CARI
KATEGORI
KATEGORI
Pengumuman! Ikuti Surveynya, Dapatkan Badge-nya! Klik Disini
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
ATAS KEHILANGAN HUAWEI HONOR 3C, HUAWEI PUSAT TIDAK PUNYA SOLUSI
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5450c37ed44f9f03788b456e/atas-kehilangan-huawei-honor-3c-huawei-pusat-tidak-punya-solusi

ATAS KEHILANGAN HUAWEI HONOR 3C, HUAWEI PUSAT TIDAK PUNYA SOLUSI

Thread ini tidak ditujukan untuk layanan after sales service Huawei Honor 3C yang kebanyakan bermitra dengan Global Teleshop.
Thread ini ditujukan untuk ketidakmampuan Huawei kantor pusat untuk menanggapi laporan kehilangan.


Kecopetan merupakan sebuah peristiwa yang memang diakibatkan dari kelalaian pemilik barang. Ada kesempatan, kita lalai barang melayang. Hal itu terjadi pada saya. Huawei Honor 3C baru saya beli melalui Lazada.co.id belum sebulan, bahkan belum pembayaran pertama kartu kredit. Namun, sial, Huawei Honor 3C saya telah hilang.
Siyalnya lagi saya tidak melengkapi dengan sistem keamanan sehingga data saya terbuka lebar bagi si pencuri.

Tidak ingin pencuri melenggang dengan enaknya, saya mendatangi kantor Huawei pusat yang terletak di Gedung BRI 2 Lantai 20, untuk melaporkan bahwa Huawei Honor 3C saya hilang dicuri dan saya ingin IMEI yang terdaftar dalam Huawei Honor 3C tersebut diberangus. Tidak masalah saya tetap bayar cicilan, namun asal pencopet tidak menikmati keuntungan.

Namun jawaban yang saya dapatkan setelah menunggu lama adalah "silahkan datang ke service centre kami".

Saya kemudian menelepon service centre Huawei, Global Teleshop di ITC Roxy Mas, melaporkan bahwa Huawei Honor 3C saya kecurian dan memberikan nomor IMEI. Lagi-lagi, jawabannya mereka tidak berdaya untuk membuat agar gadget tersebut gagal fungsi, diberangus, hingga tidak bisa dijual beli.

Saya kemudian bilang bahwa at least garansi harus hangus. Saya mendaftarkan nomor IMEI untuk dihanguskan garansinya. Saya pun tidak tahu apakah cabang satu dan lainnya saling bekerja sama untuk menginformasikan hal ini. Namun jika data yang diinput jadi satu bisa lega.

Jadi bagi Anda di luar sana yang membeli Huawei Honor 3C dengan case biru muda Nilkin lengkap dengan anti gores dengan harga murah, saya pastikan garansi sudah hangus dari sekarang.

IMEI gadget tersebut 359209026963953.
Thread sudah digembok
Gan kalau mau blok imei, jangan ke produsen hpnya. Mereka memang tidak bisa melakukan itu (terkecuali mungkin blackberry yg pin dan imei bisa diblok karna memang punya server sendiri untuk mengontrol produknya). Saran ane:
1. Ke kantor polisi
2. Bikin laporan kehilangan
3. Agan nanti dapat surat keterangan kehilangan
4. Bawa surat itu, dus hp (kalau ada), nota, KTP, lalu pergi ke kantor operator kartu yg agan pakai (kan di hp ada kartunya toh?)
5. Minta blokir kartu agan. Kan kasian kalau nomor agan disalah gunakan ama tu maling.
6. Lalu minta blok imei hp itu melalui operator. Pasti bisa.

Trus kalau malingnya pakai kartu dari operator lain lagi gimana? Tenaaaang...operator yg agan datangi tadi udah masukin tu imei ke 'database bersama' yg diakses oleh semua operator. Jadi dengan kartu apapun si maling tidak akan hidup enak dengan hp itu (imei akan di blok otomatis oleh operator yg digunakannya).
Nah, itulah kenapa pembuat hp tidak bisa melakukan yg agan minta. Hanya operator seluler yg bisa.

Edit:
Setelah mendapat penjelasan dari agan 'sniperwolf' yg pernah kerja 12 tahun di operator seluler, ternyata saran diatas tidak dapat dilakukan karena walau secara teknologi operator memang bisa melakukan blokir imei, tapi belum ada aturan/regulasi yg mengaturnya.
Diubah oleh kahung
buset atas ane jago banget.. emoticon-Big Grin
problem TS langsung solved.. emoticon-Cendol (S)
Quote:


Ngimpi apa lagi ini operator seluler blokir imei ada2 aja operator paling jauh cuman detect nomor ada di tower mana dan itu harua ada izin kepolisian dan cuman intel yg diberi akses itupin carinya sulit biasanya cari tersangka korupsi atau teroris klo nomor ganti ya wassalam. .ada program android google yg bisa menonaktifkan dan mengetahui hp kita dimana dan itu sangat mudah diaktifkan dengan login ke gmail di komputer. Tapi sayangnya ini harus diaktifkan manual gan caranya ada kok di kaskus lengkap. Klo ga diaktifkan ya paling blokir sn dan imei di service centre itu juga klo hpnya maen ke service centre dan huawei nya punya system service online.
Diubah oleh wink102
Quote:


Saya jelaskan ulang ah. Kalau memang salah, semoga mimpi bisa jadi kenyataan suatu saat.
Jika Hp hilang, hubungi segera operator seluler mengenai Hp yang hilang itu dengan menyebutkannomor IMEI-nya. Minta mereka untuk segera memblokir handphone agar tidak terlanjur disalahgunakan. Setelah mendapatkan laporan, maka operator seluler akan mengeluarkan atau mencoret nomor IMEI tersebut dari data base mereka yang disebutEquipment Identity Register (EIR)sehingga ponsel curian itu tidak bisa digunakan dalam jaringan mereka. Selanjutnya nomor IMEI itu akan dikirimkan ke data base bersama Central Equipment Identity Register (CEIR)sehingga tidak bisa digunakan pada jaringan atau operator seluler lain.

Demikian yg ane pernah baca gan. Kalau memang ini cuma mimpi, ya kita berharap supaya jadi kenyataan.

Oh iya...kalau agan ikuti berita tahun 2013, mentri perdagangan saat itu (gita wiryawan) geram dengan banyaknya produk hp ilegal yg masuk ke indonesia. Dia mengancam akan menyuruh operator untuk memblokir imei dari hp ilegal yg masuk indonesia. Tapi ditolak oleh operator karna kasian kalau ada turis datang pasti imeinya otomatis dianggap ilegal dan otomatis diblokir. Apa artinya? Artinya adalah operator bisa memblokir imei hp. Hehe
Diubah oleh kahung
Quote:


klo menurut ane sih scr teknis sih bisa
tp prakteknya pst ga semudah itu.. prosedurnya pst ribet
atau mlh mgkin ga bs dilakukan oleh org biasa..
selama ini malah ane blm prnh denger ada org kemalingan hp trs request ke operator utk blokir imei biar hp nya ga bs dipake lagi..
emoticon-Sundul Up
Diubah oleh Ohzuu
Quote:


bener kata agan
secara teori memang bisa operator ngelakuin itu, tapi di lapangan beda lagi gan, g semudah yg diblang kecuali agan pnya jabatan yg tinggi mungkin itu semua bisa di lakukan, saya aja yg mw ganti SIMcard aja yg alamat beda dikit ama di ktp aja di persulit kok apalagi kejadian kyk yg diatas

satu2'a cara ya agan cari lewat android device manager tpi itupun harus internet n gps di hp yg hilang harus hdup kalo mati ya percma aja, terus kalo hp'a udah di atur ke pengaturan pabrik ya sama ja hp'a g bkal ketemu jga
ane dulu pernah kehilangan Nokia N95

dateng ke ncc bawa dus + kitab lengkap tapi gak bisa blokir imei emoticon-Frown

ya ane ikhlasin aja emoticon-Frown
Quote:

yakin gan? serius? beneran? emoticon-Big Grin

gw pernah kerja di 3 operator dalam 12 tahun dan semua di network dan sysadmin, secara teknologi bisa blokir imei, tapi regulasi belum ada sampai sekarang emoticon-Malu (S)

Sayangnya android itu terlalu open, jika hape hilang tinggal flash ulang aja beres.

Saat ini yang baik adalah Apple, tinggal set iCloud dan kasih passcode. jika hape hilang tinggal lock dari jauh dan ubah status jadi "stolen".

sampai saat ini belum ada yang bisa bypass iCloud Activation Lock jika status "stolen".

Jasa bypass icloud di kaskus itu cuma bypass biasa, itupun gak bisa kalau statusnya "stolen" emoticon-Smilie

cek aja thread gw ini soal iphone gw yang hilanghttp://www.kaskus.co.id/thread/52ce0...hone-4s-hilang

di windows phone lebih oke lagi, tanpa perlu internet bisa lock dari jauh.
Syaratnya, ada pulsa untuk terima sms dari luar negeri.

Windows Phone ada fitur remote-lock tanpa perlu internet, cukup pakai sms
Diubah oleh sniperwolf
Kalo blokir IMEI kyaknya rumit deh buat dilumpuhin langsung oleh vendornya terlebih lagi gada surat keterangan polisi.. Walopun produsen bisa blacklist IMEI tapi kalo OSnya ga mumpuni ya pasti gampang di flash ulang. Sama halnya blok IMEI dari operator (kalo bisa) pasti ga segampang itulah nelpon, trus minta blokir, kalo yang nelpon iseng gimana? Lagipula terlalu resiko dan ribet kalo operator ngurusin kasus stolen gini..

Yang bisa diandelin cuman fitur security dari OS si device itu sendiri, kalo langsung lock hardware dari vendor rasanya gimana gitu, misalnya BB suspend PIN tapi handset masih bisa digunakan, Apple bypass iCloud (non-stolen) handset juga masih bisa digunakan tapi fitur celular mati permanen dst
Diubah oleh Andi1089
Quote:


Yes, brarti tidak diragukan lagi bahwa sebenarnya operator bisa memblokir imei. Hanya saja seperti yg agan jelaskan bahwa regulasinya sampai sekarang belum ada (operator yg saya hubungi juga mengataan demikian). Smoga suatu saat regulasinya bisa dibuatkan.

Kembali ke inti trit, bahwa pihak HUAWEI tidak salah jika tidak bisa mengabulkan permintaan agan TS untuk memblokir imei. Dari apa yg sudah kita bahas ini, maka agan TS sekiranya dapat memaklumi kapasitas dan keterbatasan pihak produsen hpnya. Semoga kasus kehilangan seperti ini tidak menimpa kita semua.
Diubah oleh kahung
Quote:


Keliru gan. Saran dari ane justru sesat. Penjelasannya monggo baca komen dari agan sniperwolf.
Kalo udah ilang mendingan ikhlasin aja,

Gak ada gunanya ente berbuat seperti itu. Gak bakalan balik juga tuh hp ente kan ?

Yang ada cape2in doang gak ada hasilnya....emoticon-Ngakak
Quote:


Belom Iklas Gan ane, semoga hp agan ilang sebelum bayar cicilan pertama jadi bisa ngerasain apa yang ane rasain.
Asoy Gan emoticon-Ngakak
Quote:


Tqu Om Kahung ude coba kasih solusi, yah regulasi belom bikin kita aman dari kemalingan. Berarti ane harus salahin negara ya atas ketidakmampuan produsen ato operator buat menghanguskan imei hp curian...



Quote:



Sorry ya gan ane bukan orang susah kaya ente, Ane selalu beli apa2 cash gak pernah nyicil...emoticon-Ngakak

Kalo masalah hp ane ilang. Ane mah ikhlas aja, Tinggal beli lagi...emoticon-Ngakak

Makanya kalo duit blm cukup gak usah maksa nyicil...emoticon-Ngakak

Yang ada ente udah jatoh ketiban tangga emoticon-Ngakak

Nikmati aja gan nyicil hp tapi hpnya udah gak ada...emoticon-Ngakak


lumayan nih nambah ilmu soal blokir2an imeiemoticon-Matabelo
kalo ane baru punya pengalaman di kehilangan BB..Ane lapor polisi minta surat terus dateng ke kantor cabang operator..Dari situ katanya email data2 bb ke pusat operator..Nah orang pusat yang katanya juga punya akses request ke Blackberry untuk suspend PIN dimaksud..
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di