alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/540435880f8b4637258b456c/pasien-stroke-sering-terlambat-dibawa-ke-rumah-sakit
Pasien Stroke Sering Terlambat Dibawa ke Rumah Sakit
sumber: http://health.kompas.com/read/2014/0...ke.Rumah.Sakit

KOMPAS.com - Seperti halnya serangan jantung, stroke adalah kondisi yang membutuhkan perawatan medis sesegera mungkin. Penanganan yang cepat dan tepat sangat menentukan kondisi pasien selanjutnya. Sayangnya, pasien stroke sering terlambat dibawa ke rumah sakit.

Keterlambatan penanganan pasien stroke, menurut dr.Nizmah, spesialis saraf dari RS. Bunda Jakarta, kebanyakan disebabkan karena orang di sekitar atau keluarga pasien tidak tahu gejala stroke.

"Selain itu stroke juga kadang tidak menimbulkan nyeri dan gejala yang muncul ringan," katanya dalam acara media edukasi mengenai stroke yang diadakan oleh Bunda Neurocenter RS.Bunda Jakarta (26/8/14).

Gejala stroke biasanya terjadi tiba-tiba. Gejala stroke antara lain serangan lemas atau mati rasa secara mendadak pada wajah, lengan, atau kaki. Selain itu pasien juga akan mengalami sulit bicara atau memahami pembicaraan, nyeri kepala hebat, dan hilangnya keseimbangan tubuh secara mendadak.

"Waktu sangat berharga saat terjadi stroke. Kehilangan waktu berarti kehilangan lebih banyak sel otak," katanya.

Stroke terjadi karena pasokan darah ke otak mengalami gangguan, baik itu karena tersumbat atau pembuluh darah pecah. Padahal jika aliran darah ke otak terhambat, sel-sel saraf otak tidak mendapat oksigen, akibatnya sel tersebut mati.

"Jika otak 5 menit tidak mendapat suplai darah, ia akan mati. Sementara pada organ tubuh lain bisa lebih lama, misalnya pada ginjal bisa sampai 20 menit," kata dr.Ibnu Benhadi, spesialis bedah saraf.

Ibnu mengatakan, begitu gejala muncul pasien harus segera dibawa ke rumah sakit. Penanganan stroke sendiri disesuaikan dengan penyebabnya. Bila stroke disebabkan sumbatan pembuluh darah atau disebut stroke iskemik, dokter akan memberikan pengencer darah.

Sementara itu pada stroke akibat pecahnya pembuluh darah atau stroke hemoragik, bisa dilakukan pembedahan.

tips: agar dapat sembuh dari stroke, segera komsumsi Nutrient High Calsium Powder, dan Vitaline, dua produk untu menyembuhkan stroke.

info lebih lanjut, hubungi 0853 6538 3374 /23Pasien Stroke Sering Terlambat Dibawa ke Rumah Sakit 7cb0ee
FB : Nita Terapi
Twitter: @NitaTerapi
www.terapitinggibadanpadang.blogspot.com
Gan, ane ada artikel tambahan soal stroke nih, siap tau bisa bikin tritnya makin keceh emoticon-Big Grin jangan lupa diikunjungi yah linknya emoticon-Malu (S)

Penatalaksanaan Pasien Stroke di Rumah
Stroke
Selasa, 27 Januari 2015

Setelah pengobatan di Rumah Sakit para penderita stroke diperbolehkan pulang ke rumah, dan tentunya membutuhkan perawatan stroke di rumah. Pengetahuan tentang cara menangani pasien stroke perlu diketahui keluarga agar memberikan kenyamanan dan membantu proses pemulihan di rumah. Karena penyakit stroke ini menyerang saraf, maka pada umumnya pasien akan mengalami lumpuh serta lemah anggota gerak tubuh dan membutuhkan bantuan dan dukungan anggota keluarga lainnya

Ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian ketika kita melakukan perawatan terhadap penderita stroke yang telah pulang kerumah, diantaranya :

Memberikan dukungan dan perhatian untuk pemulihan kesehatan pasien, seperti mengantar pasien untuk kontrol dan mengingatkan pada saat waktu minum obat. Selain itu, pasien dengan stroke sering jatuh dalam kondisi depresi, pendampingan dan dukungan penuh dari keluarga serta semangat dari keluarga akan sangat membantu pemulihan.
Mendampingi pasien dalam melakukan aktifitas kegiatan sehari-hari, dan memberikan bantuan jika memang diperlukan.
Melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin. Kontrol gula darah dan kolesterol teratur dapat dilakukan sebagai pencegahan stroke berulang .
Beberapa hal yang berkaitan dengan lingkungan rumah juga perlu mendapat perhatian. Lingkungan yang baik bagi penderita stroke ketika mendapatkan pengobatan dan perawatan di rumah harus disediakan oleh keluarga. Kamar tidur penderita stroke sebaiknya dekat dengan kamar mandi agar mudah untuk dijangkau dengan adanya pegangan di kamar mandi yang digunakan untuk membantu penderita. Keluarga juga harus menyediakan alat bantu komunikasi jika diperlukan, misalnya adalah dengan menyediakan kertas serta pena dekat pasien. Persiapan alat bantu berjalan bagi penderita stroke seperti kursi roda atau walker dan alas kaki yang nyaman memudahkan penderita berjalan. Barang lain seperti buku-buku, telpon, dan televisi juga dapat di sediakan dekat dengan penderita sroke untuk membuat lebih nyaman.

Tips Perawatan Pasca Stroke di Rumah

Posisi tempat tidur dan terapi fisik. Tempat tidur ideal untuk pasien stroke adalah tempat tidur yang padat dengan bagian kepala cukup keras untuk menopang berat ketika disandarkan. Miringkan badan pasien dari satu sisi ke sisi lainnya dan ubah posisi lengan dan tungkai setiap 2 jam. Pijatlah tungkai yang lumpuh 1-2 kali sehari dan menopang tungkai yang lemah dengan bantal.
Punggung pasien diperiksa untuk melihat tanda-tanda luka atau borok terutama pada pasien yang terbaring lemah di tempat tidur dalam jangka waktu yang lama.
Perawatan kebersihan pada pasien stroke. Pada pasien yang lumpuh dan tidak bisa bergerak, gunakan handuk bersih dengan air hangat dan sabun untuk membersihkan seluruh tubuh pasien. Perawatan buang air kecil dan buang air besar juga perlu diperhatikan.
Mengelola masalah penglihatan. Setelah stroke, beberapa orang memiliki masalah melihat ke satu sisi. Harus dilakukan terapi dan berusaha memahami kondisi pasien
Bantuan dengan masalah bicara. Pasien stroke mungkin mengalami kesulitan berkomunikasi, yang bisa jadi sangat membuat frustasi. Anda dapat membantu dengan berusaha bicara perlahan dan mendengarkan dengan hati-hati.
Tujuan perawatan stroke ini agar pasien memaksimalkan fungsi organ tubuh dan dapat mengembalikan kehidupan pasien pasca stroke pada level senormal mungkin dengan penuh kesabaran, ketekunan dan komunikatif kepada pasien.



Penyusun : dr. Adibah

Editor : dr. Rena Winasis



- See more at: http://udoctor.co.id/stroke-/penatal....O8LR46w6.dpuf
ane punya nenek 2 kena stroke semua, dan itu kejadian tanpa ada tanda apa2 kecuali emang dua duanya punya riwayat darah tinggi. sedih, tp dua duanya juga udah almarhumah sekarang.