CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
Help gan.. Harga Rumah KPR naik secara sepihak oleh developer
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f574c731e2e62b6c8b456c/help-gan-harga-rumah-kpr-naik-secara-sepihak-oleh-developer

Help gan.. Harga Rumah KPR naik secara sepihak oleh developer

Dear Kaskuser, ane mohon bantuannya.. pd tahun 2011 ane beli rumah KPR subsidi seharga 85 jt, dengan booking fee 1 jt dan uang DP 25 juta. persyaratan sudah masuk ke bank yg ditunjuk oleh developer yaitu BTN, pembangunan rumah sempat terhenti karena ada masalah intern di dlm management mereka. proses akad kredit pun belum ada sampai ane buat thread ini.
ane mau cerita dikit, pd tahun 2012-2013 rumah saya tak kunjung di bangun karena masalah rumit yg di alami oleh developer , pada akhirnya ane mendapat tawaran bila rumah ingin di tempati dan di bangun harus membayar 7 juta untuk pembangunan dapur dan secara keseluruhan rumah ane di bangun. setelah rumah jadi tidak ada instalasi listrik, ane meminta listrik untuk di pasang yg prosesnya ane mendatangi kantor PLN yg menangani listrik di perumahan itu dan terus mendorong developer untuk memasang nya. akhirnya masalah itu beres. dengan penantian panjang smpai saat ini ternyata developer sudah di take over dengan developer yg baru di karenakan developer yg lama sudah pailit. ane mendapat kabar dr developer yg baru untuk merigister kembali persyaratan dengan harga menjadi 170jt. warga lain yg senasib dan sudah menempati rumah seprti tidak mau berbagi informasi, developer tidak mengadakan pertemuan untuk hal ini tp mengundang secara individual saja. pertanyaannya apakah developer bisa secara sepihak menaikan harga tanpa ada pemberitahuan secara formal? Help Gan.. ane butuh bantuannya yg Paham masalah ini.. thanks kaskus
Thread sudah digembok
Nunggu suhu yg paham nih
kasih buktinya TS, biar sesuai rules sp

gak ngerti juga sih
apa kalau developer lama bangkrut, otomatis surat kontrak gak berlaku lagi?
kalau gak berlaku, duit yg udah di bayarin dulu, gimana dong?

atau lo tanya aja ke developer baru, kalau gak bayar, duit bakalan balik gak?
Emang harga awalnya berapa gan? Naik berapa juta?
Bukannya kalo udh masuk kpr itu harga lama? Cicilannya juga udh jalan kan..
Ane sihh gk tw, cuman nanya aja emoticon-Big Grin

kalau akad kredit belum ada ya susah, tapi kok bisa sudah ditempati padahal belum akad kredit emoticon-Bingung (S)
hhmmm...kayaknya harus lapor polisi gan...
hampir sama dg ane gan, awal beli rumah kena kpr 80 jt, tapi prosesnya sejak bayar DP, nunggu sampe 18 bulan gan baru bisa akad kredit. Nah setelah akad ternyata kpr ane jadi 130 juta,, tanpa pemberitahuan sebelumnya. Yah mau gak mau ane tetep jadi pihak yg kalah coz posisi ane kan lom akad, dan pihak developer cuma enteng aja bilang klo mau batalin juga gak apa, wtf. Ya terpaksa ane terusin coz dlm jangka waktu 18 bulan tsb harga rumah daerah lain juga dah naik semua, jadi simalakama kan
pas setor DP dikuitansi ada kata2 DP 30% atao xx% gak?
sudah buat AJB/PPJB?
yg bkin gak bisa akad apa gan ??
ini developer ny nakal,, laporin polisi aja

pdhl developer biasanya gembor gembor harga akan naik pada tanggal sekian,, biar cepet laku sblm tgl tsb..
krena gw jg dlu gitu,, tgl 20 ke kntr pemasaran,, konsul bla bla.. d ksh tau tgl 10 bulan depan harga bakal naik 10%.. klo booking fee sblm tgl tsb maka tetap kena harga lama, ywdh akhirnya gw booking fee pdhl rumah blum jd masih 0% emoticon-Ngakak (S)
karena rules bank itu baru bisa akad inden saat bangunan 70%, gw baru akad 4 bulan kemudia,, dan tetap kena harga lama emoticon-Big Grin
dalam jeda 4 bulan tsb udh naik 20% emoticon-Hammer
Perumahan mana ?

setuju

Quote:


harusnya bikin AJB di notaris dulu gan yg menyebutkan harga awal rumah,
agar mengikat harga rumah
Biasanya kan ada ppjb, gak pake notaris tapi di situ sudah ada harga mengikat. Saya kpr hanya dengAn ppjb saja. Akta jual beli baru dilakukan 1.5 tahun kemudian dengan harga sama walau rumah dengan tipe sama harga jual dari developer nya sudah naik 20%.

Btw, yang dimaksud di kronologis agan ts itu akad kredit ya? Bukan akad ajb? Jd sebenarnya bank pun belum pernah melunasi rumah tsb ke developer lama ya?
Quote:


Biasanya setelah booking fee diterusin dgn kesapakatan jual beli, disitu ada perjanjian jual beli antara developer dgn pembeli di atas meterai itu sudah cukup mengikat, mengenai harga, DP nya dan berapa kali DP mesti lunas..... jika developer mengingkari itu, developer bisa dituntut sesuai kesepakatan di awal tadi....

Gitu gan setau dan pengalaman ane selama berhubungan dgn developer...

Mungkin ada agan lain yg lebih paham
Wah kalo lom ada dokumen yang mengikat susah ni gan...
Rumah harga gak sampe 100jt kenapa gak beli cash aja gan?
Quote:


Mantaaaabbbbb..... ada agan yang orang kaya emoticon-thumbsup: iya ts, kenapa ngak beli kontan aja pan ngak sampe 100 juta?

ts, kalo ngak salah yah kasusnya mirip mirip sentul... yang developernya di pailitkan oleh cust dan akhirnya di lanjutkan developer baru tapi harganya naek.

Waktu booking dan udah ppjb? Susah juga siy kalo dah ganti developer baru tetep saja konsumen yang di rugikan. (Mau harga propertinya naek keq, tetep ajah kesepakatan awalnya sudah berubah)
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di