- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
tips service customer ala ane gan


TS
criticalizm
tips service customer ala ane gan
Quote:
WELCOME TO MY THREAD[/CENTER]
[/CENTER]







Quote:



Spoiler for semoga:
Quote:
semoga thread ini tidak





Quote:
Quote:
buat aganwan dan aganwati sekaskus, mungkin diantara kalian ada yang berprofesi sebagai SPG/B di beberapa perusaan retail di indonesia, seiring dengan perkembangan di dunia retail mungkin kalian sudah tau kalau "SERVICE" lah yang menentukan kualitas perusaan tersebut,
Quote:
dan untuk mencapai "SERVICE" yang baik, perlulah kita mengetahui karakteristik customer, nah berikut ini ane coba buat share masalah karakteristik customer tersebut
ga usah panjang lebar lagi , yuk kita mulai
ga usah panjang lebar lagi , yuk kita mulai
Quote:

Quote:
APA SIH COUSTOMER?
tentunya sebagai salles yang baik agan harus mengetahui "apa sih customer?", yap, costumer itu adalah seorang pelanggan yang wajib kita layani dengan sepenuh hati dan memenuhi apa yang ia butuhkan dan membuatnya puas dengan pelayanan kita
tentunya sebagai salles yang baik agan harus mengetahui "apa sih customer?", yap, costumer itu adalah seorang pelanggan yang wajib kita layani dengan sepenuh hati dan memenuhi apa yang ia butuhkan dan membuatnya puas dengan pelayanan kita
Quote:

Quote:
Quote:
untuk mewujudkan semua itu tentulah kita perlu mengetahui istilah "3W+1H", karena inilah yang akan customer tanyakan pada kita dan perlu kita tahu
Quote:
APASIH 3w+1h ITU??
istilah itu merupakan singkatan dari beberapa kata berikut:
istilah itu merupakan singkatan dari beberapa kata berikut:
Quote:
>>what : apa?
( maksudnya adalah apasih yang kita jual dan kelebihannya )
( maksudnya adalah apasih yang kita jual dan kelebihannya )
Quote:
>>who : siapa ?
( kita juga harus tau produk yang kita jual untuk keperluan apa, dan siapa yang akan menggunakannya)
( kita juga harus tau produk yang kita jual untuk keperluan apa, dan siapa yang akan menggunakannya)
Quote:
>>when : kapan
( kapan atau saat apa produck kita bisa bermanfaat bagi customer tsb)
( kapan atau saat apa produck kita bisa bermanfaat bagi customer tsb)
Quote:
>>why : mengapa
(customer harus mengetahui mengapa ia harus membeli produk kita, dalam hal ini di perlukan produc knowledge atau memahami keunggulan produk yang kita jual di banding produk lain)
(customer harus mengetahui mengapa ia harus membeli produk kita, dalam hal ini di perlukan produc knowledge atau memahami keunggulan produk yang kita jual di banding produk lain)
Quote:
>>how : bagaimana
(bagaimana cara kita menyampaikan kepada customer agar costumer itu mengerti kelebihan, dan mau membeli produk yang kita jual)
(bagaimana cara kita menyampaikan kepada customer agar costumer itu mengerti kelebihan, dan mau membeli produk yang kita jual)
Quote:

Quote:
selanjutnya di perlukan pula pengembangan diri sebagai salles dan menjaga kualitas produk,
Quote:
1. quality (kualitas),
dimana setiap customer tentu menginginkan barang atau produck yang berkualitas dengan harga terjangkau, hal ini wajar demikian juga dengan kita sendiri kan??
dimana setiap customer tentu menginginkan barang atau produck yang berkualitas dengan harga terjangkau, hal ini wajar demikian juga dengan kita sendiri kan??

Quote:
2. efficiency (efisien)
yaitu bagaimana kita mampu melayani customer dengan cepat dan tidak bertele - tele namun mampu menghasilkan salles / penjualan, hal ini tentunya di perlukan "SERVICE" yang baik
yaitu bagaimana kita mampu melayani customer dengan cepat dan tidak bertele - tele namun mampu menghasilkan salles / penjualan, hal ini tentunya di perlukan "SERVICE" yang baik
Quote:
3.service :
hal yang paling penting dalam dunia retail, dimana service yang bagus akan menghasilkan salles yang bagus
service ini mencakup beberapa hal dalam kpribadian diri yaitu : kesopanan, tutur kata yang jelas, tidak bertele-tele, cepat, tanggap, dll
hal yang paling penting dalam dunia retail, dimana service yang bagus akan menghasilkan salles yang bagus
service ini mencakup beberapa hal dalam kpribadian diri yaitu : kesopanan, tutur kata yang jelas, tidak bertele-tele, cepat, tanggap, dll
Quote:
reability : handal
ya tentunya semua hal di atas akan menjadikan kita sebagai salles man yang handal yang mampu meningkatkan pendapatan prusahaan
ya tentunya semua hal di atas akan menjadikan kita sebagai salles man yang handal yang mampu meningkatkan pendapatan prusahaan

Quote:

Quote:
setelah kita tau dan mengaplikasikannya dalam pekerjaan kita sebagai salles , tentunya akan menjadikan customer tersebut loyal terhadap kita, dan prusahaan kita,
namun tidak semua berjalan baik, karena anda akan menemui beberapa customer yang agak rewel
namun tidak semua berjalan baik, karena anda akan menemui beberapa customer yang agak rewel
Spoiler for beberapa contoh customer yang rewel:
Quote:
[CENTER]

Quote:
terkadang juga kita akan menemui beberapa customer yang rewel minta inlah itu lah, mau yang bagus lah, cacat dikit minta dimurahin lah, dan masih banyak lainnya
saran ane cuman satu gan.:
saran ane cuman satu gan.:
Spoiler for saran:
[CENTER]
PURA PURA MATI

PURA PURA MATI
Spoiler for lanjutan:
HAHA, ga gan becanda,
mungkin kalau ketemu customer yang seperti itu agan coba berikan pengertian, dan lebih bersabar dan usahakan tetap tersenyum
contoh gan :
mungkin kalau ketemu customer yang seperti itu agan coba berikan pengertian, dan lebih bersabar dan usahakan tetap tersenyum
contoh gan :
Quote:
P: pembeli
S: salles
P : mas ini kok sepatu mahal ya?
s : iya pak, spatu ini punya kelebihan ada lubang fentilasi di tapaknya, jadi kalau bapak jalan akan terasa dingin, dan tidak bau.
P : tapi buatan cina kan?
s : lisensinya aja pak, kalau brandnya punya amerika
P : ya tetep saja barang china
S : tapi kualitasnya bagus kok pak
p : ohh gitu ya??, terus kalau kna air basah dong dalamnya, kan bawahnya bolong

ini gan salah satu pertanyaan yang suka bikin kita skak-mat, ( hellow pak, andaikata sepatu bapak waterprof, tetep aja kalau ada kubangan air bapak akan lompatin, nah kalau bapak sadar ini sepatu ada lubangnya, masa iya bapak maen becek2an "MIKIR"~~cak lontong
S: salles
P : mas ini kok sepatu mahal ya?
s : iya pak, spatu ini punya kelebihan ada lubang fentilasi di tapaknya, jadi kalau bapak jalan akan terasa dingin, dan tidak bau.
P : tapi buatan cina kan?
s : lisensinya aja pak, kalau brandnya punya amerika
P : ya tetep saja barang china
S : tapi kualitasnya bagus kok pak
p : ohh gitu ya??, terus kalau kna air basah dong dalamnya, kan bawahnya bolong


ini gan salah satu pertanyaan yang suka bikin kita skak-mat, ( hellow pak, andaikata sepatu bapak waterprof, tetep aja kalau ada kubangan air bapak akan lompatin, nah kalau bapak sadar ini sepatu ada lubangnya, masa iya bapak maen becek2an "MIKIR"~~cak lontong
Quote:
intinya customer itu bermacam2 gan, ada yang gengsi juga, sebenernya sih dy memang tidak niat membeli atau apalah ane juga kadang bingung ganz
.
yang penting kita harus sabar karena "PEMBELI ITU ADALAH RAJA" , jangan sampai ada complain dll,
intinya kita sebagai salles itu adalah pelayan, dan seorang pelayan harus memuaskan pelanggannya

yang penting kita harus sabar karena "PEMBELI ITU ADALAH RAJA" , jangan sampai ada complain dll,
intinya kita sebagai salles itu adalah pelayan, dan seorang pelayan harus memuaskan pelanggannya
Quote:
sekian thread dari ane
semoga bermanfaat,
yang berkenan boleh traktir ane



semoga bermanfaat,
yang berkenan boleh traktir ane






Quote:
kalau agan2 ada yang mau nambahin juga boleh, komentar2 terbaik akan ane taro page 1
Quote:

0
3K
Kutip
25
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan