Hati-hati modus Penipuan Buyer terhadap Seller di Jubel Online
TS
umoniact
Hati-hati modus Penipuan Buyer terhadap Seller di Jubel Online
Maaf kalo
Bismillahirrahmaanirrahiim...
Sekedar Shared apa yang baru saja ane alami nih...
Spoiler for Kronologis:
Hari ini, Jum'at, 29 Agustus 2014, pukul 16.xx ane posting barang yang akan ane jual... setelah pukul 18.xx ane nerima telepon dari "Fake" Buyer, dia nawar barang ane sampe dia langsung mau transfer uang seharga yang telah disepakati, akhirnya dia minta no rekening ane... ane kasih no BCA, dia bilang mau transfer dari Mandiri... (sebagai catatan, Mandiri dan BCA sudah masuk jaringan ATM bersama dan Prima jadi jaringannya sudah terhubung)
Singkat cerita, tuh buyer nelpon lagi ke ane, konfirmasi katanya dia dah transfer uang,... TAAAAAAPI, ketika ane cek d Klikbca.com, blom ada data transfer masuk, ane telepon lagi dia, dia "pura-pura" Panik dengan beralibi, dia akan nelpon pihak Bank Mandiri untuk cek status transferannya... lalu dia bilang kalo tansferannya memang mungkin terhambat, akhirnya dia suruh ane berangkat ke ATM BCA terdekat untuk cek rekening ane... (Catatan: Dia pake nanya2 jumlah uang di Rekening ane, itu yang pertama membuat ane curiga... untungnya gak ane kash tau)
Akhirnya denga rasa penasaran ane turutin maunya dia, untuk cek lewat mesin ATM, dan hasilnya tetep sama, alias -UANG BELUM MASUK- ke rekening ane... lalu ane langsung telepon dia, bilang memang belum ada uang masuk...
Naaaahhhh PUNCAKnya... lalu dia minta telepon ane nggak dulu ditutup, bahwa dia mau nelpon pihak Bank Mandiri... SORRY ketawa dulu ane Gan...
ane turutin juga, trus sambil telepon dia masih terhubung sama yang ane, dia "Nelpon" pihak call center Bank Mandiri, tapi pas ane dengerin kok suara si Call Center lebih jelas daripada suaranya dia, lahhh kooooookkk...
Ane makin curiga dong.... hwahahah.... terus dia pura-pura lapor tentang keluhan dia, dan parahnya si call center bilang, "Banar pak, anda sudah transfer ke rekening Ujang (Nama Samaran) dengan No. 324XXXXXXXX dan statusnya lancar" saat itu ane lagi buka ATM yang jelas2 gak ada perubahan di rekening ane, trus si call center ngomong deh ama ane, dai suruh cek rekening ane, dengan CARA YANG DIA KEHENDAKI, Yaitu :
1. Silahkan Bapak masukkan kartu ATM Bapak!
2. Pilih Bahasa Indonesia. (di ATM BCA kan gak ada pilihan Bahasa)
3. Silahkan masukkan no pin anda.
4. Coba pilih informasi saldo... trus si Call center nanya jumlah saldo di rekening ane... (Hwahahahah ane bilang Sorry saya GAK bisa kasih tau)... lalu dia ngasih perintah lagi...
5. Baik kalo begitu silahkan anda kembali ke menu utama, lalu pilih menu transfer... (ane turutin!!!!)
6. trus dia nyuruh masukin NOMINAL sejumlah yang si "FAKE" buyer transfer ke rek ane... (alias sejumlah uang harga barang yang ane jual...)
Naaah, dari sini langsung ane teriakin tuh si call center ama si Buyer yang lagi jadi "PENDENGAR".... SIALAN, PENIPU LUUU....!!!! telepon tuh ane tutup, hwahahah... akhirnya dia gak telepon lagi...
Mohon jadi perhatian bagi Agan-aganwati yang berjualan secara online, sekarang Buyer juga banyak bermoduss...