- Beranda
- Komunitas
- News
- Sains & Teknologi
(compression ratio)kendaraan ente harusnya pake pertamax atau premium gan


TS
armstrongjoe
(compression ratio)kendaraan ente harusnya pake pertamax atau premium gan
Jenis BBM Dipengaruhi Kompresi Mesin, Bukan Sistem Pengabutan BBM
Ada beberapa anggapan di masyarakat bahwa mobil dibawah 1500cc boleh pake premium. Anggapan itu tidaklah tepat, karena keberadaan premium diperuntukkan untuk mesin berkompresi rendah bahasa inggrisnya compression ratio, bukan cc nya yang rendah. Range kompresi untuk oktan 92 adalah 1:9 ~ 1:10 sedangkan oktan 95 adalah 1:10~1:12 Sehingga yang membedakan kebutuhan bahan suatu mesin motor bukanlah di sistem pengabutan bahan bakarnya tetapi pada compression ratio di dalam cylinder.
Pertamax Plus
Oktan= 95
Kompresi ratio >1:10
Pertamax
Oktan= 92
Kompresi ratio= 1:9 – 1:10
Premium
Oktan= 82
Kompresi ratio= 1:7 – 1:9
jadi agan kalo mau beli mobil atau motor harus dicek dulu kompresi rationya berapa ...
ane ambil contoh nya mobil timor
punya kompresi ratio 9.3 berarti harus pake pertamax gan
Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?
Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii….
jadi Salah kaprah kalo BBM bersubsidi untuk 1500cc ke bawah, termasuk ts juga salah kapraah
Ada beberapa anggapan di masyarakat bahwa mobil dibawah 1500cc boleh pake premium. Anggapan itu tidaklah tepat, karena keberadaan premium diperuntukkan untuk mesin berkompresi rendah bahasa inggrisnya compression ratio, bukan cc nya yang rendah. Range kompresi untuk oktan 92 adalah 1:9 ~ 1:10 sedangkan oktan 95 adalah 1:10~1:12 Sehingga yang membedakan kebutuhan bahan suatu mesin motor bukanlah di sistem pengabutan bahan bakarnya tetapi pada compression ratio di dalam cylinder.
Pertamax Plus
Oktan= 95
Kompresi ratio >1:10
Pertamax
Oktan= 92
Kompresi ratio= 1:9 – 1:10
Premium
Oktan= 82
Kompresi ratio= 1:7 – 1:9
jadi agan kalo mau beli mobil atau motor harus dicek dulu kompresi rationya berapa ...
ane ambil contoh nya mobil timor
Spoiler for timor:
punya kompresi ratio 9.3 berarti harus pake pertamax gan

Bagaimana jika diisi bensin dengan oktan lebih rendah?
Bensin dengan oktan rendah lebih mudah terbakar. Mesin berkompresi tinggi membuat bensin cepat terbakar (akibat tekanan yang tinggi), yang akan menjadi masalah adalah, ketika bensin terbakar lebih awal sebelum busi memercikkan api. Saat piston naik ke atas melakukan kompresi, bensin menyala mendahului busi, akibatnya piston seperti dipukul keras oleh ledakan ruang bakar tersebut. Kita sering mendengar istilah “Ngelitik” (pinging/knocking). Ibarat telapak tangan kita ditusuk2 dengan paku… kira-kira begitu. Perlahan namun pasti.. membuat piston seperti permukaan bulan… dan bahkan bisa bolong!.. hiiii….

Spoiler for piston:
jadi Salah kaprah kalo BBM bersubsidi untuk 1500cc ke bawah, termasuk ts juga salah kapraah

Diubah oleh armstrongjoe 23-10-2014 18:28
0
3.8K
11


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan