Thanks atas dukungan BREAMAN, seluruh warga & officer KasKus hingga menjadi HT #24
Welcome to
Long time no see gans..kali ini ane mau bahas tentang Konsep MRT sebagai solusi kemacetan kota.
Quote:
Prologue
Kemacetan dipandang sebagai tidak seimbangnya rasio panjang jalan dengan jumlah kendaraan. Ketika jumlah kendaraan kian meningkat, solusinya adalah menambah jaringan jalan. Namun jaringan jalan baru tetap tak bisa mengurangi kepadatan lalu lintas. Pemecahan masalah kemacetan tersebut kurang tepat dilaksanakan karena penyelenggaraan transportasi masih menggunakan pendekatan penyediaan infrastruktur untuk mengantisipasi volume kendaraan di masa depan.
Pertama...apa sih MRT itu?
Quote:
Mass Rapid Transit, yang juga disebut sebagai Angkutan Massal Cepat adalahlayanan transportasi penumpang, biasanya dengan jangkauan lokal yangi biasanya beroperasi pada jalur khusus tetap atau jalur umum potensial yang terpisah dan digunakan secara eksklusif, sesuai jadwal yang ditetapkan dengan rute atau lini yang didesain dengan perhentian-perhentian tertentu, walaupun Mass Rapid Transit dan trem terkadang juga beroperasi dalam lalu lintas yang beragam. Ini dirancang untuk memindahkan sejumlah besar orang dalam waktu yang bersamaan
Hmm..mungkin sebagian besar dari agan semua berfikir bahwa MRT itu cuma kereta cepat, tapi sebenarnya ada beberapa jenis MRT yang ada. Berdasarkan bentuknya Apa aja sih?
1. Rail Transit System Rail Transit System merupakan sistem MRT yang beroperasi menggunakan rel sebagai jalur utamanya. Ada beberapa jenis gan..
Quote:
1. Heavy Rail Transit/Subway Rail transit system adalah sistem angkutan menggunakan kereta berkinerja tinggi, mobil rel bertenaga listrik yang beroperasi di jalur-jalur khusus eksklusif, biasanya tanpa persimpangan, dengan bangunan stasiun besar. Ini adalah jenis MRT termahal per kilometer persegi, namun memiliki kapasitas tertinggi.
Spoiler for Contohnya:
Quote:
MRT Singapore
Quote:
London Subway
Quote:
Tokyo Subway
Quote:
Chicago Train
Quote:
Kalo di Jakarta jadi ada MRT, bakal kaya gini bentuknya gan
Quote:
2. Light Rail Transit Light Rapid Transit merupakan sistem jalur kereta listrik metropolitan yang dikarakteristikkan atas kemampuannya menjalankan gerbong atau kereta pendek satu per satu sepanjang jalur-jalur khusus eksklusif pada lahan bertingkat, struktur menggantung, subway, atau biasanya di jalan bahkan seringkali beroperasi tanpa jalur khusus eksklusif, dalam lalu lintas campuran.
Spoiler for Contohnya:
Quote:
Minnesota Tram
Quote:
Hammilton Train
Quote:
Paris Tram
Quote:
Punya Indo nih gan, Commuter Line
Quote:
3. Monorail Monorail adalah kereta penumpang dengan jalur yang terdiri dari rel tunggal, berlainan dengan rel tradisional yang memiliki dua rel paralel dan dengan sendirinya, kereta lebih lebar daripada relnya. Biasanya rel terbuat dari beton dan roda keretanya terbuat dari karet, sehingga tidak sebising kereta konvensional. Saat ini terdapat dua jenis monorail yaitu Tipe straddle-beam dimana kereta berjalan di atas rel dan Tipe suspended dimana kereta bergantung dan melaju di bawah rel
Spoiler for Contohnya:
Quote:
Jalur monorel Tama Toshi, Tokyo, Jepang
Quote:
Kuala Lumpur Monorail in Kuala Lumpur, Malaysia
Quote:
Suspended Monorail Tennessee
Quote:
Sydney Monorail
Quote:
Kalo di Jakarta jadi ada monorail, bakal kaya gini bentuknya gan
2. Bus Rapid Transit Bus Rapid Transit adalah satu bentuk angkutan berorientasi pelanggan dan mengkombinasikan stasiun, kendaraan, perencanaan dan elemen-elemen sistem transportasi pintar ke dalam sebuah sistem yang terpadu dan memiliki satu identitas unik. Ciri-ciri Bus Rapid Transit termasuk koridor busway pada jalur terpisah, sejajar atau dipisahkan secara bertingkat, dan teknologi bus yang dimodernisasi.
Quote:
Luar Negeri
Spoiler for contohnya:
Quote:
Curitiba Sebagai BRT Pertama di Dunia
Quote:
BRT Bogota yang menjadi contoh TransJakarta
Quote:
BRT Amsterdam
Quote:
BRT Istanbul
Quote:
BRT Guangzhou
Quote:
Indonesia
Spoiler for contohnya:
Quote:
TransJakarta
Quote:
Trans Jogja
Quote:
Batik Solo Trans
Quote:
Trans Sabagita Bali
Quote:
Trans Metro Bandung
Kenapa Konsep BRT tepat digunakan di Kota-Kota Indonesia?
Quote:
Dari sekian banyak pilihan teknologi yang ada, Konsep BRT yang merupakan salah satu jenis sistem MRT berbasis jalan raya, sangat tepat diimplementasikan di berbagai kota besar di Indonesia sebagai negara berkembang karena:
Pengoperasian Konsep BRT memberikan prioritas bagi angkutan umum dalam pemanfaatan ruang jalan melalui penyediaan jalur khusus untuk Konsep MRT.
Kapasitasnya bersifat fleksibel dari mulai belasan ribu hingga puluhan ribu orang per arah per jam.
Biaya investasi pembangunan yang dibutuhkan relatif sangat rendah dibandingkan teknologi MRT lainnya. Selain itu, rendahnya nilai investasi dapat mempercepat pencapaian titik impas dan nilai tarif layanan dapat ditekan
Kenapa MRT diperlukan di Jakarta?
Quote:
Membangun sistem jaringan MRT bukanlah semata-mata urusan kelayakan ekonomi dan finansial saja, tetapi lebih dari itu membangun MRT mencerminkan visi sebuah kota. Kehidupan dan aktivitas ekonomi sebuah kota, antara lain tergantung dari seberapa mudah warga kota melakukan perjalanan/mobilitas dan seberapa sering mereka dapat melakukannya ke berbagai tujuan dalam kota. Tujuan Utama dibangunnya sistem MRT adalah memberikan kesempatan kepada warga kota untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas perjalanan/mobilitasnya dengan lebih andal, terpercaya, aman, nyaman, terjangkau dan lebih ekonomis.
Perkiraan Jakarta macet total : Saat ini pertumbuhan jalan di Jakarta kurang dari 1 persen per tahun dan setiap hari setidaknya ada 1000 lebih kendaraan bermotor baru turun ke jalan di Jakarta. Studi Japan International Corporation Agency (JICA) 2004 menyatakan bahwa bila tidak dilakukan perbaikan pada sistem transportasi, diperkirakan lalu lintas Jakarta akan macet total pada 2020 (Study on Integrated Transportation Master Plan (SITRAMP II)
Kerugian ekonomi akibat kemacetan lalu lintas di Jakarta berdasarkan hasil penelitian Yayasan Pelangi pada 2005 ditaksir Rp 12,8 triliun/tahun yang meliputi nilai waktu, biaya bahan bakar dan biaya kesehatan.
Polusi udara akibat kendaraan bermotor memberi kontribusi 80 persen dari polusi di Jakarta. MRT Jakarta digerakan oleh tenaga listrik sehingga tidak menimbulkan emisi CO2 diperkotaan.
Apa Saja Syarat keberhasilan Konsep MRT?
Quote:
Adanya integrasi dengan sistem pendukung lain seperti jaringan pengumpan (feeder system) dan sistem transportasi kendaraan tidak bermotor terutama fasilitas jalur sepeda dan pejalan kaki.
Adanya institusi penyelenggaraan angkutan umum yang sehat dengan mekanisme perijinan yang transparan dan mengutamakan tinginya kualitas pelayanan.
Adanya persiapan yang matang (menyeluruh) dan tahapan yang tersosialisasikan dengan baik kepada masyarakat. Intensitas dan kontinuitas sosialisasi ini harus tetap terjaga selama masa perencanaan hingga akhir pelaksanaan. Materi sosialisasi ini tidak hanya menyangkut hal-hal teknis semata tetapi juga termasuk latar balakang yang mendasari tiap tindakan yang diambil dan upaya antisipasi pemerintah terhadap setiap konsekuensi yang harus dihadapi masyarakat terkait dengan pelaksanaannya
Jadi, konsep Mass Rapid Transit (MRT) merupakan alternatif yang tepat dalam mengatasi permasalahan transportasi di Indonesia, dengan tetap memberhatikan kondisi sosial-ekonomi masyarakatnya, serta dampaknya terhadap lingkungan. Busway yang merupakan salah satu sistem dalam konsep MRT merupakan kebijakan awalan yang sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia. Sistem ini akan lebih berhasil jika didukung dengan adanya integrasi dengan sistem pendukung lainnya, adanya institusi penyelenggara, dan adanya persiapan yang matang serta sosialisasi terhadap masyarakat untuk ikut serta menyukseskan kebijakan tersebut
Original Posted By DayuTerssszzz►pejwan kalo berkenan gan
nambahin juga ada di bogor yang namanya trans pakuan
Spoiler for cekidot:
Ane setuju kalo emang solusi untuk mengatasi kepadatan dan kemacetan akibat terlalu banyaknya kendaraan bermotor yang harusnya dengan fasilitas ini diharapkan bisa teratasi.
tapi kalo ga dijaga, dirawat, dan ga nyaman menurut ane ga bakal ada yang naik tu transportasi, soalnya masyarakat kita umumnya menjadikan ketiga hal tersebut untuk parameter naik angkutan umum CMIIW
Quote:
Original Posted By kinjeng►di Kota semarang ada BRT gan atau TransSemarang,
info terakhir saat ini sudah ada 4 koridor.
sayang ane pas di jateng dulu belum pernah nyoba.
Quote:
Original Posted By BatoKelapo►Gan, palembang juga punya brt. Namanya trans musi
Quote:
Original Posted By durmanhanif►ini nih gan dari lampung,
kalo berkenan pejawan yah ts
Quote:
Original Posted By radeon.user►Nambahin gan BRT kebanggaan Kota Semarang
Spoiler for Trans Semarang:
Berbagai Komentar KasKus eR..
Quote:
Original Posted By lukmanrents►Demen neh ane Trit tentang jalanan
1. Semua harus mendukung gan. Pengendara motor sebaiknya naik bus dan yang bawa mobil juga demikian biar jalanan lengang.
2. Moda transportasi Umum harus nyaman dan Aman gan biar semua mau naik dengan senang hati.
3. Tepat waktu. Masa kita nunggu bus ampe 30 menit? jam berapa sampai kantor??
4. Terintegrasi. Kalau smua koneksi dengan baik antara MRT dengan MONORAIL dan Commuter LIne. Maka masyarakat juga dengan senang hati naiknya gan.
Pejwan kalau boleh.
Quote:
Original Posted By arditord►Wah, kalo menurut ane KRL Commuter Line itu dimasukinnya ke Heavy Rail Transit gan, karena sesuai dengan jumlah penumpangnya yang cukup banyak dibanding LRT di seluruh dunia, Singapura misalnya. Selain itu, di Commuter Line masih perlu masinis sedangkan kebanyakan LRT di dunia udah ga pake masinis alias otomatis cmiiw.
Oiya, sama mau nambahin juga kalo menurut ane adanya MRT nanti gabisa ngebantu banyak juga thd kemacetan. Kenapa? Karena rute yang akan dibangun nanti masih cuma dikit baru satu ruas aja dari Lebak Bulus sampai Kota. Padahal banyak wilayah2 ramai lainnya yang tidak terjangkau MRT itu, misalnya daerah Kuningan, Menteng, Tanah Abang dll. Dan kalo rutenya Lebak Bulus - Kota maka marketnya MRT itu orang2 Jaksel dimana kebanyakan orang Jaksel itu kalangan menengah ke atas (Pondok Indah, Kebayoran, dll) sehingga akan agak sulit untuk menarik ke MRT. Akan lebih baik kalo MRT coba bikin rute yang melintang dari Barat ke Timur, misalnya dari Tangerang sampai Bekasi gitu, ane rasa bakal lebih efektif hehe
Oiya, ane tambahin nih ada peta MRT yang sifatnya masih bikinan orang, bukan bikinan pemda dimana ane lebih sreg sama peta ini dibanding bikinan pemda walaupun pasti biaya pembangunannya akan lebih mahal. Ane comot ini dari website skyscrapercity fyi
Quote:
Original Posted By bujubusettt►Ane mau nambahin gan
Pembangunan MRT saat ini (Rute Kota-Lebak Bulus) itu masih tahap I gan, yang diperkirakan akan rampung sekitar tahun 2018. Lumayan lama emang. Tapi nantinya dari pembangunan MRT dan dengan adanya Commuter Line dan Transjakarta eksisting, pemprov DKI Jakarta akan membangun sistem yang dinamakan TOD atau "Transit Oriented Development".
Apa itu TOD???
TOD merupakan sistem dimana semua sistem transportasi akan terintegrasi satu sama lain. Jadi nantinya para penumpang MRT akan bisa melanjutkan perjalanannya dengan mudah melalui Transjakarta atau Commuter Line.
Di setiap daerah TOD (denger-denger yaitu daerah Dukuh Atas, Setiabudi dan akan meluas ke daerah Blok M) akan dijadikan area komersial juga. Bisa kita lihat bahwa halte Transjakarta daerah Setiabudi sudah tidak ada, dan ane denger rumor kalau daerah tersebut akan ada semacam "Mall" untuk daerah TOD serta akan dibangun daerah komersil. Tidak ketinggalan di area TOD tersebut akan didirikan apartemen dan hunian tempat tinggal. Bayangkan DKI Jakarta akan menjadi kota metropolis seperti di komik Superman
Pembangunan tahap II dan seterusnya tentunya akan menjamah semua bagian kota Jakarta, jadi pastinya pemprov DKI Jakarta telah memikirkan bagaimana cara memberikan fasilitas transportasi massal harga murah yang bisa mengurangi kemacetan.
Sekian dulu dari ane gan. Pekiwan kalau berkenan yah
Spoiler for Bujubuset:
Quote:
Original Posted By ariefbatak►Ini baru thread berkualitas..
Prinsipnya kita sebagai warga negara harus mendukung penuh khususnya perihal perencanaan MRT di jkt.
Gw termasuk orang yang pindah dr kendaraan pribadi ke transportasi umum. Memang msh banyak sana sini sisi kurangnya, tugas kita lah sbg pengguna memberikan feedback atas kondisi yang terjadi dengan tujuan agar pelayanan semakin membaik.
Busway itu menurut gw transportasi yang bgs koq. Busway juga bs tepat waktu, bersih dan nyaman. Asalkan tidak ada kendaraan lain yg masuk lintasan busway, penumpang harus bs menjaga sikap, kebersihan selama menggunakan busway.
Intinya transportasi umum itu kalau diperhatikan dari 2 sudut pandang, pengelola dan pengguna gw yakin pelayanan bs bagus sprt negara tetangga. Di jkt ini terkadang sumber masalah itu kan dtg dr penggunanya juga. Karena adanya pelanggaran itu, efeknya berimbas pada kualitas layanan umumnya.
So far menurut gw transportasi yg paling banyak benefitnya yaitu commuter line. Kekurangannya hanya letak stasiun tdk sedekat halte busway pada pusat keramaian.
Rgds
Quote:
Original Posted By kuntilanak92►satu lagi gan yang menjadikan suksesnya proyek MRT ini. yaitu kesadaran masyarakat gan yang paling penting. karena bagaimanapun usaha pemerintah kalau masyarakatnya tidak berubah dan masih egois juga nggak bakalan bisa berjalan. COBA GAN BAYANGIN ADA ORANG YANG NGELUH MACET TAPI MASIH MEMBAWA MOBIL, PARAHNYA LAGI MOBILNYA DIISI SATU ORANG DAN MASIH SEKOLAH SMA LAGI ya gapapa sih gan kalo anak SMA naik mobil, kalo bahasa nya mah HAM selama punya surat2 sim. tapi coba agan liat dari sisi lain deh, dari sekolah aja udah dibiasain buat bawa mobil, gimana nanti kalo udah kerja dan punya uang? pasti males untuk naik umum. dan kemudian ketika punya anak dibeliin mobil satu2, lah anaknya ada 4 plus istri jadi 5 mobil dan dia sendiri punya 3 mobil bayangkan gan 1 rumah ada 7 mobil gimana kaga macet gan.
terus juga gan lebih baik menurut ane selain di sediain feeder unutk menghubungkan daerah tertentu dengan stasiun MRT nanti nya. juga harus disediakan kantong parkir di stasiun MRT tersebut, agar pengendara motor nantinya akan mudah dan lebih memilih naik MRT karena disediakan kantong parkir.
armada nya juga gan harus disesuakin, secara jangan sampe nanti kita terlmbat gara2 mrt nggak mencukupi untuk menampung penumpang. karena bisa jadi yang tadinya udah antusias buat naik mrt tetapi ternyata malahan penuh dan bikin telat, nggak heran kalo nanti beralih lagi gan ke kendaraan pribadi.
terima kasih gan.
nice trit. Gaeopea
Quote:
Original Posted By naztru►Coba berhasil ga tu MRT ato cuman proyek yg ngabisin duit doank, berkaca dr Bus Transjakarta yg kian hari kian parah, mulai dr kondisi Bis-nya yg terparah arah ke kalideres busnya REYOT semua, koridor Busway yg semakin tdk manusiawi kaya pepes di Harmoni, adanya oknum petugas transjakarta yg CABUL, bagaimana masyarakat mau menikmati Public Transportation coba??
Ane sebelumnya pengguna Bus transjakarta ttp krn kian hari kian parah akhirnya ane beralih ke kendaraan pribadi lg, jarak & waktu tempuh blom lagi nunggu Bus-nya yg lama membuat lbh lama klo menggunakan bus transjakarta ini .
Quote:
Original Posted By fahriakmal►ane penasaran sama project project yg masih dalam proses pembuatan, kira kira tu project bakal selesai atau engga.. masalahnya pembebasan lahan aja ngga beres beres, alhasil ditunda dan ditunda lagi
semoga makin lancar dan cepet selesai lumayan buat sedikit mengurai kemacetan yg kian hari makin menjadi jadi.. kan keren juga kalo di indonesia khususnya di jakarta ada berbagai macam project tsb.
Quote:
Original Posted By mr.dizzle►Berharap semoga yang punya kendaraan pribadi pada pindah ke kendaraan umum. Soalnya walaupun tuh MRT udah jadi tapi yang punya kendaraan pribadi ga pindah ya sama aja boong.
Intinya sih begitu
Quote:
Original Posted By lembah_senja►angkot , bajaj , metromini menurunkan penumpang dan menunggu penumpang seperti jalan punya nenek moyangnya mau pakai tehnik sembilan matahari juga percuma
saya pernah naik motor depan slipin mau ke binus,, antrian sangat panjang deretan mobil ,, ternyata penyebabnya di ujung depan ada angkot lagi menurunkan penumpang di tengah belokan
busway sebenarnya sudah betul sistemnya, ada tempat pemberhentian khusus dan penumpang tidak bisa stop sembarang tempat
ada solusi simple kenapa cari solusi yang rumit ?
simple saja
=== Angkutan umum jangan menurunkan penumpang sesuka hati. ada tanda atau tempat menurunkan penumpang +
Quote:
Original Posted By lembah_senja►mrt dan subway sebenarnya sistemya adalah = ada tempat menurunkan dan menaikkan penumpang secara khusus
kalau semua bajaj, metromini dan angkot menunggu dan menurunkan penumpang sesuka hati , ya macet tetap ada
Quote:
Original Posted By pulpe►ane ga khawatir sama transportasinya, tp masyarakatnya dalam menggunakan...... liar atau tertib
Quote:
Original Posted By damnitsalvin►Jakarta bakal mengimplementasikan Rail Transit System yg berupa Heavy Rail Transit aja gan, Monorail nggak jadi soalnya katanya dipatok harga tinggi sama mitra kerjanya udah gitu dipersulit, jadi proyek Monorail di-cancel
CMIIW
Quote:
Original Posted By Pazonda95►seandainya orgé Jakarta kompak naek kendaraan umum + jual2in mobil pribadinya
hrsnya komplit nih MRT,Monorel,Transjakarta,Kendaraan umum kecil2an
Quote:
Original Posted By YugiComeBack►bagus sih , tapi benahin dolo deh itu yang namanya BIS( BUSWAY dan lain nya ) gile gimana mau beralih kalo mau naik ampe kek ikan pepes apa lagi naik dari pulogadung gile bisa nunggu 1 jam itu mah
kereta ? jangan tanya deh kek apa tau tuh apa
angkot juga ngejubel banget , kalo itu dah bisa di atur ane jamin orang bakal mau naik kendaraan umum
Quote:
Original Posted By harbob►kayaknya bakal ga jauh beda klo MRT udah jadi di jakarta gan, tetep macet juga wlwpn ga separah sekarang2 ini. jalan berbayar juga kurang efektif, yg ada jalan lain tambah macet karena pengendara pasti cari jalan yg gratis. kalo pajak dimahalin sama bikin sim di persulit kaya di negara2 lain, mungkin bisa efektif mengurangi macet di jakarta
Quote:
Original Posted By Andrew_Su►Kebetulan baru kemarin balik dari Singapore..
Pertama kali ke sana dan cukup wow liat sistem transportasi nya..
Tapi tidak hanya infrastruktur yang harus di bangun, mental pengguna nya juga.. Mental menjaga dan memiliki.. Ada orang tua, baby, dll pasti di kasih tempat duduk.. Tanpa d minta mereka tau diri lgs berdiri..
Di sana station bersih, terawat dan teratur.. Kereta ny juga bersih, semua panel instrumen terpasang jelas dan berfungsi dengan baik.. Kereta terus ada setiap 5-6 menit..
Keluar dari station jalan kesana kemari nyaman.. Ga ada PKL sembarangan, jalan rapi ga berlubang, pasir2 ga ada.. Jadi nyaman.. Station ada di pusat2 perbelanjaan dan perkantoran..
Mobil jarang banget.. Motor jarang banget.. Pejalan kaki juga tau diri kalau mau nyebrang..
Bener-bener tertib di sana
Quote:
Original Posted By arieschucky►luar negri jauh lebih tertib kayanya...cuma kalo di indonesia mau ga macet sulit...soalnya udah dari jaman ke jaman pasti macet...sekarang aja pengendara bermotor g boleh melintasi HI...harusnya yang dikurangi mobil bukan motor toh masih ada aja kemacetan dimana2...naek busway aja kadang ngantrinya berjam2 cuma mau dapet duduk...plus kalo udah urgent banget desek2kan dh...pulang dengan kemacetan jakarta
Quote:
Original Posted By bayusanjayaa►bener banget gan ane setuju tuh kalo kota2 besar di Indonesia udah sangat butuh alat transportasi kaya gitu buat ngurangin kemacetan.
lagian pake transport umum gitu waktu nya selalu tepat, yg ane alamin sendiri emang lebih efisien dari pada pake kendaraan pribadi
Quote:
Original Posted By sprayn►mgkn MRT bs mengurangi kemacetan di perkotaan. tapi masih ada kendala lain gan, apakah orang2 yg tinggal di pinggiran mau menggunakannya. karena misalnya MRT tidak menjangkau daerah pinggiran, mereka harus naik bemo/ojeg dulu untuk mencapai akses MRT. mereka lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi yg bisa door to door tanpa ada transit atw pergantian moda dgn resiko "menikmati" kemacetan. MRT itu bisa bermanfaat klo kotanya udah tertata rapi.
Quote:
Original Posted By penjahat.tobat►kalo ane sih berharap pengembangan tram dan monorail di indonesia dipercepat
makin lama jalanan makin macet gak karuan
coba deh liat bandung sabtu-minggu macetnya gila karena banyak mobil luar kota seliweran
kan kalo transportasi dalam kota bagus bisa tuh wisatawan luar kota pake travel aja, keliling bandung pake tram atau monorail
tapi semua itu juga masih perlu dukungan multi transportasi, yang dimaksud itu ya bus tingkat atau bus AC lah cukup terus angkot dikurangi
angkot kebanyakan macetin dan bikin ulah doang
Quote:
Original Posted By ariesww►iya ane setuju post2 diatas.
tapi ane usul, klo bisa semua angkutan umum diatas jangkauannya hampir di setiap sudut kota. soalnya milih kendaran pribadi salah satu alasannya ga ribet harus nyambung sana nyambung sini.
Quote:
Original Posted By pluto11►Tp banyak orang yg masih enggan beralih ke transportasi umum. Kebanyakan orang lebih suka pake kendaraan pribadi. Bnyk yg bilang jg karena harga bbm, pajak kendaraan sama biaya parkir masih rendah makanya lebih milih kredit motor atau mobil. Bisa kemana2 bebas. Beda sama di jepang. Ane pernah baca di jepang itu buat mencegah kemacetan pajak kendaraannya sama biaya parkirnya mahal banget.
Tp mudah2an indonesia bisa jd lebih baik dan MRT bisa terealisasi di seluruh indonesia. Ane juga pengen nyoba. hehehe
Quote:
Original Posted By always35►klo menurut ane sih, selama transportasi massal yang disediakan sudah bagus, tetapi mental masyarakatnya masih suka pakai kendaraan pribadi meskipun dimahalinpun juga akan susah, maka itu perlu dibatasin bener kendaraan baru kalo mau keluar
oiya sama juga gimana caranya fasilitas2 kendaraan pirbadi dibikn bener2 mahal sampe yang mampu bayar cuman orang2 tertentu aja
Quote:
Original Posted By enter.andromeda►manurut ane solusi cerdas untuk mengatasi kemacetan di Jakarta adalah pembangunan MRT, tapi sulit di lakasanakan karena tata kota Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia acakadut, atau kacau
Quote:
Original Posted By Rifckey►Selain MRT juga sebaiknya pemerintah mulai memikirkan transportasi multi moda gan. Jadi ada koneksi antar moda transportasi sehingga para penumpang tidak perlu repot kalau mau ganti moda transportasi. Misalnya antara stasiun, bandara dan terminal ada semacam link jadi setelah menggunakan kereta penumpang bisa dengan mudah berganti moda yang lainnya.
Quote:
Original Posted By madhate666►Gan yang penting itu keamanan dan kenyamanannya, belajar dari busway, antrinya berantakan, copet banyak, pelecehan seksual juga gak abis abis
Kalo harapan ane sih, apapun rencananya yang penting keamanan dan kenyamanannya bisa selalu diperhatiin.
Jangankan angkutan umum, naik kendaraan pribadi aja ane selalu was was dengan tindak kejahatan dan faktor jalanan yang rusak bikin kecelakaan meningkat, juga kecerdasan dan ketaatan orang indonesia dalam berlalu lintas masih dibawah standar, bosan gan sama hal hal kaya begitu
Quote:
Original Posted By CommunistTeam►biasanya ada pemainan gan makanya program MRT di Indonesia terbilang lambat kemajuan nya ...
agan bisa bayangin ga klo banyak orang Indonesia pake MRT ....
yang pasti penurunan pada industri otomotif gan .....
yg akhirnya ujung2 nya pasti jatuh kepada PHK massal
ini menurut pendapat ane yha gan ....
Quote:
Original Posted By shakuton►mungkin kesalahan TJ itu ada di putaran gan bentuk + nanti beberapa meter dari
jalan bentuk + pasti ada lagi tuh yang kyk gitu, jadi sengaja di jebol
biar bisa belok, coba kalau jalannya lurus doang, yakin dah ane gak ada
yang masuk jalur TJ
Quote:
Original Posted By lingar►tunggu tanggal mainnya aje dijakarte
apa MRT jadi solusi tepat buat kemacetan selama ini???
klo sarana prasarana yang WAH tanpa diimbangi dengan sikap+moral orng JKT sdri yang taat berlalu lintas ane rasa sama aj akan macet cet cet...
WAK WAAAA....
Quote:
Original Posted By mfajar10►Kalo menurut ane masalah MRT di Jakarta dan kota2 lain di Indonesia ya harus berani cepet2 ngerealisaiinnya, apalagi sekarang kan yg namanya macet udah makin parah, gak cuma Jakarta aje, intinya ya pemda, pemerintah pusat, rakyat harus kerjasama maksimal lah, dan juga jalurnya itu ga cuma 1 2 rute aja
kalo yang namanya transportasi umum dan segala macem fasilitasnya udah bagus yaa rakyat mulai beralih lah, kaya di negara2 maju, dan juga kalo mau buat proyek MRT yg gedean emang balik modalnya ga cepet, tapi gimana niat utamanya mau cepet balik modal apa nyelesein masalah ?
ane juga optimis kok dalam beberapa tahun ntar bakal ada MRT yg lebih banyak di Indonesia, emang terkesan kudu ngrombak total tatanan kota, tapi pasti bisa kok
Quote:
Original Posted By bryend►Udah hujan deras campur badai payungpun masih belum mau di buka.kira2x begitu keadaan negara kita.
udah jelas2x pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor naik drastis tapi hanya jalan ditempat.
disini lebih diutamakan BISNIS ,susah sendiri jadinya (pemerintah).coba intip negara sebelah punya duit aja susah banget mau beli 1 mobil.disini cukup lempar ke bank mobilpun keluar tanpa perlu merogoh isi kantong dalam2x.alhasil jalan gak nambah tapi kendaraan nambah.ujung2xnya yg dicacimaki siapa?.
Sungguh ironis negara ini.
mau maju tapi gak berani tegas.kekuatan massa lebih dominan.kalau sudah begitu kapan negara ini bisa maju.
Original Posted By 1433150►wah keren tritnya
menurut ane tambahan yang mesti,harus,kudu itu yaaaa HARGA YANG TERJANGKAU.
jadi kalo bisa tuh TJ,monorail,MRT itu dibikin harga yang murah banget dan cuma buat bayar operasionalnya aja
soalnya tuh percuma kalo diliat dari sekarang aja kalo naik busway 3500 bolak balik kan 7000 misalnya dibanding sama motor yang isi 7000 itu kan bisa keliling2 dah tanpa harus nunggu sampe sejam lebih *pengalaman*
walaupun susah juga sih soalnya bentuk perusahaannya udah PT MRT Jakarta
Quote:
Original Posted By roseblast►Please All Hail for Public Transportaion & Go Green Transportation..
Biar ga macet" lagi, mengurangi polusi, mengurangi beban subsidi, pengalihan subsidi, dll..
Buat Indonesia menjadi lebih baik, apalagi tahun ini mau mulai perdagangan bebas ASEAN, masa mau negara kita dianggap negara miskin oleh negara Asean lainnya..
Yang utama, Public Transportation itu HEMAT di KANTONG..
Ane PP naik commuterline @5rb, brangkat 2500, pulang 2500..
Quote:
Original Posted By headbangers►Tata kota Jakarta udah salah. Mesti dibom dan dibangun ulang.
Kalaupun MRT udah jadi, armada busway bertambah, KRL nyaman, gimana caranya orang yang mau ke Kemang? Sekedar contoh aja.
Apakah 3 transportasi itu ngejangkau lokasi?
Transportasi publik itu HARUS terintegrasi satu sama lain.
Kalo ga, ya jangan heran masih banyak orang yang bawa kendaraan pribadi. Mereka ngerasa lebih enak dan mudah untuk mobile dari sana ke mari daripada harus pake transportasi umum.
Ditambah mental remaja jaman sekarang aja udah prestige oriented. Gak bawa mobil, gak keren.
Ya untuk beberapa dekade ke depan, kayaknya Jakarta bakalan masih penuh sama mobil, mobil, dan mobil.
Quote:
Original Posted By mts07►Harus brani modal gede sih...
Karna pulau jawa udah padet se padet2nya, harusnya subway jd pilhan.
tapiii... Infrastruktur negara ini taulah kayak apa...
dibawah jalanan kita ini udah segala macem kabel ada kayanya...
dan ga ada yg rapi...
dan yg pasti duitnya itu...
semua diperparah dgn tingkat kenyamanan dan keamanan yg sama sekali buruk.
transkota pun ga bagus, unitnya sedikit, jalurnya sulit soalnya jalanan sempit, pengemudi beberapa ugal2an ga ngasih keamanan, blum lg pengendara lain yg nyerobot jalur transkota, bukannya lancar malah ikut kena macet
Idealnya emang transportasi masal harus ada kalo ga mau macet.
bus sekolah (yg malah di demo sopir angkot), monorel, subway train, dsb emang mau ga mau harus jd rencana serius...
Quote:
Original Posted By fandikakaskus►percuma kalo ga didukung sama masyarakatnya
tapi pemerintah juga harus bisa buat alat trasportasinya :
-nyaman
-aman
-tepat waktu
Quote:
Original Posted By krukov►batasi juga tuh produksi kendaraan di Indonesia, buat boleh tapi bukan buat di jual di Indonesia tapi di luar negeri, jangan malah nambahin produksi model mobil/motor baru, tiap bulan kendaraan baru muncul disertai inovasi dan teknologi baru.
persulit pembelian mobil/motor, DP murah bisa bawa pulang mobil & motor, mau BBM naik lagi kek percuma kalo produksi & pembelian kendaraan tidak dipersulit, orang2 lebih milih kendaraan pribadi lebih aman, nyaman, tepat waktu, nggak kayak anngkutan umum.
Quote:
Original Posted By l96ai►Gan, bullshit lah busway..
Dulu gua suka naik busway, tapi berubah sejak kalo nunggu lama banget.
Nih gua share ya dari sudut pandang gua kenapa busway itu rubbish:
1) Jadi 1 sama jalan umum. Akibatnya menghambat laju pergerakan jalan umum. Padahal dia sendiri bergerak di jalan umum. Makanya busway SUKA TELAT.
2) Harga terlalu murah/nggak ada kompetisi atau alternatif. Emangnya semua orang mau desek-desekan naik busway? Mestinya kalo emang pemda DKI peduli, kasih dong alternatif buat orang yang duitnya pas-pasan naiknya PPD, yang menengah busway, yang atas naik heavy rail, atau gimana. Yang penting ada alternatif gan.
3) Capexnya rendah? Kenapa sih pada suka yang murah-murah? Kenapa gak mahal sekalian tapi emang menyelesaikan masalah? Seperti KRL commuter line misalnya.
Gan kalo emang deket sama Pemda, please kasih masukan bikin MRT dari Cibubur, Cimanggis, ke Cawang, sampe CBD Jakarta. Di saat orang-orang pada ribut karcis MRT Lebak bulus, ini udah ada proven demand 25 ribu per pax. Itu masih make bus 3/4 dan kena macet. Gua sih mau bayar 35 ribu sampe kantor ga pake macet kaya MRT dan gua yakin banyak juga yang mau.
Thanks gan.
Quote:
Original Posted By maknyusssss►Di Palembang saat ini sedang dibangun LRT nih gan, doakan supaya lancar dan dijauhkan dari hambatan ya :-)
semoga di jakarta cepat terealisasi gan,,
ko d luar negri BRT nya bagus2 ya gan, jalannya juga bagus trs g ada yang masuk2 jalur g kaya d sni,, apa karena efek photo saja kah
kalo transjakarta dibikin kayak brt istanbul atau curitiba kayaknya nggak bakal macet gan dan harusnya kalo di persimpangan, jalur busway dibikin layang aja biar orang-orang nggak bisa masuk
Original Posted By adekusnadi►semoga di jakarta cepat terealisasi gan,,
ko d luar negri BRT nya bagus2 ya gan, jalannya juga bagus trs g ada yang masuk2 jalur g kaya d sni,, apa karena efek photo saja kah
bisa jadi gan..ane gak bahas masalah yang ada di luar negeri, mestinya disana juga ada masalah meski mungkin ga sebanyak di indo
Quote:
Original Posted By SadarAljaber►Nunggu yg dijakarta aja gan
pejwan dulu
sippo gan
Quote:
Original Posted By giladonlot►kalo transjakarta dibikin kayak brt istanbul atau curitiba kayaknya nggak bakal macet gan dan harusnya kalo di persimpangan, jalur busway dibikin layang aja biar orang-orang nggak bisa masuk
kalau di bikin layang bakal banyak makan biaya gan..soalnya bikin jalan layang itu mahal, dan kemungkinan mematikan kegiatan di sepanjang jalan layang itu sendiri
Original Posted By cumicumi26►Ngeliat BRT diluar negeri kyaknya jalurnya aman2 aj g ada yg make jalurnya.
Kalo di Indonesia mah sepi dikit langsung dihajar th.
kalau di bikin layang bakal banyak makan biaya gan..soalnya bikin jalan layang itu mahal, dan kemungkinan mematikan kegiatan di sepanjang jalan layang itu sendiri
yang ane maksud overpass doang gan . intinya jalur transjakarta harus sama sekali nggak mungkin dimasukin kendaraan lain.
Menurut ane emang bakal mengatasi kemacetan gan.... nanti katanya juga beberapa ruas jalan di lokasi jalur MRT akan dibuat berbayar.... dan semoga jadi SOLUSI untuk jakarta nanti....
walau/dan ane menikmati jalan ini tiap hari gara-gara pembangunan MRT gan... tapi ane SABAAAARR.... jadi ngeri macetnya di sudirman,,, apalagi sempet 1 jalur doang waktu itu jalur lambatnya......
Anda akan meninggalkan The Lounge. Apakah anda yakin?
Lapor Hansip
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.