CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Keluhan terhadap Kasir Indomaret Randudongkal II
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/541456e1a4cb17b1528b4574/keluhan-terhadap-kasir-indomaret-randudongkal-ii

Keluhan terhadap Kasir Indomaret Randudongkal II

Hari ini 13 september 2014 pukul 2100, saya beserta anak dan istri pergi berbelanja ke indomaret II randudongkal, pemalang jawa tengah. Setelah selesai memilih belanjaan, kemudian saya segera menuju ke kasir, sewaktu dikasir kebetulan istri saya melihat ada promo susu dancow, karena sebelumnya istri saya sudah mengambil susu hi lo, kemudian istri saya menanyakan ke kasir yang bernama INDAH, kata kasir sudah dimasukkan ke sistem, kemudian saya tanya, "mbak bisa dicancel? Soalnya dancow ada promo jadi saya ingin mengganti hi lo tersebut"
Kemudian si kasir jawab " gak bisa pak, sekarang barang yang sudah masuk ke komputer sudah tidak bisa di cancel"
Saya jawab "sejak kapan ada aturan tersebut mbak? Biasanya saya belanja di indomaret bisa-bisa aja kalo dicancel?"
Lalu saya meminta nama supervisor yang bertugas.
Kata si kasir "namanya pak JAMAL, mau telepon?"
Saya jawab " oke, saya minta nomor handphone bapak jamal, untuk menyampaikan komplain saya tentang todak dapat dicancelnya satu item belanja saya dan akan menggantinya dengan produk yang notabene harganya lebih mahal dari item sebelumnya"
Si kasir diem dan ngeles ke istri saya katanya jumlahnya salah bla bla
Karena kesal saya bilang ke kasir dengan nada tegas, "mbak saya mau komplain. Tolong jangan meremehkan saya dengan berpura-pura sibuk"
Karena kesal saya bilang akan memasukkan kejadian ini ke surat pembaca dan email indomaret. Lalu si kasir malah menantang, silahkan saja pak kalo mau masukkan ke surat pembaca.
Karena saya sudah niat maka saya foto itu si kasir yang bernama indah.
Dia tahu saya ambil foto dia, kemudian dia marah katanya kalau mau ambil foto dia jangan diem-diem tapi bilang.
Saya jawab, mbak daritadi anda menabtang saya untuk memasukkan ke surat pembaca, saya ambil foto anda karena butuh bukti untuk ditayangkan ke surat pembaca. Lalu dia diem dan tanpa ada kata-kata lagi. Setelah selesai pembayaran kemudian saya pulang melanjutkan perjalanan saya kembali.

Untuk Indomaret
1. Apakah benar bahwa cancel barang yang sudah di scan ke kasir tidak dapat dilakukan lagi? Padahal saya ingin mengganti produk yang saya cancel dengan produk yang notabene harganya lebih mahal (meskipin itu produk promo).
2. Mohon untuk indomaret agar aesering mungkin mengadakan training kepada pegawainya terutama ketika menghadapi komplain dari konsumen.
3. Saya sudah menjadikan indomaret sebagai tempat pilihan berbelanja saya dan keluarga, baru kali ini saya dikecewakan oleh sikap kasir indomaret Randudongkal II yabg bernama indah.
4. Surat pembaca ini akan saya teruskan ke email resmi perusahaan pemegang nama indomaret.

Terima kasih
prasetyo

Bukti foto

Struk belanja saya di indomaret randudongkal II pemalang jateng
Keluhan terhadap Kasir Indomaret Randudongkal II

Kasir yang bernama Indah
[IMG]atas permintaan disini foto sementara saya remove sembari menunggu jawaban email saya ke kontak indomaret[/IMG]

Sementara respon dari indomaret yang saya komplain via twitter jawabnya seperti ini
Keluhan terhadap Kasir Indomaret Randudongkal II
Update! Ada respon langsung dari official account dari public relation indomaret, semoga ada kabar baik dari indomaret yang berjanji akan menghubungi saya, kasus ini akan saya close jika dari indomaret sudah menghubungi saya, terima kasih
Quote:


Update!!!

Terima kasih untuk indomaret yang telah berusaha menghubungi saya via telepon, namun karena hari ini saya disibukkan oleh pekerjaan saya tidak dapat mengangkat telepon tersebut. Dan permintaan maaf disampaikan via sms, namun saya dapat menerima dan memahami, semoga kedepan indomaret dapat memberikan pelayanan kepada konsumen yang lebih baik lagi terutama jika ada komplain dari konsumen.

Dan untuk moderator forum surat pembaca kaskus, saya berterima kasih dan saya berharap kepada moderator untuk menutup trit surat pembaca keluhan saya.
Terima kasih
Prasetyo A
Bukti sms dari indomaret
Keluhan terhadap Kasir Indomaret Randudongkal II
Diubah oleh iswahjudi
Thread sudah digembok
Halaman 1 dari 3
Maaf nih

hubungannya komplain dan barang pengganti tsb lebih mahal apa ya ?
Quote:


Saya komplain karena saya akan mengcancel produk susu hilo dan menggantinya dengan produk susu dancow yg notabene harganya lebih mahal dibanding susu hilo tersebut. Tetapi jawaban yang di berikan kasir, gak bisa dicancel, padahal selama ini saya belanja di indomaret manapun bisa tuh, malah mereka dengan senang hati, (apalagi barang yang dicancel diganti dengan barang yang harganya lebih mahal)
Diubah oleh iswahjudi
Quote:

Klo ane sih emg pernah ganti daftar belanjaan tp kondisinya blm di input/di scan
Klo udh di scan ane ga tau dah emoticon-Big Grin

agan cancel susu hilo sebelum / sesudah bayar?

klo sebelum bayar walaupun sudah input ke komputer sih harusnya bisa cancel. tp klopun kasir ttp ngeyel gak bisa cancel, ya tinggalin aja belanjaannya, anggep batal, trus "belanja ulang".

tapi klo agan sudah bayar, dan kasir sudah tutup transaksi di sistem pembayarannya kayaknya sih emang gak bs cancel.
Kan di struk biasanya ada note "barang yang sudah dibeli tidak bisa ditukar / dikembalikan".
Quote:


Ane minta cancel sebelum melakukan pembayaran gan, karena melihat ada produk susu lain yg menurut saya harganya lebih menguntungkan, karena pengalaman ane kejadian2 sebelumnya yang pernah ane alami bisa dicancel tuh, kasir manggil supervisor/kepala kasir untuk membatalkan input item tersebut.
Baru ngalamin ma kasir yang super judes n ngeyel, ane tanya baik2 malah "ditantang"
Quote:


Benar gan, kalau belum di checkout mah bs di cancel kok belanjaan nya, dan emang biasanua spv toko yang melakukan, entah kasir gak tw atau emang prosedurny yg seperti it. ( kebetulan sering nemenin emak belanja bulanan, dan hampir tiap belanja pasti ad yg di cancel karna uangnya kurang emoticon-Stick Out Tongue )

Kasus ini sih agan nya panas, si kasir ngeyel, kalau ane jadi agan digituin pasti jg kesel, tp ane bakalan milih opsi kata agan2 diatas yaitu tinggalin aja belanjaan nya, cr tempat lain, males jg adu mulut ama orang ngeyel, hehe.

Blacklist aja indomart itu dr daftar tempat belanja agan emoticon-Smilie
Klo boleh saran sih ga perlu foto ybs ditampilkan di sini apalagi bapak mengambil foto orang tanpa seijin ybs. Foto tsb boleh lah untuk dijadikan bukti bahwa memang kasir yg bekerja saat itu adalah ybs tapi diberikan oleh atasannya bukan di media seperti ini.

Masalah attitude kasir nya bisa disampaikan langsung ke manager atau atasan yg berwenang biar bisa "di arahkan" klo memang ternyata ybs itu salah.
gausah masukin foto dia di SP, yg ada ntr malah jd kisruh
ngambil foto secara diam2 yaa ga boleh, makanya dia marah
soal barang bisa dicancel apa ga, kurang paham deh, scra indomaret frenchise sih, bisa beda beda
hem setau ane sih ..untuk cancel barang yg udh terinput ..harus ada kode otorisasi yg berkepentingan....selevel kepala toko ..kali aja yg pnya otoritas tdk di tempat ...
kasir nya ndak cakap dalam memberikan penjelasan...ts sebagai pembeli adlh orng penting... tapi .... " memang baik jd orng pnting.tp lebih penting jadi orng baik".

emoticon-Shakehand2
Jangankan beda harga gan... ane mau tuker obat nyamuk semprot utk wangi yg beda dengan kemasan yg sama besar ga dikasih. Katanya uda di catat ama komputer (tp blm bayar gan, emang dah di scan).
Ini emang aturan baru gan di indomaret, baru berjalan sekitar 2 bulan an kalo ga salah.
Kalo di surabaya indomaret sekitar rumah ane, di depan kasir sudah ditempeli kertas print2 an yg menyatakan barang yang sudah di input(discan barcode/masukin manual) tidak bisa dicancel.
Ane belum pernah sih berdebat sama kasir gara2 masalah ini. Jadi kalo saran ane mending tinggal aja barangnya ga usah dibayar, cuma resikonya agan bakal malu atau mungkin gak dilayani lagi kalo belanja di situ lagi.
Soal foto biasakan foto diam2 jgn sampe ketahuan, kalo dia gak terima agan bisa saja dituntut, walau memang di indonesia belum ada uu nya. Dan jgn asal upload aja,karena itu emang kebijakan indomaret yg baru. Kasir hanya menjalankan perintah sama sekali tidak bersalah, jadi tolong dihapus foto kasirnya.
Quote:


Foto sudah saya tarik, mengenai hal yang saya bold, saya sudah bertanya ke kasir, siapa spv yg bertanggung jawab di indomaret ini, dia jawab bapak jamal, mau telepon sendiri?
Dan saya jawab, saya mau telepon dan meminta no telepon bapak jamal tersebut, tetapi si kasir malah "menyibukkan diri" dengan berdalih jumlah yang akan dibayar istri saya ada kesalahan dll
Lalu saya tegaskan lagi tetapi dia pura2 tidak mendengar, makanya saya angkat ini ke surat pembaca dan email resmi indomaret, karena sebelumnya ada tantangan dari si kasir untuk mengangkat masalah ini ke surat pembaca
iya sih kemaren pas ke indomaret beliin es krim buat ponakan yg ultah pas mau tuker gag bisa katanya udah diinput. tapi akhirnya dibolehin coz bawa uangnya pas emoticon-Embarrassment
Pengalaman ane dan baru2 ini gan.
Barang yang sudah di scan bisa di ganti, tp ada pegawai yg in charge (penanggung jawab). Bukan kasir ybs.
Baru dapat respon dari @kontakindomaret via twitter, tunggu jawaban via email dari email indomaret atas pertanyaan saya mengenai cancel item yang sudah di scan ke komputer dan akan menggantinya dengan produk lain yang kta si kasir sudah tidak dapat dilakukan lagi

Keluhan terhadap Kasir Indomaret Randudongkal II
mungkin sistem baru di indomaret stempat uda genti
masala attitude kasir ya anggep aja lg apes, ga semua kasir ramah
emoticon-Smilie namanya sistem bisa di lakukan revisi (harus). di revisi tetap tidak akan mengurangi stok (karena jika di cancel/ edit maka barang lama jumlah stok akan di tambahkan kembali).
Sistem edit ini harus diadakan untuk antisipasi jika ada pelanggan yang berubah pikiran/ uang kurang (mosok tetap diharuskan bayar?).

tindakan TS sudah benar mengirimkan keluhan ke akun social media perusahaan.

sebenarnya tidak perlu foto wajah namun nama di Tag baju saja.
macam2 sifat kasir gan, kalo ane punya pengalaman, bini dapat kembalian dari kasir indomaret uang sobek yg di sambung, nah pas bini belanja di tempat yg sama, ma kasir yg sama and di bayar pakai uang kembalian yg sama, tp di tolak dengan alasan tidak menerima uang sobek, bini ane cuman ngingatin kasirnya, kan uangnya dari situ jg, tp kasirnya diam aja, ya udah gak papa kata istri saya, sambil menukar uangnya
Kalau saya mah tinggal bilang, oh sorry mbak uang kurang...
Terus meluncur ke indomaret lainnya(menjamur mah indomaret sekarang)

Pelayanan kurang, tinggal cabut.
Kecuali vendor or toko 1 1 nya, mau tak mau ya apa boleh buat.
Quote:


Benar. Yang pegang duit kita. Kita bisa beli dimana saja.
Halaman 1 dari 3
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di