CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Lakukan 7 Hal Ini Saat Ditilang Polisi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/543367dbc3cb1799268b456c/lakukan-7-hal-ini-saat-ditilang-polisi

Lakukan 7 Hal Ini Saat Ditilang Polisi

Saat diperjalanan tiba-tiba Anda melihat sekumpulan polisi atau mendengar suara sirine polisi di belakang kendaraan kita mungkin adalah ‘mimpi buruk’ bagi Anda yang tidak tertib lalu lintas. Memang, hal ini bisa terjadi pada siapapun termasuk Anda, kapan saja dan dimana saja.

Hal terpenting saat menyadari kondisi ini adalah sikap Anda saat menghadapinya. Jika Anda salah bersikap, salah-salah tilang atau peringatan akan diberikan oleh polisi. Nah, sebelum hal ini benar-benar terjadi Anda perlu melakukan beberapa tips ini ketika diberhentikan polisi di pinggir jalan.
Lakukan 7 Hal Ini Saat Ditilang Polisi
1. Menepikan kendaraan dengan aman

Saat Anda merasa ada polisi di belakang kita dan menyuruh kita berhenti, segeralah menepikan kendaraan Anda. Tentu saja selain untuk keamanan, ini untuk mencegah polisi menganggap Anda kabur dari kejarannya.

Pilih bahu jalan yang sedikit lega dan bebas dari kendaraan-kendaraan lain yang sedang melaju di kiri Anda. Nyalakan lampu sein kiri sebagai penanda agar tidak menambah masalah Anda tidak berkendara dengan baik.

2. Lakukan tindakan pencegahan keamanan

Setelah menepikan kendaraan segera matikan kendaraan. Jika menggunakan mobil tarik tuas rem tangan dan lampu hazard dinyalakan. Polisi akan lebih menghargai tindakan Anda karena memperhatikan keselamatan pengendara lain yang lewat.

3. Jangan anggap sebagai ancaman

Bukan berarti diberhentikan polisi adalah ancaman bahaya, atau malah mengancam nyawa polisi. Saat Anda diberhentikan, segeralah membuka jendela mobil dan letakkan kedua tangan pada kemudi mobil.

Usahakan jangan turun dari mobil jika tidak diminta. Ketika diberhentikan malam hari, nyalakan lampu dalam mobil untuk memastikan polisi bahwa Anda bukan orang jahat.

4. Serahkan SIM dan STNK

Biasanya polisi akan meminta surat-surat berkendara seperti SIM dan STNK. Untuk pencegahan tunjukan surat-surat tersebut jika diminta saja. Jangan bergelagar mencari-cari surat karena justru polisi akan menganggap tindakan Anda mencurigakan dan malah menggeledah seluruh mobil Anda.

5. Tenang dan Sopan

Dengan bersikap tenang dan berbicara yang baik dengan polisi akan menyelamatkan posisi Anda. Jangan merasa Anda kenal dekat dengan polisi seperti menyapa dengan sebutan “bos”, namun gunakan sapaan “pak” atau “bu”. Tidak berbicara ngawur, karena justru Anda dianggap sedang mabuk yang justru memperberat hukuman tilang.

6. Jangan menyogok

Biasanya karena tidak mau berlama-lama berurusan dengan polisi, Anda memberikan sejumlah uang kepada polisi sebagai uang tilang. Uang itu bisa menjadi bumerang untuk Anda dan polisi akan memberikan pasal tambahan. Jalani prosedur tilang sesuai yang ditetapkan agar hukuman tidak semakin berat.

7. Jangan mengakui kesalahan

Bukan saatnya Anda untuk beradu argumentasi saat diberhentikan. Namun jangan mengiyakan pernyataan polisi bahwa Anda telah melanggar lalu lintas. Jika mengiyakan dengan mudah, bukti tersebut justru memberatkan Anda. Selesaikan semua urusan di pengadilan namun pastikan apakah polisi yang menilang Anda membawa alat perekam atau tidak.

Lakukan 7 Hal Ini Saat Ditilang Polisi

Lakukan 7 Hal Ini Saat Ditilang Polisi

Lakukan 7 Hal Ini Saat Ditilang Polisi
Lakukan 7 Hal Ini Saat Ditilang Polisi
Spoiler for sumur:
Diubah oleh 8oo8le
Halaman 1 dari 2
Berkendara yg bener, surat dilengkapi. Pasti gak kena tilang.
makasih gan emoticon-Malu

gw biasa nyogok nih
nah itu masalah nya gan kalo ada sim stnk mah aman nah kalo ngga ada sim brabeh
Quote:


ahir nya gua melihat langsung tokomapan(tokomadju)
Post ini telah dihapus oleh wieani
alhamdulillah ane aman ada sim ama stnk
yang penting tetap si SEPTI meRInDING emoticon-Embarrassment
ane gapernah nyogok, tapi polisi nya yg minta emoticon-Sorry
keliatannya TS pernah nih emoticon-Ngakak
Mau nambahin gan. Kalo misalnya ketilang kita bisa minta surat tilang yg berwarna "biru" bukan "merah" karna yg biru itu bisa kita tebus lewat atm terus denda nya juga lebih kecil gan. Biasanya si polisi gamau ngasih yg warna biru tapi kalo kitanya ngotot bakal tetep dikasih kok. Sekian gan emoticon-Big Grin
kalo ane mah lengkap gan,jadi ga perlu panik.
yang peting patuhi rambu lalu lintas emoticon-I Love Indonesia (S)
wah info bagus nih. meski lengkap ane tetep grogi gan emoticon-Big Grin
biasanya kalo udah legkap.. cari2 kesalahan dh...emoticon-Mad (S)
Lbh respect klo polisi kgak ush pke acara tilang menilang saat hari besar
Ane pernah ketilang habis solat id emoticon-Marah
emoticon-Matabelo
matab gan inpohnya
Selalu bawa surat surat bermotor (sim+stnk) dan tetep safety.. Jadi tenang berkendara kmn aja dan ttp santai ketika di stop.kan semuanya lengkap emoticon-Big Grin
Makasih Info nya Gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Post ini telah dihapus oleh hansip
kalau itu mah menyerahkan diri ke polisi gan emoticon-No Hope
Quote:


Meski udah lengkap kadang" ada loh alasan polisi buat nilang.
Salah satunya tuh tutup pentil aja dipermasalahin emoticon-Cape d...
Halaman 1 dari 2


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di