jawabannya kan?

kalo yang dimasalahkan itu uang jasa calonya ya jangan pakek calo
Quote:


Mgkn ts orang kpk gan ______emoticon-Ngacir
Quote:


Gini gan.
Ane kan bukan orang asli Bogor jd ane cuma takut di"gorok" sama oknum2 sini. Secara ane gak "Link" disini
Quote:


urus sendiri saja
Quote:


Insya Allah Gan.
Td jg udah "sowan" ke capil Bogor ug malah disarankan unt urus sendiri
kalo di tempat ane buat KTP + KK Rp 50.000,- dengan rincian Rp 35.000,- KK, KTP Rp 15.000,-
memang gratis sebenernya...
tapi entah mengapa org desa bilang buat ganti uang bensin, karna jarak dari Kelurahan dan Kecamatan jauh.
dan itu memang masuk akal sih. jadi dimaklumi ama warga disini.

#curcol
yang bakalan mahal kalo buat AKTA terlebih kalo yang udah diatas 1 tahun.
tahun lalu nenek ane mau umroh, beliau ga punya akta, buat bikin pasport. pas buat KK baru di tanya sama org desa. mau dibuatin ga AKTAnya juga?
nenek aku tanya "biaya buat bikin AKTA berapa?"
kata org desanya dengan enaknya "udah ama ibu mah Rp 1juta aja, ga dimahalin"
tapi ga jadi sih, ane yang kebetulan lagi nganggur. ane buat sendiri itu akta kelahiran nenek ane, dan yaa kurang lebih butuh biaya Rp200.000 itu udah plus ongkos dari tempat ane yang di pelosok kota bogor.
dengan rincian : biaya admin Rp 25.000,-, denda Rp 50.000,-, biaya percepatan Rp 50.000,-. jadi ga lebih dari Rp 125.000,- dan itu ga usah nunggu 4 bulan. seminggu aktanya langsung jadi.
Quote:

emang gratis koh , proses lama
bayar nyogok cepet

×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di