[KASKUSEPUR] Semua Tentang Perjalanan Dengan Kereta Api
"...dan menjadi sebuah kenikmatan tersendiri kala semboyan membahana diantara pegunungan, melintasi hutan dan pesawahan, menyisir tepian pantai"
SELAMAT DATANG DI KASKUSEPUR
Thread ini bertujuan untuk saling memberikan info tentang travelling dengan menggunakan kereta api. walaupun thread ini sebagian besar membahas kereta api penumpang jarak jauh di Indonesia, tapi ga diharamkan juga untuk membahas jenis kereta lainnya. kasak-kusuk seputar dunia perkeretaan juga akan dibahas disini, khususnya yang erat kaitannya dengan dunia jalan-jalan..
Usahakan menggunakan Multi-quote dalam me-reply!
Ga ngerti caranya Multi-quote di hape? baca disini
Dalam me-reply posting yg panjang (misalnya Trip Report), cukup dikutip bagian judul dan atau sebagian isi awalnya
Dilarang OOT dan posting ga penting!
Jadi ga boleh OOT? boleh aja, tapi dengan cara yang cakep. misalnya dengan nyelipin OOT diakhir post setelah posting info yang bermanfaat, atau setelah menjawab pertanyaan yang ada
Dalam membuat Trip Report atau Catatan Perjalanan, cantumkan:
- Nama KA, Relasi, Tanggal dan jam keberangkatan (wajib)
- Foto-foto (opsional, tapi yang namanya Trip Report rasanya kurang afdol kalo gada fotonya)
- Gunakan tag spoiler dan tag quote di dalam spoiler (contohnya disini)
Dalam memposting jadwal dalam bentuk foto yang bukan hasil jepretan sendiri, atau dalam bentuk tabel yang bukan disusun sendiri, tolong sebutin sumbernya!
Hargailah orang yang udah capek2 ke stasiun bwt ngambil foto atau menyusun tabel itu
Terakhir, tapi ga kalah penting: Biasakan baca keseluruhan pejwan sebelom bertanya!
1. Dilarang login kalo cuma bwt liat2 atau posting diluar pejwan
2. Harap mengisi status login agar admin laen bisa mengetahui bahwa ente sedang melakukan pengeditan (kadang tidak cukup dengan hanya melihat icon online/offline)
3. Cantumkan full/short username di tengah/kanan bawah post yg telah diedit (disesuaikan dgn estetika aja)
khusus post#1 ga perlu kalo emank gada yg diedit selaen ngisi/ngapus status login
4. Jika memerlukan foto, sebisa mungkin utamakan foto sumbangan warga sini (bisa diambil dari Trip Report dgn mencantumkan linknya)
5. Setelah selesai edit, kosongkan status dan segera logout
6. Jika ada admin yg sedang login, admin laen tidak diperkenankan login untuk menghindari kekacauan
7. Mari menjaga post#1 ini sebersih dan sesederhana mungkin
TIKET
1. Panduan jika tiket hilang atau rusak cek disini
2. Tiket udh dibooking dan dibayar, tapi belum dicetak. Pengen ganti data / dibatalin disini
3. Salah Satu huruf saat melakukan input data, tiket udah di print disini
4. Isi Nomor Identitas buat anak dibawah umur 17 tahun untuk isi formulir pemesanan loket, web, dll disini
5. Sudah bayar, tapi di cek kode booking di web KAI nomor booking tidak tersedia disini
6. Cara dapetin tiket gratis kalau udah punya 15 / 20 tiket KA dengan nama penumpang dan relasi KA yang sama disini
7. 2 Tiket dengan 1 nama supaya duduknya lega disini
8. Tarif di tiket beda dengan yang dibayar cek disini
BOARDING
1. Apa itu Sistem Boarding disini
2. Aturan barang yang boleh naik ke atas KA disini
3. Sistem Check-in & Boarding Pass (trial) disini
TARIF
1. Reduksi (Diskon) untuk tiket KA Jarak Jauh disini
2. Peraturan untuk Tarif Anak disini
3. Beda subclass A, H, I, ama J di web apa? disini
4. Duduk sebelahan tapi harga beda disini
5. Naik dari stasiun tengah boleh ga? disini
6. Tarif parsial untuk beberapa jurusan cek disini
7. Tarif Promo untuk KA baru per Februari 2014 cek disini
8. Penghitungan Pembelian di Channel Eksternal per 1 Juli cek disini
CHANNEL PENJUALAN, MITRA, LOKET
1. Channel Penjualan Tiket, Tempat Pembayaran Resmi PT KAI, dan Aplikasi Smartphone Anak Perusahaan PT KAI disini
2. Penukaran Bukti Transaksi Tiket dari Mitra PT KAI disini
3. Stasiun Nolak Jual Tiket KA Semua Kelas disini
4. Tips beli tiket dari Contact Center dan di Loket disini
5. Beli tiket via Railcard dan Railbox disini
6. Cara penggunaan alat Cetak Tiket Mandiri cek disini
7. Pembelian Tiket KA Lokal per 20 Januari 2014, cek disini
RESCHEDULE DAN PEMBATALAN
1. Reschedule tiket KA disini. Contoh cara ngehitungnya disini
2. Pembatalan tiket KA disini , Jadwal Loket Pembatalan atau Pengambilan Refund by agan bijinyakadal cek disini
3. Kenapa uang pembatalan dikembalikan 30-45 hari? disini
4. Pembatalan Tiket Promo disini
5. Kenapa uang reschedule / batal tunda kalau lebih ga dibalikin? disini
OOT
1. Kenapa ga ada operator lain di Indonesia? disini
2. Arti warna di plat nama petugas PT KAI? disini
3. KAI ini Pemerintah atau Bukan? disini
4. Beda KA dengan nomor ganjil dan genap? disini
1. Lempuyangan Yogyakarta
dari sini dilanjutkan dengan KA Sri Tanjung (K3) yg berangkat jam 07.15 menuju stasiun Banyuwangi Baru (21.15)
2. Malang
dari sini dilanjutkan dengan KA Tawang Alun (K3) yg berangkat jam 15:55 menuju stasiun Banyuwangi Baru (23:30)
3. Surabaya Gubeng
dari sini dilanjutkan dengan salah satu KA berikut ini:
- Mutiara Timur Siang (K1 & K2) yg berangkat jam 09.00 menuju stasiun Banyuwangi Baru (15:30)
- Sri Tanjung (K3) yg berangkat jam 14:30 menuju stasiun Banyuwangi Baru (21:15)
- Mutiara Timur Malam (K1 & K2) yg berangkat jam 22:00 menuju stasiun Banyuwangi Baru (04:25)
Selanjutnya dari stasiun Banyuwangi Baru dilanjutkan dengan:
1. Bus Damri yg disediakan KAI langsung menuju Denpasar
tarif bus ini 65K (include tiket kapal Ferry). bus ini hanya beroperasi pada jam kedatangan KA Mutiara Timur. tiket dapat dibeli bersamaan dengan tiket Mutiara Timur (TITAM) atau langsung membayar diatas bus
2. Kapal Ferry dari pelabuhan Ketapang
pelabuhan ini bisa ditempuh dgn berjalan kaki dari stasiun Banyuwangi Baru selama kira 7 - 10 menit. tarifnya adalah 6,5K. setelah tiba di pelabuhan Gilimanuk, perjalanan dilanjutkan dgn bus AKAP atau bus Lokal
3. Bus AKAP
tarifnya berkisar antara 40K - 50K (AC, Toilet, bangku 2-2) dan naik dari pelabuhan Gilimanuk
4. Bus Lokal Medium (3/4)
setelah turun kapal Ferry, kluar dulu dari pelabuhan lewat jalur khusus pejalan kaki. setelah melewati pos pemeriksaan kartu identitas, jalan aja terus. kira2 50 meter, ada pertigaan. jalan yg ke kiri menuju terminal bus lokal, dimana bus 3/4 yg ke terminal Ubung bertarif 25K - 30K ngetem. tapi kalo dah malem resikonya ngetemnya makin lama, kecuali ada rombongan
Waktu tempuh dari pelabuhan Gilimanuk ke Denpasar sekitar 3 - 4 jam
Pare (Kampung Inggris)
Spoiler for KA:
Quote:
Original Posted By azroel3►pertanyaan ini sering membanjiri forum traveller domestik dan regional kediri, so daripada banjir bandang pertanyaan yg sama, ane buatin deh tipsnya
sebenarnya Pare punya stasiun, cuma mati dari tahun 1980
dari jakarta/bandung/jogja/semarang:
jakarta:
jika ingin turun Jombang bisa naik bangunkarta, tidak disarankan naik gaya baru malam selatan karena bus ke pare terakhir kan 5 sore, sedangkan gaya baru sampai jombang malem banget. bima juga tidak disarankan karena sampek jombang jam 3.30an, padahal bus paling pagi jam 6 pagi (alias kepagian )
setelah turun dari bangunkarta, keluar stasiun jombang belok kanan (arah timur) sampai ketemu perempatan, perempatan belok kanan (arah selatan), cegat bus arah pare setelah melewati perlintasan kereta, bisa bus besar arah kediri ataupun bus kecil patas blitar ingat jangan cegat bus kecil arah malang.
jika ingin turun Kediri, bisa naik gajayana dan brantas, matarmaja dan majapahit tidak direkomendasikan karena sampai kediri pagi buta, padahal bus ke pare baru ada jam 6an pagi (alias kepagian ). keluar stasiun saya rekomendasikan naik becak or ojek (kalau jalan kaki takutnya nyasar ) ke Pertigaan Kantor Pos Kediri, di sana cegat bus arah pare, bisa bus kecil or besar.
bandung:
jika ingin turun Jombang silahkan naik mutiara selatan atau turangga, jika naik mutiara selatan bisa istirahat/santai2 dulu di stasiun jombang karena sampeknya jam 4.40an, sedangkan bus ke pare paling pagi jam 6 pagi, tidak direkomendasikan naik argo wilis dan pasundan karena sampai jombang malam, padahal bus ke pare jam 5 sore sudah habis, kemudian ikut tips bold merah di atas.
jika ingin turun Kediri, bisa naik kahuripan, naik malabar tidak direkomendasikan karena sampai pare pagi buta, padahal bus ke pare baru ada jam 6an pagi (alias kepagian ). kemudian ikut tips bold biru seperti di atas.
jogja: selain naik gajayana, turangga, mutiara selatan dan kahuripan, bisa juga naik logawa turun Jombang, kemudian ikuti tips bold merah atau biru di atas sesuai stasiun tujuan.
semarang: bisa naik brantas or bangunkarta, kemudian ikuti tips merah or biru sesuai stasiun tujuan.
surabaya/jember/banyuwangi
surabaya: naik kereta rapih dhoho turun Jombang, kemudian ikuti tips bold merah di atas.
jember: bisa naik kereta logawa or sritanjung, turun Jombang, kemudian ikuti tips bold merah di atas.
banyuwangi: naik sritanjung turun Jombang kemudian ikut tips bold merah di atas.
PS:
1.harap sabar menunggu bus ke Pare, biasanya intervalnya 1-2 jam
2.naik Angkutan Desa (angdes) jombang-pare or kediri-pare juga boleh. cegat di tempat yg sama kaya bus.
Disclaimer: perlu diketahui bahwa bus dari Kediri/Jombang ke Pare hanya ada antara jam 6.00 pagi sampai jam 17.00 (5 sore), kami tidak bertanggung jawab jika kereta telat (sampai Jombang/Kediri diatas 5 sore) atau kepagian (dibawah jam 6 pagi), jika kemalaman or kepagian bisa naik ojek dari stasiun Kediri/Jombang ke Pare.
sekian, CMIIW
pejwan dong
Pangandaran
Spoiler for KA:
Quote:
Original Posted By dokumen►
intinya harus ke stasiun Banjar. untuk menuju stasiun ini, pilihan rutenya: Cirebon - Kroya - Banjar atau Cirebon - Bandung - Banjar. karena ente ga nyebutin kapan mau berangkat, dana, dan kapan tepatnya ente mau nyampe (pagi/siang/malam), jadi sesuaikan aja sendiri ya..
Cirebon - Kroya - Banjar
Cirebon - Kroya
Code:
[color=blue][b]08.45 - 11.20, KA Kutojaya Utara K3 (Cirebon Prujakan)[/b][/color]
09.06 - 11.45, KA Gajahwong K3AC (Cirebon Prujakan)
09.23 - 12.07, KA Purwojaya K1 & K2 (Cirebon)
10.04 - 12.49, KA Sawunggalih Pagi K1 & K2 (Cirebon)
15.05 - 17.54, KA Gaya Baru Malam Selatan K3 (Cirebon Prujakan)
16.00 - 18.43, KA Bengawan K3 (Cirebon Prujakan)
21.27 - 00.04, KA Senja Utama Yogya K2 (Cirebon)
[B][color=red]21.51 - 00.58, KA Bogowonto K3AC (Cirebon Prujakan)[/color][/B]
23.22 - 02.08, KA Sawunggalih Malam K1 & K2 (Cirebon)
Kroya - Banjar
Code:
[B][color=red]01.47 - 03.16, KA Turangga K1[/color][/B]
07.10 - 09.07, KA Serayu Pagi K3
10.35 - 12.50, KA Kutojaya Selatan K3
13.44 - 15.14, KA Argo Wilis K1
[color=blue][b]17.10 - 19.05, KA Serayu Malam K3[/b][/color]
Cirebon - Bandung - Banjar
Cirebon - Bandung
Code:
[B][color=red]01.16 - 05.13, KA Harina K1 & K2 (Cirebon)[/color][/B]
[color=blue][b]04.35 - 08.29, KA Ciremai Ekspres K1 & K3 (Cirebon)[/b][/color]
Bandung - Banjar
Code:
00.05 - 03.54, KA Serayu Malam K3 (Kiaracondong)
05.30 - 09.11, KA Pasundan K3 (Kiaracondong)
[B][color=red]07.00 - 10.31, KA Lodaya Pagi K1 & K2 (Bandung)[/color][/B]
08.00 - 11.28, KA Argo Wilis K1 (Bandung)
[color=blue][b]12.05 - 15.52, KA Serayu Pagi K3 (Kiaracondong)[/b][/color]
15.35 - 19.12, KA Malabar K1, K2, K3 (Bandung)
17.00 - 20.46, KA Mutiara Selatan K2 (Bandung)
19.00 - 22.20, KA Lodaya Malam K1 & K2 (Bandung)
20.00 - 23.30, KA Turangga K1 (Bandung)
20.30 - 00.15, KA Kahuripan K3 (Kiaracondong
21.10 - 01.00, KA Kutojaya Selatan K3 (Kiaracondong)
Catetan:
1. K1 = Eksekutif, K2 = Bisnis, K3 = Ekonomi, K3AC = Ekonomi AC
2. Jadwal biru adalah tiket termurah tapi waktu tunggu gila2an (bisa kelar 7 tato sambil nunggu)
3. Jadwal merah adalah tiket mahal tapi waktu tunggunya sebentar
4. Cek ketersediaan tempat duduk beserta harga di tiketkai.com atau tiket.com/kereta-api
5. Pertimbangkan lamanya waktu tunggu di stasiun kedua (Kroya atau Bandung/Kiaracondong)
6. Dari stasiun Bandung ke stasiun Kiaracondong bisa naek KA Lokal atau angkot
7. Dari stasiun Banjar nyambung naek bus ke Pangandaran
Palembang
Spoiler for KA:
Quote:
Original Posted By bgs_dng_fbrnt►Alternatif transportasi dari Jakarta menuju Palembang menggunakan kereta api.
1. Cara Nyaman Cara ini merupakan yang paling nyaman, praktis, dan tentunya mahal.
a. Naik Damri dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Tanjung Karang (Bandar Lampung). Jadwal berangkat dari Gambir jam 0800, 1000, 2000, dan 2200 (menurut penuturan seorang teman pengguna setia angkutan ini, CMIIW). Tarif Bisnis 135k, Eksekutif 175k, Royal 205k. Perjalanan normal sekitar 8 jam.
b. Turun Stasiun Tj Karang, dilanjut dengan kereta api pilihan. Rajabasa: K3, tarif 65k, berangkat jam 0800. Limex Sriwijaya: K2 & K1, tarif mulai 90k, berangkat jam 2000.
c. Dari Stasiun Kertapati ke pusat kota Palembang bisa naik angkot warna kuning 3k, naik bus kota jurusan Km 12 4k, atau naik ojek 25k.
2. Cara Ngeteng Cara alternatif dengan ngeteng lebih murah, flexibel dan tidak terikat jadwal pemberangkatan bus.
a. Naik bus jurusan Merak (Primajasa, Arimbi, dll). Bisa naik dari Kp Rambutan, Slipi Jaya, Kebon Jeruk, atau Tj Priok. Tarif mulai 17k - 25k. Lama perjalanan normal dari gerbang TOL Kebon Jeruk ke Merak 2 jam.
b. Turun di Terminal Merak bisa jalan kaki ke pelabuhan sekitar 10 menit. Atau naik ojek, tarif sekitar 5k.
c. Naik Ferry ke Bakauheni. Tarif 13k, lama perjalanan normal 2 jam. Cuaca buruk bisa sampai 4 jam.
d. Dari Pelabuhan Bakauheni naik travel (mobil Xenia, Avanza ato APV) ke Stasiun Tj Karang. Tarif 40k, lama perjalanan normal 2,5 jam.
e. Turun Stasiun Tj Karang, dilanjut dengan kereta api pilihan. Rajabasa: K3, tarif 65k, berangkat jam 0800. Limex Sriwijaya: K2 & K1, tarif mulai 90k, berangkat jam 2000.
f. Dari Stasiun Kertapati ke pusat kota Palembang bisa naik angkot warna kuning 3k, naik bus kota jurusan Km 12 4k, atau naik ojek 25k.
3. Cara Kere Cara yang sedikit nyeleneh, ekonomis, dan butuh tekad yg kuat.
a. Naik Patas Merak atau Banten Ekspress dari Stasiun Angke, Duri, Palmerah, dll. Jadwal nya jam 0730 dan jam 1400 (CMIIW). Tarifnya sampai merak 5k, lama perjalanan 4 jam.
b. Sampai Stasiun Merak jalan kaki ke pelabuhan. Sebelah Stasiun Merak ada koridor penghubung ke pelabuhan, jadi langsung masuk Ferry.
c. Naik Ferry ke Bakauheni. Tarif 13k, lama perjalanan normal 2 jam. Cuaca buruk bisa sampai 4 jam.
d. 1. Dari Pelabuhan Bakauheni naik travel (mobil Xenia, Avanza ato APV) ke Stasiun Tj Karang. Tarif 40k, lama perjalanan normal 2,5 jam. atau
d. 2. Dari Pelabuhan Bakauheni naik bus jurusan Bandar Lampung, turun di Terminal Rajabasa. Tarif 20k - 25k, lama perjalanan normal 2,5 jam. Dari Terminal Rajabasa naik angkot warna biru telor asin, tarif 3k.
e. Turun Stasiun Tj Karang, dilanjut dengan kereta api pilihan. Rajabasa: K3, tarif 65k, berangkat jam 0800. Limex Sriwijaya: K2 & K1, tarif mulai 90k, berangkat jam 2000.
f. Dari Stasiun Kertapati ke pusat kota Palembang bisa naik angkot warna kuning 3k, naik bus kota jurusan Km 12 4k, atau naik ojek 25k.
Probolinggo (Gunung Bromo)
Spoiler for KA:
Quote:
Original Posted By gwanakjogja►baca - baca post awal. gue seneng banget ngebaca info - info tentang perjalanan ke suatu tempat wisata . apalagi yg bisa dilalui kereta.. kalau boleh nambahin.. gue pengen jg ngasih info perjalanan kereta yang bisa dipakai buat jalan - jalan ke gunung bromo, jawa timur berdasar pengalaman pribadi gue..
kalo pake kereta. stasiun terdekat dan yg gampang itu stasiun probolinggo, jawa timur
monggo
Quote:
Jakarta - cemoro lawang, kab. probolinggo Jawa timur sebagai pintu gerbang menuju kawah gunung bromo
dari jakarta . pilihan buat ke gunung bromo
Jakarta - Lempuyangan - Probolinggo
Jakarta - Lempuyangan
Spoiler for Pasar Senen - Lempuyangan:
Krakatau : Jam 12.30 - 21.35 Rp 200,000 , Rp 185.000, Rp 170.000
Bengawan : Jam 13.00 - 21.46 Rp 95.000
Progo : Jam 22.00 - 06.26 Rp 85.000
Lempuyangan - Probolinggo
Spoiler for Lempuyangan - Probolinggo :
Sri Tanjung 07.45 - 16.00 Rp 80.000
Logawa Jam 09.00 - 17.20 Rp 80.000
*bold biru yang gue anggap paling murah dan paling cepat waktu
setelah sampai di Probolinggo. agan keluar stasiun trus nyebrang jalan. lalu cari angkot biru ke terminal. bayar Rp. 3000 trus turun di terminal.
di terminal. agan bisa cari Angkutan elf (orang sana nyebut bison) tujuan ke cemoro lawang. . dgn harga Rp 15.000 - Rp 20.000 biasanya supir mau nganterin tapi dengan catatan nunggu penumpang penuh. dan kalo gak penuh jarang yg mau brangkat.(bison kapasitas 12 orang)
btw. angkutan bison setelah jam 5 sore. gak ada / jarang yang mau. kecuali di sewa ..
----------------------
kereta jg sebenernya bisa via Jakarta - Surabaya - Probolinggo.
tapi pertimbangan waktu yang lebih efektif. gue saranin via lempuyangan aja karena jalur pantura lagi banyak proyek peningkatan double track.
segitu dulu ya. kalo ada yang kurang dan ada koreksi dari kalian bakalan gue tambahin lagi. makasih
+bisa juga dari pasar senen naik KA Progo turun di purwokerto untuk nyambung menuju probolinggo naik KA Logawa yg berangkat stasiun purwokerto jam 06:00
nih rincian nya .. sekalian kalo ada kesalahan bisa dikoreksi jg ya
pilihan kereta nya banyak..
Spoiler for pilihan:
sumber:tiketkai.com
itu ss gw ambil contoh tanggal 28 jan 2014 . gw saranin ambil yg tawang jaya aja. brangkat dari pse jam 22.00 - dateng nya jam 5 pagi turun di stasiun poncol. selain bus uda pada beroperasi. waktu nya banyak buat sampe ke ambarawa..
nah dari stasiun poncol . biasanya ada bus kecil tujuan semarang - salatiga yang mangkal. cegat aja.. bayar nya sekitar rp 8.000 . turun di ambarawa .di pertigaan simpang salatiga - jogjakarta . trus jalan kaki / naek angkutan ke museum kereta api nya.. gak jauh kok. sekalian olahraga hhe
Original Posted By die9.symphonie►
Sedikit nambahin aja Gan,
Pertama, bener banget kalo mau pake K3 yg relevan waktunya naik Tawang Jaya, karena cuma itu yg sampai Semarang pagi, tapi kalo mo pakai K3 lainnya boleh sih, cuma ente harus bertahan di SMC dulu sampe matahari terbit, karena angkutan di Semarang gak 24 jam selain taksi.
Dari Poncol Agan bisa ke Terboyo dulu atau ke Sukun, karena bis arah Ambarawa gak lewat depan St. Poncol.
(1) Kalo mo ke Terboyo, Agan bisa naik bebas bis yg lewat depan St. Poncol, gak usah mikir jurusan mana, karena itu pasti ke arah Terboyo (yang ke arah kiri). Ntar kasih aja Rp2.000,- tapi biasanya minta tambah, tambahin aja Rp1.000,- syukur2 gak minta
Setelah sampai Terboyo, naik bis yang Jurusan Jogja atau Ambarawa, turun Tugu Palagan (a). Opsi lainnya Agan bisa naik bis Salatiga/Solo, turun setelah Jembatan Tuntang, jalan kaki sedikit ke arah St. Tuntang, nanti Agan bisa sekalian nyobain naik kereta wisata dari St. Tuntang tujuan St. Ambarawa (b)
(2) Atau depan St. Poncol ada pertigaan, Agan ambil aja arah pertigaan tersebut, ntar ketemu Paragon Mall sebelahan ama Pertamina, deket situ ada dealer Subaru, dari situ Agan bisa naik bis (arah kanan) jurusan Banyumanik, Ungaran, atau mungkin yang jurusan Ambarawa lewat situ, lupa ane
Saran ane kalo gak ada yang tujuan Ambarawa, Agan naik aja Trans Semarang Koridor 2, warna Merah, halte ada di kiri dealer Subaru, ntar turun Pasar Ungaran, dari situ agan naik bis lagi sesuai poin (a) dan (b) di atas.
Sekedar info, katanya Museum masih direnovasi tuh, coba cari infonya dulu gan, salah satu sumbernya nih [klik]
Gua Buniayu, Sukabumi
Spoiler for KA:
1. Stasiun Bogor
Untuk menuju stasiun ini bisa naek Commuter Line jurusan Jakarta Kota - Bogor atau Jatinegara - Bogor
2. Stasiun Sukabumi
Untuk menuju stasiun ini, perjalanan dari stasiun Bogor dilanjutkan dgn naek Kereta API Pangrango dgn tiket seharga 50K (Eksekutif) dan 20K (Ekonomi). jadwal keberangkatannya adalah:
Bogor 07.55 - Sukabumi 09.59
Bogor 13.25 - Sukabumi 15.29
Bogor 18.30 - Sukabumi 20.41
3. Gua Buniayu
Kalo perginya rame2, dari stasiun Sukabumi bisa carter angkot supaya cepet dan ga ribet. kalo perginya cuma sendiri atau berdua bertiga, transportasi selanjutnya adalah:
Naek angkot ke terminal Sukabumi
Dari terminal Sukabumi bisa jalan kaki atau naek angkot ke Ramayana
Dari Ramayana naek angkot lagi ke terminal Jubleg (sekitar 30 menit)
Dari terminal Jubleg naek angkot/bus jurusan Sagaranten trus turun di depan gerbang Gua Buniayu (sekitar 1,5 jam)
Berikut ini adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan di tiga thread sebelumnya, dan akan terus diperbarui...
Spoiler for FAQ:
Quote:
Saya ingin ke kota X nih gan, naik kereta apa ya?
Spoiler for A:
Silahkan cek post destinasi di halaman pertama, cari stasiun yang terdekat dengan tujuan agan. Untuk transportasi selanjutnya jika berganti moda (Bus, Feri, Pesawat) mungkin bisa ditanyakan di thread sebelah (misal thread bismania ) jika jawaban disini masih kurang memuaskan
Harga tiket KAxx tujuan kota F dari kota C untuk tanggal 1 Januari 1970 berapa ya gan?
Spoiler for A:
Agan bisa mengecek harga tiket melalui call center (021)-121, website KAI, website mitra KAI, agen penjualan tiket (termasuk minimarket).
Tips:
Silahkan cek post destinasi untuk memastikan kereta yang agan pilih berangkat dari dan menuju stasiun mana, terutama untuk kota kota dengan pemisahan stasiun (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo)
Dimana saya dapat membeli tiket Kereta Api?
Spoiler for A:
Tiket bisa dibeli di Stasiun Online (yang melayani pemberangkatan KA jarak jauh) serta channel penjualan PT KAI yang selengkapnya bisa dibaca di post ini
Beda kelas Ekonomi, Ekonomi AC, Bisnis, dan Eksekutif apa ya gan?
Spoiler for A:
Beda secara kapasitas penumpang, jenis tempat duduk, dan fasilitas. KA dengan kelas semakin tinggi juga mendapatkan prioritas perjalanan jika bersilang [penjelasan]
Lalu enaknya milih kelas apa nih gan?
Spoiler for A:
Nah, disini juga tergantung, apakah agan bepergian dengan tujuan mencari kenyamanan atau sekedar sampai ke tempat tujuan saja. Budget traveller / Backpacker, PJKA (Pulang-Jum'at-Kembali-Ahad ) seringkali merasa cukup bepergian dengan kereta Ekonomi atau Bisnis. Namun yang mencari kenyamanan dan ketepatan waktu boleh memilih kereta Bisnis atau Eksekutif
Biar hemat, naik ekonomi aja deh. Bangku yang posisi kursinya maju yang nomor genap atau ganjil ya gan?
Spoiler for A:
Ga bisa dipastiin mas bro, karena kadang rangkaian gerbong kereta juga saling dipertukarkan
Bangku yang enak yang nomer berapa ya gan?
Spoiler for A:
Ini juga relatif, sama seperti milih kelas kereta. Ada yang suka duduk dekat bordes biar gampang mondar mandir, tapi ada yang bilang kursi di bordes keras gara2 dekat boogie dan berisik karena dekat pintu yang sering dibuka tutup. Coba lirik post agan dokumen buat tambahan pertimbangan
Tips:
Gampang laper? Berhubung rata-rata rangkaian kereta terdiri dari 8 gerbong penumpang, pilih kursi di gerbong di tengah-tengah rangkaian, sekitar kereta 4 atau 5 yang dekat dengan gerbong restorasi (KM / KMP)
Kalo posisi duduk yang dekat jendela yang mana gan?
Spoiler for A:
Kursi A dan D untuk kelas Eksekutif, Bisnis dan Ekonomi AC, Kursi A dan E untuk kelas Ekonomi
Tips:
1. Naik KA Ekonomi dan ingin duduk dekat jendela? ambil kursi E, karena bangkunya untuk 2 orang. Sedangkan kursi A ada di bangku bertiga
2. Kecuali kehabisan, jangan pernah ambil bangku B di Kereta Ekonomi. Selain duduk bertiga juga posisi di tengah, mati gaya
3. Denah kursi ekonomi (posisi 2 atau 3 kursi) di Thread dan di Website reservasi berbeda? Ikuti denah sesuai di thread, sudah dibuktiken ama agan2 dimari
Apasih perbedaan kelas kelas A, H, I, J saat reservasi tiket jarak jauh kelas Eksekutif dan Bisnis?
Spoiler for A:
Pembagian kelas tiket KA itu disebut sebagai subclass. Perbedaan kurang lebih hanya di lokasi kursi, dimana kursi yang lebih "nyaman" (dekat jendela, di tengah gerbong, di tengah rangkaian) biasanya lebih mahal [penjelasan]
Kok beli tiket di loket dan di website KAI atau agen harganya beda gan?
Spoiler for A:
Pembelian tiket di luar loket (lewat agen, online via website KAI, minimarket, website mitra) dikenakan biaya administrasi yang besarnya bervariasi
Besar biaya administrasi pembelian tiket berapa gan?
Spoiler for A:
Besar biaya administrasi
via website KAI : Rp 7500 (tunai) atau Rp 22.500 (credit card)
minimarket : rata-rata Rp 7.500 untuk reservasi atau pembayaran kode booking, terkadang disertai bonus produk
mitra KAI tiket.com : Biaya administrasi dasar Rp 12.500, mendapat potongan tergantung metode pembayaran yang dipilih
mitra KAI paditrain.com : Rp 7.500 (tunai) atau Rp 9.000 (credit card)
Biaya administrasi dikenakan untuk setiap 1x reservasi dengan 1x reservasi dapat membeli maksimal 4 tiket untuk perjalanan yang sama
Wah, saya salah ketik nama waktu reservasi gan gimana nih, masa ditolak?
Spoiler for A:
Kesalahan tulis minor (e.g Mochammad jadi Mohammad) masih ditolerir, asalkan nomor identitas dan foto ID waktu pengecekan boarding sama [penjelasan]
Saya beli tiket dari Stasiun C menuju stasiun F, bolehkah saya naik dari stasiun lain?
Spoiler for A:
Jika misalnya Relasi perjalanan kereta anda adalah A - B - C - D - E - F - G (kereta berhenti di stasiun2 tersebut selama perjalanan), jika anda membeli tiket untuk C menuju F, anda diperkenankan naik dari stasiun C, D, dan E. Tidak diperkenankan naik dari stasiun A dan/atau turun di stasiun G [penjelasan]
Tips:
Jika anda hendak pergi ke F, namun masih ragu berangkat dari C atau D, lebih baik belilah tiket dengan relasi terjauh (C menuju F) terutama jika harganya sama
Wah gan, ternyata mendadak saya ga bisa berangkat nih, tiket KA apakah bisa dipindahtangankan?
Spoiler for A:
Tiket KA tidak diperkenankan untuk dipindahtangankan, walaupun penumpang pengganti membawa ID penumpang yang batal. Tiket dapat dibatalkan atau ditukar dengan tiket KA lain
Pembatalan atau penukaran tiket jarak jauh kena charge berapa gan? Caranya bagaimana?
Spoiler for A:
Charge 25% dihitung dari harga dasar tiket (diluar biaya administrasi), Contoh Perhitungan Pembatalan
Untuk penukaran tiket, diperkenankan ditukar dengan KA lain, bahkan dengan kelas yang berbeda, dengan ketentuan jika tiket KA pengganti lebih murah harganya, selisih harga tiket dianggap hangus
Tenang gan, ikuti prosedur step by step ini, secara garis besar, agan ke kantor kepolisian untuk mengurus surat keterangan hilang, bawa ke stasiun keberangkatan (Loket / CS / Kepala Stasiun), agan akan mendapatkan tiket manual yang sah.
Jika agan melakukan reservasi online, alangkah lebih baik kalo bukti reservasi & pembayaran jika masih ada turut dibawa
Kalau tiketnya rusak parah dan ampe ga terbaca lagi bijimane? maklum kemarin kehujanan deres banget
Spoiler for A:
Tiket rusak (basah, sobek, belah dua, ga berbentuk lagi, dll) bisa langsung diurus di CS stasiun keberangkatan, nanti dicek di manifest dan di buat kan tiket manual (mirip prosedur tiket hilang, tanpa harus mengurus surat kehilangan)
Ada promo apa nih sekarang di KAI?
Spoiler for A:
Silahkan cek post tentang promo, sebisa mungkin post tersebut akan dijaga tetap mutakhir (update)
Gan, ane mau berangkat nih dari Jakarta ke Jogja,tapi tiket ke Jogja udah pada habis semua?
Spoiler for A:
Coba menggunakan metode persambungan (estafet) misalnya agan dari Jakarta bisa ke Bandung dulu naik kereta "X" ,lalu setiba di Bandung menuju Jogja lanjut naik kereta "Y",di usahakan ente pilih KA yg jeda waktu antara kedatangan kereta "X" dan keberangkatan kereta "Y" cukup, jangan terlalu mepet dan usahakan juga pilih jeda yg ga terlalu lama
Trus klo KA "X" yg ane naikin telat dan ane ga bisa naik KA "Y" karna ketinggalan gimana? Apakah tiket KA "Y" bisa di refund?
Spoiler for A:
Dalam peraturan yg tertulis tidak bisa di refund alias tiket KA "Y" hangus
Kok gak bisa refund kan mau estafet ke KA selanjutnya? Di tiket kan tertera waktu keberangkatan dan kedatangan? Padahal bagus kan untuk pemicu operator soal ketepatan waktu KA?
Spoiler for A:
Memang bagus untuk pemicu ketepatan waktu KA, agar operator benar2 serius soal jadwal kedatangan KA (ontime), akan tetapi kembali lagi ke awal fungsi dari KA "X" (Jakarta - Bandung) dan KA "Y" (Bandung -Yogja -Solo-Surabaya) beda relasi dan bukan intermoda ataupun feeder.
Jadi peran KA "Y" sebagai KA pengangkut penumpang dari Bandung menuju Jogja Solo dst, dan begitu pula Kereta "X" dari Jakarta, yang bukan sebagai feeder KA "Y"
Gimana caranya ke Stasiun Gambir atau Pasar Senen dengan KRL?
Spoiler for A:
GAMBIR
Semua koridor/line KRL yang melewati Stasiun Gambir melintas langsung (tidak berhenti) di stasiun ini. Dari Bekasi :
1. Naik KRL Jurusan Jakarta Kota, turun di Stasiun Gondangdia atau Juanda (+/- 1 km dari Stasiun Gambir)
Dari Depok / Bogor :
1. Naik KRL Jurusan Jakarta Kota, turun di Stasiun Gondangdia atau Juanda (+/- 1 km dari Stasiun Gambir)
2.
- Naik KRL Jurusan Jatinegara, transit di Manggarai
- Naik KRL Jurusan Jakarta Kota, turun di Stasiun Gondangdia atau Juanda (+/- 1 km dari Stasiun Gambir)
Dari Maja / Parungpanjang / Serpong :
1.
- Naik KRL Jurusan Tanahabang, transit di Tanahabang
- Naik KRL Jurusan Depok / Bogor, transit di Manggarai
- Naik KRL Jurusan Jakarta Kota, turun di Stasiun Gondangdia atau Juanda (+/- 1 km dari Stasiun Gambir)
Dari Tangerang :
1.
- Naik KRL Jurusan Duri, transit di Duri
- Naik KRL Jurusan Depok / Bogor, transit di Manggarai
- Naik KRL Jurusan Jakarta Kota, turun di Stasiun Gondangdia atau Juanda (+/- 1 km dari Stasiun Gambir)
Dari Stasiun Gondangdia / Juanda yang berjarak sekitar 1 km, bisa ditempuh dengan:
1. Jalan kaki menyusuri jalan dibawah jalur rel layang
2. Ojek / Bajaj / Taksi (15-20k)
PASAR SENEN
Stasiun ini dilalui koridor Jatinegara - Depok / Bogor PP. KRL Jatinegara menuju Depok/Bogor berhenti di Stasiun Pasar Senen, tetapi arah sebaliknya, yakni KRL Depok/Bogor menuju Jatinegara melintas langsung. Dari Bekasi :
1.
- Naik KRL Jurusan Jakarta Kota, transit di Stasiun Jatinegara
- Naik KRL Jurusan Manggarai-Depok/Bogor, turun di Stasiun Ps Senen
Dari Depok / Bogor :
1.
- Naik KRL Jurusan Jatinegara, transit di Stasiun Sentiong
- Pindah jalur ke arah sebaliknya
- Naik KRL Jurusan Manggarai-Depok/Bogor, turun di Stasiun Ps Senen
Jika malas berpindah jalur, tidak perlu keluar dari KRL, tunggu sampai KRL sampai di Stasiun akhir Jatinegara dan berbalik arah kembali menuju Manggarai-Depok/Bogor. Namun tentu saja cara ini lebih lama karena menunggu waktu pemberangkatan KRL dari Stasiun Jatinegara. Pastikan spare waktu perjalanan cukup untuk menghindari tertinggal kereta dari Pasar Senen. Opsi lain yaitu transit 2x di Stasiun Manggarai dan Jatinegara.
2.
- Naik KRL Jurusan Jakarta Kota, transit di Stasiun Manggarai
- Naik KRL Jurusan Bekasi, transit di Stasiun Jatinegara
- Naik KRL Jurusan Manggarai-Depok/Bogor, turun di Stasiun Ps Senen
Dari Maja / Parungpanjang / Serpong :
1.
- Naik KRL Jurusan Tanahabang, transit di Tanahabang
- Naik KRL Jurusan Jatinegara, transit di Stasiun Sentiong
- Pindah jalur ke arah sebaliknya
- Naik KRL Jurusan Manggarai-Depok/Bogor, turun di Stasiun Ps Senen
2.
- Naik KRL Jurusan Tanahabang, transit di Tanahabang
- Naik KRL Jurusan Manggarai-Depok/Bogor, transit di Manggarai
- Naik KRL Jurusan Bekasi, transit di Stasiun Jatinegara
- Naik KRL Jurusan Manggarai-Depok/Bogor, turun di Stasiun Ps Senen
Dari Tangerang :
1.
- Naik KRL Jurusan Duri, transit di Duri
- Naik KRL Jurusan Jatinegara, transit di Stasiun Sentiong
- Pindah jalur ke arah sebaliknya
- Naik KRL Jurusan Manggarai-Depok/Bogor, turun di Stasiun Ps Senen
2.
- Naik KRL Jurusan Duri, transit di Duri
- Naik KRL Jurusan Manggarai - Depok/Bogor, transit di Manggarai
- Naik KRL Jurusan Bekasi, transit di Stasiun Jatinegara
- Naik KRL Jurusan Manggarai-Depok/Bogor, turun di Stasiun Ps Senen
Stasiun KRL Tidak Aktif (Tidak beroperasi / KRL tidak berhenti) : 1. Gambir (Ls)
2. Ancol (Belum beroperasi untuk KRL)
3. Rawabebek (Stasiun tidak aktif)
4. Cipinang (Ls)
5. Mampang (Ls)
6. Ps Senen (Hanya relasi Jatinegara menuju Depok / Bogor yang berhenti)
7. Angke (Hanya berhenti untuk keberangkatan jam jam terntentu)
Quote:
"Interkoneksi" CommutterLine - TransJakarta creditsto Gie17
- Stasiun Jakarta Kota > Halte Kota
- Stasiun Kampung Bandan > Halte Pademangan
- Stasiun Jatinegara > Halte Pasar Jatinegara 2
- Stasiun Klender > Halte Stasiun Klender
- Stasiun Buaran > Halte Fly Over Raden Inten
- Stasiun Juanda > Halte Juanda
- Stasiun Gambir > Halte Gambir 1 & 2
- Stasiun Manggarai > Halte Manggarai
- Stasiun Cawang > Halte Cawang Atas
- Stasiun Ps Senen > Halte Atrium Central Senen
- Stasiun Juanda > Halte Latuharhary - Halte Tosari
KA Ekonomi Lokal & Patas Purwakarta
[pic courtesy of wikipedia.org]
Quote:
Stasiun Pemberhentian : - Stasiun Jakarta Kota
- Stasiun Kemayoran
- Stasiun Pasar Senen (Hanya yang ke arah Jakarta)
- Stasiun Bekasi (Hanya berhenti untuk keberangkatan pertama dan terakhir)
- Stasiun Tambun
- Stasiun Cikarang
- Stasiun Lemahabang
- Stasiun Kedunggedeh
- Stasiun Karawang
- Stasiun Klari
- Stasiun Kosambi
- Stasiun Dawuan
- Stasiun Cikampek
- Stasiun Cibungur (Hanya KA Patas Purwakarta 285,286,290,291,292,293)
- Stasiun Sadang (Hanya KA Patas Purwakarta 285,286,290,291,292,293)
- Stasiun Purwakarta (Hanya KA Patas Purwakarta 285,286,290,291,292,293)
KA Lokal Tanah Abang - Parungpanjang - Rangkasbitung - Merak
[pic courtesy of wikipedia.org]
Quote:
Quote:
Jalur ini dilayani oleh KA Kalimaya, Cepat Rangkas, Banten Ekspres dan Rangkas Jaya
Cepat Rangkas : Tanah Abang - Parung Panjang / Rangkas Bitung PP
Rangkas Jaya : Tanah Abang - Rangkas Bitung PP
Banten Ekspres : Tanah Abang - Merak PP
Kalimaya : Tanah Abang - Merak PP
Stasiun Pemberhentian di Jalur Tanahabang - Merak : - Stasiun Tanahabang
- Stasiun Kebayoran
- Stasiun Serpong - Stasiun Parungpanjang - Stasiun Rangkasbitung
- Stasiun Serang
- Stasiun Karangantu
- Stasiun Cilegon
- Stasiun Krenceng - Stasiun Merak
- Jakarta Kota:
Motor: sejam pertama 2500, berikutnya 1000
maksimal 6000
inap 00:00 s/d 06:00 10rb
member 150rb/bulan
Mobil: sejam pertama 4000, berikutnya 2000
maksimal 10000
inap 00:00 s/d 06:00 20rb
member 300rb/bulan
- Pasar Senen:
Motor: Dikelola Reska
Tarif perjam (2rb untuk 2 jam pertama)
Dikelola Warga
Parkir inap tersedia di seberang stasiun pasar senen yaitu parkiran Masjid Al-Arif dengan tari 5rb per hari
- Gambir: mobil : 1 jam pertama 4000 , jam berikutnya 5000
motor : 1 jam pertama 3000 , jam berikutnya 2000
tarif inap motor : 49000
trif inap mobil : -
- Jatinegara:
- Manggarai:
Motor 3rb untuk 7 jam pertama , harian 10rb
- Kejaksaan:
a. Motor
1 Jam Pertama ; Rp. 2.000,00
1 Jam Berikutnya : Rp. 1.000,00
b. Mobil
1 Jam Pertama : Rp. 3.000,00
1 Jam Berikutnya : Rp. 1.500,00
- Prujakan:
Spoiler for Stasiun Daop 4 Semarang:
- Tegal:
- Pekalongan:
- Semarang Tawang:
Motor: 2rb perjam , Harian 10rb
- Semarang Poncol:
Motor: 2rb perjam ,Harian 5rb
Spoiler for Stasiun Daop 5 Purwokerto:
- Purwokerto:
-Dikelola Reska
Motor: Rp 2.000/2 jam pertama ,Rp 1.000/1 jam berikutnya
Mobil: Rp 3.000/2 jam pertama ,Rp 2.000/1 jam berikutnya,
-Dikelola Warga (Sebelah Hotel Stasiun)
Per 12 jam Rp. 8.000
Per 24 jam Rp. 15.000
-Parkir motor inap, masuk jembatan layang sebelah Hotel Damai
tarif 10.000/hari
- Kroya :
- Gombong :
- Kebumen :
- Kutoarjo :
Spoiler for Stasiun Daop 6 Yogyakarta:
- Wates:
- Yogyakarta/Tugu:
Motor: 2000 untuk 1 jam pertama, +500 untuk per satu jam berikutnya.
Untuk parkir inap, tidak ada harga langsung. Jadi masih mengikuti harga parkir per jam tersebut
Mobil: 5000 untuk 1 jam pertama
- Lempuyangan :
Motor: Dikelola Reska:
2000 untuk 1 jam pertama, +500 untuk per satu jam berikutnya.
Kalau mau parkir inap, 6000 per 24 jam. Dikelola Warga:
3000 per 24 jam.
- Klaten:
- Purwosari:
- Solo Balapan: Motor: perhari 2rb , parkir inap 4rb
- Solo Jebres :motor :
ga nginep 2000 (flat)
nginep 4000/hari
mobil :
ga nginep 3000 (flat)
nginep 10000/hari
Spoiler for Stasiun Daop 7 Madiun:
- Madiun:
- Jombang:
Spoiler for Stasiun Daop 8 Surabaya:
- Surabaya Gubeng :
Tarif Parkir di Stasiun Gubeng Barum Jl. Gubeng Masjid (Dikelola Reska)
Mobil = tarif masih sama
Motor =
Sekali masuk +1 jam pertama : 2000
1 jam berikutnya : 1000
Progressive sampai dengan jam ke 6 : 7000
>6 jam sampai dengan <24 jam Tarif Maksimal : 8000
Tarif Inap Motor : 8000
Lebih dari 24 jam : Tarif Maksimal + Tarif Inap
Tarif Parkir di Surabaya Gubeng Lama deket pintu keluar stasiun(Dikelola Reska)
Motor =
Sekali masuk : 3000
Motor menginap : 10000
Tarif Parkir di Surabaya Gubeng Lama seberang Grand City/bekas pom bensin (Dikelola Inkopka)
Motor =
Sekali masuk : 3000
Motor Menginap : 5000
Mobil=
Sekali masuk : 5000
Mobil Menginap : 10000
- Surabaya Pasarturi :
Motor
Masuk / 1 jam pertama 2000
Jam berikutnya tambah 1000
Progressive sampai jam ke 6 8000
Inap 24 jam pertama 16000
Inap 24 jam berikutnya tambah 8000
- Sidoarjo :
Motor:
1 jam pertama Rp.2000
1 jam berikutnya Rp.1000
progressive s/d jam ke 6 Rp.7000
> 6 jam s/d < 24 jam tarif maksimal Rp.8000
inap Rp.8000
> 24 jam tarif maksimal + tarif inap
- Wonokromo :
Motor :
Sekali masuk : 3000 (kagak ada tarif progressif)
Nginep : 5000 per hari
Mobil : Belum ada parkiran resminya
Ngobrol santai dengan penghuni lapak kaskusepur yang ga melulu soal sepur
Mau ngobrol travelling, nggedabrus ngalor ngidul ato bahkan mo curhat dipersilahkan
Syarat Join:
1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
2. Kontribusi positif di kaskusepur, Ga nge-junk / flame, ato post konten2 negatif
3. Kirim data ke TS (kaskusepur) via PM, nama lengkap, domisili & nomor whatsapp
4. Selama kuota grup whatsapp masih ada
Jika request join masih terpending2 juga mungkin saatnya ente berintrospeksi diri dulu
PUBLICATION
Post ini berisikan artikel (disertai sedikit deskripsi dari artikel) dari eksternal web tentang Kaskusepur.
----------------------------------------------------------------
Spoiler for Tips di Tupperware:
KASKUSEPUR & Tupperware Men
Sabtu, 28 November 2015
Stasiun Jakata Kota
"Minggu lalu, Tim Editorial Tupperware Men sempat berbincang-bincang dan berkenalan sedikit dengan komunitas yang namanya terdiri dari dua kata, Kaskus dan Sepur. Kaskus merupakan base online komunitas ini dalam berbagi informasi mengenai perjalanan dengan kereta api. Sedangkan Sepur adalah Bahasa Belanda yang berarti rel. Namun seiring berjalannya waktu, kata Sepur pun berubah makna yang kemudian dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan “kereta”. Dengan kata lain, Kaskusepur mempunyai arti orang-orang yang gemar melancong dengan menggunakan kereta api."
"Pada Desember 2013 mereka pun akhirnya resmi mendirikan komunitas yang diberi nama Kaskusepur. Dengan jumlah anggota lebih dari seratus, komunitas ini sudah banyak mengadakan aktivitas melancong lho. Selain itu, Kaskusepur juga dengan senang hati membagikan berbagai tips yang akan membuat perjalanan kamu dengan kereta api semakin seru kepada Tim Editorial Tupperware."
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.