CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Surat Pembaca /
[ASK] Tips Komplain Ke PERCETAKAN OFFSET.. (Ane Konsumen yg dirugikan)
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/53f5693d902cfe4c1c8b456c/ask-tips-komplain-ke-percetakan-offset-ane-konsumen-yg-dirugikan

[ASK] Tips Komplain Ke PERCETAKAN OFFSET.. (Ane Konsumen yg dirugikan)

Ane Mau minta saran neh gan...

Ane kan bikin Shopping Bag gan, Qtt : 2500 pcs
ane proses di 2 vendor, emoticon-Traveller

VENDOR 1 :
1. Bahan
2. Cetak
3. Laminating
4. Pon

VENDOR 2 :
1. Finishing (Lipet, Lem, Pasang Tali)

ceritanya gini gan,

proses di vendor 1 sudah selesai, kemudian ane minta vendor 2 untuk ambil bahannya biar bisa di finishing, pas sampe di vendor 2 ternyata hasil pon dari vendor 1 ada bagian yang terputus, seharusnya hanya rel lipat... emoticon-Turut Berduka

NAH.. ketika saya komplen, vendor 1 menyerahkan semua tanggung jawab pada operator pon, sementara OWNER dari vendor ini tidak mau sedikitpun mengganti kerugian ane..

Sementara operator pon hanya sanggup mengganti ongkos cetaknya saja. Dia lebih memilih resign daripada harus mengganti seluruhnya.. Ownernya tidak mau dia resign, tetapi tetap pada keputusannya, yaitu hanya mengganti ongkos cetaknya saja...

Ane mau tanya sekaligus minta saran ama sesepuh dunia Percetakan disini..

1. Apa yang harus ane lakukan, sebagai konsumen yang dirugikan... ? ( Yang ane mau dari vendor 1 : mengembalikan bahan ane yang uda di cetak dan dilaminating..)
2. Apakah semua percetakan seperti itu? (ketika ada kesalahan, itu sepenuhnya dilimpahkan kepada operatornya)

Mohon Pencerahannya agan2 sekalian...

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Kaskus emoticon-I Love Indonesia
Thread sudah digembok
Berarti putus semua dong gan?? emoticon-Belo

Pengalaman ane kerja di salah satu percetakan packaging di kota Bandung dulu, ngga begitu gan. Kalo sebuah percetakan besar, pasti ada yang namanya Quality Control, dialah yang kontrol semua pekerjaan permintaan agan, bukan hanya proses pons aja, jadi begitu ada kesalahan, ya ngga langsung lanjut ke proses berikutnya, seharusnya dia hubungin agan dulu untuk cari solusinya. emoticon-Smilie dia juga bertanggung jawab atas kesalahan yang ada, begitu juga membimbing para operator biar kerjanya sesuai sama permintaan pelanggan.
-
Nah yang paling simpel, agan kasih aja spek permintaan agan sama si owner, kalo ngga sesuai ya minta ganti penuh, jangan cuma ongkos cetak, kan kesalahan ada di pons. emoticon-Cape d... (S)
-
Si owner juga ga bisa begitu, masa iya operatornya mau resign ngga boleh? emoticon-Ngakak (S) ada apakah?
-
agan foto/kumpulin aja surat perintah kerjanya beserta sesifikasi lengkap dari pesenan agan, kalo si owner ga mau ganti masukin aja ke polisi deh, dia aja kerja udah ga sesuai sama permintaan, sementara agan udah bayar, betul ngga? Ya paling ngga balikin aja semua biaya yang udah agan bayar.

intinya, memang yang paling utama itu ada di SDM gan, percuma kalo hanya bisa kerja tapi ngga bisa menyelesaikan masalah, kudu lebih keras kalo sama yang macem gini. emoticon-Smilie

Semoga membantu ya.
buktinya yah TS di lengkapi
Quote:


Enggak putus semua gan, dari bagian yang di rel ada bagian yang terputus..
Ane proses di vendor 1 hanya sampai proses pon, (pisau pon yang dipakai pisau punya mereka (atas rekomendasi mereka), karena ternyata shopping bag yang ane bikin pernah bikin disitu juga..

Perintah Kerjanya jelas gan : Ane Pesen bahan, Cetak, Laminating, Pon... itu semua di satu vendor, dan ane UDAH BAYAR FULL..

Yang bikin ane sewot, tuh OWNER kayanya bener2 gak ada itikad baik, gak ada permintaan maaf, atau musyawarah sama ane buat cari solusi. malah bilang keputusan saya gak bisa diganggu gugat... emoticon-Najis

Ane masih berusaha buat minta diganti full.. Doain ane yah gan..

Thanks gan..

Quote:


Ane belum sempet foto gan..
gw bantu jawab sekalian nyeritain pengalaman gw...

sebenernya TS ngerjainnya disuatu tempat ? atau beda vendor.
soalnya ada yang cuma nyediain jasa finishing, ada juga yang cuma nyediain mesin alias cuma ongkos cetak.

dan satu lagi TSnya baru pertama kali main cetakan atau udah lama? soalnya kalau udah lama terjun pasti dikontrol nanya sudah sampe mana tuh kerjaan, bukan hanya lepas tangan.

FYI dulu gw ada orderan 60.000 oplah, speknya pakai pisau pond dan laminasi doff...
Proses gw urutin ya gan :
1. Bikin Dummy, terus ke tempat finishing tanya harga dan kesanggupan tempat tersebut.
2. kalau udah ok di finisihing kita main ke OC, mau masuk mesin mana dan bandingin harga-nya.
3. Baru belanja beli kertas, dan sekalian itung profit emoticon-Big Grin

besoknya tinggal naik cetak ke mesin, itu proses kadang lama dikarenakan antrian, baru deh ke tukan finishing buat laminasi ama pond.

jujur sebenernya gw lebih suka lempar ke tempat ahli, misalnya nyetaknya dimana, beli kertas dimana dan main finishing dimana. Soalnya udah pernah kecewa ya karena hasil cetak kurang bagus.

Tips : harusnya diawasin segala prosesnya, soalnya kalau main cetakan apalagi oplah banyak. Yang tadinya dapet harga murah malah nanggung kerugian materi dan waktu yg banyak.


sukses selalu gan emoticon-Cendol (S)
kalo dari sudut pandang ane sih ya, kesalahan dari vendor.. karena yang mengerjakan mereka.. tapi TS juga ceroboh.. harusnya sering-sering dicek pengerjaannya.. jangan hanya bayar, pergi, trima jadi aja.. emoticon-Embarrassment ane juga pernah terjun didunia percetakan.. kalo ada yang buat paperbag, yang di finishingnya ribet.. ane selalu minta sama konsumen untuk sering melihat hasil pengerjaannya... walaupun kebanyakan bos itu mintanya sesuai permintaan.. tapi ane selalu tegaskan untuk sering melihat hasil pengerjaannya.. emoticon-Smilie kasian sih liat operator pond jika disuruh ganti keseluruhan.. harusnya sih setengah-setengah antara bos sama karyawannya.. emoticon-Embarrassment
Quote:


Diawal udah ane ceritain klo ane ada 2 vendor. Itu udah hasil survey dan efisiensi waktu, termasuk juga itung2an profit..

Ane udah lumayan lama maen cetakan, dan ane gak lepas tangan terima beres.. Ane emang gak selalu bisa dateng ke percetakannya karena ane juga kerja kantoran gan.. Ane cuma pantau via phone.

Thanks gan Tips nya.. Sukses juga buat agan..
Quote:


Ane sebenernya gak melihat siapa yg salah, karena emang udah jelas kondisinya, ane cuma mau Ownernya mengakui kesalahannya dan mencari solusi terbaik buat Dia, operator dan ane sebagai konsumennya, bukan malah nyuruh operatornya ganti semua.. Ane juga gak tega gan klo operatornya disuruh ganti semua..
Post bukti transaksi atau apapun yg membuktikan ente transaksi disana ya gan
Kalo nggak saya minta momod pindahkan ke sfth
Quote:


jangan ngga tega gan, harus tega lah, itu kan operator yang ngerjain pesenan agan kan? jelas dia juga salah, ngga ngikutin prosedur, pasti maen biar cepet aja, makanya tekanannya berlebihan, sampe putus dah. emoticon-Cape d... (S)

diingetin lagi nih sama abang salju.. emoticon-Big Grin buat ts, dilengkapi dulu, biar greget. emoticon-Smilie

Quote:
Quote:


Maaf agan Salju, ane lagi berusaha cari bukti transaksinya, belom ketemu gan, karena ini udah dari sebelum lebaran.. emoticon-Maaf Agan

Quote:


Iya gan..
yang ane BOLD : ane takutnya kaya gitu gan, karena kesalahan dia ane yang ketumpuan.. emoticon-Mewek

Mudah2an ada hasil terbaik...
bro saya tunggu sampai malam nanti untuk bukti transaksinya emoticon-Smilie

terimakasih
×
GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di