CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / Music /
.: (Reborn) FM Kaskus Jam Session | Official Thread :.
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/542a3e7e138b467e108b4574/reborn-fm-kaskus-jam-session--official-thread

.: (Reborn) FM Kaskus Jam Session | Official Thread :.

==================================
WELCOME TO FM KASKUS JAM SESSION
==================================

Thread ini bertujuan untuk menghidupkan kembali "Kaskus Jam Session," yang pernah ada di Forum Musik Kaskus.

Semoga kedepannya, FM Kaskus Jam Session akan segera membuat event-event musik seperti:

Parade Band
Coaching Clinic
Gathering / Mini Gathering / Kopdar
dan kegiatan-kegiatan lainnya


dengan tujuan untuk sama-sama meningkatkan wawasan dan potensi diri dalam bidang musik.
FM Kaskus Jam Session menerima siapapun yang ingin bergabung tidak hanya dari para pemain band tapi juga dari kalangan pendengar ataupun kritisi musik semua bisa bergabung, kita berkumpul bersama atas dasar satu tujuan yaitu maju dan berkembang dalam dunia musik.


Group Facebook: Forum Musik [FM] Kaskus
Twitter: @KaskusFM

*Thread akan terus di update, mohon berikan masukkan demi kesempurnaan thread. Jika ada yang ditanyakan, silakan posting dimari / PM ane
Diubah oleh vickry0804
Halaman 1 dari 12

Biodata

ID prime :
Nama :
Kota / Domisili :
Sosial media :
Alat musik /posisi yang di sukai :
Gear :
Nomor Kontak :

Quote:
Diubah oleh vickry0804

UPDATED RULES 2014 (Mengacu Pada Rules Forum Musik Kaskus)

RULES:


1) Forum Musik Kaskus Jam Session adalah forum terbuka yang menerima segala macam jenis musik dan pemikirannya sehingga semua kaskuser dilarang keras menghina/mencaci/menjatuhkan/menjelek-jelekkan band atau penyanyi atau group atau genre tertentu untuk kepuasan pribadi atau kepentingan publik.
2) Budayakan quote / multiquote, dan saling menyapa antar Kaskuser disini.
3) Tidak saling menghina/mencaci/menjatuhkan/menjelek-jelekkan antar Kaskuser jika terjadi perbedaan pendapat, gunakan bahasa yang halus dan sopan agar tercipta kenyamanan dalam berforum.
4) Jika Agan memiliki hasil karya musik sendiri / single, band, atau cover harap posting disini >>> "Punya lagu hasil karangan sendiri? Cover lagu? Yuk, bagi di sini!" , kemudian promosikan link postingan yang agan post di thread tersebut disini.
5) Jika ingin mengepost gambar sesuai dengan KASKUS GUIDE, mohon untuk mengubah ukuran gambar dengan ukuran standart Forum (640X480 pixel) & file size jangan melebihi 100kb untuk menghindari loading lama bagi pengguna dial-up atau koneksi rendah.
6) Segala bentuk pelanggaran, silahkan laporkan disini >>> "Laporkan Post Bermasalah Disini !!"
7) Semua aturan yang belum tercantum disini akan ditentukan kemudian sesuai dengan kondisi yang ada.
Diubah oleh vickry0804

Sekilas Tentang Music Jam Session

Quote:


Music (menurut wikipedia) adalah suara yang disusun demikian rupa sehingga mengandung irama, lagu, dan keharmonisan terutama suara yang dihasilkan dari alat-alat yang dapat menghasilkan irama [1] Walaupun musik adalah sejenis fenomena intuisi, untuk mencipta, memperbaiki dan mempersembahkannya adalah suatu bentuk seni. Mendengar musik pula adalah sejenis hiburan. Musik adalah sebuah fenomena yang sangat unik yang bisa dihasilkan oleh beberapa alat musik.

Sedangkan, Music Jam Session adalah saatnya para musisi bermain bersama tanpa ada perencanaan sebelumnya, tanpa latihan, mentah, bebas, namun tetap beretika agar pelaksanaannya menyenangkan bagi semua yang berpartisipasi. Dengan kata lain, spontanitas merupakan akar pijakannya.

Esensi jam session adalah komunikasi, kerja sama, saling menghormati dan menghargai. Ketika semua perbedaan bisa melebur dalam bahasa musikal dan dapat bermain bersama-sama, maka yang akan terjadi komunikasi dan penggalian masing-masing karakter orang... dari situlah kita bisa belajar dari satu dengan yang lain.

Esensi jam session bukan-lah mencari siapa gitaris yang paling jago, vokalis paling asyik, bassis paling nge-groove.. dan lain-lain.. Esensi jam session adalah Kamu, Saya, Kita, Mereka.. bisa bersama-sama menikmati musik secara aktif. Dan hebatnya.. di Loca.. seancur apa pun menyanyi, main gitar, dll.. nggak ada satu pun orang yang melecehkan atau mengejek. Semua memberi applause.. support.. semua memberi penghormatan mereka terhadap usaha dan ekspresi tiap orang. Inilah yang namanya KEDEWASAAN baik dalam bermain maupun menikmati musik.

Esensi jam session... selalu ada leader.. yang hadir dengan sendirinya berdasarkan kharisma seseorang, selalu ada kebebasan bertanggung jawab untuk bisa di emban masing-masing orang, selalu ada kesepakatan... intro? coda? solo? selalu ada bagian masing-masing untuk "BICARA"..

Esensi jam session.. andaikan bisa diterapkan nggak hanya di musik.. jam session adalah demokrasi, bebas bertanggung jawab, dengan leader yang bisa mengendalikan keadaan.. dan semua menghormati satu dengan yang lain.

.: (Reborn) FM Kaskus Jam Session | Official Thread :.

Nah, lalu bagaimana agar Jam Session lebih menyenangkan, berikut ini beberapa tips yang bisa Agan simak: (Jika ada tambahan menurut agan, silahkan komentar ya !)

1. Pastikan Dulu Agan Memang Siap Secara Pengetahuan Dan Teknik Bermain
Dalam jam session musisi-musisi yang bermain ingin bermain musik serta berinteraksi dengan nyaman. Jika kita belum siap, bisa-bisa kita menghambat proses tersebut dan jam session jadi tidak menyenangkan baik untuk kita maupun untuk musisi lain.

2. Hafalkan Lagu-Lagu Yang Sering Digunakan Untuk Jam Session
Misalnya lagu-lagu dengan format 12 bars blues dan rhythm changes, lagu-lagu yang cukup populer seperti Bye Bye Blackbird, Stella By Starlight, Have You Met Miss Jones, dsb. Dengan begini kita tidak akan kebingungan di atas panggung.

3. Tidak Solo Terlalu Panjang
Ketika bermain solo, kita harus juga memikirkan pemain lain. Jangan solo terlalu panjang apalagi jika solo kita tidak “bercerita banyak” atau ngalor ngidul cari-cari. Pemain lain menunggu giliran solo, dan rhythm section lama-lama bisa pegal juga. Umumnya untuk lagu pelan 1-3 chorus, atau untuk lagu cepat 3-5 chorus cukup. Lihat-lihat juga, ada berapa solis yang ada, kalau sudah banyak, kita boleh mengurangi durasi solo kita agar yang lain kebagian “enak”-nya. Tips dari Barry Likumahuwa: Biasanya jumlah chorus mengikuti solis sebelumnya, misalnya pianis solo pertama sepanjang 4 chorus, maka biasanya solis lain mengikuti sejumlah 4 chorus atau tidak jauh dari situ.

4. Jangan Memotong Solo Pemain Lain
Selalu dengar satu sama lain, jangan sampai kita menggunggu kenyamanan pemain lain yang sedang asyik solo dengan memotongnya. Justru kita berikan dukungan, misalnya dengan accompaniment yang “memancing” kreatifitas, dsb.

5. Toleransi Dengan Kesalahan
Dalam jam session tentunya banyak hal yang tidak terduga bisa terjadi. misalnya ketukan pemain lain terbalik, salah not, salah ini dan itu sehingga kadang bunyinya tidak enak. Hal ini biasa dan tidak perlu sampai menjatuhkan mood kita, tetaplah jaga suasana menyenangkan untuk semuanya.

6. Jangan Mendominasi Panggung
Misalnya Agan pemain drum, dan malam itu saat jamming Agan tahu ada beberapa orang pemain drum lain yang menunggu giliran, maka sebaiknya kita tidak mendominasi drum dan mempersilahkan pemain lain untuk bermain. Misalnya malam itu musisinya sedang banyak yang hadir, kita main satu-dua lagu sudah cukup (trims lagi Barry tipnya).

7. Bagi Vokalis
Pilihlah lagu yang kira-kira musisi lain tahu, dan sebisa mungkin main di kunci standar, atau paling tidak bukan di kunci yang kurang enak seperti di F# atau di B. Selain itu, jagalah form anda, ketahui posisi anda dalam lagu sudah di mana, jangan kita tiba-tiba bernyanyi memotong solo musisi lain.

8. Bawalah Instrumen / Gear Agan Sendiri (Jika Punya)
Tentu saja ada teman-teman yang bersedia alat musiknya dipinjam, tetapi paling baik adalah membawa alat musik kita sendiri (kecuali drum dan piano tentunya) selain lebih higienis, kita tidak perlu takut merusak instrumen orang lain, dan juga kita akan bermain lebih bagus karena kita sudah kenal betul dengan karakter instrumen kita.

9. Tempo Bagi Rhythm Section (Bassist & Drummer)
Memang tempo adalah tanggung jawab masing-masing pemain, tetapi sebagai rhythm section jika tempo kita tidak bagus, lagu yang dimainkan saat jam session sudah bisa dipastikan tidak akan enak bunyinya. Bertanggung jawablah!

10. Jaga Komunikasi Di Atas Panggung
Saat jam session hampir semuanya berjalan secara spontan. Bagaimana intro sebuah lagu, bagaimana endingnya, apakah ada trading fours/eights, apakah ada solo bass, dsb. Selalu jaga komunikasi dengan pemain lain, baik sebelum lagu dimulai, maupun saat lagunya sedang dimainkan.

Diubah oleh vickry0804

| Index Penghuni FM Kaskus Jam Session |

Diubah oleh vickry0804
Ikutan ngisih ah emoticon-Big Grin

ID prime : lessthanjake
Nama : Alif
Kota / Domisili : Surabaya - Denpasar
Sosial media : pm aja
Alat musik /posisi yang di sukai : kaga bisa main musik emoticon-Hammer
Quote:


hehhe, monggo puh emoticon-Malu (S)
ane juga lagi mulai publikasi skrg


ID prime : ogroex
Nama : Yaya
Kota / Domisili : Bandung
Sosial media
FB: Yaya ogroex
Twitter: @ogroex
Soundcloud: Yaya ogroex
Alat musik /posisi yang di sukai : Bass
Gear : Squier bass
*Nomor Kontak : pm

Mohon bimbingannya
Diubah oleh ogroex
Quote:


Wow gitaris kk ini ternyata havahaha.
Quote:


hehhe,
dulu sih, skrg make turn table
Quote:

Skrng jd manager band ya hahahhaha
Quote:


wkwkwkwk,,
skrg mah kerja yang halal aja om emoticon-Hammer2
Quote:

Wah barti dulu2 nya kerja yg haram ya wkwkwkwkwk
Quote:


bangkeeee emoticon-Ngakak (S)

gpp dah, yang penting maknyus emoticon-Malu (S)
Quote:

Oooo ente jual bangke ya wkwkwkwkwkw

Kiding bro

Quote:


wkwkwkwk,,
yang anggota lama kasih tau aja puh
biar meramaikan kembali trit ini emoticon-Big Grin
pejwan dulu emoticon-Malu

ntar diedit emoticon-Peace

ikutan ya emoticon-Embarrassment

ID prime : shilhammiy
Nama : shil
Kota / Domisili : tangerang
Sosial media : @shilhanmiyOTR (ga aktip)
Alat musik /posisi yang di sukai : ga besaaa emoticon-Frown.. tapi mayan seneng getokin pala orang..
Diubah oleh shilhammiy
Quote:


Sip udh di kabari di semua kok bro
Tinggal nunggu dteng aja

Pada lupa passwot wkwkwkwk
Parah
ID prime : Sikamari
Nama : Refin
Kota / Domisili : Jakarta
Sosial media & *Nomor Kontak : : by Pm emoticon-Embarrassment
Alat musik /posisi yang di sukai : Gitar
Gear : Yamaha APX 500ii
Diubah oleh Sikamari
Quote:


Silahkan, emoticon-Embarrassment
ajakin yang laennya juga kemari, gan ! hehhe emoticon-Big Grin

Quote:


Hehhe, siap deh
minimal ada threadnya dulu skrg mah, kedepannya bisa direncanakan kemudian

Quote:


Met nge-jam gan emoticon-Angkat Beer
Post ini telah dihapus
Halaman 1 dari 12


×
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di