alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54068bbc582b2e0c058b4567/ask-agar-tidur-nyenyak-dan-segar-setelah-bangun-tidur
[Ask] Agar tidur nyenyak dan segar setelah bangun tidur
Hallo gan,
Saya numpang nanya
Supaya tidur pada saat malam lancar, gampang, dan nyenyak bagaimana ya?
Dan supaya saat bangun tidur itu badan fresh bagaimana ya?
Hal yang sering terjadi adalah saya bangun tidur dengan badan yang pegal2.
Saya sering terjaga tengah malam. tapi saat saya terjaga tengah malam badan saya tidak pegal2..
Kira2 apa penyebabnya ya?
Apa ada ritual khusus yang harus saya lakukan sebelum tidur? (makan apa atau minum apa?)




lu tidur nya udh sesuai pola blm bro? jadi gini, kalau biasa nya tidur jam sekian ya rutin jam sekian. tp analisa gue ini terlepas dr sisi medis sih (maklum cm tukang tambal ban emoticon-Embarrassment)...
banyakin minum air putih juga bro...
eh anw, lu bro atau sist sih? emoticon-Malu. untuk selengkap nya biar bu dokter yg ngejawab... emoticon-roseemoticon-Malu
Quote:Original Posted By Jackhammer

lu tidur nya udh sesuai pola blm bro? jadi gini, kalau biasa nya tidur jam sekian ya rutin jam sekian. tp analisa gue ini terlepas dr sisi medis sih (maklum cm tukang tambal ban emoticon-Embarrassment)...
banyakin minum air putih juga bro...
eh anw, lu bro atau sist sih? emoticon-Malu. untuk selengkap nya biar bu dokter yg ngejawab... emoticon-roseemoticon-Malu


Gw bro tulen bro,
Ud sesuai pola
Tiap hari tidur jam sekian
Tapi tetap saja terbangun tiap malam jam sekian (berpola juga)
Dulu pernah ada yang saranin minum air sebelum tidur
Dulu sih ngefek bikin badan tidak pegal2 saat bangun pagi, tapi skrg ga ngefek lagi..
Gan, ane ada artikel nih soal tidur mentidurkan, siapa tau berguna, dibaca dulu ya emoticon-Malu (S) emoticon-Smilie

Lima Langkah Dapatkan Tidur Berkualitas
Gaya Hidup Sehat
Selasa, 02 Desember 2014

Walaupun sudah banyak aturan tentang bagaimana mendapatkan tidur berkualitas, tetap saja ada beberapa kebiasaan seseorang yang unik agar bisa tidur nyenyak. Entah mesti tidur mendekap bantal guling, memeluk boneka beruang, atau tengkurap.

Namun, sebagaimana dilansir dari kanal kesehatan huffingtonpost.co.uk, ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk mendapat tidur yang baik. Mungkin U Doctorians mau mencoba?

1.Mandi

Ketika otak bersiap untuk tidur, secara alamiah suhu tubuh akan turun sekitar dua jam sebelum tidur. Berendam dalam bak mandi diyakini dapat menaikkan suhu tubuh Anda, sehingga dengan cepat akan membuat kondisi badan segar dan rileks. Sebuah studi kecil yang dilakukan tahun 1985 juga mengungkapkan bahwa orang yang berendam air hangat sebelum tidur tidak hanya memtidur lebih nyenyak, tapi lebih berkualitas.

2.Menyumbat telinga

Para ahli sepakat bahwa tidur ideal itu ruangan harus sejuk, gelap, dan tenang. Penyumbat telinga merupakan cara sederhana (dan murah) untuk memperoleh ketenangan dan tidur yang cepat. Kenapa? Karena menyumbat telinga membantu Anda memblokir, tidak hanya lalu lintas suara, tapi pasangan tidur yang mendengkur atau bahkan suara dengung elektronik.

3.Sebuah bantal andalan (atau beberapa bantal)

Kasur yang baik memang menjadi faktor memperoleh tidur berkualitas. Meski begitu, jangan lupakan bantal. “Bantal mungkin menjadi alasan Anda dapat tidur dengan baikBantal tidak dibuat satu ukuran yang cocok dipakai semua orang, itu tergantung dari preferensi dan kenyamanan Anda” begitu komentar Dr. Paul Salinas, spesialis pengobatan, rehabilitasi, dan pencegahan cedera neuro-muscular.

Gaya tidur Anda memainkan peranan penting dalam hal pemilihan bantal, karena bantal idealnya mengisi kesenjangan antara kepala dan bahu Anda ketika Anda berbaring. Bantal juga membantu menjaga posisi kepala agar tetap sempurna dan menghindari sakit leher.

4.Penutup mata

Sebuah cara klasik, tutup mata Anda ketika hendak tidur. Seperti diketahui, cahaya dapat mengirim pesan ke otak Anda untuk tetap terjaga dan waspada, sehingga menutup mata dengan kain (bisa penutup mata lain) adalah cara membuat tidur Anda nyenyak.

5.White noise

White noise adalah kombinasi berbagai suara dari berbagai frekuensi. Karena itu, white noise dapat “menutupi” suara-suara yang mengganggu ketenangan tidur, misalnya suara orang berbicara, suara alarm mobil, serta suara pintu dibuka.

Contoh sederhanya adalah ketika Anda berada di kamar dan merasa terganggu dengan suara dari luar ruangan, Anda bisa menyalakan kipas angin agar bunyinya dapat menutupi suara-suara dari luar tersebut.

- See more at: http://udoctor.co.id/gaya-hidup-seha....wKiaKU43.dpuf


PS: kalau masih ga bisa juga, bisa kok sekalian konsultasi ke dokternya langsung di UDoctor Indonesia , disana bisa live chat n video conference gitu sama dokternya, dokternya bener dokter kok, jadi mudah-mudahan bisa membantu masalah kesehatan agan emoticon-Smilie