- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Bus-bus (yang pernah dan masih) menguasai aspal jawa timur


TS
fckita
Bus-bus (yang pernah dan masih) menguasai aspal jawa timur

Sebagai pengguna angkutan umum, bolehlah bernostalgia tentang angkutan yg disebut bus/bis ini. Trayek mana saja dan bagaimana sepak terjangnya para penguasa aspal jawa timur ini (bus kacangan gak dibahas).
Spoiler for 1:
HASTI

Trayek : Kediri-Surabaya, Kediri-Malang, Malang-Jombang-Tuban, Blitar-Kediri-Nganjuk.
Masa keemasan : s/d era 1990-an.
Kantor Pusat : jl mauni, kota kediri.
Dahulu, Hasti banyak memiliki armada bus besar dan bus medium. bus besarnya, hampir semuanya bermesin mitsubishi mesin depan dengan karoseri new armada, magelang. ketika PO-PO lain masih menggunakan armada lawas, hasti mampu membeli armada yang full baru. maklum, pemilik Hasti ini konon masih ada hubungan keluarga dg salah satu pemilik Gudang Garam.
Sekarang, armada sudah berkurang banyak. bus regulernya tinggal beberapa. armada yang besar tinggal melayani trayek kediri-surabaya lewat pare dan bus-bus mediumnya melayani kediri-malang dan malang-jombang. Hasti sekarang konsen di bisnis bus pariwisata dengan membeli beberapa unit bus mercedes benz AC.
Spoiler for 2:
RESTU


Jujur aja nih gak ada info alias blank ama Restu. Hanya saja Restu melayani trayek Malang-Surabaya-Madiun-Ponorogo. Di trayek ini hanya ada bus aneka jaya sebagai kompetitor dan bis restu ini dikenal ugal-ugalan. beruntung PO Restu yg bermarkas di Lawang Malang ini menerbitkan Restu (gambar) Panda yg dikenal sopan, dan lux (Ac &smoking room serta Tv).
Spoiler for 3:
AKAS




Dahulu bis ini sangat berjaya, akan tetapi kejayaan tsb mulai pupus dengan adanya regenerasi kepemilikan sampai dengan beberapa generasi. Rute trayek-nya pun banyak, karena pada generasi ke-2 dan ke-3 pembagian bus ini menjadi 4 bagian yang masing-masing memiliki lebih dari 2 trayek.
Sekarang, masih banyak Akas yg eksis, seperti Akas NNR (Nike Nora Roy), Akas Asri (milik bu Sri), Mila, Harapan Kita (Solo-Jogja-Cirebon), Indonesia Abadi (Jember/Probolinggo-Bali), Pariwisata dll.
Pada tahun lalu 2012, kru manajemen AKAS III sempat terkena kasus penimbunan BBM solar pada tangki bus penumpang yg di modifikasi. Akas III ini meliputi bus Aggun Krida dan Kurnia Jaya.
Spoiler for 4:
MILA sejahtera

Bus ini sejatinya adalah pecahan dari Akas yaitu milik Akas IV, belum sempat mengalami masa keemasan namun segera meluncur turun kembali prestisenya.
Spoiler for 5:
HARAPAN JAYA

Kantor Pusat : Jl. Mayor Sujadi 23A, T. Agung -Jawa Timur
Trayek :
Reguler : Tulung Agung–Surabaya PP
Bus Malam : Blitar – Cikarang – Bekasi – Jakarta – Bogor – Tangerang
Bus Pariwisata : Sumatra – Jawa – Bali – Lombok
Dahulu, bis ini muncul di thn 1977, dan sampai dengan tahun 95-an menguasai area surabaya trenggalek/tulungagung. Dalam perkembangannya Harapan Jaya mengakusisi bis RUkun Jaya. Semua bus Harapan Jaya pertama kali pakai Hino RK,sedangkan Rukun Jaya pakai Mitsubishi BM. Sampai sekarang bus ini masih eksis baik bus reguler, bus malam, dan pariwisiata.
Spoiler for 6:
EKA MIRA


Kantor pusat : Jlr Gilang no.10 Sidoarjo
Trayek : Surabaya-Solo-Jogja
Tahun 70-an bernama PO Flores.
Tahun 80-an mulai memakai mesin Mitsubishi BM terjadi tragedi besar. Kecelakaan bis Flores tertabrak kereta api membuat Flores berhenti operasi.
Waktu itu Flores Mits BM berbody Morodadi (Tan A King) yg dikemudikan oleh Marwan yg sedang membawa rombongan anak sekolah SMP dari Jombang tertabrak kereta api di daerah Solo. Flores berhenti beroperasi kemudian muncul nama EKA & MIRA untuk trayek Surabaya-Solo, serta ITA untuk surabya-ponorogo. Mulai saat itu Eka Mira menuai kejayaan dan menyisihkan Sumber Kencono yg berada pada jalur trayek yang sama.
Tahun 90-an ITA tersisihkan oleh Restu
Tahun 2004-2011 Mira Eka bersaing ketat dengan Sumber Kencono dan sempat tersisih namun persaingan sengit kembali tejadi di tahun 2012 s/d sekarang akibat Sumber Kencono sering mengalami kecelakaan hebat, dan merubah mindset masyarakat.
2012-2013 Armada Sumber Group berkurang drastis, sementara armada Mira Eka semakin bertambah banyak menjadikan Mira Eka sebagai bis paling laris manis kembali. Namun kutukan sebagai bis dengan armada terbanyak dan berkecepatan tinggi adalah kesan ugal-ugalan para sopir. Dan Mira Eka pun mulai terlihat sering mengalami kecelakaan yg lumayan sering. Harapan kita agar manajemen melakukan perbaikan dan kontrol baik pada kendaraan maupun terutama pada kru awak bus seperti yg sudah dilakukan Sumber Grup sehingga menekan angka kecelakaan.
Spoiler for 7:
SUMBER KENCONO/SUMBER RAHAYU


kantor pusat : Jl Sidorejo Km 25,Krian
Trayek : Surabaya-jogja/Semarang
1981
Po Sumber Kencono Didirikan oleh Setyaki Sasongko yang berpendidikan Lulusan Teknik Mesin dan pernah bersekolah di Jerman, pada saat berdiri hanya berjumlah 6 Bus arti Sumber Kencono sendiri adalah “Sumber Penghasilan”;
2005
Penghargaan dari Menteri Perhubungan RI M Hatta Rajasa jelas menyatakan kalo PO Sumber Kencono merupakan salah satu perusahaan yang memberikan pelayanan terbaik selama penyelenggaran angkutan lebaran 2005 atau 1426 H.
2007
Terpilih sebagai salah satu PO Terbaik dari Direktorat Perhubungan Darat
2009-2010 -2011
Seiring dengan persaingan dengan PO Eka/Mira Po Sumber Kencono memperbaharui armadanya dengan mesin Hino karoseri Laksana, seri Nucleus 3 dan Legacy dengan menambahkan fasilitas AC dengan tarif sama dengan bis Non AC. Terkenal dengan nama “AC Tarif Biasa (ATB)”, yang non AC sedikit demi sedikit diganti dengan armada kurang lebih 250 Bus;
2011
Bus Santun 2011 Polda Jatim;
Bus Terbaik Kelengkapan Administrasi Terminal Purabaya (Bungurasih) 2010-2011.
Bus Terbaik Lolos Emisi Gas Buang Polres Ngawi.
Memasang GPS di armadanya untuk memantau kecepatan.
Lifetime achievment Menteri Perhubungan.




di bebrapa tahun yang lalu armadanya sering sekali mengalami kecelakaan dan sebagian masyarakat enggan menggunakan karena busnya terlalu ugal-ugalan bahkan bus disebut sebagai pembawa bencana, sebagain lainnya tetap setia dan menganggap kecelakaan adalah takdir dari Yang kuasa, akhirnya kejadian pahit pun makin parah,dimana kecelakaan bus di mojokerto yang menewaskan 20 orang dan mendapat perhatian serius dari gubernur jatim hingga trayek SK terancam dicabut oleh dishub atas rekomendasi gubernur jatim, puncaknya kecelakaan bus di klitik ngawi yang menwaskan pemotor sehingga di bakar massa yang kesal, menyikapi hal ini bapak setyaki tidak patah semangat dan terus meningkatkan disiplin pegawainya + pengetatan kontrol dan GPS bersamaan dengan audit Dishub plus ditambah sanksi pengurangan armada bus selama1 minggu sebanyak 40 %, menhub EE Mangindaan tidak mencabut SK, Menhub beralasan terlau riskan dan PHK masal karyawan yang berjumah lebih dari 1300 orang, sanksi itu cukup meberikan efek jera dan perbaikan managemant, sebuah kebijakan yang bijak dari seorang menteri.
Dengan harapan untuk merubah agar lebih baik, sesuai juga dengan filososofi Jawa, maka PO Sumber Kencono mengganti sebagian armadanya dengan nama Sumber Selamat dengan motto “Melayani Setulus Hati” arti Sumber Selamat adalah ” Sumber Keselamatan” dengan tetap mempertahankan motif garis-garis tetapi mengganti warna yang dominan biru ke dominan perak. Dengan adanya 2 nama tersebut PO Sumber Kencono sekarang dipanggil dengan nama Sumber Group. Pergantian nama ini diharapkan selama perjalanan Sumber Group senantiasa diberikan keselamatan.
2012
Meski terjadi penurunan angka kecelakaan, namun stigma negatif sebagai bus ugal-ugalan masih melekat pada SK & SS. Filosofi Nama adalah doa, Kedua kalinya Bapak Setyaki Sasongko merubah nama sebagian armada bus Sumber Group, menjadi “SUGENG RAHAYU” dengan motto “Tetap Setia Melayani” dan senantiasa memperbaiki kekurangan pada manajemen dan kru.
Kali ini livery (simbol Bus) dirubah menjadi gambar lumba-lumba, yang artinya bahwa lumba-lumba itu mempunyai sifat seperti manusia, suka tolong menolong, ramah dan mempunyai rasa setia kawan yang tinggi. Diharapkan dengan menggunakan logo lumba-lumba dapat merubah image dari Sumber Group menjadi lebih baik lagi. Kemudian penambahan logo/livery berupa bintang, dengan harapan agar Sugeng Rahayu dapat menjadi bintang dan menemukan masa keemasannya kembali.
2013
Hingga sekarang kecelakaan terus berkurang drastis bahkan di beberapa bulan 0 accident besar atau tidak ada kecelakaan, atas prestasi menekan laka Sumber Selamat dan Sugeng Rahayu kembali mencapai puncak kesuksesan sumber kencono dan menjadi primadona masyarakat khusunya jawa timur dan mendapat apresiasi tinggi dari Dishub jatim,Kepala terminal,Organda Jatim bahakan jajaran kementerian perhubungan.
Ada yang mau menambhakan silahkan
Quote:
SALAM! BIs MANIA
0
12K
Kutip
29
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan