alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54005b36118b4687588b456a/ask-apakah-benar-saya-menderita-gerd
[ASK] Apakah benar saya menderita GERD?
langsung saja gan, ada yang ingin saya tanyakan, mungkin agan2 bisa membantu menjawab pertanyaan saya....

sekitar satu bulan yang lalu, saya didiagnosa maag dan asam lambung oleh dokter..... gejalanya waktu itu nyeri di ulu hati, kepala kliyengan, dipakai untuk menunduk sakit, dan badan rasanya dingin, merinding, walaupun tdk sampai menggigil.... ketika diperiksa di dokter umum, semua normal, termasuk tekanan darah....

selang beberapa hari ( sekitar 2 atau 3 hari ), saya merasakan ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan, selain keluhan lain, seperti kliyengan, terus-menerus sendawa, berdebar2 dan badan terasa dingin, walaupun dinginnya tdk separah yg kemarin..... waktu itu, dokter mengatakan, kemungkinannya ada dua... yang pertama, mungkin ada benda asing yang tersangkut di tenggorokan, dan kedua, mungkin itu karena asam lambung yang naik ke kerongkongan, dan saya diberi obat maag.... kalau dalam 3 hari gejala tidak membaik, segera dibawa ke THT....

tapi obat maag itu tdk membawa perubahan apapun.... kalau sudah sore, leher tidak lagi terasa mengganjal, tp kadang leher terasa agak nyeri, rasanya seperti keras, dan nyeri jika ditekan di bagian bawah tenggorokan.... meskipun begitu, dipakai untuk menelan makanan tidak sakit, dipakai untuk menoleh tidak sakit, tidak batuk, tidak serak, tidak demam, tidak flu ( walau sempat si hidung sedikit tersumbat ), dan yang pasti, tdk ada gejala mengkhawatirkan apapun selain tenggorokan terasa kaku dan kadang sedikit nyeri..... pundak kanan dekat leher juga terasa pegal, tp mgkn itu karena saya yg salah tidur.....

selama beberapa hari itu, saya benar2 kelimpungan dengan kondisi leher yang terasa sangat tidak enak dan tidak nyaman sama sekali.... dan entah kenapa saya merasa ada sedikit benjol di leher pas bagian tengah, sedikit di atas tulang leher.....

akhirnya saya bawa ke THT.... kata dokter, itu hanyalah jakun, tdk ada yang perlu dikhawatirkan.... tp saya cewek gan, masa punya jakun? walaupun saya akui, saya tergolong kurus untuk orang setinggi saya, dan mgkn saja tulangnya sedikit menonjol....
dan setelah diperiksa tenggorokan saya ( hanya dengan menggunakan senter ), termasuk hidung dan telinga, dan juga diminta untuk menelan ludah, dokter mengatakan semua dalam keadaan baik2 saja, malahan dia tertawa gan.... dia mengatakan itu adalah GERD, tdk ada yang perlu dikhawatirkan, apalagi sampai berpikiran bahwa itu adalah kanker segala macam..... dia mengatakan bahwa musuh utama saya hanyalah cemas, khawatir.....

ini sudah beberapa hari sejak dari THT, dan saya merasa tdk ada perubahan apapun di bagian leher.... rasa mengganjal, kadang tenggorokan dan bagian tengah dada terasa hangat, kadang sedikit nyeri ( senut2 kalo istilah jawanya ).... dan menurut saya, gejala GERD lebih parah dari itu, jika membaca dari keluhan penderita GERD..... apalagi saya kurus, bukan perokok, nggak pernah minum kopi apalagi alkohol, walaupun pola makan tdk teratur....

pertanyaan saya, apakah benar saya mengidap GERD, mengingat ketika di THT, dokter hanya memeriksa ala kadarnya, dan saya juga belum sempat menceritakan secara detail apa yang saya rasakan, karena dia sdh langsung menyimpulkan bahwa itu adalah GERD....

maaf kalau pertanyaan saya mungkin teramat sangat panjang.... terima kasih sebelumnya buat agan2 yang bersedia menjawab pertanyaan saya.....
Menurut ane agan terkena GERD 99,9 % karena senasib dengan ane bedanya ane sudah kena sejak 5 tahun yg lalu.

Part 1.......

Awalnya terasa panas hangat disekitar lambung, tenggorokan kering, sering batuk2 kecil, sering lapar, gampang kenyang. Ane cuekin aja karena dikira cuma pengaruh makanan pedas spt biasanya.

Pada suatu malam tepatnya 5 thn lalu emoticon-Cool nafas ane tiba2 terasa panas sesak, jantung berdebar2 dan itu berlansung berjam2, parahnya itu terjadi tengah malam, ane kira dah mau mati gitu sampai jam 5 pagi akhirnya ane pingsan atau tidur pokoknya bangun2 sudah agak mending tp masih sesak nafas dan kembung.

Ane kira ane punya masalah jantung atau paru2, ditambah rekomendasi dokter umum utk EKG dan rontgen paru ternyata masih sehat, akhirnya dokter menyimpulkan ane kena Gerd,

Walau diagnosanya tepat tp maaf ane masih gak sembuh2, pindah dari dokter yg satu ke dokter lain, sebulan kemudian akhirnya ane ketemu dokter internis yg tepat buat ane, cuma dikasih satu resep doank Lancid 30 bak obat dewa lambung ane sembuh dalam beberapa hari.

Part 2.....

Setelah sembuh ane melanjutkan hoby kuliner ane selama 5 thn..., Libas durian, libas masakan padang, libas gorengan... libas fasfood, kopi, teh, soda dkk.....

Sebagai praktisi fitnes ane yakin tubuh ane sanggup mengolah makanan yg tidak sehat spt diatas.... emoticon-Cool

Sialnya sebulan lalu ane kena diare baru sembuh seminggu kemudian setelah ke dokter umum, diare sembuh ternyata perut ane kembung dan sakit sekitar perut atas, spt ada yg menusuk, sesak nafas, jantung berdebar2, sakit saat nunduk, kalau makan bertambah parah.

Saya coba berobat ke dokter internis dan diberi obat Pantozol dan Pariet, seminggu kemudian gejalanya masih ada. Ane kembali ke dokternya dan dokter tersebut menganjurkan ane utk endoskopi tp ane tolak karena rasanya gimana gitu dimasukin kamera dalam perut selama 10 menit.

Ane coba ke dokter lain dan diberi obat disflatyl, pontozol, acpulsif 5, ada kemajuan yg berarti dgn obat2 tersebut. tetapi gejalanya muncul lg kalau gak makan obat, Jadi tergantung dgn obat gitu

Puncaknya kemarin ane minum 2 gelas temulawak yg katanya bisa mengobati asam lambung, sejam kemudian sesak nafas hebat kembali terjadi, karena gak tahan ane mengambil resiko makan obat maag ane melebihi dosis karena seharusnya 3 x sehari menjadi 4 x sehari tp gak ada reaksi apa2.

Malah tangan ane jd gemetaran, keringat dingin, Akhirnya ane minum Lancid peninggalan 5 tahun yg lalu (dah expired kali) reaksinya sejam kemudian asam lambung ane reda dan ane tertidur jam 2.30 pagi.

Lancid lebih tahan dr obat maag lainnya yg harus diminum 3x sehari, kemudian sampai besoknya jam 4 sore baru kembali minum obat tersebut,

Ane kembali pd dokter tersebut, dan kasih resep yg sama ditambah Vometa.

Sampai jam 9 malam, perut ane kembali kembung tp cuma sedikit, ane buru2 konsumsi melon utk menutupi ganasnya asam lambung. Asam lambung ane ada turun sedikit tetapi kembali gak enak kembali saat komen ini ditulis.

Anjuran makan utk penderita asam lambung : Pepaya, pisang masak, sayur2an, bubur, air putih, kentang rebus (jangan kentang goreng ya), suplemen spt Vit B12, C dan E, karena tubuh kita kekurangan giji bahkan darah jika ada luka dilambung. Minum juga Pocari sweet utk apabila agan merasa gejala anemia tp hati2 karena minuman ini jg mengandung gas, lebih baik minum bareng dgn obat maag pemberian dokter agan

Makanan pantangan asam lambung :
Pisang ambon, gorengan, alkohol, makanan keras (batu, besi dll), susu, soda, dan makanan yg bergas lainnya.

Perhatikan juga eek agan apakah ada berwarna item pekat gitu atau ada darah netes, kalau hitam pekat berarti ada pendarahan pd sistem pencernaan, kalau ada darah segar artinya ada pendarahan di sekitar anus.

Semoga membantu.

Quote:Original Posted By Tonitan
Menurut ane agan terkena GERD 99,9 % karena senasib dengan ane bedanya ane sudah kena sejak 5 tahun yg lalu.

Part 1.......

Awalnya terasa panas hangat disekitar lambung, tenggorokan kering, sering batuk2 kecil, sering lapar, gampang kenyang. Ane cuekin aja karena dikira cuma pengaruh makanan pedas spt biasanya.

Pada suatu malam tepatnya 5 thn lalu emoticon-Cool nafas ane tiba2 terasa panas sesak, jantung berdebar2 dan itu berlansung berjam2, parahnya itu terjadi tengah malam, ane kira dah mau mati gitu sampai jam 5 pagi akhirnya ane pingsan atau tidur pokoknya bangun2 sudah agak mending tp masih sesak nafas dan kembung.

Ane kira ane punya masalah jantung atau paru2, ditambah rekomendasi dokter umum utk EKG dan rontgen paru ternyata masih sehat, akhirnya dokter menyimpulkan ane kena Gerd,

Walau diagnosanya tepat tp maaf ane masih gak sembuh2, pindah dari dokter yg satu ke dokter lain, sebulan kemudian akhirnya ane ketemu dokter internis yg tepat buat ane, cuma dikasih satu resep doank Lancid 30 bak obat dewa lambung ane sembuh dalam beberapa hari.

Part 2.....

Setelah sembuh ane melanjutkan hoby kuliner ane selama 5 thn..., Libas durian, libas masakan padang, libas gorengan... libas fasfood, kopi, teh, soda dkk.....

Sebagai praktisi fitnes ane yakin tubuh ane sanggup mengolah makanan yg tidak sehat spt diatas.... emoticon-Cool

Sialnya sebulan lalu ane kena diare baru sembuh seminggu kemudian setelah ke dokter umum, diare sembuh ternyata perut ane kembung dan sakit sekitar perut atas, spt ada yg menusuk, sesak nafas, jantung berdebar2, sakit saat nunduk, kalau makan bertambah parah.

Saya coba berobat ke dokter internis dan diberi obat Pantozol dan Pariet, seminggu kemudian gejalanya masih ada. Ane kembali ke dokternya dan dokter tersebut menganjurkan ane utk endoskopi tp ane tolak karena rasanya gimana gitu dimasukin kamera dalam perut selama 10 menit.

Ane coba ke dokter lain dan diberi obat disflatyl, pontozol, acpulsif 5, ada kemajuan yg berarti dgn obat2 tersebut. tetapi gejalanya muncul lg kalau gak makan obat, Jadi tergantung dgn obat gitu

Puncaknya kemarin ane minum 2 gelas temulawak yg katanya bisa mengobati asam lambung, sejam kemudian sesak nafas hebat kembali terjadi, karena gak tahan ane mengambil resiko makan obat maag ane melebihi dosis karena seharusnya 3 x sehari menjadi 4 x sehari tp gak ada reaksi apa2.

Malah tangan ane jd gemetaran, keringat dingin, Akhirnya ane minum Lancid peninggalan 5 tahun yg lalu (dah expired kali) reaksinya sejam kemudian asam lambung ane reda dan ane tertidur jam 2.30 pagi.

Lancid lebih tahan dr obat maag lainnya yg harus diminum 3x sehari, kemudian sampai besoknya jam 4 sore baru kembali minum obat tersebut,

Ane kembali pd dokter tersebut, dan kasih resep yg sama ditambah Vometa.

Sampai jam 9 malam, perut ane kembali kembung tp cuma sedikit, ane buru2 konsumsi melon utk menutupi ganasnya asam lambung. Asam lambung ane ada turun sedikit tetapi kembali gak enak kembali saat komen ini ditulis.

Anjuran makan utk penderita asam lambung : Pepaya, pisang masak, sayur2an, bubur, air putih, kentang rebus (jangan kentang goreng ya), suplemen spt Vit B12, C dan E, karena tubuh kita kekurangan giji bahkan darah jika ada luka dilambung. Minum juga Pocari sweet utk apabila agan merasa gejala anemia tp hati2 karena minuman ini jg mengandung gas, lebih baik minum bareng dgn obat maag pemberian dokter agan

Makanan pantangan asam lambung :
Pisang ambon, gorengan, alkohol, makanan keras (batu, besi dll), susu, soda, dan makanan yg bergas lainnya.

Perhatikan juga eek agan apakah ada berwarna item pekat gitu atau ada darah netes, kalau hitam pekat berarti ada pendarahan pd sistem pencernaan, kalau ada darah segar artinya ada pendarahan di sekitar anus.

Semoga membantu.



okeh gan, terima kasih sarannya..... :-) saya sudah mengurangi semua pantangan sampai 90%, tidur dengan bantal lebih tinggi, semua sdh dijalani, tp cuma rasa nggak enak di leher aja yg masih terus bertahan, khususnya sore - malam hari.....

dan untuk susu, semua jenis susu atau hanya susu tertentu.....?? karena saya mau menambah berat badan gan, jadi mulai rajin mengkonsumsi susu full cream setidaknya minimal 2x sehari.... apakah GERD berpengaruh dengan susahnya berat badan naik.....?? karena kalau secara hormonal, kedua ortu dan saudara saya bisa dibilang cukup gemuk, cuma saya yg seperti ranting pohon....
Quote:Original Posted By agnostisch


okeh gan, terima kasih sarannya..... :-) saya sudah mengurangi semua pantangan sampai 90%, tidur dengan bantal lebih tinggi, semua sdh dijalani, tp cuma rasa nggak enak di leher aja yg masih terus bertahan, khususnya sore - malam hari.....

dan untuk susu, semua jenis susu atau hanya susu tertentu.....?? karena saya mau menambah berat badan gan, jadi mulai rajin mengkonsumsi susu full cream setidaknya minimal 2x sehari.... apakah GERD berpengaruh dengan susahnya berat badan naik.....?? karena kalau secara hormonal, kedua ortu dan saudara saya bisa dibilang cukup gemuk, cuma saya yg seperti ranting pohon....


Gerd gak bisa sembuh begitu saja gan, perlu terapi berkelanjutan dan ada yg bahkan ada yg bertahun2 tergantung kondisi lambung masing2 penderita, ada yg sampai lambungnya bolong tp ada jg yg langsung sembuh begitu minum obat.

Gerd dan obat lambung menghambat penyerapan giji di tubuh anda. Susu full cream tidak disarankan utk penderita Gerd karena merangsang produksi asam lambung, agan bisa minum susu low fat atau susu yg dibuat khusus utk bayi karena lebih aman untuk lambung. Susu soya buatan sendiri paling aman utk lambung.

Berat badan saya sendiri turun 7 kg/bulan dalam sebulan pasca sakit asam lambung, sekarang sudah stabil.


Quote:Original Posted By Tonitan


Gerd gak bisa sembuh begitu saja gan, perlu terapi berkelanjutan dan ada yg bahkan ada yg bertahun2 tergantung kondisi lambung masing2 penderita, ada yg sampai lambungnya bolong tp ada jg yg langsung sembuh begitu minum obat.

Gerd dan obat lambung menghambat penyerapan giji di tubuh anda. Susu full cream tidak disarankan utk penderita Gerd karena merangsang produksi asam lambung, agan bisa minum susu low fat atau susu yg dibuat khusus utk bayi karena lebih aman untuk lambung. Susu soya buatan sendiri paling aman utk lambung.

Berat badan saya sendiri turun 7 kg/bulan dalam sebulan pasca sakit asam lambung, sekarang sudah stabil.




berat badan turun sampai 7 kg? berarti agan memang lebih parah dr saya, karena berat badan saya selalu stabil.... okeh gan, terima kasih banyak jawabannya.... emoticon-shakehand
Gan, apa kabar? Gimana GERD nya? Ane baru kena sekitar 2 minggu nih. Sama percis kaya yang agan rasain. Paling ga enak rasa mengganjal ditenggorokannya. Kalo ane minum sari kurma setelah makan, pepzole sebelum makan sama propepsa pas perut kosong sm sebelum tidur. berkurang sedikit, tapi masih. ane masih jaga makan aja sih.

Ane baru kena tipes padahal. tipes ane widal sampe 320. keluar opname langsung nih ganjel ditenggorokkan non stop sampe hari ini. Sedih ya.. hehe..

Agan gimana keadaan? Ane nyari forum GERD di kaskus kayanya ud pada ga aktif ya.
Quote:Original Posted By permataaaa
Gan, apa kabar? Gimana GERD nya? Ane baru kena sekitar 2 minggu nih. Sama percis kaya yang agan rasain. Paling ga enak rasa mengganjal ditenggorokannya. Kalo ane minum sari kurma setelah makan, pepzole sebelum makan sama propepsa pas perut kosong sm sebelum tidur. berkurang sedikit, tapi masih. ane masih jaga makan aja sih.

Ane baru kena tipes padahal. tipes ane widal sampe 320. keluar opname langsung nih ganjel ditenggorokkan non stop sampe hari ini. Sedih ya.. hehe..

Agan gimana keadaan? Ane nyari forum GERD di kaskus kayanya ud pada ga aktif ya.


maaf gan baru balas, gak setiap hari aktif di kaskus hehe...
keadaan sudah jauh lebih baik, tapi cuma satu yang masih bertahan, rasa tebal di tenggorokan ( leher depan sebelah kanan ), dan rasanya masih senut-senut, kadang sampai nyeri gitu.

saya sudah teratur makannya, dan mengurangi pantangan sampai 90%, tapi tetap saja leher masih terasa tebal, senut-senut dan makanan kerasa diem aja di kerongkongan, ngga mau turun. sama sesak nafas juga gan. ngga sampai yg parah, tapi harus menarik nafas panjang biar legaan... apa agan ngerasain ini juga?

agan sendiri gimana gan, keadaannya? untuk obat yang agan sebutkan, fungsinya untuk apa saja? karena mau mencoba konsumsi, takut efek samping kalau tanpa resep dokter...

untuk forum GERD, sepertinya begitu gan, sudah gak aktif threadnya. dan kemarin saya jg mencoba gabung di grup fb, tp sepertinya juga udah nggak aktif lagi.
Quote:Original Posted By agnostisch


maaf gan baru balas, gak setiap hari aktif di kaskus hehe...
keadaan sudah jauh lebih baik, tapi cuma satu yang masih bertahan, rasa tebal di tenggorokan ( leher depan sebelah kanan ), dan rasanya masih senut-senut, kadang sampai nyeri gitu.

saya sudah teratur makannya, dan mengurangi pantangan sampai 90%, tapi tetap saja leher masih terasa tebal, senut-senut dan makanan kerasa diem aja di kerongkongan, ngga mau turun. sama sesak nafas juga gan. ngga sampai yg parah, tapi harus menarik nafas panjang biar legaan... apa agan ngerasain ini juga?

agan sendiri gimana gan, keadaannya? untuk obat yang agan sebutkan, fungsinya untuk apa saja? karena mau mencoba konsumsi, takut efek samping kalau tanpa resep dokter...

untuk forum GERD, sepertinya begitu gan, sudah gak aktif threadnya. dan kemarin saya jg mencoba gabung di grup fb, tp sepertinya juga udah nggak aktif lagi.


Samaaaaaa... hehehhehe.. tapi gaan, ane sekarang suka mendingan tebal ditenggorokannya. ane minum obat namanya propepsa dan pepzol 1 jam sebelum makan (dalam keadaan perut kosong), habis makan ane duduk dulu nurunin terus lanjut jalan kaki 10 menitan, sama makan malem dikit aja. sehabis makan minum vytazim.

Tapi kadang masih ganjel banget tenggorokkan gan. masih sering bgt cm berkurang ngga separah minggu kemaren.
Quote:Original Posted By permataaaa


Samaaaaaa... hehehhehe.. tapi gaan, ane sekarang suka mendingan tebal ditenggorokannya. ane minum obat namanya propepsa dan pepzol 1 jam sebelum makan (dalam keadaan perut kosong), habis makan ane duduk dulu nurunin terus lanjut jalan kaki 10 menitan, sama makan malem dikit aja. sehabis makan minum vytazim.

Tapi kadang masih ganjel banget tenggorokkan gan. masih sering bgt cm berkurang ngga separah minggu kemaren.


ganjelnya pakai senut2 juga nggak gan? karena kl saya makan terlalu banyak sedikit saja, leher rasanya seperti itu... padahal sy sudah mulai terbiasa makan teratur, dengan jam yang teratur, dan dari jam 7 pagi - 8 malam, perut selalu diisi, entah nasi atau sekedar cemilan atau buah-buahan.

yang saya khawatirkan gan, sering baca jg, kl GERD tdk ditangani dengan baik, bisa menimbulkan masalah serius, yaitu kanker tenggorokan. ini yang membuat saya nggak bisa berhenti mikirin penyakit ini....
mungkin bisa dicoba tanyakan ke dokter nya tentang apel atau cuka apel..
saya sendiri cukup terbantu dengan konsumsi rutin cuka apel sesendok setiap mau tidur dicampur dengan air dan madu (minumnya pake sedotan ya biar ga merusak gigi hehe), itu beberapa bulan yang lalu, sekarang sih kalo inget aja minum nya, karena gejala asam lambungnya sudah menurun cukup signifikan.
tapi gejala yg saya alami memang ga separah agan2 diatas.
coba konsultasikan dulu ya sama pejabat berwenang, soalnya gerd ini memang bukan sembarangan gejala penyakit dan harus disikapi dengan serius.
moga2 TS cepet sembuh.. gws gan oemoticon-Smilie
Quote:Original Posted By jamboe_bol
mungkin bisa dicoba tanyakan ke dokter nya tentang apel atau cuka apel..
saya sendiri cukup terbantu dengan konsumsi rutin cuka apel sesendok setiap mau tidur dicampur dengan air dan madu (minumnya pake sedotan ya biar ga merusak gigi hehe), itu beberapa bulan yang lalu, sekarang sih kalo inget aja minum nya, karena gejala asam lambungnya sudah menurun cukup signifikan.
tapi gejala yg saya alami memang ga separah agan2 diatas.
coba konsultasikan dulu ya sama pejabat berwenang, soalnya gerd ini memang bukan sembarangan gejala penyakit dan harus disikapi dengan serius.
moga2 TS cepet sembuh.. gws gan oemoticon-Smilie


terima kasih gan doanya emoticon-Smilie
saya sempat gan mau cobain minum cuka apel, cuma sedikit khawatir, karena memang pada dasarnya saya ngga suka konsumsi obat-obatan dan ramuan herbal seperti itu.... nah karena agan mengkonsumsi cuka apel, ada yg ingin saya tanyakan. apakah cuka apel, ada label BPOM dan juga komposisinya gan....?? kl ada, mungkin sy bisa konsultasikan ke dokter. karena saya nggak berani minum sembarangan ramuan tanpa ada BPOMnya....
Quote:Original Posted By agnostisch


terima kasih gan doanya emoticon-Smilie
saya sempat gan mau cobain minum cuka apel, cuma sedikit khawatir, karena memang pada dasarnya saya ngga suka konsumsi obat-obatan dan ramuan herbal seperti itu.... nah karena agan mengkonsumsi cuka apel, ada yg ingin saya tanyakan. apakah cuka apel, ada label BPOM dan juga komposisinya gan....?? kl ada, mungkin sy bisa konsultasikan ke dokter. karena saya nggak berani minum sembarangan ramuan tanpa ada BPOMnya....


hehehe, cuka apel itu setau saya bukan obat maupun herbal, dan cuka apel ini ya biasanya dipakai buat masak.
kalau komposisi nya bisa langsung dilihat di botol nya aja dan di botol nya jg biasanya ada ijin bpom nya emoticon-Smilie
sebelum ke cuka apel, mungkin coba cari tau ttg manfaat apel bagi lambung, karena setau saya apel bisa memberikan lapisan (mungkin perlindungan) di dinding lambung.
dalam kondisi tertentu, setau saya, makan apel pun bisa mengurangi gejala asam lambung.
dan utk pastinya, konsultasikan dulu ya gan ke ahlinya, lah wong ane ini bukan dokter.. hehehe emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By jamboe_bol


hehehe, cuka apel itu setau saya bukan obat maupun herbal, dan cuka apel ini ya biasanya dipakai buat masak.
kalau komposisi nya bisa langsung dilihat di botol nya aja dan di botol nya jg biasanya ada ijin bpom nya emoticon-Smilie
sebelum ke cuka apel, mungkin coba cari tau ttg manfaat apel bagi lambung, karena setau saya apel bisa memberikan lapisan (mungkin perlindungan) di dinding lambung.
dalam kondisi tertentu, setau saya, makan apel pun bisa mengurangi gejala asam lambung.
dan utk pastinya, konsultasikan dulu ya gan ke ahlinya, lah wong ane ini bukan dokter.. hehehe emoticon-Smilie


hahaha.... saya kira cuka apel itu seperti ace maxs gan..... emoticon-Malu (S)
kalau buah apelnya, saya sudah mulai sering konsumsi.... semoga saja bisa membantu.

Tentang GERD

Gan, ente bisa ke sini untuk tahu tentang Gerd
Quote:Original Posted By agnostisch
ganjelnya pakai senut2 juga nggak gan? karena kl saya makan terlalu banyak sedikit saja, leher rasanya seperti itu... padahal sy sudah mulai terbiasa makan teratur, dengan jam yang teratur, dan dari jam 7 pagi - 8 malam, perut selalu diisi, entah nasi atau sekedar cemilan atau buah-buahan.

yang saya khawatirkan gan, sering baca jg, kl GERD tdk ditangani dengan baik, bisa menimbulkan masalah serius, yaitu kanker tenggorokan. ini yang membuat saya nggak bisa berhenti mikirin penyakit ini....


senut2 biasanya kl lg stres gan. ane stres tingkat dewa soalnya, agak depresi. mgkin gara2 itu juga kena gerd. Cm kl lg biasa ga sampe senut2 gan.

sama gan, ane jg takut. kebanyakan baca google. tp mdh2an jangan gan, amit2. semoga kita cepet sehat dan terhindar dr penyakit ya gan. amin.
Iya gan GERD, soalnya asam lambung naik ke atas sampai tenggorokan. Coba makan obat yang meredakan perut kembung karena banyak gas. Obat bebas juga ada lho, murah cuma 1250 per 4 tablet.
Quote:Original Posted By ronline
Gan, ente bisa ke sini untuk tahu tentang Gerd


nah itu dia gan, dari gejala yang disebutkan di link, yang sama cuma beberapa saja, seperti yang saya sebutkan di atas. makanya saya sedikit ragu juga, apakah benar GERD atau bukan.... dan sepertinya gejala yang disebutkan di link itu tergolong parah gan....
sedangkan untuk berat badan, entah karena bawaan atau karena GERD, berat badan susah naik. tinggi 165, berat 46. dan berat badan itu nggak bisa naik atau turun. sempat naik ke 47, turun lagi ke 46.

Quote:Original Posted By permataaaa


senut2 biasanya kl lg stres gan. ane stres tingkat dewa soalnya, agak depresi. mgkin gara2 itu juga kena gerd. Cm kl lg biasa ga sampe senut2 gan.

sama gan, ane jg takut. kebanyakan baca google. tp mdh2an jangan gan, amit2. semoga kita cepet sehat dan terhindar dr penyakit ya gan. amin.


itu dia, stress.... cara menjaga pikiran biar gak stress, itu yang susah, secara orang kadang nggak sadar faktor pencetus stress itu apa.

amin amin amin gan, mudah2an jangan sampai, dan semoga kita cepat sembuh, amin... kemarin saya mencoba beli bantal kesehatan seharga 300, yang untuk menopang leher. sampai sekarang, belum tampak hasilnya, karena memang baru 2 hari pakai sih.... tapi beda dengan sebelumnya, sekarang kalau bangun tidur, terasa agak enakan. mungkin agan bisa cobain....

Quote:Original Posted By ma1ll1st
Iya gan GERD, soalnya asam lambung naik ke atas sampai tenggorokan. Coba makan obat yang meredakan perut kembung karena banyak gas. Obat bebas juga ada lho, murah cuma 1250 per 4 tablet.


contoh obatnya apa gan....? aman dipakai tanpa resep dokter? saya sampai malas gan bolak-balik ke dokter, cuma buat dapat jawaban yang sama.
Kalau udah sampai dada terasa hangat/panas+sesak napas, 95% gerd deh.
Saya sih belum pernah didiagnosa gerd. Cuman setelah 2 bulan pulang balik RS dan dibilang asam lambung aja saya sampai rumah searching masalah asam lambung (soalnya sudah lelah pulang balik RS) eh ketemu deh yg namanya Gerd. Dan saya yakin, saya itu emang kena gerd.

Kalau dilihat2 dari penuturan agan nih, itu emang awal mula gerd. Dan saya doain semoga tetap begitu. Soalnya kalau udah kena yang parah, bisa sampai stress orang karena mikirin ini penyakit.

Sedikit cerita dari saya,
Ceritanya setahun yg lalu,
Saya juga begitu awalnya leher kayak ada yang ngeganjel, lemes, badan dingin, dan sakit kepala. Berbulan-bulan kupikir gejala hipertensi (karena emang ada riwayat keluarga hipertensi) jadi kukurangin makanan yg berminyak+semua makanan yg nggak sehat. Anw, saya cewek 22 yo dan berbobot lebih dari ukuran normal. Tapi nggak gendut gendut amat sih. Wakakak. Pokoknya setelah ngerasa ada yg ngeganjel di tenggorokan saya takut banget makan. Sampai pernah ngemuntahin makanan apapun yg saya makan saking parnonya. Dan berat badan saya turun dalam 7 bulan itu hampir 20 kg. Langsung kurus deh pokoknya.
Lalu karena saya belum bisa mengontrol kadar stress saya, akhirnya sampai pada tahap dada hangat dan batuk kering berkepanjangan. Ini bener-bener masa yg paling nggak enak. Karena beneran kayak mau mati rasanya. Soalnya, kita bisa ngerasain ada yg mau naik ke tenggorokan->mulut. Jadi badan rasanya selalu kayak ada yang narik ke atas. Dan rasanya nggak ada posisi yg enak, Duduk lama dengan posisi bungkuk, dada sakit. Tidur-tiduran eh perut kerasa kembung+batuk nggak jelas. Pokoknya nggak enak deh.

Nah setelah pulang kkn,
Saya ke dokter soalnya udah nggak kuat. Sudah sakit banget dada saya sampai ngerasa ada bunyi-bunyi kalau narik napas. Eh, setelah pemeriksaan paru-paru, jantung, darah, bahkan ct kepala hasilnya adalah asam lambung berlebihan. Rasanya itu bahagiaaaaa banget. Sekalipun asam lambung itu juga berbhaya, tapi saya tetep bahagia soalnya ini ternyata karena asam lambung bukan karena jantung atau apapun yg penyakit apapun yg lebih kronis.

Saran aja, agan udah terima aja diagnosa dokter. nggak usah mikir macem macem masalah penyakitnya, soalnya setau saya kalau kanker di tenggorokan (amit amit ya) bisa dideteksi dengan periksa darah (udah periksa darah belum?) dan tumor di tenggorokan juga bisa langsung dideteksi dini kalau sudah diperiksa sama dokter THT, jadi tinggal jaga makanan juga jaga stress. InsyaAllah asam lambungnya bersahabat kok.

Saya udah buktiin mengontrol emosi itu perpengaruh banget sama ini GERD. Walaupun saya herannya setelah berhasil mengontrol emosi malah berat badan naik drastis, tapi masalah gelisah dan kayak ada batu di tenggorokan ini berkurang drastis. >_<
Sekarang sih kembali lagi asam lambungnya soalnya lagi nyusun skripsi belum selesai-selesai. wkaaka.

Semoga TSnya lekas sembuh ya. emoticon-I Love Indonesia (S)

CMIIW. Koreksi kalau ad info yg salah ya. emoticon-Smilie
Coba gabung disini gan, penyakit agan ada forumnya, forum anxiety, panic dan gangguan kecemasan lainnya, bisa baca2 info nya, bertanya, dan ada juga share dari yang udah sembuh

http://m.kaskus.co.id/post/5435be8d98e31b2e018b456d#post5435be8d98e31b2e018b456d

Dont worry gan, kabar baiknya penyakit agan bisa disembuhin. Jangan terlampau cemas, kalaupun agan kena gerd, kecemasan tidak membuat penyakit agan jadi sembuh.

Apakah ada rasa hangat di dalam, terutama dari lambung ke tenggorokan atas? Kalau tidak merasa, atau bingung seperti apa, berarti bukan GERD.

GERD itu naiknya asam lambung ke atas, biasanya karena habis makan lalu langsung tidur2an.