alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
(Jangan ada yang klaim yah) Lumpia, Sekaten, Gamelan Sah Milik Indonesia
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54499d5aa2cb17f7588b456a/jangan-ada-yang-klaim-yah-lumpia-sekaten-gamelan-sah-milik-indonesia

(Jangan ada yang klaim yah) Lumpia, Sekaten, Gamelan Sah Milik Indonesia

Kamis, 23 Oktober 2014 17:35 WIB
TRIBUNNEWS.COM - Tiga kebudayaan Indonesia akan mendapat pengakuan dunia tahun 2014. Warisan budaya asli Indonesia yang mendapat pengakuan dunia yakni Gamelan, Sekaten dan Lumpia. Dengan pengakuan dunia internasional maka warisan budaya asli Indonesia tersebut tidak bisa diklaim oleh negara luar.

Sebelumnya, juga tiga warisan kebudayaan asli Indonesia yang telah lebih dulu mendapat pengakuan dunia yaitu batik, keris, dan wayang. "Yang sudah dicatatkan sebagai warisan budaya dunia tahun lalu adalah batik, keris, dan wayang. Tahun ini kita mendapat pengakuan warisan budaya asli Indonesia lagi yakni gamelan, sekaten, dan lumpia. Sebenarnya ada satu lagi yakni sintren, tetapi untuk sintren masih dikaji ulang mudah-mudahan untuk 2015 kita bisa mengusulkan lebih banyak lagi," ujar Kepala Seksi Nilai Budaya Bidang Nilai Budaya Seni dan Film Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng, Eny Haryanti saat ditemui Tribun Jateng, Rabu (22/10/2014).

Secara teknis, pengusulan itu melewati beberapa proses. Pertama dari pihak Dinas Kebudayaan dan Pariwisata terkait bekerjasama dengan Balai Pelestarian Nilai Budaya di Yogyakarta (membawahi tiga kawasan di Jawa yakni Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa Timur).

Selanjutnya usulan dikaji ke Subdit Kekayaan Budaya Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kemudian dilanjutkan ke UNESCO untuk mendapat pengakuan. Eny berharap selain untuk melestarikan budaya, tembang dolanan juga akan diusulkan menjadi warisan budaya dunia non benda. (I Made Asdiana)

Sumber: http://www.tribunnews.com/lifestyle/...im-negara-lain

Berita terkait:
http://jogja.tribunnews.com/2014/10/...m-negara-lain/

Situs resmi UNESCO yang mencakup 'intangible cultural heritage' asal Indonesia:
http://www.unesco.org/culture/ich/in...topic=mp&cp=id

Spoiler for Tengok penampakan Lumpia gan! Awas ngiler!:


Spoiler for Tengok suasana Sekaten Yogyakarta gan::


Spoiler for Tengok penampakan Gamelan Jawa gan!:


Asik, semakin banyak 'intangible cultural heritage' Indonesia yang semakin diakuin kancah internasional. Kalo 3 item ini resmi diupdate ke list, berarti totalnya ada 10 'intangible cultura heritage' milik Indonesia. Semoga aja UNESCO cepetan update listnya karena siapa tau ada negara (tetangga) yang kencing2 ngeklaim.

Mampir ke trit ane yang lain gan/sis:
Spoiler for Hot trit ane lainnya gan/sis::
Spoiler for Trit ane lainnya gan/sis::

Diubah oleh charlies280590
Halaman 1 dari 5
PERTAMAX DULUemoticon-Cool
Diubah oleh strikeeeerrr
Masih banyak lagi om emoticon-Frown

行きましょう emoticon-Ngacir
Quote:


sip gan emoticon-Cool
Quote:


Iya gan, jangankan yang tak benda, yang situs warisan budaya aja puluhan tuh yang pending, padahal ada yang diajuin di jaman pemerintahannya Mbah
lumpia bukannya makanan cina ya??

kalo pesen dimsum ada tuh lumpianya, sama somay juga.
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
jadi kangen ma lumpia emoticon-Frown
Quote:


iya gan, tadinya ane pikir begitu tapi kok unesco mengakui kalo lumpia itu milik Indonesia yah. apa mungkin lumpia jenis lainnya kali dan di tiongkok ada jenis lumpia lain. apa jangan2 ada kongkalikong Indonesia-rrt nih... emoticon-Malu (S)

Quote:


Sama gan, ane juga emoticon-Sorry
djogdja kota batik dunia emoticon-thumbsup:beeremoticon-I Love Indonesia
moga2 malon di mari ga maen klaim2 lagi emoticon-Big Grin
Quote:


iya gan, ane udah baca beritanya
http://jogja.tribunnews.com/2014/10/...a-batik-dunia/

Quote:


palingan besok komplen lagi, kayak dulu aja pas batik resmi diakuin milik Indonesia, mereka sempet kirim mosi keberatan kan
lumpia bukanya dari china emoticon-Bingung (S)

resoles barangkali, masih banyak yg belum bisa membedakan resoles dan lumpia emoticon-Ngakak (S)
Quote:


resoles sendiri kalo gak salah asal muasalnya dari peninggalan belanda yah, dan kelanjutan dari salah satu makanan ringan prancis kalo gak salah. cmiiw
Quote:

kalo ada negara lain yg masih klaim berarti ngga tau malu..
Akan bermanfaat kalo bisa menghasilkan banyak uang.
Post ini telah dihapus oleh hansip
"Intangible" disini maksudnya apa ya? intangible artinya kan gak ada bentuk fisiknya sedangkan keris/batik,dst.. kan ada?
Lopis manis,
jajanan pasar dari beras ketan, dikasih parutan kelapa, dan gula merah cair,
kapan jadi intangible cultural heritage asal Indonesia, gan?
Enak banget ini jajanan. emoticon-Peluk
Quote:


kue apem sama kue cucur sekalian masukin unesco gan ntr diklaim org
Loh, ini orang Indo dan orang bule UNESCO sama-sama tidak tahu sejarah lumpia ya?
Lumpia (lumpia basah dan lumpia kering) kan makanan berasal dari negara China, sama halnya dengan bakso, nasi goreng, bakwan, bakcang, bakmi, siomai, kwetiao, bihun, soun (tanghun), cheongfun, xiao longbao, hakao, dan lainnya.

Versi lumpia di berbagai negara ada, di Thailand ada, di Vietnam ada, di Amrik ada, di Singapura ada, pokoknya selama ada keturunan China yang membawa kulinernya ke negara baru.
Halaman 1 dari 5


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di